bangzaldiAvatar border
TS
bangzaldi
10 Fakta Menarik Perang Vietnam Yang Wajib Ente Ketahui Gan

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jika kita mengenang Perang Vietnam, pasti terukir cerita-cerita menarik sekitar konflik bersenjata paling memalukan bagi Amerika Serikat (AS). Contoh saja aksi membuang belasan helikopter pasukan AS, hingga membuat suara hantu untuk menakut-nakuti tentara Vietnam. 


MataIndonesia.id pun merangkum 10 fakta yang menarik dari perang yang oleh warga Vietnam disebut Perang Amerika, antara lain:

1. AS Buang Helikopter




Di hari-hari terakhir perang, AS berusaha menyelamatkan ribuan pengungsi, kapal induk USS Midway membuang belasan helikpter ke laut, yang ditaksir bernilai 10 juta dolar AS, agar pesawat Cessna yang membawa pengungsi bisa mendarat di geladak.

2. Penghenti Pembantaian Dilabeli Pengkhianat




Hugh Thompson, tentara yang mendaratkan helikopter di tengah pertempuran untuk menghentikan pasukan AS yang membantai 500 penduduk sipil di My Lai, diberi label pengkhianat oleh Kongers. Ia juga dilarang berbicara tentang peristiwa itu kepada siapa pun.

3. Perang Amerika, Bukan Perang Vietnam

Jangan pernah menyebut Perang Vietnam di depan warga Vietnam. Bagi warga Vietnam, perang unifikasi Vietnam dimulai oleh AS, dan layak disebut Perang Amerika.

4. Insiden Omong Kosong

Tahun 2005 NSA membuka dokumen paling rahasia mengenai insiden Teluk Tonkin kedua, yang digunakan AS sebagai pembenar mengobarkan perang di Vietnam. Ternyata, insiden itu tidak pernah terjadi.

5. Warga AS Lari ke Kanada

Selama Perang Viernam, atau Perang Amerika, 125 warga AS lari ke Kanada untuk menghindari wajib militer. Pada hari pertama menjabat, Presiden Jimmy Carter memberi amnesty kepada mereka.

6. Suara Hantu Sebagai Senjata

Orang Vietnam percaya arwah mayat yang belum dikubur secara layak akan mengembara di muka bumi dan menjadi hantu. Selama Perang Vietnam, atau Perang Amerika, tentara AS membuat rekaman suara hantu yang diputar di hutan-hutan untuk menakuti tentara Viet Cong.

7. Viet Cong dan Takhayul Kartu AS

Ada kepercayaan palsu selama Perang Vietnam, atau Perang Amerika, bahwa Viet Cong menyebut kartu as waru hitam, sering pula disebut kartu as sekop, sebagai kartu kematian. Konon, Pentagon memesan kartu ini ke percetakan Playing Card Company dan mengapalkannya ke Vietnam. Kartu disebar ke desa-desa di Vietnam dan hutan-hutan. Alih-alih menakuti Viet Cong, yang terjadi adalah sebaliknya. Ternyata tahayul itu palsu.

8. Pemburu Telinga Viet Cong

Selama Perang Vietnam, atau Perang Amerika, satuan tugas tentara AS – dikenal dengan nama Tiger Forece – secara rutin memotong telinga korbannya untuk dijadikan kalung.

9. Radio Bawah Tanah AS 

seorang sersan AU AS di Perang Amerika, atau Perang Vietnam, membangun stasiun radio bawah tanah di belakang sebuah rumah pramuriaan. Menggunakan Channel 69, sang sersan memutar lagu-lagu hard-rock dan secara terbuka menentang perang.

10. Roy Benavidez, Inilah Rambo Sebenarnya




Rambo itu tokoh fiktif ciptaan Hollywood. Di kehidupan nyata, selama Perang Vietnam, Roy Benavidez mungkin paling layak disebut Real Rambo.

Ia terjun ke area pertempuran untuk menyelamatkan 12 pasukan khusus AS, dan bertempur selama enam jam menghadapi 1000 pasukan Vietnam Utara dan Viet Cong di Loc Nihn, Vietnam Selatan. Ia kehabisan peluru dan terlibat pertempuran jarak dekat dengan bersenjatakan sebilah pisau.

Benavidez tertembak berkali-kali. Viet Cong mengira ia tewas dan meninggalkannya. Ia terbangun dari ‘kematian’ dan meludahi wajah petugas medis yang hendak memasukan tubuhnya ke kantong mayat.

Namun butuh 13 tahun bagi Benavidez untuk mendapat medali kehormatan dari pemerintah AS. 


Sumber


gaul12
fakhrie...
rotten7070
rotten7070 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
30.9K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.