alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c85f1262525c373fc3857cf/kuliah-akreditasi-c--ngapain-kuliah
Lapor Hansip
11-03-2019 12:24
Kuliah Akreditasi C : Ngapain Kuliah?
Past Hot Thread
Kuliah Akreditasi C : Ngapain Kuliah?

Gambar : Line Today


Why?
Kenapa?
Itu yang saya pikirkan ketika seseorang berkata, "ngapain kuliah?" hanya karena mendengar prodi jurusan saya akreditasi C.
emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

Saat itu saya berjalan buru-buru ke kampus. Tiba-tiba seseorang dengan baik hati menawari tumpangan. Saya pun ikut karena sudah terlambat.

Quote:"Kuliah di kampus A ya?"
"Oh, iya mas."
"Semester berapa?"
"Baru semester satu."
"Oh baru ya? ngambil jurusan apa?"
"Sistem Informasi."
"Oh... kampus A itu akreditasinya apa sih?"
"Kalau prodi saya C."
"Lah, ngapain kuliah?"
"Emang kenapa?"


Belum terjawab pertanyaan saya, motor sudah masuk ke gerbang kampus. Saya pun turun, lalu mengucapkan terimakasih dan langsung pergi menuju kelas.
emoticon-Ngacir

Awalnya saya nggak terlalu memikirkan percakapan dengan orang yang memberikan saya tumpangan. Tetapi setelah mata kuliah pertama selesai, ingatan terdahulu yang berhubungan dengan itu muncul.

Quote:"Aku mau kuliah di tempat Mba Aya."
"Oh ya? ngambil apa?"
"Sistem Informasi, kayak Mba Aya."
"Kok nggak lanjut di akuntansi aja, kan kamu SMK akuntansi?"
"Pusing mba, udah trauma, dulu juga ngambil akuntansi karena terpaksa."
"Tapi sistem informasi akreditasi C."
"Lah emang kenapa?"
"Susah dapet kerja dek."


emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir

Mendengar keributan di belakang, saya pun beralih dari tempat duduk depan, ikut bergabung dengan teman-teman yang sedang bergosip.

Quote:"Gue tadi berangkat ikut sama orang, dia tanya akreditasi, terus gue bilang C, dia malah bilang, ngapain kuliah? gitu masa?"
"Iya tau, banyak orang yang nganggep akreditasi C jelek."
"Kenapa? karena C? Bukan A atau B?"
"Ya kalau lulusan C itu dibilang susah dapet kerja."
"Kalau kita punya kemampuan, diatas A atau B, gimana?"
"Ya... kenyataannya di sini masih mentingin ijazah dari pada kemampuan, coba kalau daftar kerja, nilai ijazah jelek langsung di depak sebelum liat kemampuannya."


Benarkah?
Saya masih baru kuliah semester satu mau semester dua, belum pernah bekerja atau mendaftar kerja dengan ijazah akreditasi C. Apa sekarang masih jamannya nilai, akreditasi atau asal sekolah/kuliah di nomor satukan? padahal saya berpikir kemampuan/skill di atas dari semua itu.
emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

Ask :
Jadi menurut agan and sista gimana? apa akreditasi C seburuk apa yang teman-teman atau orang yang saya temui pikirkan?
Atau ada yang berpikir masuk kuliah di prodi akreditasi C nggak ada masalah, seperti saya?
Mungkin juga bisa kasih tau pengalaman buat yang lulusan2 dari akreditasi C selama mencari pekerjaan, siapa tau kan bermanfaat buat kita-kita yang masih pemula.

Ayo share pendapat atau pengalamannya ya emoticon-2 Jempol

Diubah oleh diyanti978
28
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 19
13-03-2019 06:48
gk bisa ngelamar kerja kek BUMN sama PNS karena mereka mencari kampus yg ternama minimal akreditas B. kalo akreditas C paling cuma bisa ke swasta
0
13-03-2019 06:52
Akreditasi dipengaruhi sarana dan prasarana juga gan..
Asumsinya, kalau sarana dan prasarana gak memadai gimana mau bisa?
Contoh, mahasiswa tek sipil butuh theodolite buat praktek ukur koordinat..tp kampus gak punya jd cuma dpt teori doang, 99% perusahaan pasti milih yg pernah pegang dibanding yg cuma dpt teori

Dan akreditasi bukan susah dpt kerja, tapi susah jd pegawai negri..krn biasa nya SI akre C lebih baik dari lulusan SMK..

Tapi semua balik ke rejeki dan kemampuan individu...good luck gan, semoga sukses

Quote:Original Posted By steven.thereds
msalahnya waktu mw cari kerja bnyak perusahaan khususnya BUMN nerima lowongan min akre B, CPNS aja hrus B

Denger2 mau dinaikin..minimal akre A emoticon-Big Grin
1
13-03-2019 06:52
doa aje .targetin ipk min 3.5 krn itu syarat mutlak untuk menangin yg akreditasi a dan B
0
13-03-2019 06:52
Msh adil kok.
Buktiny, ente betah kuliah di situ. Sdgkn org lain pd ngejar yg lebih tinggi.

Personalia pasti milih yg terunggul dr yg paling unggul dr semua yg daftar lowongan. Trmasuk sumberny bibit unggul..
1
13-03-2019 06:57
Quote:Original Posted By sheedzzz
ya gitu deh gan.
ibarat cewe lebih milih orang yg pakaian rapi daripada yg kudel. padahal belum tentu kepribadiannya diwakili sama penampilannya emoticon-Leh Uga


Iya gan penampilan emang bukan segalanya tapi segalanya berawal dari penampilan, jatuh cinta aja dari mata baru turun kehati emoticon-Leh Uga
0
13-03-2019 07:02
HRD mana tau kemampuan sista yang kuliah di prodi akred C lebih punya skill atau jago dari pelamar lain yang lulusan prodi akred A atau B..
Klo ke depan pengennya kerja jdi PNS/BUMN saya sarankan pindah..
Tapi klo mau usaha sendiri mah gpp..
1
13-03-2019 07:04
coba agan bayangkan di posisi HRD, ada banyak lamaran masuk, semua agan gak kenal orangnya, semua agan cuma liat surat lamaran, cv dan ijazah.

