• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Inilah Dampak Mengerikan Jika Sering Bergadang Yang Perlu Anda Ketahui

kangaladinAvatar border
TS
kangaladin
Inilah Dampak Mengerikan Jika Sering Bergadang Yang Perlu Anda Ketahui
Bergadang atau kesulitan untuk tidur adalah masalah yang kerap di alami ditengah masyarakat di penjuru dunia. Tentu kebiasaan ini banyak dilakukan yang tanpa disadari ternyata dapat memunculkan masalah kesehatan yang sangat mengerikan. Kita tahu bergadang ini resikonya jam tidur akan berkurang, untuk waktu tidur yang dibutuhkan dalam sehari adalah 8 jam.



Padahal dengan tidur kita dapat mengistirahatkan tubuh kita yang dimana seharian penuh telah melakukan aktivitas. Seperti halnya hp jika terus menerus digunakan, pastinya kondisi hp itu lama kelamaan akan mengalami kondisi yang lemah. Begitu pula dengan tubuh kita. Selain itu manfaat dari tidur sebenarnya sangatlah banyak dan semua itu perlu anda perhatikan dengan baik.

Salah satunya adalah dapat memperbaiki sistem metabolisme tubuh dengan baik dan tubuh menjadi segar untuk menghadapi kerasnya dunia dipagi hari. Namun ketahuilah orang yang sering tidur kurang dari 8 jam perhari. Tentunya sangat beresiko tinggi mengalami penyakit-penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Seperti penyakit jantung, penyakit diabetes, hingga penyakit stroke dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itulah mulai dari sekarang anda perbaiki jam tidur mu sebelum penyakit yang mematikan tersebut dialami oleh tubuh anda. Teruntuk orang yang sering bergadang pastinya sering mengalami kerugian-kerugian yang tanpa sadari akan mengganggu hidup anda.

Seperti anda akan mengalami sulit untuk berkonsentrasi, tidak fokus, kurang bersemangat, rasa kantuk yang sangat kuat dan mudah mengalami marah. Selain itu kerugian secara fisik pun dapat di alami oleh seseorang yang sering melakukan kegiatan bergadang. Salah satunya tubuh tidak dapat mencegah dan memperbaharui sel dengan baik. Alasannya karena ketika kita tidur proses tersebut dapat dilakukan dengan baik.


Penyakit Yang Akan Diderita Ketika Anda Sering Bergadang 

Mengenai penyakit yang akan diderita jangka panjang ketika anda sering bergadang tentunya sudah dibahas  pada awal paragraf. Namun untuk lebih jelasnya lagi saya akan menjelaskannya secara mendetail terhadap penyakit yang muncul ketika anda sering bergadang. Maka dari itu inilah beberapa penyakit yang muncul ketika anda sering bergadang. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Resiko tinggi mengalami penyakit jantung 

Penyakit yang pertama yang akan terjadi ketika anda sering bergadang adalah penyakit jantung. Tentu masalah kesehatan ini sangatlah berbahaya dan perlu segera mendapatkan pertolongan pertama. Banyak kasus orang yang mengalami masalah pada jantung kerap meninggal dunia. Sehingga keberadaan penyakit jantung ditengah masyarakat sangatlah ditakuti. Maka dari itu berhentilah bergadang untuk menhindari penyakit jantung tersebut.

2.  Akan mengalami penyakit stroke

Penyakit yang berbahaya selanjutnya yang terjadi ketika anda sering bergadang adalah penyakit stroke. Tentu masalah penyakit stroke tidaklah asing ditelinga kita. Bahkan penyakit ini kerap menyerang masyarakat terutama dikalangan orang tua. Namun ketahuilah, ternyata penyakit stroke ini dapat muncul ketika kita sering melakukan bergadang. Hal itu dikarenakan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan serangan stroke secara mendadak dan bahkan meninggal dunia. 


3. Mengalami obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah hal yang banyak kita temukan ditengah masyarakat. Masalah keseahatan ini diderita oleh setiap orang, baik yang muda ataupun yang tua. Penyebabnya sendiri pastinya kebanyakan orang telah mengetahuinya dengan baik. Yaitu adanya pola makan yang sembarangan. Namun, ada satu hal yang perlu anda ketahui dengan baik. Ternyata jika anda sering mengalami bergadang, maka resiko mengalami obesitas sangat tinggi. Karena kadar hormon didalam tubuh mengalami penurunan.  


4. Mengalami sakit kepala

Orang yang kerap bergadang ketika bangun tidur pastinya ketika bangun tidur rasa sakit pasti muncul dibagian kepala. Alasannya cairan serebrospina yang mengalair ke otak, ketika kita tidur terlalu lama. Cairan tersebut akan terus menerus mengalir dan kepala pun akan sakit. Oleh sebab itu hendaknya kita dengan segera minum obat dan mengurangi kebiasaan bergadang tersebut.  


5. Penyakit tekanan darah tinggi

Masalah kesehatan yang muncul ketika sering bergadang yang berikutnya adalah penyakit hypertensi atau tekananan darah tinggi. Adanya penyakit darah tinggi tentu sangat beresiko tinggi mendatangkan penyakit yang lain dan berbahaya untuk tubuh. Salah satunya adalah penyakit stroke, serangan jantung, dan penyakit gagal jantung kronis. Sangat mengerikan bukan, oleh karena itu disarankan untuk anda yang masih bergadang. Sayangilah nyawa anda dengan cara berhenti bergadang.


6. Akan mengalami penyakit alzheimer


Apa itu penyakit alzheimer?  Penyakit alzheimer adalah masalah kesehatan yang terjadi akibat adanya penurunan daya ingat. Tentunya kita tahu penyakit ini kerap dialami oleh manula atau manusia lanjut usia. Namun tidak menutup kemungkinan juga orang yang memiliki usia muda, akan mengalami penyakit alzheimer tersebut.

Itulah dampak mengerikan jika anda sering bergadang yang perlu anda ketahui. Maka dari itu semoga dengan adanya pembahasan mengenai bahaya bergadang untuk kesehatan. Dapat bermanfaat untuk anda dan lainnya. Dengan demikian setidaknya kita harus menjaga kesehatan tubuh dengan baik dan tentunya sehat itu mahal.

Sumber tertera : Bloger kangaladin.com









Diubah oleh kangaladin 15-03-2019 01:14
tata604
tata604 memberi reputasi
3
1.8K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.