goahraesaAvatar border
TS
goahraesa
Ojek Online Ancam Demo jika Usulan Tarif Rp 3.000/Km Tak Dipenuhi
 Rindi Nuris Velarosdela

https://megapolitan.kompas.com/read/...m-tak-dipenuhi

Kompas.com - 19/03/2019, 13:44 WIB JAKARTA, KOMPAS.com - Presidium Gabungan Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (GARDA) Indonesia Igun Wicaksono mengancam akan kembali menggelar aksi unjuk rasa jika usulan tarif ojek online Rp 3.000/kilometer tidak dipenuhi pemerintah. "Iya, benar akan ada aksi demo ke istana lagi. Tidak ada cara lain agar tuntutan kami dipenuhi. Kami sudah minta Rp 3.000 kotor atau Rp 2.400 bersih," kata Igun saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/3/2019). Namun, belum ada waktu detail terkait pelaksanaan aksi unjuk rasa tersebut.

Pihaknya akan menunggu keputusan pemerintah terlebih dahulu tentang penentuan tarif ojek online. "Kami akan menunggu keputusan pemerintah dulu," ujarnya. Ia mengatakan, pihaknya bertindak sebagai perwakilan seluruh komunitas ojek online di Indonesia untuk memperjuangkan hak, seperti penyesuaian tarif. Baca juga: Pengemudi Ojek Online Ingin Tarif Rp 3.000 Per Kilometer "Garda tidak mengatasnamakan satu komunitas ojek online saja. Kami adalah gabungan semua komunitas yang sedang berjuang menuntut nasib ojek online seluruh Indonesia. Jadi anggota kami adalah ribuan komunitas ojek online di Indonesia," kata Igun. Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan aturan ojek online dan akan disosialisasikan kepada para pengendara. Aturan tersebut diundangkan melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Meski demikian, masalah tarif masih terus difinalisasi karena belum mencapai titik temu di antara pemerintah, aplikator, dan mitra pengemudi. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi mengatakan, finalisasi soal tarif masih terus dilakukan. "Paling cepat Kamis (21/3/2019), paling lambat Jumat (pekan ini)," kata Budi seusai rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ojek Online Ancam Demo jika Usulan Tarif Rp 3.000/Km Tak Dipenuhi", https://megapolitan.kompas.com/read/...m-tak-dipenuhi.
Penulis : Rindi Nuris Velarosdela
Editor : Kurnia Sari Aziza


0
2.8K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.