a.n.d.a.hAvatar border
TS
a.n.d.a.h
Mengenal Aktuaris yang Ingin Diimpor Sandiaga dari Hong Kong
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno menjanjikan dapat menyelesaikan permasalahan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam 200 hari kepemimpinannya bersama dengan Capres Prabowo Subianto jika terpilih nanti. Salah satunya akan diwujudkan dengan memanggil aktuaris dari Hong Kong.

"Kami panggil aktuaris dari Hong Kong, kami hitung berapa sih butuhnya sebenarnya. Tidak boleh diutangi, rumah sakit jangan turun layanannya karena tidak dibayar tepat waktu," ujar Sandiaga dalam Debat Cawapres di Jakarta, Minggu (17/3).

Sebagai seorang pengusaha, Sandiaga merasa mengerti betul mengenai persoalan keuangan. Makanya, ia optimistis persoalan defisit BPJS Kesehatan akan selesai di bawah kendalinya.

Namun, apa sebenarnya profesi aktuaris?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), aktuaris adalah ahli matematika dalam perusahaan asuransi yang menghitung risiko, premi, cadangan, dan dividen.
Dalam situs Persatuan Aktuaris Indonesia dijelaskan bahwa seorang aktuaris umumnya bekerja di industri keuangan, seperti perusahaan asuransi jiwa, perusahaan asuransi umum, perusahaan asuransi kesehatan, dana pensiun, dan investasi. Banyak pula aktuaris yang merambah bidang-bidang lain terkait dengan pengelola risiko yang memerlukan kemampuan analisis dan logika yang kuat.

Kebutuhan akan profesi aktuaris di Indonesia sendiri semakin meningkat seiring dengan dinamika yang terjadi baik dalam aspek ekonomi, sosial, maupun regulasi di Indonesia. Salah satunya seiring dengan adanya pelaksanaan sistem jaminan sosial nasional dan pertumbuhan industri asuransi jiwa dan asuransi serta imbalan kerja dan dana pensiun membutuhkan keterlibatan aktuaris untuk mengelola risiko program.

sumur aseng

*diucapkan dengan style millenials:
"Anti asing & anti aseng dari Hong Kong?!
Diubah oleh a.n.d.a.h 18-03-2019 02:31
11
8.3K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.