moviegangsta
TS
moviegangsta
Jangan Minum Kopi Pas Lagi Stres Gan, Soalnya...


Gue suka banget kopi. Apapun yang terjadi, meski bumi gonjang-ganjing dan Jakarta macetnya kayak ***ing, kopi adalah sahabat setia yang menemani. Kata orang kan hari kita nggak akan lengkap tanpa dimulai dengan secangkir kopi. Buat gue ini bener banget. Mau sedang santai atau sedang banyak kerjaan, kopi selalu jadi teman yang tepat untuk membuat semuanya jadi komplit. Tapi kalau sedang stres... hmmm.......................................

Katanya sih, kopi bisa bikin kondisi kita lebih baik kalau dikonsumsi saat sedang stres. Tapi ternyata salah. Ternyata, kebiasaan minum kopi saat sedang stres justru akan bikin kita makin stres. Begitu kata artikel yang ditulis Kompas Lifestyle. Sini gue jelasin.

Christopher N. Ochner, PhD, asisten dosen dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai memberikan penjelasan seperti ini Gan: ketika kita mengalami tekanan atau sedang stres, tubuh kita secara otomatis akan memproduksi hormon kortisol yang juga dikenal sebagai hormon stres. Hormon kortisol ini memiliki fungsi sebagai pengatur gula darah sehingga gula darah itu bisa diolah menjadi sumber energi. Dari energi itulah tubuh jadi lebih punya tenaga dan bisa fokus untuk bekerja. Tetapi, dilanjutkan oleh sang asisten dosen, setiap stimulan punya efek samping kecemasan alias anxiety. Kafein juga bisa memicu kecemasan itu.

 


Kalau rasa cemas yang lo rasakan semakin tinggi, kita jadi makin susah tidur. Susah tidur bukan malah bikin makin better tapi kondisi kamu akan jadi lebih buruk karena orang yang susah tidur bisa makin stres.

Roberta Lee, MD, ketua departemen Integrative Medicine di Mount Sinai Beth Israel juga menyebutkan, kafein yang ada dalam kopi malah bisa bikin kita semakin gelisah. Efek lainnya dari minum kopi saat stres adalah kehilangan ketenangan dan bikin lo jadi makin terasa lelah. Lalu, boleh nggak sih sebenarnya minum kopi saat stres?

Gak ada yang bilang nggak boleh kok. Tapi memang ada jumlah yang harus diperhatikan saat mengkonsumsinya. Apa-apa yang berlebihan kan nggak baik, jadi kopi pun kalau kebanyakan (apalagi saat sedang stres) juga nggak akan baik. Buat lo yang nggak bisa lepas dari kopi apalagi saat stres, ada beberapa tips yang ditulis Kompas Lifestyle buat lo nih:


Quote:



Nah, selamat menghilangkan stres!
Diubah oleh moviegangsta 14-03-2019 04:11
nona212
nona212 memberi reputasi
16
12.5K
130
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.