• Beranda
  • ...
  • Mancanegara
  • Saatnya Impian Jadi Nyata: 5 Hal UNIK Sering Terlewatkan Di Singapura, No 2 Harus Tau

LionelRoffyAvatar border
TS
LionelRoffy
Saatnya Impian Jadi Nyata: 5 Hal UNIK Sering Terlewatkan Di Singapura, No 2 Harus Tau



emoticon-Bingung





HAVE A NICE DAY



Salam Sejahtera untuk kita semua ya temen-temen. Pada kesempatan kali ini ane  mau membahas hal-hal unik yang ada di Singapura yang sering kita lewatkan.


Berbagai seni dan budaya ada di Singapura. Tentu karena seperti halnya di Indonesia, di Singapura terdapat bermacam-macam suku dan agama.


Walaupun penduduk Singapura berasal dari berbagai macam suku, agama, tapi mereka bersatu padu untuk memajukan negara Singapura. Dan sampai sekarang ini yang ane lihat, Singapura ini menjadi salah satu negara yang sukses menjadi negara sekaligus kota yang modern, nyaman, dan sejahtera.


Di sini, ane gak akan menjelaskan macam-macam seni, budaya dan agama. Ane hanya akan menjelaskan beberapa hal unik di Singapura yang sering terlewatkan oleh wisatawan, karena biasanya mereka hanya mengunjungi tempat-tempat wisata di Singapore yang memang sangat menarik untuk dikunjungi.


Apa aja sih Hal-Hal Unik di Singapura yang sering terlewatkan oleh wisatawan ??


Yuk kita simak.







Quote:











Quote:



1. Rangkaian Patung Orang Sungai Di Sekitar Jembatan Cavernagh


Seperti ane ceritakan dalam thread ane sebelumnya, di Singapura ini kita lebih menikmati suasana kota dengan jalan kaki. Kita bisa berjalan kaki ditepian Singapore River. Wilayah sungai di Singapore ini pada jaman dulu adalah tempat perdagangan penting Singapore terutama wilayah sungai yang bernama Boat Quay dan Clarke Quay.


Patung-patung ini dibuat oleh Chong Fah Cheong pemenang Cultural Medallion Singapore yang bergengsi dan pencipta banyak karya seni di berbagai kota. 


Nah Rangkaian Patung Orang Sungai dibawah ini dibikin untuk sedikit menceritakan kejadian masa lalu. Apa aja patungnya? Oke, ane coba jabarkan


   A. Patung 5 Anak Laki-Laki






Patung 5 anak laki-laki yang berada di sebelah kiri dari Cavernagh Bridge ini menceritakan bahwa dulu banyak anak-anak yang bermain bersama dumboat yang lagi mengeluarkan barang dagangan mereka. Anak laki-laki jaman dulu senang bermain dengan loncat dari jembatan ke Sungai Cavernagh ini. Ternyata gak beda jauh ya sama anak-anak di Indonesia. emoticon-Ngakak (S)


   B. Patung Pedagang Yang Menjadi Ahli Keuangan






Patung Pedagang ini berada di sebelah kanan Patung 5 Anak Laki-laki tadi. Patung ini menggambarkan bahwa para pedagang ini adalah awal yang memajukan kota Singapura ini. Sehingga patung ini dijadikan tanda penghormatan terhadap sejarah industri keuangan di Singapura.


Yang perlu kalian ketahui juga guys, itulah kenapa di Singapura banyak kebudayaan dan orang-orang India. Ternyata inilah awal bangsa India masuk ke Singapura. Banyak pedagang yang merupakan bagian komunitas Tamil dari India yang berimigrasi ke Singapura tahun 1820 an.


Pasti banyak dari kalian baru tau kan kenapa di Singapura banyak keturunan India. Ternyata inilah sejarah nya guys. Jadi gak heran di Singapura banyak budaya dan jualan makanan khas India.


   C. Patung Pedagang Sungai Dan Alexander Laurie Johnstone





Patung yang terdapat di depan Fullerton Hotel yang dulunya adalah Kantor Pos Umum, terdapat Patung Sosok Alexander Laurie Johnstone yang sedang ngobrol dengan para pedagang sungai. Terlihat pula patung Bangsa China yang sedang membawa barang dagangannya di sebuah gerobak. 


Alexander L.J ini adalah salah satu pelopor pedagang di Singapore guys. Dia berasal dari Skotlandia dan merupakan salah satu anggota pendiri Organisasi Chamber Of Commerce yang dalam bahasa Indonesianya Kamar Dagang yang berfungsi untuk mempromosikan dan mendukung setiap kegiatan perdagangan.



2. Bahasa Singlish


Menurut ane ini menarik untuk diketahui karena jarang sekali para wisatawan tau mengenai bahasa ini. emoticon-Ngakak (S)


Seni bahasa ini juga merupakan tanda bahwa Singapura adalah negara multibudaya. Bahasa Singlish ini adalah bahasa sehari-hari yang sering digunakan oleh orang Singapore. Bahasa ini adalah campuran dari bahasa Melayu, Hokkien ( Tionghoa ), Inggris.


Bahasa Singlish ini menurut ane harus kalian tau temen-temen, apalagi yang punya rencana tinggal lama di Singapore. Biar gak dibodohin guys,hehe....


Ini beberapa contoh kata Bahasa Singlish


a. Ali Baba


Pasti tau donk cerita Ali Baba dan 40 kawanan pencuri. Nah lucunya Ali Baba ini dijadikan bahasa sehari-hari di Singapura. 

