• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Bonsai Tertua di Dunia Bentuknya Kayak Apa ya? Cekidot Gan Sis!

pulangrumah
TS
pulangrumah
Bonsai Tertua di Dunia Bentuknya Kayak Apa ya? Cekidot Gan Sis!
Mungkin Agan dan Sista udah nggak asing lagi ya dengan bonsai, yaitu sebuah seni merawat tanaman dari Jepang. Seni bonsai merupakan cara merawat tanaman yang dikerdilkan dalam pot pendek yang bertujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Membuat bonsai bisa dilakukan pada beberapa jenis pohon misalnya seperti pohon pinus, pohon apel mini, dan lain sebagainya.

Salah satu ciri khas dari bonsai ini adalah jika dirawat dengan tepat maka sebatang pohon yang dirawat dengan seni bonsai dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun. Agan dan Sista penasaran nggak sih kira-kira seperti apa ya bonsai tertua di dunia? Cekidot Gan Sis!


Bonsai Ficus

Usianya udah lebih dari 1000 tahun lho Gan Sis dan juga diyakini sebagai pohon bonsai tertua di dunia. Ficus retusa Linn ini bisa kita lihat di Museum Bonsai Crespi di Italia. Luigi Crespi, pendiri Museum Bonsai Crespi ini menghabiskan spuluh tahun untuk mencoba mendapatkan kepemilikan pohon bonsai ini dan baru berhasil mendapatkannya pada tahun 1986. Sebelumnya pohon ini dirawat dan dibentuk oleh penguasa Tiongkok dan selama tahun-tahun pertama di Italia Ficus retusa Linn ini dibentuk oleh master bonsai Jepang Shotaro Kawahara.

Setelah Museum Bonsai Crespi didirikan pada tahun 1991, pohon ini ditempatkan di pagoda kaca dan menjadi pusat perhatian di museum.

Bonsai Juniper

Pohon bonsai Juniper ini berumur 1000 tahun dan terletak di pembinitan bonsai Manesi-en yang dimiliki oleh keluarga Kato. Pohon Juniper dikumpulkan dari belantara Jepang  dan emang udah diuji jika umurnya beneran lebih dari 1000 tahun Gan Sis. Mansei-en sendiri adalah salah satu dari enam kebun bonsai tekenal uang membentuk Desa Bonsai Omiya.

Mansei-en merupakan taman tertua yang terletak di desa tersebut karena keluarga Kato telah memeiliki tanaman ini sejak abad ke-19 dan secara resmi dibuka untuk umum pada tahun 1925.

Bonsai Shunkaen Nursery

Museum Bonsai Shunkaen yang dimiliki oleh Kunio Kobayashi merupakan rumah bagi dua pohon bonsai tertua di dunia yang keduanya diperkirakan memiliki usia lebih dari 800 tahun. Kunio Kobayashi merupakan master bonsai yang telah berlatih seni membuat bonsai selama lebih dari 30 tahun.  Kobayashi membuka museum ini pada tahun 2002 untuk membantu menyebarkan budaya Jepang, terutama seni bonsai dan memamerkan karya yang dibuatnya bersama dengan para muridnya.

Pinus Merah

Bonsai pinus merah ini terletak di Akao Herb & Rose Garden. Bonsai ini nggak hanya dianggap sebagai salah satu bonsai tertua di dunia aja lgo Gan Sis, tapi juga diyakini sebagai bonsai terbesar di dunia. Tinggi dari pohon bonsai ini mencapai 5 meter dan lebarnya lebih dari 9 meter. Karena ukurannya yang besar, pohon ini pun pernah dikatakan tidak memenuhi syarat sebagai seni bonsai yang biasanya memiliki ukuran yang kerdil. Hmmm ya juga ya Gan Sis. Tapi karena bonsai pinus merah ini menerapkan penanaman di dalam pot, akhirnya tanaman ini pun diterima sebagai salah satu tanaman bonsai.

Shogun no Matsu

Sandai Shogun no Matsu merupakan pinus lima jarum yang juga merupakan salah satu harta karun nasional Jepang. Bonsai ini diperkirakan berumur lebih dari 500 tahun. Hingga saat ini pohon bonsai ini telah dirawat oleh kaisar Jepang. Sandai Shogun no Matsu bisa Agan danSista lihat dalam koleksi Tokyo Imerial Palace.


tata604bukhorigandony0099
dony0099 dan 35 lainnya memberi reputasi
32
24.3K
101
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.