• Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Sleeper Hits di Dunia K-Pop, Awalnya Biasa Aja Tapi Bisa Tenar Pada Akhirnya

raiah
TS
raiah
Sleeper Hits di Dunia K-Pop, Awalnya Biasa Aja Tapi Bisa Tenar Pada Akhirnya
Kalau Agan Sista mengamati tren dunia per-K-Pop-an pasti sadar kalau seringkali lagu-lagu dari grup atau penyanyi tertentu kadang bisa terkenal dengan waktu yang terbilang cepat. Malam baru rilis, besok pagi udah jadi top chart, ngehits sampai merajai berbagai puncak tangga lagu.

Meski begitu emang nggak nggak bisa juga diambil kesimpulan kalau semua lagu-lagu K-Pop bisa populer dalam waktu yang secepat itu. Ada aja kok grup-grup atau penyanyi tertentu yang butuh waktu yang cukup lama, perlahan dan bertahap hingga akhirnya jadi hits dan populer di kalangan para penikmat musik Korea sana. Beberapa bahkan awalnya hampir dilupakan hingga akhirnya karena satu dan dua hal mendadak mereka jadi tenar lagi. Misalnya seperti mereka-mereka ini lah contohnya.

EXID - "UP & Down"



Waktu pertama kali single Up & Down rilis EXID sebetulnya lagi di ambang kebubaran. Lagu itu sendiri saat pertama rilis juga nggak langsung menarik perhatian banyak penikmat musik K-Pop. Baru 4 bulan setelah rilis, grup EXID dengan lagu UP & Down ini mendadak tenar setelah fancam salah satu membernya, Hani jadi viral.

Video itu langsung menyedot perhatian di Korea Selatan dalam mwaktu seminggu. Lagu yang awalnya nggak menarik perhatian banyak orang ini langsung muncul lagi di tangga musik dan masuk ke dalam 10 besar tangga lagu harian. EXID juga jadi makin populer. Muncul di berbagai acara musik dan memenangkan penghargaan untuk pertama kalinya setelah 5 bulan paska rilisnya lagu UP&Down tersebut.



NU'EST - "Hello"




Boyband yang satu ini memang punya kisahnya tersendiri. Hampir bubar di tahun 2017, lima tahun setelah debut, karir grup ini pun mendadak perlahan membaik. Ini terjadi semenjak kemunculan 4 anggota grup mereka di acara Produce 101:Season 2. Yah walaupun dari 4 member tersebut hanya satu yang akhirnya berhasil lolos dan debut dalam grup Wanna One, tapi kemunculan mereka di acara ini bikin popularitas mereka jadi terkenal lagi.

Lagu “Hello” milik mereka yang sebelumnya rilis di tahun 2013 aja mendadak populer lagi dan merajai tangga lagu pada bulan Juni 2017 dengan posisi no 1 di tangga lagu Genie, No 2 di Bugs dan No 3 di Melon. Popularitas lagu berjudul Hello ini kemudian berhasil masuk dalam nominasi untuk posisi pertama di Inkigayo. Yah walaupun saat itu mereka tak berhasil menjadi juaranya, tapi grup ini akhirnya berhasil meraihi kemenangan pertama sejak debut mereka dengan lagu “Where You At?”.



Pentagon - “Shine”



Lagu Shine milik boyband Pentagon awalnya berada di posisi ke 500 dalam chart harian Melon saat baru-baru rilis. Siapa sangka, lagu yang dulunya ada di posisi 500 ini bisa jadi hits beberapa waktu kemudian. Ini karena bagian refrain lagu tersebut terbilang catchy dan semakin menarik perhatian para penggemar K-Pop dan idol-idol lainnya. Banyak kemudian yang juga membuat video-video cover dance di lagu Shine ini. Sebulan setelah rilis, “Shine” akhirnya masuk ke top 100 Chart Melon. Nggak berhenti sampai di sini, “Shine” juga masuk ke top 10 hit di Billboard’s World Digital Song Sales Chart pada pertengahan Mei.



Crayon Pop - “Bar Bar Bar”



Crayon Pop dengan singlenya Bar Bar Bar awalnya duduk di posisi 143 tangga lagu pada minggu pertama setelah rilis. Mungkin karena kostum dan tariannya yang unik, perlahan tapi pasti lagu ini kemudian jadi hits sendiri. Lagunya dan dance nya pun jadi viral dan membuat lagu ini akhirnya memuncaki tangga lagu Gaon di posisi ke 3 saat 7 minggu setelah pertama kali dirilis. “Bar Bar Bar” sendiri bertahan selama 31 minggu berturut-turut di tangga lagu Korea. Kepopulerannya juga membawa lagu ini mencapai nomor 1 di Billboard’s K-Pop Hot 100.



Yah, namanya juga kadang sukses itu kadang butuh waktu.
Kayak lagu-lagu mereka yang butuh waktu untuk jadi hits dan populer di kalangan penikmat musik K-Pop ini lah.
Yang penting walau nggak langsung jadi hits, tapi pada akhirnya tetap bisa menarik jutaan hati penggemar kan.

emoticon-Toast
Diubah oleh KaskusKreator 08-03-2019 01:55
5
8.6K
57
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.