alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c85f1262525c373fc3857cf/kuliah-akreditasi-c--ngapain-kuliah
Lapor Hansip
11-03-2019 12:24
Kuliah Akreditasi C : Ngapain Kuliah?
Past Hot Thread
Kuliah Akreditasi C : Ngapain Kuliah?

Gambar : Line Today


Why?
Kenapa?
Itu yang saya pikirkan ketika seseorang berkata, "ngapain kuliah?" hanya karena mendengar prodi jurusan saya akreditasi C.
emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Saat itu saya berjalan buru-buru ke kampus. Tiba-tiba seseorang dengan baik hati menawari tumpangan. Saya pun ikut karena sudah terlambat.

Quote:"Kuliah di kampus A ya?"
"Oh, iya mas."
"Semester berapa?"
"Baru semester satu."
"Oh baru ya? ngambil jurusan apa?"
"Sistem Informasi."
"Oh... kampus A itu akreditasinya apa sih?"
"Kalau prodi saya C."
"Lah, ngapain kuliah?"
"Emang kenapa?"


Belum terjawab pertanyaan saya, motor sudah masuk ke gerbang kampus. Saya pun turun, lalu mengucapkan terimakasih dan langsung pergi menuju kelas.
emoticon-Ngacir

Awalnya saya nggak terlalu memikirkan percakapan dengan orang yang memberikan saya tumpangan. Tetapi setelah mata kuliah pertama selesai, ingatan terdahulu yang berhubungan dengan itu muncul.

Quote:"Aku mau kuliah di tempat Mba Aya."
"Oh ya? ngambil apa?"
"Sistem Informasi, kayak Mba Aya."
"Kok nggak lanjut di akuntansi aja, kan kamu SMK akuntansi?"
"Pusing mba, udah trauma, dulu juga ngambil akuntansi karena terpaksa."
"Tapi sistem informasi akreditasi C."
"Lah emang kenapa?"
"Susah dapet kerja dek."


emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir

Mendengar keributan di belakang, saya pun beralih dari tempat duduk depan, ikut bergabung dengan teman-teman yang sedang bergosip.

Quote:"Gue tadi berangkat ikut sama orang, dia tanya akreditasi, terus gue bilang C, dia malah bilang, ngapain kuliah? gitu masa?"
"Iya tau, banyak orang yang nganggep akreditasi C jelek."
"Kenapa? karena C? Bukan A atau B?"
"Ya kalau lulusan C itu dibilang susah dapet kerja."
"Kalau kita punya kemampuan, diatas A atau B, gimana?"
"Ya... kenyataannya di sini masih mentingin ijazah dari pada kemampuan, coba kalau daftar kerja, nilai ijazah jelek langsung di depak sebelum liat kemampuannya."


Benarkah?
Saya masih baru kuliah semester satu mau semester dua, belum pernah bekerja atau mendaftar kerja dengan ijazah akreditasi C. Apa sekarang masih jamannya nilai, akreditasi atau asal sekolah/kuliah di nomor satukan? padahal saya berpikir kemampuan/skill di atas dari semua itu.
emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

Ask :
Jadi menurut agan and sista gimana? apa akreditasi C seburuk apa yang teman-teman atau orang yang saya temui pikirkan?
Atau ada yang berpikir masuk kuliah di prodi akreditasi C nggak ada masalah, seperti saya?
Mungkin juga bisa kasih tau pengalaman buat yang lulusan2 dari akreditasi C selama mencari pekerjaan, siapa tau kan bermanfaat buat kita-kita yang masih pemula.

Ayo share pendapat atau pengalamannya ya emoticon-2 Jempol

Diubah oleh diyanti978
28
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 19
13-03-2019 07:45
ane dulu malah masih BAN-PT gan tp yg pnting usaha ttep dapet kerja kok.. nanti kl udah akreditasi berubah/naik alumni2 ttep bisa lampirin sertifikat akreditasinya gt buat lamar emoticon-Shakehand2

btw untuk disuwasta gamasalah gan yg pnting ttep usaha pasti ad yg ktrima.. kl udh pngalaman kerja mau lmar lg gaterlalu dliat tuh ijasah emoticon-Cool
1
13-03-2019 07:47
ya gimana ya gan. ane ngalamin sendiri soalnya
ane kuliah di kampus akreditasi A dan prodi akreditasi A. saat ngelamar, dan untuk interviewnya kaya lebih di prioritasin gitu. padahal kemampuan ane mungkin masih dibawah rata rata
1
13-03-2019 07:48
kalau skill dan kemampuan merasa mumpuni, kenapa ga kuliah di yg akreditasinya A atau B saja gan ?
pasti kan sebelum masuk kuliah ada banyak pertimbangannya.

just info saja ya, beberapa kali di lowongan kerja yg swasta pun mencantumkan minimal akre prodi nya
1
Lapor Hansip
13-03-2019 07:49
Balasan post michiyoshirin
Quote:Original Posted By michiyoshirin
Susah klo lu ngelamar jadi pns atau pegawai bumn

