devanchaniagoAvatar border
TS
devanchaniago
24 TAHUN NIKE ARDILLA


19 Maret 24 tahun lalu penyanyi iconic Nike Ardilla meninggal tragis di usia 19. Tentang fakta prestasinya mungkin sudah banyak yang tau dari wikipedia. Berikut adalah beberapa fakta yang jarang orang tau :

01. PENGGEMAR MUSIK GRUNGE
Nike Ardilla sangat menyukai jenis musik ini. Pearl Jam adalah favoritnya di genre ini dan sang vokalis Eddie Vedder adalah penyanyi favoritnya. Dua minggu sebelum meninggal Nike sempat menyaksikan 2 konser Pearl Jam di Bangkok & Singapore.

02. MENOLAK TAWARAN SONY MUSIC JEPANG
Lebih tepatnya produsernya yang menolak tawaran ini. Saat menjuarai Asia Song Festival 1991 di Shanghai China, ada seorang talent scouter dari Sony Music Jpn yang tertarik dengan bakat Nike Ardilla dan menawarkannya membuat sebuah album. Hanya saja produser Nike tidak setuju dengan persyaratan yang diajukan karena selama 3 tahun kontrak dengan Sony Music Nike tidak boleh membuat album di label lain. Tentu saja produser menolak, tak mau melepas tambang emasnya penghasil album laris.

03. BOSAN DENGAN LAGU SENDIRI
Diceritakan oleh Mayang Sari (penyanyi seangkatan Nike). Saat show bareng di Jogja dia mendengar langsung Nike membawakan lagu 'Linger' milik the Cranberries. "Gila keu.. gak nyangka gw, lu bagus bangat bawain lagu ini. Kenapa lu gak ngerekam lagu kayak gini aja sih di album2 lu." "Sebenarnya sih gw pengen rekaman lagu pop alternatif gitu. Tapi gw kan harus nurut apa kata produser gue. Gw tinggal nyanyi dan dibayar. Kadang bosan juga sih tiap bikin album lagi-lagi lagu Kang Deddy Dores. Di panggung juga penonton mintanya lagu Bintang Kehidupan. Bosan kan?! Tapi gw gak munafik dengan lagu2 beliau album  gw laris dan nilai kontrak gw naik..hehehehe.." Seperti diceritakan Mayang Sari pada sebuah media.

04. LAGU YANG DITOLAK
Banyak yang mengira bahwa lagu Mama Aku Ingin Pulang adalah lagu terakhir Nike Ardilla. Faktanya lagu ini sudah direkam 2 tahun sebelum Nike meninggal. Tepatnya di tahun 1993 saat Nike merekam lagu ini Nike 'menyerah' dan memohon ke produsernya agar lagu ini jangan pernah dirilis di albumnya. Dia tidak suka dengan liriknya yang dramatis. Akhirnya lagu ini dijual ke Poppy Mercury. Versi Nike dirilis setelah dia meninggal.

05. DEMO LAGU YANG HILANG
Beberapa hari sebelum meninggal Nike sempat membuat demo tape (2 lagu) untuk dikirim ke sebuah label international di Jerman. Adalah Alm.Denny Sabri (promotor yang pernah mendatangkan Deep Purple ke Indonesia) yang mengajak Nike untuk membuat demo ini sebagai awal langkahnya untuk go international. Tak jelas kelanjutannya hingga beberapa hari kemudian Nike meninggal dan keberadaan master demo lagu langka ini pun tak ada yang tahu.

0
5.4K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
Music
icon
19.7KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.