new.beeeAvatar border
TS
new.beee
Yang Perlu Agan Tau Ketika Nyepi ada di Bali


Hari raya Nyepi merupakan acara peringatan tahun baru Saka berdasarkan kalender Bali. Kalender ini adalah kalender modifikasi Kalender Saka yang berasal dari India dengan tambahan elemen-elemen masyarakat setempat. Di dalam kalender Masehi, hari raya Nyepi selalu jatuh di antara bulan Maret dan April. Untuk tahun ini, hari raya Nyepi dirayakan pada hari Kamis tanggal 7 Maret 2019 (1 Saka 1941).

Hari raya Nyepi dirayakan oleh umat Hindu di Indonesia. Nyepi berasal dari kata sepi yang berarti sunyi dan masyarakat Hindu berhenti dari semua kegiatan di hari suci ini. Di propinsi Bali di mana sebagian besar masyarakat menganut agama Hindu, semua aktivitas umum juga ditiadakan kecuali untuk rumah sakit. Bahkan bandar udara internasional Ngurah Rai pun ditutup selama 24 jam.

Catur Brata Panyepian tahun 2019 ini dipastikan tanpa jaringan internet. “KPID Bali dan Kadis Kominfo Bali mendampingi Komisi I DPRD Bali menyampaikan nota kesepakatan untuk penghentian penyiaran televisi, radio, dan internet dalam rangka Nyepi,” kata Ketua Komisi I DPRD Bali, Ketut Tama Tenaya, Senin (18/2).

Menurut Tama, dalam kunjungannya ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI di Jakarta, Komisi I DPRD Bali didampingi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali dan Dinas Kominfo Bali telah menyerahkan nota kesepahaman dan kesepakatan berkaitan dengan perayaan Nyepi di Bali tersebut. Dikatakannya, pada saat Nyepi, jaringan internet akan dimatikan. Nantinya, penonaktifan jaringan internet terhitung dari tanggal 7 Maret pukul 06.00 hingga 8 Maret pukul 06.00. Namun, beberapa tempat vital seperti rumah sakit, kantor kepolisian, bandara akan tetap aktif koneksi internetnya. “Dimatikan itu (internet), kecuali tempat-tempat vital. Kalau telepon tetap hidup, khususnya internet yang berhubungan dengan hiburan,” terang dia.

Menurutnya, ada empat hal yang dilarang saat Nyepi. Di antaranya, tak boleh menyalakan api (amati geni), tak boleh kerja (amati karya), tak boleh bepergian (amati lelungaan), dan tak boleh bersenang-senang (amati lelangunan). Pihaknya juga telah menggandeng provinsi lain seperti Balmon Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk penghentian siaran televisi maupun radio. “NTB dan Jawa Timur untuk mengurangi daya pancar siarannya saja, supaya televisi dan radio tidak sampai ke Bali,” tandasnya.

Gimana pendapat agan-agan terkait nyepi tahun ini?

SELAMAT HARI RAYA NYEPI UNTUK SEMUA UMAT HINDU

emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
2
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.