alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53cce150a3cb17a8758b4676/pojok-tanya-jawab-masalah-pajak-sepuas-puasnya-fast-respone
Lapor Hansip
21-07-2014 16:45
Pojok Tanya Jawab Masalah Pajak Sepuas-puasnya (fast respone)
halo agan-agan ane cuma pengen membantu temen-temen yang masih galau untuk masalah perpajakan di Indo. ane bisa bantu sebisa ane. emoticon-Malu (S) monggo silahkan bertanya gan
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 36 dari 39
14-02-2019 15:27
terimakasih banyak saran agan yang sangat lengkap beserta landasan hukumnya..
😊😊😊
0
14-02-2019 15:28
Quote:Original Posted By alanlang
selamat pagi gan.. pertama-tama tetap tenang dan tetap menjalankan usaha seperti biasa gan.. terkait surat yang agan dapatkan.. menurut hemat ane, silakan dibalas secara tertulis yang intinya sebagai berikut...

Pengertian CV dijelaskan dalam Pasal 19 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD). Dalam pasal itu disebutkan bahwa CV adalah perseroan yang terbentuk dengan cara meminjamkan uang, yang didirikan oleh seseorang atau beberapa orang persero yang bertanggung jawab secara tanggung renteng dan satu orang pesero atau lebih yang bertindak sebagai pemberi pinjaman uang. Pada beberapa referensi lain, pemberian pinjaman modal atau biasa disebut inbreng, dapat berbentuk selain uang, misalnya benda atau yang lainnya.
Sedangkan perlakuan pajaknya adalah sebagai berikut:
• Perubahan modal pada perusahaan berbentuk CV (perseroan komanditer) tidak berdasarkan akte pendirian atau akte perubahannya tetapi berdasarkan :
1. Penambahan modal karena setoran modal/prive (pemilik CV)
2. Pengurangan modal karena pengambilan prive (pemilik CV).
3. Penambahan modal karena laba perusahaan.
4. Pengurangan modal karena rugi perusahaan.
• Penyetoran prive bukan merupakan objek pajak penghasilan bagi CV (perseroan komanditer) (pasal 4 ayat (3) c Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 Tentang PPh).
• Penyetoran modal (prive) dapat berbentuk uang maupun aset/harta dan barang lainnya.
• Pengambilan modal (prive) bukan merupakan objek pajak penghasilan bagi anggota perseroan komanditer (pemilik CV) (pasal 4 ayat (3) i Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 Tentang PPh).
• Pengambilan modal (prive) bukan merupakan biaya bagi perseroan komanditer (CV) (pasal 9 ayat (1) a Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang PPh).
• Didalam perusahaan berbentuk CV (perseroan komanditer) pemilik yang tercantum dalam Akte Pendirian tidak akan menerima gaji tetapi memperoleh atau mengambil prive dari perusahaan.

JADI, agan TIDAK PERLU BAYAR PPh atas sewa tanah dan/atau bangunan karena itu bukan PENGHASILAN BAGI CV tetapi bentuk PENYETORAN MODAL dan tidak terutang Pajak.

sumber:
http://www.wibowopajak.com/2014/03/p...perseroan.html
https://www.hukumonline.com/berita/b...uan-komanditer
http://www.wibowopajak.com/2012/03/b...bahan-dan.html


terimakasih saran agan beserta landasan hukumnya yang sangat lengkap..
0
15-02-2019 11:15
Selamat siang
mau bertanya agan,sista

Jadi saya bulan Agustus 2018 mengundurkan diri dari tempat saya bekerja di sebuah perusahaan dan sampai saat ini status masih belum bekerja, info yang saya dapatkan saya tetap wajib lapor SPT di tahun 2018, masalahnya saya nggak mendapatkan bukti potong SPT dari perusaahan tempat saya bekerja sebelumnya dan ini sudah saya tanyakan ke atasan saya.
saya coba lapor lewat spt online terkendala Lampiran 2 Bagian C untuk nilai Jumlah PPh Yang Dipotong/Dipungut 0 jadi harus input manual dan saya nggak punya datanya
0

manual


kemarin coba tanya ke bagian CS KPP Cibinong
penghasilan saya lebih dari 60Juta tapi disarankan bikin SPT 1770 SS
SPT 1770 SS

karna kalo pake SPT 1770 S tetap harus input manual lagi datanya
Saya dikasih cara seperti ini
1

