radcliffezkyAvatar border
TS
radcliffezky
Perjalanan Penemuan Dino Setengah Buaya, Spinosaurus

syfy.com


Setelah sukses berakting sebagai antagonis di pelem Jurassic Park 3, Spinosaurus sampe sekarang jadi hype di khalayak umum. Udah... 18 tahun lamanya. Waw, ane masih bocah banget waktu pelemnya rilis.emoticon-Ngakak (S)

Hype-nya makin tinggi setelah scene ngamuknya dia. Mulai ngancurin pesawat, nubruk pagar besi, dan tentu aja.. matahin leher T-Rex.

Dengan. Begitu. Mudahnya.

Wuzz. Santai2.emoticon-Big GrinAne gak fokus ngebahas duel terpanas satu dekade belakang itu kok. Eh, hampir dua dekade yak.emoticon-Peace Mau bahas itu pun, mungkin bakal banyak yang gak percaya..

Soalnya, ane fanboy T-Rex.emoticon-Peace

Jadi sesuai judul, isi thread ini bakal menceritakan sejarah panjang salah satu dinosaurus terunik. Dari penemuan tulang belakang menonjolnya, sampe dinobatkan sebagai dino predator terbesar sepanjang sejarah. Spino.. saurus! Ikimashou!


en.wikipedia


Hmm.. mirip penemuan si Oviraptor yang pernah ane bahas di bagian raptor Kretaseus, penemuan spesimen pertama Spino sebagai kepala keluarga gak terlalu lengkap gan. Rekonstruksinya memakan waktu lama. Itu pun dengan bantuan penemuan sepupu2nya yang lain.

Alasannya.. karena beberapa spesimen pertama Spino ini hancur.

Bukan2. Kali ini bukan salahnya si Cope atau si Marsh.emoticon-Big GrinMereka berdua udah tenang di alam lain saat Spino ditemukan.emoticon-Berduka (S)

Alasannya karena saat itu masih pecah2nya WW2. Dan parahnya.. spesimen2 Spino ini disimpannya di Jerman.:nohopoe: Salah dua yang masih dalam kondisi cukup bagus adalah tulang belakang menonjol (English: spine) dan beberapa gigi. Kedua fosil ini udah bisa dibilang cukup untuk menamai Spino. Dia dino theropod (dino yang isinya kebanyakan predator) dan punya tulang belakang unik yang menonjol.

Tapi2.. ada bagian penting yang belum ada. Tengkorak. Spino awal pun direkonstruksi dengan memakaikannya tengkorak keluarga allosauridae (theropod yang hidup di Jurasik sampe pertengahan Kretaseus). Beginilah penampakannya.


scified.com


Wait, ini siapa dah?emoticon-Ngakak (S)

Hampir tiga perempat abad lamanya, baru ada ide perubahan setelah ditemukannya genus baru yang mirip2 sama Spino. Agak terkenal, namanya Baryonyx (dia muncul di Ice Age juga Jurassic World 2). Cukup membingungkan, karena tengkorak Baryonyx mirip2 buaya.emoticon-ConfusedMulai berubah lah rekonstruksi Spino. Apalagi setelah ditemukan sebagian tulang hidung dan satu genus lain yang bernama Suchomimus.
Mereka bertiga pun membuat keluarga baru samawa bernama spinosauridae.

Seiring berjalannya waktu, penemuan genus keluarga spino pun makin banyak. Ada Irritator, Oxalaia, dan juga Ichthyovenator.emoticon-Belo Hal2 yang berkaitan dengan Spino sendiri gak terlalu jadi headline berita sampe baru2 ini, 2014, rekonstruksi Spino berubah. Lagi.emoticon-Nohope



Dari theropod culun bipedal, sampe kadal panjang berkaki empat. Btw, ini kebalikannya Megalosaurus (dino pertama yang ditemukan) yak.emoticon-Ngakak (S)

Spino 2014 ini banyak banget yang gak setuju btw. Dan seperti. Biasa. Kontro. Versial. (tau lah, yang selalu bacain thread aneemoticon-Ngakak (S))

Just let’s go further.

Sekarang masalah ukuran. Buat fan Spino, maaf, ane harus mengatakan fakta kalau..

UKURAN SPINO ITU BELUM JELAS! ADA KEMUNGKINAN DILEBIH2KAN! SEKIAN!

(digebukin)

Ampun2, ane jelasin dengan damai.emoticon-Nohope

Alasannya ya karena kurangnya bukti konkret gan, fosil. Tapi bagaimana pun juga, (sebagai penenangemoticon-Malu (S)), rekonstruksi Spino dalam skala terkecilnya aja udah bisa sampe 12.5 meter lo. Lebih gede dari pada Sue (spesimen T-Rex terlengkap, 80%an) yang 12.3 meter.emoticon-Smilie

Tapi panjang tubuh itu gak penting2 banget sih.emoticon-Cool

(digebukin lagi)

Sabar2, ane jelasin lagi.

Berat dan besar, itu kan ditentukan lewat kilo2an. Nentuin kedua aspek tersebut dari hewan purba yang cuma dari fosil tulangnya aja itu susah gan. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, terutama jaringannya. Nah, jadi, Spino megang gelar sebagai dino predator terbesar itu sebenarnya kurang tepat. Spino adalah dino predator terpanjang sepanjang sejarah.emoticon-Angkat Beer

Spoiler di bawah ini adalah bonus tentang Spino. Buat fan Spino yang gak bisa menerima kenyataan aka gagal move on, ane saranin gak usah dibaca. Sekian.

Spoiler for you've been warned:


Berakhirlah sudah cerita panjang ini. Semoga bermanfaat, terutama buat agan yang nge-fan dino predator terpanjang ini.


Oh, bentar. Ada bonus lagi ni. Ini para sepupu Spinosaurus yang terkenal. Ane gak bahas satu2 karena udah kepanjangan thread-nya.emoticon-SmilieKalau tertarik, silahkan googling aja atau mampir ke prehistoric wildlife.emoticon-Smilie

At last, rate thread ini sesuai penilaian agan dan share kalau menurut agan bermanfaat. As always, Näeme hiljem.emoticon-Ngacir

Thread T-Rex!

Spoiler for thread zaman prasejarah the series:


Spoiler for Sauce (legit):
Diubah oleh radcliffezky 05-03-2019 06:32
VeY
pulaukapok
tien212700
tien212700 dan 38 lainnya memberi reputasi
39
18.8K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.