Kira2 yang agan panggil interview duluan siapa? lulusan kampus akreditasi A, B atau C?

Ibarat ada dua cewek, sama2 belum kenal, mau ngajak kenalan, pasti yang lebih cantik bakal lebih banyak diajak kenalan lah.

Kata orang "don't judhe a book by it cover", tapi cover yang bagus kan bikin kita tertarik buat baca toh? itulah dunia, hehehe
1
Lihat 1 balasan
13-03-2019 07:07
rata rata ngelamar kalau mau ke perusahaan bonafit, BUMN kalo nggak cpns harus min akre b
0
13-03-2019 07:09
Setau saya..akreditasi ga penting klo agan mau kerja di bidang swasta (non pemerintah/PNS)
Pengalaman ane sendiri kuliah di yogya..akreditasi C bahkan kampus ane sekarang ditutup..tapi alhamdulilah skrg ane kerja mapan di sebuah bank swasta berlogo biru
Yg penting doa,usaha & koneksi gan..(penting itu yg terakhir..)emoticon-Request
1
13-03-2019 07:14
Prodi ane butuh 12 tahun untuk sampe ke A.. Ketika gue masuk udah B, ketika gue lulus udah A..
emoticon-Leh Uga
0
13-03-2019 07:14
prodi ane juga C gan, tapi pihak kampus bilang sih sebelum lulus bakal di usahain ke B, ya semoga aja emoticon-Malu (S)
1
13-03-2019 07:15
ijazah punya andil sangat besar.. makanya penting memilih kampus dan prodinya.. ya skill juga penting, tapi gimana mau dilirik kalo ngeliat ijazah ternyata dari prodi a dan kampus a.. akreditasi penting gan..
1
Lapor Hansip
13-03-2019 07:16
Balasan post yuniharto
nah ini ngena banget.. keren kata2nya gan
0
13-03-2019 07:20
Kuliah di indonesia ribet, ke luar negeri aja. Gak pake akreditasi2an a,b,c, yg penting terakreditasi tapi lebih bagus daripada yg kelas A di Indonesia.
0
13-03-2019 07:21
NEGARA BERFLOWER
di indonesia semua di lihat dari nilai, makanya susah bisa berkembang. makanya banyak kecurangan2 yang dilakuin gegara biar dapet nilai bagus. sekarang mah percaya dengan rezeki dari Allah, dengan berikhtiar dan terus berusaha insyaAllah semua akan amazing.
1
13-03-2019 07:22
Quote:Original Posted By kazuraba
walau menyakitkan tapi realita begitu gan orang sekarang butuh hitam diatas putih yah disayangkan sih bisa aja banyak orang hebat diluar sana tapi terkendala hal hal kek gini emoticon-Shakehand2
ada juga lho yang bahkan dah sarjana tapi suram tapi keknya sedikit banget daripada yang jago jago emoticon-Shakehand2

kuliah penting tapi jangan cuma ngejar ijazah ya gan emoticon-Shakehand2 (* dari ane yang ga kuliah)


kendala di indonesia tidak bisa dipungkiri melihat penampilan luar dr pada skill. secara normatif lulusan sarjana yg mereka cari tapi entah lah punya kemampuan atau tidak.
ane kerja selama ini menggunakan ijazah smk emoticon-Big Grin
0
13-03-2019 07:23
Quote:Original Posted By cotwag
semua tergantung nasib dan orang dalam emoticon-Ngakak


kalo orang dalam sih pasti masuk bre, percaya ga percaya BUMN itu setiap harinya pasti butuh tenaga kerja nah ini celahnya orang dalam daripada perusahaan repot repot ngambil orang melalui serangkaian tes untuk posisi yang ga seberapa banyak mending nerima rekomendasi si orang dalam ini emoticon-Malu
0
13-03-2019 07:29
setau ane akreditasi itu ibarat kualitas sebuah kampus gan, mulai dari fasilitas kampusnya, sistemnya dan lain2 deh
nah, dalam dunia kerja, ada namanya seleksi berkas gan, karna setiap perusahaan buka lowongan kerja yg daftar kan gak mungkin ente sendiri gan, pasti ada kandidat lainnya, nah biasanya orang bagian HRD mah seleksinya liat dari latar belakang pendidikan kita gt deh gan.
sepengalaman ane nih ya, IPK ane rendah tp ane kuliah di kampus yg terkenal, ane dipanggil interview dan tes seleksi nya lolos gan.
memang setau ane, untuk daftar CPNS skrg aja akreditasi kampus harus minimal B
tapi ya semangat aja gan, jalan hidup kita gak ditentukan lewat akreditasi kampus kok emoticon-Big Grin emoticon-Toast
1
13-03-2019 07:32
setau ane kalok kerja itu namanya ada seleksi berkas, kalau akre kampus C pasti udah didepak sama hrd perusahaan. karena mereka pasti bakal seleksi yang A atau B walaupun ujung2nya mereka gagal di test test yang lain. itu kebijakan setiap perusahaan yang ane tau. beda cerita kalau ente pergunain ilmunya buat usaha sendiri. gak akan ada yang namanya seleksi berkas, sukses buat kite semua dah emoticon-Shakehand2
Diubah oleh ironhuman
1
13-03-2019 07:42
tenang aja nanti ane yg lamar emoticon-Wow
0
Halaman 8 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.