2

3

4

ada masalah lagi ketika diklik setuju keluar peringatan error, disarankan coba dimalam hari untuk pelaporan SPT nya info dari CS memang sering seperti itu jika di jam sibuk
Ini kalo saya pake cara yang disarankan CS apakah tidak bermasalah/dari agan,sista yang lain ada saran buat masalah ini.

Terimakasih

0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
22-02-2019 10:11
Balasan post existsman
klo itu masukin harta di akhir tahun aja gan... pakai harga pas beli berapaa..

betul kolom PPh Terutang..
1
Lapor Hansip
22-02-2019 10:14
Balasan post crowdflower
kalo kasus agan ini.. silakan minta bukti potong ke perusahaan agan yang lama... perusahaan wajib ngasih bukti potongnya.. klo ga ngasih yang salah perusahaannya..

baru nanti agan lapor SPT Tahunan.
0
02-03-2019 00:02
Gan,
bagaimana cara melaporkan pph 21 untuk pendapatan dari p2p lending yang sudah dipotong pph 23 dari peminjam?
misalkan pinjaman 1.000.000, pengembalian 1.048.500, dipotong pph 23 sebesar 7.275, sehingga yang ane terima bersih = 1.041.225
TIA
0
Lihat 3 balasan
Lapor Hansip
05-03-2019 10:56
Balasan post vinw
emang bener gan dipotong PPh Pasal 23 sebesar 15% dari jumlah bruto bunganya gan.. nanti tinggal dilaporkan di bagian pajak yang telah dipotong pihak lain..
0
Lapor Hansip
05-03-2019 20:00
Balasan post alanlang
trims untuk replynya.. jadi dilaporkan sebagai pendapatan namun potongan pajaknya bisa diperhitungkan juga
0
Lapor Hansip
06-03-2019 13:37
Balasan post vinw
Tetap bisaa kok kan..
0
07-03-2019 16:25
update ternyata ane aksesnya pake online-pajak.
Diubah oleh rh_rpg
0
09-03-2019 13:02
Helo Gan

Saya ingin tanya gan, saya memakai norma perhitungan untuk pajak. Biasanya tiap tahun saya memprint "Surat Pemberitahuan penggunaan Norma Penghitungan" dan disampaikan ke kantor pajak.
Namun untuk SPT saya dilaporkan via online dari DJPonline

Apakah "Surat Pemberitahuan penggunaan Norma Penghitungan" ini bisa saya lampirkan dalam file PDF via DJPonline di bagian pelaporan SPT 1770, tanpa dilaporkan ke kantor pajak ?
Ataukah harus diwajibkan di print dan dibawa ke kantor pajak ?

Makasih gan
0
Lihat 1 balasan
10-03-2019 15:15
ask

gan, saya masih buta dengan tv digital.
saya punya tv monitor L* Sudah bisa nangkap sinyal digital.
pakai antena 10ribuan indoor, ada 2 chanel digital ketangkep tapi sering hilang.
apakah saya perlu top box dvb-t2? atau hanya perlu antena atau booster tertentu untuk tv saya agar dapat menerima full channel digital?

thanks before
0
10-03-2019 21:19
Maaf ijin tanya ini.

Quote:Original Posted By geniuskeyboard
Selamat siang gan. Buat pengisian spt tahunan pph 25 untuk form 1770, 1770 I, 1770 II dan 1770 III.

1. Maka pengisiannya cukup mengisikan pengisian bruto dengan norma 1% itu, lalu sisanya hitung kelebihan pajak dari ptkp seperti biasa itu kan?

