Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
60
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c7f8981f4d69562ab64cca9/catur-braya-nyepi-mengenal-4-pantangan-umat-hindu-pada-hari-nyepi
Bali merupakan sebuah provinsi sekaligus pulau cantik yang ada di Indonesia, terletak antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Disebut indah, keindahannya ini sudah terkenal mancanegara, dan banyak turis-turis asing yang datang sekadar untuk menikmati keindahannya.
Lapor Hansip
06-03-2019 15:49

Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi

Past Hot Thread
Bali merupakan sebuah provinsi sekaligus pulau cantik yang ada di Indonesia, terletak antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Disebut indah, keindahannya ini sudah terkenal mancanegara, dan banyak turis-turis asing yang datang sekadar untuk menikmati keindahannya. Selain alamnya yang indah, kebudayaan di Bali juga kental dan banyak hari-hari raya serta upacara adat yang masih dilestarikan sampai sekarang. Misalnya saja, Hari Nyepi, yaitu hari raya umat Hindu, yang rutin diadakan dengan khidmat di Bali.

Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi

Hari Nyepi merupakan Tahun Baru Hindu, berdasarkan penanggalan/kalender Saka, jadi mulai mengawali tahun baru dengan ketenangan. Semua kegiatan termasuk pelayanan umum seperti di Bandara akan tutup pada hari tersebut. Meskipun begitu, rumah sakit tetap buka kok. Tujuan perayaan ini adalah memohon kepada Tuhan untuk menyucikan alam manusia dan alam semesta.

Kalau kamu kebetulan datang ke Bali pada saat nyepi, ada beberapa pantangan yang tidak boleh kamu lakukan nih. Hal itu tentunya sebagai bentuk toleransi umat beragama, dan menghormati adat serta kebudayaan yang ada di kota yang kita datangi. Sejumlah pantangan itu disebut Catur Brata Nyepi, yaitu empat pantangan selama Hari Nyepi di Bali. Apa saja larangan tersebut?

Amati Karya (Tidak boleh bekerja)
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi

Poin pertama dari larangan Hari Nyepi di Bali adalah Amati Karya, yaitu larangan untuk bekerja atau melakukan aktivitas. Jadi pada saat Hari Nyepi di Bali berlangsung, semua penduduk akan berdiam di rumah, tidak ada yang keluar rumah untuk bekerja. Tujuannya, momen tersebut dapat menjadi waktu perenungan dan introspeksi diri atas kesalahan yang sudah diperbuat.

Amati Geni (Tidak boleh menyalakan api)
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
Larangan Hari Nyepi di Bali yang kedua adalah Amati Geni, alias larangan untuk menyalakan api. Api ini mengacu pada api yang ada dalam diri masing-masing orang, yang wujudnya berupa kemarahan, iri hati, serta pikiran-pikiran yang tidak baik. Karena itu, pada Hari Nyepi di Bali dilarang untuk menyalakan api, dan juga lampu.


Tapi akan ada pengecualian kalau di rumahmu terdapat bayi, atau anak-anak yang masih kecil ya. Kalau kamu menginap di hotel-hotel Bali selama Hari Nyepi berlangsung, lampu yang diperbolehkan menyala hanyalah lampu kamar, dan tidak dengan lampu-lampu di koridor atau pun bagian hotel lainnya. Karena itu, biasanya pihak hotel akan menyediakan senter bagi para tamunya.

Amati Lelungan (Tidak boleh berpergian)
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
Larangan Hari Nyepi di Bali juga termasuk tidak boleh bepergian, yaitu berjalan-jalan atau melancong. Hal tersebut disebabkan kepercayaan bahwa bepergian atau melancong akan mengganggu dan mengotori alam. Karena selama ini manusia sudah beraktivitas dan bepergian ke sana ke mari, khusus Hari Nyepi mereka membiarkan bumi “beristirahat”. Ini juga sebagai bentuk permohonan maaf pada bumi karena selama ini manusia merusak alam, juga demi kelangsungan hidupnya.


Amati Lelanguan (Tidak boleh bersenang senang)
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi

Di poin keempat dari larangan Hari Nyepi ini, para umat diingatkan untuk tidak bersenang-senang, dan fokus serta memusatkan pikiran pada Sang Hyang Widhi, yaitu Tuhan Yang Maha Esa bagi pemeluk Agama Hindu. Karena seringkali, manusia larut dalam kesenangan dunia, dan lupa bahwa tujuan hidup utama mereka adalah kembali kepada Tuhan. Karena itu, pada momen Hari Nyepi, semua aktivitas mulai dari bekerja sampai bersenang-senang ditangguhkan. Semua umat kembali kepada Tuhan, dan melepaskan diri dari hal-hal duniawi.

