alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.6 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c88b03fe83c7238952ba044/makan-upil-ternyata-tidak-baik-untuk-kesehatan
Lapor Hansip
13-03-2019 14:24
Makan Upil Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan
Past Hot Thread
Makan Upil Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan


Menurut sebuah penelitian, 91% orang dewasa mengaku bahwa mereka mengupil secara teratur. Tetapi beberapa orang tidak berhenti di situ. Setelah mereka mengupil ada juga yang memakan upil tersebut. Namun ternyata, memakan upil bisa berdampak buruk bagi kesehatan lho...

Business Insider melaporkan bahwa walaupun upil sebagian besar berupa air dan protein yang seperti gel, fungsinya lah yang membuatnya tidak baik untuk dimakan. Upil ada di hidung karena suatu alasan, yaitu untuk menangkap dan melawan virus berbahaya yang dapat masuk ke tubuh melalui hidung, seperti influenza.

Ingus merupakan garis depan pertahanan melawan kuman yang menyerang, yang berarti bahwa ingus juga mengandung semua hal buruk yang ditangkap. Udara yang masuk ke hidung mengeraskan ingus dan menjadikannya upil yang padat, yang dikeluarkan ketika kamu bersin atau meniup hidung, bersama dengan semua yang telah ditangkap, biasanya adalah bakteri dan kuman lainnya.

Tetapi jika kamu karena suatu alasan memasukkan jari ke mulut setelah mengupil, kamu bisa jadi memasukkan semua bakteri dan virus berbahaya itu langsung ke perutmu. Dan saat tubuhmu mencerna upil, patogen berbahaya akan terlepas ke tubuhmu.


Makan Upil Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan


Beberapa orang mengklaim bahwa memakan upil sebenarnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memaparkan diri pada semua bakteri dan virus ini. Tetapi secara umum, risikonya jauh lebih besar daripada manfaatnya.

Mengupil saja sebenarnya sudah berbahaya. Mengupil bisa mendatangkan kuman seperti Staphylococcus aureus atau Staph dan dapat menyebabkan lecet di bagian dalam hidung. Staph bahkan dapat menyebabkan terbentuknya abses atau kantong berisi nanah di dalam hidung. Dalam kasus yang ekstrem, mengupil terlalu lama dapat menghilangkan lapisan mukosa dan tulang rawan yang mendasari septum sehingga membentuk luka. Dan jika terinfeksi bisa membiarkan bakteri langsung masuk ke otak.

Dengan demikian, kita harus berhati-hati saat membersihkan hidung kita. Dr. Brett Comer, seorang ahli bedah kepala dan leher, menyarankan untuk mengenakan perban pada jari saat mengupil. Dan jika kamu mengupil karena hidung terasa kering dan iritasi, Comer merekomendasikan untuk menyemprot bagian dalam lubang hidung dengan saline spray dan menggunakan pelembab udara (humidifier) pada malam hari. Mencukur dan merapikan (trimming) bulu hidung juga bisa mengurangi iritasi.

Jika hidung sudah terlanjur terluka, sedikit petroleum jelly di tempat yang teriritasi bisa menjaga area tersebut tetap terhidrasi dan seharusnya bisa membantu proses penyembuhan. Semoga informasi ini bermanfaat! Dan hentikan kebiasaan makan upil mulai sekarang!


Sumber artikel: Distractify

emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star


Diubah oleh aryasyarif82
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
Lapor Hansip
14-03-2019 22:29
lupa dlu suka makan ga
hehe
0
Lapor Hansip
14-03-2019 22:34
kalo minum kencing sama makan t*i baik ngga gan untuk kesehatan? emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati
0
Lapor Hansip
14-03-2019 22:41
kurang kerjaan ah gan emoticon-Cape deeehh emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
14-03-2019 22:43
Ada asin asinnya gitu
0
Lapor Hansip
14-03-2019 22:43
anyiiing... siapa jg yg mau makan upil emoticon-Wkwkwk
0
Lapor Hansip
14-03-2019 22:46
ini ada apa dah . HT lagi .
wkwkkw emoticon-Wakaka
0
Lapor Hansip
14-03-2019 22:57
klo Dijilat dikit Gpp kanemoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
14-03-2019 23:02
Makan Upil Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan
0
Lapor Hansip
14-03-2019 23:47
you dont say emoticon-Ngakak (S)
0
Lapor Hansip
15-03-2019 00:25
Ane tiap jam ngupil. Mgkn lain x akan ane kumpulin dan di jadiin bakso emoticon-Genit buat ts cemilin
0
Lapor Hansip
15-03-2019 01:28
Yah gimana yak, ngupil itu spontan aja, ini aja ane ngeReply, sesekali ngupil, yah palingan liat situasi dan ngak pake dimakan
emoticon-Najis (S)
Tapi, yang paling bete, ketika bulu hidung udah pada OffSide.
Asli, rasanya risau banget, berasa kek ada tarzan bergelantungan di bulu hidung lo.
emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
15-03-2019 02:25
lagian kaya kagak ada cemilan laen aje dah ah..
0
Lapor Hansip
15-03-2019 05:24
enak gan, ada asin asinnya



bagi bata om thanksemoticon-Blue Guy Bata (S)
0
Lapor Hansip
15-03-2019 06:38
Bisa jd menu baru ts, upil geprek emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
15-03-2019 07:23
dari bayi gw jg udh tau tod
0
Lapor Hansip
15-03-2019 07:51
ane dulu pernah gan rasanya asin asin sedep gitu gan emoticon-Shakehand2
0
Lapor Hansip
15-03-2019 08:31
lah ada ada upil aja d makan, kaya gak ada makanan aja emoticon-dor
0
Lapor Hansip
15-03-2019 08:48
bhahahak, mungkin secara ga sadar ane pernah melakukan ini, tapi kalo diinget2 jijik juga dah, emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
15-03-2019 09:23
upil ipil
0
Lapor Hansip
15-03-2019 13:05
mau sehat mah gaperlu makan upil gan, makan makanan sehat dan secara teratur udah cukup. tapi kalo tanggal tua dan pengen makan sehat gak ada salahnya makan upil wkwkwk~~~
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Rp 143.000
helm-helmet-sepeda-with-eps-foam---xk06
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.