• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kota Besar Di Dunia Yang Mengalami Perubahan Drastis Dari Tahun Ke Tahun

bintanghuAvatar border
TS
bintanghu
Kota Besar Di Dunia Yang Mengalami Perubahan Drastis Dari Tahun Ke Tahun


Hy gan.

Pertumbuhan penduduk memang semakin tinggi dari tahun ke tahun,dari hanya 745 juta jiwa di tahun 1950 menjadi 7,5 miliar lebih di tahun 2019,bisa dibayangkan gan betapa cepatnya?.

Jumlah manusia yang semakin banyak lantas memerlukan tempat tinggal yang banyak pula,tak ayal banyak tempat yang semulanya adalah hutan kini bertransformasi menjadi pemukiman padat penduduk.

Karena pertumbuhan penduduk dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi,beberapa kota besar di dunia telah bertransformasi secara drastis bahkan sulit untuk mengenali bentuk penampakan kota itu pada zaman dulu.

Berikut beberapa penampakannya.


1. Dubai (1964 vs Sekarang)

Spoiler for Dulu:

Spoiler for Sekarang:

Dubai,dulu,nama ini terdengar asing,dan mereka dulunya adalah negara yang biasa saja.Kota yang sekarang menjadi kota terpadat di Uni Emirat Arab ini didirikan pada awal abad ke-19 oleh klan Al Abu Falasa.Setelah didirikan,Dubai mulai menjadi kota pelabuhan yang cukup sentral bagi India.

Berkembang dari tahun ke tahun,sekarang Dubai telah bertransformasi menjadi kota yang sangat megah dan besar dan tak lupa,mereka Crazy Rich...!.Ya berkembangnya kota Dubai dengan pesat terutama diakibatkan oleh kekayaan mereka,dan kedua adalah faktor lain seperti faktor kependudukan.Dan menariknya mereka berubah secara drastis hanya dalam kurun waktu 50-an tahun.


2. Buenos Aires ( 1937 vs Sekarang)

Spoiler for Dulu:

Spoiler for Sekarang:


Jalanan yang bernama Avenida Nueve de Julio atau "July 9 Avenue" terletak di kota Buenos Aires,Argentina.Jalanan ini dibuat untuk menghormati hari kemerdekaan mereka tanggal 9 Juli 1816.
Jalan yang memiliki tujuh jalur ini memebentang megah hingga 1 kilometer.Di tengah jalan juga terdapat sebuah monumen berbentuk gedung tinggi yang megah.
Sejak awal pendiriannya memang hampir tak ada perubahan pada monumen menara tersebut,namun lingkungan disekitarnya seperti jalanan serta bangunan di sepanjang jalan telah berubah cukup drastis.


3. Chicago ( 1838 vs Sekarang)

Spoiler for Dulu:

Spoiler for Sekarang:


Chicago adalah Kota yang memiliki luas 1.973 km persegi dan merupakan salah satu kota padat penduduk di Amerika Serikat.Chicago didirikan pada tahun 1833.Wilayah bekas basecamp El Capone ini saat awal didirikan terlihat seperti sebuah perkampungan,namun sekarang mereka telah bertransformasi menjadi sebuah kota dengan gedung pencakar langit-nya.Perlahan namun pasti.


4. Gedung Sultan Abdul Samad,Kuala Lumpur (1900 vs Sekarang)

Spoiler for Dulu:

Spoiler for Sekarang:


Gedung Sultan Abdul Samad adalah sebuah bangunan megah yang terletak di Kuala Lumpur,Malaysia.Tepatnya di depan Daratan Merdeka.Gedung ini dibangun di akhir abad ke-19 dan berfungsi sebagai kantor pemerintahan kolonial Britania Raya.
Namun setelah Malaysia merdeka pada tahun 1957 diikiuti dengan angkat kakinya kolonial Britania Raya dari Malaysia hingga  pada tahun 1974,gedung ini tak lagi berfungsi sebagai kantor pemerintahan dan mulai diganti namanya menjadi Sultan Abdul Samad yang merupakan Sultan Selangor yang menjabat pada  saat masa pembuatan gedung ini.Ya walaupun tak banyak berubah pada gedung itu,namun lihatlah background-nya,berubah drastis diisi oleh gedung-gedung tinggi.


5. Kota Baku,Azerbaijan (1920 vs Sekarang)

Spoiler for Dulu:

Spoiler for Sekarang:


Lokasi pada foto di atas  adaah jalanan Neftchiler yang terletak di Baku,Azerbaijan.Nama Neftchiler diberikan pada tahun 1961 untuk menghormati para pekerja di industri minyak Azerbaijan
Tak heran memang kalau beberapa kota di azerbaijan telah berubah menjadi kota-kota besar,kan mereka raja minyak.


6.Sungai Suzhou,Shanghai (1920 vs Sekarang)

Spoiler for Dulu:

Spoiler for Sekarang:


Sungai kecil dengan background bangunan pencakar langit itu terletak di Shozou,Tiongkok.Kota ini selain karena bangunan pencakar langit,juga terkenal dengan jembatan melengkungnya.
Foto pertama di atas menunjukkan pemandangan kota Shozou di tahun 1920-an dan foto dibawah adalah kondisi kota Shozou yang sekarang.Dan artinya mereka butuh 99 tahun untuk menjadikan kota yang dulunya biasa saja menjadi kota yang super mewah seperti sekarang,Wow.


7. Bangkok (1822 vs Sekarang)

Spoiler for Dulu:

Spoiler for Sekarang:


Kota Bangkok adalah ibukota negara Thailand,Bangkok terletak tepat di tepi sungai Chao Phraya.Bangkok juga merupakan kota dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup dinamis dan penduduknya salah satu yang paling progresif di Asia Tenggara.Kota ini juga tercatat sebagai salah satu kota dengan laju konstruksi gedung pencakar langit tercepat di dunia.Melihat pertumbuhan itu,Bangkok sepertinya hampir bisa menyaingi Singapura ya.
Dengan pertumbuhan konstruksi yang cukup pesat,sangat kontras penampakan kota Bangkok yang dulu dengan yang sekarang.197-an tahun yang lalu,kota Bangkok tidak seperti sekarang (ya iyalah),terlihat tak banyak bangunan tinggi dan padat.Kalau kita bandingkan dengan Jakarta,Bangkok terlihat lebih berkembang ya.


8. Manhattan (1873 vs Sekarang)

Spoiler for Dulu:

Spoiler for Sekarang:


Manhattan adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan ujung sungai Houdson.Manhattan juga masuk kategori kota kecil di Amerika Serikat yang hanya memiliki luas 87,5 km persegi dengan jumlah penduduk hampir 1,7 juta-an.Kota ini juga menjadi rumah bagi gedung-gedung pencakar langit yang berdiri kokoh disana.

146 tahun yang lalu,Manhattan tak terlihat seperti kota besar(mungkin di masanya ini adalah kota besar),artinya masih belum ada gedung pencakar langit disana dan tak semaju sekarang lah.

Dan perbedaan tersebut nampak cukup kontras,ya.

Demikian beberapa kota besar yang terus "mempercantik" diri tahun demi tahun.Dari berbagai kota di atas menunjukkan bagaimana kekuatan perekonomian dapat mengubah wujud suatu tempat dengan drastis bahkan dalam waktu yang relatif singkat seperti Singapura dan Dubai.Hmm,lalu bagaimana dengan kota-kota di Indonesia?mungkin akan kita bahas dilain waktu.
Thanks,Saleum.





Sumber Referensi : Sini
Diubah oleh bintanghu 10-03-2019 02:40
15
12.4K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.