7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 20:03
lu orang Bali bukan?
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 20:06
seperti hatiku yang nyepi tak seperti hatimu yang telah menjadi milik orang lain berdiri di pelaminan 21 hari 21 malam
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 20:23
Catur braya???
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 20:41
emoticon-Nyepi
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 20:43
2 0
2
Lihat 1 balasan
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 20:54
catur brata kali gan..salah judul tu
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 21:01
Quote:Original Posted By djinggo88
Random gan
Kartu halo juga hidup kok
Tapi anehnya ada juga yg mati

Ane langganan indihome+useeTV

Indihome ane mati
Tapi UseeTV ane berfungsi normal

Sdangkan ada teman ane tetap bisa connect indihome tapi dengan VPN


Ya penurunan layanan jaringan, bukan mati total sih. Klo di pusat layanan masyarakat dan tempat vital lainnya msh aktif kok
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 21:13
Kalau gaboleh nyalain api atau listrik para umat hindu yg lagi nyepi makannya gimana ya gan? Apa sehari sebelum nyepi mereka udah siap sedia makanan gitu, jadi gaperlu masak?
Btw, hindu di india apa juga ada hari raya nyepi?
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 21:43
ane kadang kesepian gan 🤒😭
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 21:44
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Diubah oleh hansip.ka5kus.2
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 21:46
Quote:Original Posted By masmomon
iya bray cantik.


cendol ya bosquee heheh ,adem ya liat nya Kita Bhinekka tunggal ika ,ane seneng liat nya negara kita adem kaya si eneng itu emoticon-Maluiloveindonesia
2 1
1
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 21:47
Quote:Original Posted By adriol43
cendol ya bosquee heheh ,adem ya liat nya Kita Bhinekka tunggal ika ,ane seneng liat nya negara kita adem kaya si eneng itu emoticon-Malu emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 21:49
Sekali ke Bali kental banget gan budayanya, sayangnya cuman ngunjungin pantai pantai trus jalanan macet banget.. mau nyoba ke desa desa yang adem.. siapa tau dapet yang adem adememoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 21:53
Quote:Original Posted By raditya232
Hay guys mampir channel ku yah jangan lupa di subcribe


goblog
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 21:54
budaya yg harus di lestarikan
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 22:01
iya itu keputusan dr parisada
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 22:19
ane baru tau tentang 4 pantangan ini, nice thread om
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 22:21
Quote:Original Posted By iceprincess13
Kalau gaboleh nyalain api atau listrik para umat hindu yg lagi nyepi makannya gimana ya gan? Apa sehari sebelum nyepi mereka udah siap sedia makanan gitu, jadi gaperlu masak?
Btw, hindu di india apa juga ada hari raya nyepi?


Seharusnya puasa gan
Puasa seharian gak makan (benar2 24 jam gk makan dan minum start dr jam 6 pagi- benar2 baru boleh makan minum esok hari )
Bahkan ada yg extrim
Puasa bicara

Tapi mah rata2 pada gk kuat
emoticon-Ngakak ( namun ada yg kuat , ya sehari aje soalnya)

Biasanya H minus nyepi udh pda nyetok makanan gan
Makanan yg simple
Yg bisa cukup dhangatkan
/digoreng ringan

Agak melanggar iya..tapi ya gimana , gk smua juga kuat puasa emoticon-Ngakak

Hindu india gk ada setau ane
Ini original hindu bali punya

Untuk lampu
Sbenarnya boleh aja agan nyalakan
Klo misal
D rumah ada bayi
Tinggal lapor ke ketua wilayah setempat
Di kasi toleransi kok nyalakan lampu khusus d kamar si baby aj.
Diubah oleh djinggo88
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
08-03-2019 23:08
Quote:Original Posted By djinggo88
Seharusnya puasa gan
Puasa seharian gak makan (benar2 24 jam gk makan dan minum start dr jam 6 pagi- benar2 baru boleh makan minum esok hari )
Bahkan ada yg extrim
Puasa bicara

Tapi mah rata2 pada gk kuat
emoticon-Ngakak ( namun ada yg kuat , ya sehari aje soalnya)

Biasanya H minus nyepi udh pda nyetok makanan gan
Makanan yg simple
Yg bisa cukup dhangatkan
/digoreng ringan

Agak melanggar iya..tapi ya gimana , gk smua juga kuat puasa emoticon-Ngakak

Hindu india gk ada setau ane
Ini original hindu bali punya

Untuk lampu
Sbenarnya boleh aja agan nyalakan
Klo misal
D rumah ada bayi
Tinggal lapor ke ketua wilayah setempat
Di kasi toleransi kok nyalakan lampu khusus d kamar si baby aj.


Wahh makasih gan lengkap banget ngasih jawabannya!! Ane jadi paham. Oohh ternyata masih boleh toh makan dan minum. Gak harus yg wajib puasa gitu ya gan.. Main ke pantai2 di bali pas waktu nyepi mungkin enak kali ya gan.. Lengang.. Berasa private beach emoticon-Big Grin
0 0
0
Catur Braya Nyepi: Mengenal 4 Pantangan Umat Hindu Pada Hari Nyepi
09-03-2019 00:08

#22,260

Ane mau tanya. Kalau nyepi, salah satu pantangannya adalah tidak boleh beraktivitas. Apakah termasuk yang mendasar seperti makan? Lalu apakah yang tidak merayakannya dan berada di Bali juga harus mengikuti pantangan ini?
Diubah oleh gilbertagung
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia