alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c85f1262525c373fc3857cf/kuliah-akreditasi-c--ngapain-kuliah
Lapor Hansip
11-03-2019 12:24
Kuliah Akreditasi C : Ngapain Kuliah?
Past Hot Thread
Kuliah Akreditasi C : Ngapain Kuliah?

Gambar : Line Today


Why?
Kenapa?
Itu yang saya pikirkan ketika seseorang berkata, "ngapain kuliah?" hanya karena mendengar prodi jurusan saya akreditasi C.
emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Saat itu saya berjalan buru-buru ke kampus. Tiba-tiba seseorang dengan baik hati menawari tumpangan. Saya pun ikut karena sudah terlambat.

Quote:"Kuliah di kampus A ya?"
"Oh, iya mas."
"Semester berapa?"
"Baru semester satu."
"Oh baru ya? ngambil jurusan apa?"
"Sistem Informasi."
"Oh... kampus A itu akreditasinya apa sih?"
"Kalau prodi saya C."
"Lah, ngapain kuliah?"
"Emang kenapa?"


Belum terjawab pertanyaan saya, motor sudah masuk ke gerbang kampus. Saya pun turun, lalu mengucapkan terimakasih dan langsung pergi menuju kelas.
emoticon-Ngacir

Awalnya saya nggak terlalu memikirkan percakapan dengan orang yang memberikan saya tumpangan. Tetapi setelah mata kuliah pertama selesai, ingatan terdahulu yang berhubungan dengan itu muncul.

Quote:"Aku mau kuliah di tempat Mba Aya."
"Oh ya? ngambil apa?"
"Sistem Informasi, kayak Mba Aya."
"Kok nggak lanjut di akuntansi aja, kan kamu SMK akuntansi?"
"Pusing mba, udah trauma, dulu juga ngambil akuntansi karena terpaksa."
"Tapi sistem informasi akreditasi C."
"Lah emang kenapa?"
"Susah dapet kerja dek."


emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir

Mendengar keributan di belakang, saya pun beralih dari tempat duduk depan, ikut bergabung dengan teman-teman yang sedang bergosip.

Quote:"Gue tadi berangkat ikut sama orang, dia tanya akreditasi, terus gue bilang C, dia malah bilang, ngapain kuliah? gitu masa?"
"Iya tau, banyak orang yang nganggep akreditasi C jelek."
"Kenapa? karena C? Bukan A atau B?"
"Ya kalau lulusan C itu dibilang susah dapet kerja."
"Kalau kita punya kemampuan, diatas A atau B, gimana?"
"Ya... kenyataannya di sini masih mentingin ijazah dari pada kemampuan, coba kalau daftar kerja, nilai ijazah jelek langsung di depak sebelum liat kemampuannya."


Benarkah?
Saya masih baru kuliah semester satu mau semester dua, belum pernah bekerja atau mendaftar kerja dengan ijazah akreditasi C. Apa sekarang masih jamannya nilai, akreditasi atau asal sekolah/kuliah di nomor satukan? padahal saya berpikir kemampuan/skill di atas dari semua itu.
emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

Ask :
Jadi menurut agan and sista gimana? apa akreditasi C seburuk apa yang teman-teman atau orang yang saya temui pikirkan?
Atau ada yang berpikir masuk kuliah di prodi akreditasi C nggak ada masalah, seperti saya?
Mungkin juga bisa kasih tau pengalaman buat yang lulusan2 dari akreditasi C selama mencari pekerjaan, siapa tau kan bermanfaat buat kita-kita yang masih pemula.

Ayo share pendapat atau pengalamannya ya emoticon-2 Jempol

Diubah oleh diyanti978
28
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 15 dari 19
13-03-2019 21:37
ane punya cerita yang sama nih, persis banget kek diatas, tp mnurut ane si liat prospek prodi itu kedepannya asal bagus dan bermanfaat kedepannya gasalah juga ko gan, emang si banyak tuntutan pekerjaan yang mengharuskan untuk akreditasi minimal B tapi tenang aja gan, faktor kesuksesan kan bukan dari akreditasi doang wkwk, sistem informasi juga bagus kedepannya buat menyokong industri 4.0 dan mesti dibutuhkan di industri hulu sampai hilir so tenang aja gan,yakinin jalanin eksekusi lalu nikmatin wkkw
2
13-03-2019 22:26
Yg penting niat n koneksi bor, semua akan indah pd waktunya emoticon-Add Friend (S)
1
13-03-2019 22:32
Ane nggak kuliah tapi bisa kerja di Adidas. nggak usah kuliah lah kalo kemampuan ngelebihin dosen emoticon-Cool
0
13-03-2019 23:03
Bukan gitu gan, jadi setau ane Kebanyakan penerimaan di perusahaan" itu yang di liat pertama Pasti IPK, ke 2 ya Kampus nya.
0
13-03-2019 23:16
Khusus BUMN ada trick nya sih biar kata ijazah SMA tp bisa kerja n jago bakalan diterima mulus ga pake test ini itu. Ane diajarin sama alm bokap ane yg juga ex karyawan BUMN. Karena prodi ane dulu kuli bangunan, ane share yg sesuai realita ane aja.

1) Cari PM/GM/GSP yg profesional (skill n etos kerja yg utama, ijazah belakangan).

Dapet dari mana?? Ya coba jalin komunikasi sama senior/alumni. (Di case ini prodi ane akre A jd bs langsung). Nah kalau misal akre agan gurem aka C? Nongkrong lah deket2 kampus grade A, cari kenalan dr anak kampus grade A. Build good relationship.

2) Rajin2 ngopi deket site project, build relationship sama tukang, mandor, dll. (Stage ini penting dan bakalan kepake banged di depan). Cari info gimana kerjaan disana, leadernya, staff nya, dll. Ada yg overproud dengan statusnya gak? Atau ada staff2 toxic.

3) Setelah semua menurut agan OK, ajuin surat resmi ke kampus pengantar buat perkaya pengalaman dg tinjau lgs lapangan.

4) Minta tolong surat pengantar tsb disampaikan ke PJ lapangan lewat temen/kenalan yg dr kampus A (syukur2 dia jg mau diajakin ke site)

5) Kalau dpt ijin, mungkin agan bakalan bingung disana mo ngapain, ga ada akses ke site, dll. Disini ujian sebenarnya dimulai. Buktiin kalo agan bisa kerja, peka, dan inisiatif. (Kalo dulu sih ane nyikatin sepatu ma helm para staff di proyek, nyusunin sepatu, bersihin kamar mandi, dll).

Jangan SKSD n asal buka obrolan sama org2 disini, ngobrol lah secukupnya dan HANYA di saat jam istirahat.

6) Menjongoslah sebisa mungkin, tp bukan ABS, trust me its worth. (Misal disuruh beli nasi padang, rokok, dll). Ini artinya keberadaan agan mulai dapat perhatian. Lebih intens boleh, tp tetep jaga jarak, agan bisa coba cairkan suasana dg konsul ttg pemilihan Tugas Akhir/skripsi (meskipun agan masih semester 3 atau tahun2 awal kuliah) dapatkan kepercayaan dan kenyamanan dr setiap staff yg ada disitu. Minimal sampai ke tahap respon mereka ke agan "Oh aja".

7) Mulai belajar praktikal, misal CAD, SAP, bending besi, ikat bendrat, dll. Intinya serap ilmu sebanyak mungkin baik dr kenek, tukang, mandor, staff, dll. Soon they will delegate you to do their chores or as a substitute.

8) Status agan sudah naik jd pegawai harian lepas. Sisanya tinggal pinter2 gaul sama tim dynasti yg lg berkuasa. (Kayak yg kaskuser laen bilang, Ikatan Alumni di BUMN itu kuat n ada dinasti2 nya jg)

0
13-03-2019 23:16
Haha seriously polos sekali ts. Kenyataannya memang kebanyakan perusahaan pasang syarat kampus akreditas A, atau minimal B (itupun jarang). Proses seleksi kerja itu diawalnya lewat CV & resume, kalau dari awal recruiter udah liat akreditas C, otomatis ga bakal digubris. Kecuali emang standar perusahaannya rendah
0
13-03-2019 23:50
Tenang aja gan, ini negara selembar ijazah..
Lulusan Sd otak S3 ga ketrima kerja, lalu apa bedanya dg akreditasi C tapi berkemampuan akreditasi A? , inilah pradapan modren yg sebenernya membodohi namun dicap generasi cerdas oleh sebagian orang yg ga paham system..
Terus kalau agan udh dpet ijazah s1/s2/s3 bakalan cari kerja gampng gitu?, belum tentu gan, masih ada lagi, jgn kepedean dulu..

4 kunci orang sukses;
1. Berdoa
2. Berusaha
3. Orang dalam
4. Uang pelicin

Kalau gak memenuhi salah satu, bersiap2lah jadi wirasuwasta/pengusaha, bahkan yg no 1-2 bisa ditoleransi kalau agan memebuhi syarat yg ke 3-4


Btw agan apa baru menyadari kalau universitas dan pekerjaan itu systemnya emg membodohi?
Saran ane kalau nnt agan udh wisuda, belajarlah kpd orang besar yg sengaja memilih DROP OUT dari universitasnya, (mengapa mereka punya alasan spt itu), tapi beljar ke mereka nya jgn skrang ya gan, nnt agan malah pilih drop out lagi di semester awal
Diubah oleh maycelreza26
1
14-03-2019 08:49
Quote:Original Posted By cheanizer
Enggak masalah, yang penting punya ijazah, kerja juga enggak harus di BUMN. yang penting kita punya kemampuan dan loyalitas. Gaji gede juga enggak harus di BUMN.
Semangat kuliahnya.


nah ini, setuju banget sama agan emoticon-Toast
pola pikir orang2 yg nganggep yg "sudah jadi orang" itu yang kerja PNS/BUMN itu salah besar
banyak perusahaan swasta yang berani ngasih salary dan benefit lebih daripada PNS/BUMN

kl ane sih mending jadi ikan besar di kolam kecil, daripada ikan kecil di kolam besar
kalo sekiranya kolam uda ga cukup buat ane, tinggal cari kolam lebih besar emoticon-Toast
1
Lapor Hansip
14-03-2019 09:29
Balasan post abgtuabangke
ah she up
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1
14-03-2019 11:42
yang penting semangat aja gan.. jangan lupa berdoa, rezeki sudah ada yang ngatur
1
Lapor Hansip
14-03-2019 15:15
Balasan post steven.thereds
mau di jawab, tapi sudah terjawab emoticon-Big Grin
0
15-03-2019 10:45
Jumlah pencari kerja semakin banyak gan, dengan adanya persyaratan minimal akreditasi bisa untuk menyeleksi jumlah pelamar kerja. Namun jangan patah semangat gan, karena rejeki itu sudah ada yang mengaturnya. Selama seseorang mau bekerja keras dan telaten tentu akan bisa mencapai hasil yang diinginkan.
0
15-03-2019 11:01
gak ngaruh gan ane PTS kuliah kelas karyawan pengalaman udh 5 thn akreditasi ane gak tau apa apply2 tetap kepanggil kok kadang2 perusahaan lebih mementingkan pengalaman di banding kampus dari mana sesi interview juga ane gak pernah di tanya dri kampus mana tapi pertanyaannya lebih ke teknikal dan pengalaman kerja emoticon-Hammer2
0
15-03-2019 11:09
lulusan PTN susah cari kerja, sekalinya dapat, dapat posisi dan gaji memuaskan

lulusan PTS cepat dapat kerja, tapi posisi nya dapatnya sisa sisa, yg bagus bagus udah di embat lulusan PTN, gaji juga biasanya gak puas dan bikin pengen hijrah ke prusahaan tahun (kutu loncat)

Kuliah Akreditasi C : Ngapain Kuliah?
Diubah oleh prabowosandii
0
15-03-2019 13:28
Quote:Original Posted By fiidiii


Rajin2 invest diri di workshop/training/kursus yg banyak grade S nya gan, buat naikin value agan.

Ane juga mau kuliah lg di kampus grade C, padahal dah mo kepala 3.

Buat cari calon karyawan Grade A yg nasibnya nyangkut di kampus grade C


Workshop kaya apaan ya gan ? Lumayan nih ane baru denger dapet informasi juga emoticon-Big Grin
0
Lihat 1 balasan
15-03-2019 13:37
Gmn lingkungan sih
Ane pernah setempat kerja sama anak2 ITB
Sedangkan ane akreditasinya B
Bener2 beda cara kerjanya
Harus ane akuin Kualitas anak2 lulusan ITB bener2 bagus
0
15-03-2019 13:56
prodi jurusan gue pas lulus masih C tapi cuma 2 Bulan setelah wisuda langsung dapet panggilan kerja, so ? intinya sekarang itu skill + connection emoticon-Cool
0
17-03-2019 21:57
hmm... mungkin gini ya, karena di mata orang umum "kalau prodinya C" maka dosennya=not good, dan kalau dosen no good, students=no good. dan karena murid-muridnya C, maka 'siswa yang A (good)' itu kena getahnya emoticon-Big Grin
0
20-03-2019 20:15
Kalau gak salah baca agan di jurusan sistem informasi ya, kalau gitu mah tinggal perdalam ilmu saja ... kalau untuk jurusan lain mungkin akreditasi C sia-sia apalagi di jurusan manajemen, akutansi, dan yang jurusan lainnya yg pesertanya selalu membludak, tapi tidak dengan jurusan sistem informasi.
Adik ane kebetulan dibidang sistem informasi, di perusahaannya malah ada lulusan SMP tapi menguasai protocol database mainframe, anak tersebut kerja dengan gaji dan fasilitas yang sama dengan yang lainnya (5X UMR ++bonus)
Kalau pada jurusan keahlian yang penting lolos wawancara dan memberi bukti uji kemampuan, disamping CV yang menarik.

Tetap semangat gan! emoticon-Ultah
0
Lapor Hansip
20-03-2019 20:26
Balasan post steven.thereds
Ane akrediasi C bisa kok gan cpns
0
Halaman 15 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.