Tapi klo swasta sih, bisa2 aja


Akreditasi juga sebagai tolak ukur kualiatas jurusan.
mulai dari tenaga pengajar, karya ilmiah atau prestasi, fasilitas yang memadai, serta jumlah daya serap alumni
bukan hanya loker pns atau bumn aja
untuk beberapa perusahaan swasta yang ternama juga mengsyaratkan minimal akreditasi
0
13-03-2019 07:52
Kalau sistem informasi masih ada peluang karena bisa banyak jalur lain buat buktiin kemampuan. Tapi kalau kayak akuntansi (jurusan saya) pasti sulit banget karena gak banyak cara buat bukttin kemampuan lo.
1
13-03-2019 07:53
beberapa perusahan ada yg menentukan akreditas jurusannya minimal B. tp ada juga lowongan yg mensyaratkan lulusan perguruan tinggi ternama.
jurusan gw juga akreditasnya C. gw udah pindah kerja beberapa kali tp tidak ada yg mensyaratkan akreditas jurusan. awal-awal lulus nyari kerja yg dilihat ipknya. tp setelah 3 tahun lulus nyari kerjaan lagi yg ditanyakan lebih ke pengalaman kerjanya.

fokus saja sama kuliahnya. agan pinter sapa tau nanti ga kepikiran lagi nyari kerja lagi. malah agan yg nyari karyawan untuk usaha agan. emoticon-Jempol
1
13-03-2019 07:53
ya karena tidak sedikit orang2 di negara ini yg lebih mementingkan status dibandingkan dengan skill/kemampuan
0
13-03-2019 07:57
Nasib org ga ada yg tau..yg penting lakukan yg terbaik..byk2in pergaulan n bikin image diri yg baik..
emang sih biasanya company cari alumnus kampus akreditasi bagus..apalagi byk alumninya yg kerja disitu..tp msh ada peluang asal cv nya bagus bgt..misalnya byk prestasi akademis n olahraga, pengalaman organisasi n kepanitiaan, paper/karya ilmiah ama pas interview penampilan n gaya bicara yg tertata baik trus kesehatan jg harus bener2 baik karena bakal ada medical check up..
ya intinya effort nya harus lebih besar untuk menyaingi alumni kampus2 "A"..yakin aja bre hasil ga akan menghianati usaha n rezeki udah diatur..klopun nanti hanya keterima di company kecil jgn berkecil hati, jalani aja dgn sebaik2nya..biasanya nanti company2 gede buka lowongan utk org2 yg punya pengalaman kerja (biasanya 5 tahun pengalaman kerja) tanpa melihat background pendidikan..semoga sukses
1
13-03-2019 07:59
Menurut pengalaman saya pribadi, nama universitas dan akreditasi menentukan seleksi gan.
Klo skill kita standard umum rata2 kebanyakan orang ya kenyataannya susah dapet kerja, kecuali perusahaan gag jelas job desk bergajih kecil dan tanpa jenjang karier hehehe... untuk keluar dari lingkaran tsb agan harus punya skill khusus yg tajam, bisa diasah lewat kursus atau pengalaman kerja.

emoticon-Traveller
1
13-03-2019 08:00
kuliah kok masih ngurusin akreditasi?
lu niat mau nyari ilmu atau tidak. jangan patah semangat lah, tunjukan pada dunia kalau lu bisa. selama kuliah perbanyak koneksi sama kating, lebih meningkatkan skill dan lebih produktif. kalau bisa setelah lulus nyari beasiswa s2 di luar negeri. susah? ngak juga. tingkatkan skill bahasa lu. jangan berpatokan sama nilai, ditanya malah gak bisa. semangat TS. Urusan akreditasi biar diurus sama universitas. lu tinggal kuliah aja kok. emoticon-thumbsup
Diubah oleh jonesforyou
2
13-03-2019 08:07
biasanya akre C/D susah nyari kerja. emoticon-Big Grin tapi ga seperti yg di bayangkan. jaman skrg mandang nya gelar lulusan mana. bukan dr skillnya emoticon-Big Grin
0
13-03-2019 08:08
kalau udah terlanjur jalanin aja dulu, siapa tahu berjalannya waktu akreditasinya bisa naik.
0
13-03-2019 08:11
Keluar Aja, kecuali kampusnya negri.
0
13-03-2019 08:11
Quote:Original Posted By drake ShinRa
ya karena tidak sedikit orang2 di negara ini yg lebih mementingkan status dibandingkan dengan skill/kemampuan


Status apa sih maksudnya? Saya bingung pada demen banget sih ngejelek2in bangsa sendiri?

Ini pada ga pernah baca apa ya emoticon-Hammer (S)

Gini ya,
Di luar negeri pun, ada yg namanya uni favorit. Pernah dengar ivy league? Macam harvard, yale, stanford dll. Nah sama aja kaya di sini, kalo kamu ngelamar kerja, lulusan uni2 tersebut pasti diprioritasin. Jadi fenomena macam ini bukan cuma di Indonesia kok, dimana mana juga kamu alumni apa, itu salah satu poin dalam penerimaan kerja.
1
Lihat 1 balasan
13-03-2019 08:13
Quote:Original Posted By diyanti978
Wah jadi emangan agak susah ya kalau lulusan akre C?