Contohnya : " Don't act like you don't know okey. I know you Ali Baba my soda drink when i go to the toilet."Jangan kayak orang gak tau apa-apa, saya tau kamu mencuri minuman soda saya waktu saya ke toilet. Asik juga ya nyindirnya. emoticon-Ngakak (S)


b. Amacam


Dari bahasa melayu yang artinya Apa Macam.


c. Arbo


Dari bahasa ah then yang artinya Terus Gimana


d. Chikopeh


Yang artinya Genit. "You're Chikopeh honey." emoticon-Ngakak (S)


e. Gostan


Artinya balik arah.


f. Hosei Liao


Ini dari bahasa hokkian nih guys. Kalau kalian tinggal di Singapore, pasti sering denger orang nyindir dengan kata ini. Sering ane dan temen-temen ane gunain juga. Ini bahasa sarkas yang artinya luar biasa. Misalnya, kamu seharian ini belum mandi? Hosei Liao !!!


g. Ya Ya Papaya


Ya Ya Papaya yang artinya orang yang sombong atau angkuh.


Masih banyak lagi Bahasa Singlish yang bisa kita pelajari temen-temen. Itu diatas hanya beberapa saja. Mungkin Teman-teman yang udah tau bisa menambahkan di kolom comment juga koq, buat menambah pengetahuan kita.

So, kalau teman-teman ingin berkunjung dan tinggal di Singapore, harus tau dulu nih bahasa sehari-hari di Singapore emoticon-Big Grin



3. Perayaan Waisak





Ini tentunya jarang diketahui oleh para wisatawan mancanegara yang sedang berkunjung ke Singapore guys. Karena peristiwa ini terjadi pada saat perayaan Waisak.


Perayaan Waisak di Singapore dimulai pada saat matahari mulai terbit guys dimana umat Budha berkumpul di kuil untuk melakukan upacara dan berdoa.


Upacara ini diakhiri dengan proses penyalaan lilin untuk menerangi patung Sang Buddha di sepanjang jalan. Di kuil ini kita akan liat ritual yang sering disebut ritual 3 langkah 1 soja yang berlangsung selama 2 jam, melangkah sambil berlutut, lalu memberi soja dan dilangkah ketiga berdoa sambil berdoa untuk memohon berkat, menyesali dosa, agar terciptanya kedamaian dunia.


Oh iya hal unik dari Perayaan Waisak ini juga dengan adanya pelepasan burung dari sangkarnya ke udara. Ini melambangkan datangnya hari yang baru dan juga nilai-nilai yang ditinggalkan Sang Buddha kepada Umat-Nya.


Untuk proses upacara lengkapnya kalian bisa kunjungi link #VisitSingapore.



4. Thaipusam






Festival ini adalah Festival Tahunan Umat Hindu di Singapore guys. Festival ini bertujuan untuk mencari berkah, memenuhi sumpah, dan memanjatkan rasa syukur mereka.


Upacara Thaipusam ini dimulai dari dini hari. Peserta festival ini biasanya membawa periuk susu atau kavadi kayu. Sebagian dari mereka menusuk lidahnya masing-masing dan bawa kavadi kayu berhias bunga dan bulu merak di bahu mereka. Dan sebagian yang lainnya membawa kavadi berduri yang persiapannya lebih rumit.


Pengen tau lebih lengkapnya ritual ekstrim Thapusam ini?? Kalian bisa kunjungi link #VisitSingapore.



5. Art Jam At Arteastiq





Nah ini tempat seni yang sering para wisatawan lewatin. Disini kita sebagai pengunjung disediakan peralatan lukis dan kita pun bebas mengekspresikan kreatifitas diri kita dengan melukis di kanvas yang sudah disediakan.


Oh iya disini kita gak usah bawa minum guys, karena udah disediakan gratis. Klo menurut ane, ini tempat adalah lounge nya para wisatawan yang pengen ekspresiin diri melalui lukisan.


Kalau kalian kesini, kira-kira apa ya yang mau kalian lukis? emoticon-Big Grin






Well Guys, 5 Hal Unik itulah yang sering terlewatkan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Singapore. Kalian bisa lebih mengetahui hal unik dan menarik lainnya di Singapura seperti tempat wisata seni, budaya juga tempat wisata menarik lainnya dengan mengunjungi #VisitSingapore.


Disana setiap perayaan kebudayaan, pasti semua saling menghormati, termasuk perayaan kebudayaan agama guys. Semua Perayaan-perayaan tersebut dilakukan secara besar, walopun itu bikin aktifitas di Singapore tidak jalan seperti biasanya dan hebatnya tidak ada yang melakukan protes tetapi malah sebaliknya, mereka saling berbagi kebahagiaan.


Semoga di Indonesia bisa lebih terjalin seperti itu ya di setiap kota. Pasti Indonesia bisa menjadi negara yang lebih kuat dan maju dari sekarang.



Demikian bahasan dari trit ane kali ini. Kalau ada kata-kata yang kurang berkenan atau kurang tepat, mohon dimaafkan dan dimaklumi ya teman-teman. 


"Selalu Ambil Positifnya, Buang Negatifnya" 


Thread ini ane bikin dari pengetahuan, pengalaman, analisa, dan dari referensi  #VisitSingapore dan Web ini.


Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi, Kalau ada umur panjang, bolehlah ane bikin thread lagi emoticon-Malu (S)





 

Silahkan Mampir Di Thread Ane Lainnya




Quote:





Quote:











emoticon-I Love Kaskus


Diubah oleh LionelRoffy 13-03-2019 04:36
tata604
tata604 memberi reputasi
25
8.4K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
Mancanegara
icon
5.9KThread2.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.