2. Saya pekerjaan tidak tetap, bukan wirausaha, dengan norma pph 25. Apa tetap perlu membuat pengisian bruto dengan norma 1%? Atau pakai sistem pengisian biasa saja, dimana menggunakan rumus: (total penghasilan tahunan - ptkp) x persentase pajak?

3. Untuk pengisian e-filling cukup memasukkan e-fin kan? Soal nomor e-fin sudah dapat dari kantor pajak kppnya.

4. Batas maksimal pengisian e-filling spt tahunan untuk pph 25 form 1770 seperti saya, maksimal kapan ya? apa 31 maret ini atau 31 april?

Terima kasih.


Quote:Original Posted By alanlang
1. Klo agan pake pph pasal 25, maka ga pake pph final 0,5% gan (dulu 1%)..

2. Klo agan pake norma terus dikali tarif pasal 17 (tarif umum), maka masuk di 1770-1 Halaman 2, Bagian B Penghasilan Neto Dalam Negeri ... terus masuk di pekerjaan bebas (diisi penghasilan bruto lalu normanya berapa persen, ketemu penghasilan neto)

3. betul pake EFIN untuk daftar di situs djponline

4. betul 31 Maret tiap tahun untuk Wajib Pajak Orang Pribadi


1. Berarti untuk pekerjaan bebas pph 25 macam saya ini tetap pakai bruto tetapi dengan norma 0,5% ya?

2. ptkp 2019 untuk tk 0 masih sama 2018 kan, yaitu Rp 54 juta?

Makasih.
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
11-03-2019 13:14
Balasan post winmaxcit
Ga bisa gan, Surat Pemberitahuan penggunaan Norma Penghitungan itu disampaikan terpisah dari SPT Tahunan, jadi saran ane silakan diprint terus kirim via POS/JNE/J&T dsb..
0
Lapor Hansip
11-03-2019 13:15
Balasan post geniuskeyboard
1. Bukan gan, klo pekerjaan bebas pake Norma Perhitungan Penghasilan Netto (tiap pekerjaan beda-beda besaran normanya), ada di PER-17/2015

2. Masih.
0
11-03-2019 17:52
Quote:Original Posted By alanlang
1. Bukan gan, klo pekerjaan bebas pake Norma Perhitungan Penghasilan Netto (tiap pekerjaan beda-beda besaran normanya), ada di PER-17/2015

2. Masih.


Makasih infonya.

Berarti saya masukkan saja kolom royalti di 1770-I. Lalu di pojok bawah kolom royalti dihitung totalnya.

Setelah itu saya kurangkan royalti dengan ptkp. selisih royalti dengan ptkp lalu dikalikan persentase progresif itu kan, jadi selisih penghasilan-ptkp: 50 juta pertama kena 5%, sisanya sampai 250 juta kena 15%. dan total keduanya adalah nominal pajak yang harus saya bayar.

Apa benar demikian?
0
13-03-2019 12:10
Mau tana aan dan sist semua

Jadi tahun 2018 lalu saa tidak kerja karena sudah menundurkan diri tahun 2017. Untuk pajak tahun 2017 sudah kelar gak masalah pelaporannya.

Nah yang agak bingung untuk tahun 2018, saya lapor pkai form apa ya? Pakai yg 1770 s atau yang ss (<60jt)? Selain itu yang lebih penting bagaimana cara memasukkan laporan pajak istri ya? Tahun sebelumnya pakai 1770s gak masalah ada kolom untuk laporan istri sekarang coba pkai yang ss gak ketemu.

Mohon bantuanya
0
17-03-2019 14:20
mau nanya.ada senior di sini tau isi efilling trader saham?bingung mau isinya pakai form yang mana di efiling.mohon petunjuknya
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
18-03-2019 17:31
Balasan post wide91
pake eForm 1770 aja gan.. masuk djponline pilih eForm..
0
18-03-2019 17:48
maksud saya bagian apa aja yang perlu di isi.klo bisa ada contohnya gan. maaf pertama x lapor e filling
0
Halaman 36 dari 39
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.