Masa ah..ane dulu kuliah d Univ gak dianggap, gak populer dan rata2 isinya anak2 daerah semua. Tp pas masih nyusun skripsi ane malah keterima kerja d hotel bintang 3 sbg cashier.
Trus pas INTERVIEW krja d salah satu perusahaan start up terkenal ane cm ditanya "PENGALAMAN KERJA". tp wawancara 2 sesi bahasa inggris (yg mana ane ngebacot gak jelas sampe ngajakin s pewawancara naik gunung bareng kapan2). Satu sesi wawancara biasa dan tes bahasa Inggris.
Trus diterima.
Yg penting skill dan pengalaman plus modal bacot emoticon-Big Kiss
(Btw...ane aja gak ingat kapan ngelamar k perusahaan tsbt. Kayaknya pas main klik2 apply secara random doang deh d salah jobsite)
emoticon-Leh Uga
1
13-03-2019 08:13
kalau untuk pegawai BUMN dan CPNS memang mengutamakan A dan B. tapi kalau swasta insya Allah aman.
Pengalaman, dulu jaman2 ane masih cari2 kerja di jobfair (banyakan swasta sih pakai sistem walk in interview, kita bawa ijazah dan persyaratan, langsung wawancara, gak pakai seleksi akreditasi segala), banyak ketemu orang2 dari kampus akreditasi C, bahkan kampus yang namanya belum pernah ane denger sebelumnya. tapi mereka malah dengan bangga menjelaskan ttg kampusnya, dan, justru mereka punya lebih banyak kenalan orang terkenal dibandingkan temen-temen yang berasal dari kampus ternama. Inilah yang bikin 'nilai jual' mereka meningkat di mata pewawancara (yang ane lihat skill komunikasi mereka luar biasa). Jadi intinya jangan minder, asah skill komunikasi, dan perbanyak tebar jaring kenalan sm orang2 penting emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh crazydee
1
13-03-2019 08:16
Quote:Original Posted By rarebali
beberapa perusahan ada yg menentukan akreditas jurusannya minimal B. tp ada juga lowongan yg mensyaratkan lulusan perguruan tinggi ternama.
jurusan gw juga akreditasnya C. gw udah pindah kerja beberapa kali tp tidak ada yg mensyaratkan akreditas jurusan. awal-awal lulus nyari kerja yg dilihat ipknya. tp setelah 3 tahun lulus nyari kerjaan lagi yg ditanyakan lebih ke pengalaman kerjanya.

fokus saja sama kuliahnya. agan pinter sapa tau nanti ga kepikiran lagi nyari kerja lagi. malah agan yg nyari karyawan untuk usaha agan. emoticon-Jempol


Quote:Original Posted By Alfrida303
kalau udah terlanjur jalanin aja dulu, siapa tahu berjalannya waktu akreditasinya bisa naik.


Malah ntr dapat ilham dari gosipan kelas buat bikin ternak lele. Pengusaha kan lebih ok drpd pekerja.
Ah..impian ane
emoticon-Leh Uga
0
13-03-2019 08:18
Quote:Original Posted By crazydee
kalau untuk pegawai BUMN dan CPNS memang mengutamakan A dan B. tapi kalau swasta insya Allah aman.
Pengalaman, dulu jaman2 ane masih cari2 kerja di jobfair (banyakan swasta sih), banyak ketemu orang2 dari kampus akreditasi C, bahkan kampus yang namanya belum pernah ane denger sebelumnya. tapi mereka malah dengan bangga menjelaskan ttg kampusnya, dan, justru mereka punya lebih banyak kenalan orang terkenal dibandingkan temen-temen yang berasal dari kampus ternama. Inilah yang bikin 'nilai jual' mereka meningkat di mata pewawancara (yang ane lihat skill komunikasi mereka luar biasa). Jadi intinya jangan minder, asah skill komunikasi, dan perbanyak tebar jaring kenalan sm orang2 penting emoticon-Ngakak (S)


Yup gan. Poin paling menentukan itu d wawancara. Sebisa mngkin jawaban kreatif. Ane malah interview ny sampe OOT dgn jawaban out of the box. Wkwkwkw
0
13-03-2019 08:22
mending cari rumput emoticon-Wakaka
0
13-03-2019 08:26
ane akuntansi akreditasi C gan. kemaren ikutan CPNS an susah ikut nya, cuman dapet kementan doang. klo di swasta, susah juga, selain akreditasi, mereka ngeliat asal kampus jugaemoticon-Ngamuk
Ane juga sering ingetin rekan kerja yang anaknya mo kuliah, supaya masuk kampus yang akreditasi minimal B lah. Karena bagaimana pun juga, seleksi administrasi yang pertama sebelum tes2 ama wawancara emoticon-Blue Guy Peace
1
Halaman 9 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.