alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c7ebe0daf7e93541458a09f/moment-asik-ini-bisa-dinikmati-saat-nyepi-di-bali
Lapor Hansip
06-03-2019 01:21
Moment Asik Ini Bisa Dinikmati Saat Nyepi di Bali
Past Hot Thread
Moment Asik Ini Bisa Dinikmati Saat Nyepi di Bali


Sebagai orang yang lahir, tumbuh besar dan berkembang di Bali, Nyepi adalah hal yang sudah biasa buat ane, tapi mungkin tidak bagi sebagian orang luar Bali yang belum pernah merasakan bagaimana saat nyepi di Bali. Dimana hanya di Bali ada moment saat satu provinsi mengalami pemberhentian aktivitas luar rumah secara total selama satu hari penuh.

Di trit ane yang pertama ini, ane pengen berbagi cerita, apa yang ane rasain dan bisa ane nikmatin saat Nyepi. Mungkin bisa jadi referensi buat agan-agan yang belum pernah dan pengen nyobain Nyepi di Bali.

 

Pembuatan Ogoh Ogoh
Quote:Moment Asik Ini Bisa Dinikmati Saat Nyepi di Bali
Ini salah satu hasil jeprat jepret ane pas keliling sama bocah ane gan

Hal pertama yg bisa agan nikmatin kalau nyepi di Bali adalah pembuatan ogoh ogoh. Yap, ogoh ogoh sangat identik dengan nyepi gan, selama ane hidup di Bali, belum pernah ane melalui nyepi tanpa ogoh ogoh.

Euforia ogoh ogoh mulai terasa kira kira 1-2 bulan sebelum nyepi, Banjar besar maupun kecil sudah mulai membuat ogoh ogoh dengan berbagai bentuk sesuai dengan tema yg diusung Banjar tersebut. Dan ini jadi tempat hang out baru gan, terutama buat anak-anak, tak terkecuali anak ane yg tiap pulang sekolah kudu keliling banjar dulu buat nengokin ogoh-ogohnya udah makan apa belum...eh udah jadi apa belum gitu gan.


Ikut Ngeramein Supermarket
Quote:
Moment Asik Ini Bisa Dinikmati Saat Nyepi di Bali

situasi saat ane ikutan antri mau masuk parkiran salah satu supermarket besar di denpasar 


"Ah ditempat ane tiap hari juga supermarket rame gan, apalagi pas mau lebaran.” Mungkin itu yang ada dibenak agan. Tapi beda dengan sesaat sebelum nyepi gan, bahkan dengan menjelang lebaran aja kalah rame gan. Ini terjadi karna pada saat nyepi ngga ada warung ataupun toko yang buka gan, beda dengan lebaran kalau ada yang kurang, masih bisa beli setelah sholat Id. Lah kalau nyepi, mau beli dimana? 

Jadi kita kudu nyetok persediaan makanan gan, obat-obatan dan keperluan lain yang sekiranya diperlukan, apalagi yg punya anak kecil gan, keperluan primernya kudu disiapin lebih. Sebetulnya ane ngga terlalu suka ikutan ndungsel ndungsel ngantri panjang x lebar kayak gini gan, toh nyepi cuma sehari, dibawa tidur, nonton film hasil download, makan mi, tidur lagi, pas bangun pagi nyepinya udah selesai, beres.

Trus itu kenapa ente ikutan ngantri gan? Yaa..siapa lagi pelakunya kalau bukan Ibu Negara, lebih baik ane nemenin doi keluar belanja daripada malemnya ane yg kudu tidur diluar.

Satu lagi pengalaman ane gan, nyepi tahun lalu bocah ane tiba-tiba minta beli mainan, padahal dia udah ngerti kalau nyepi ngga ada toko yang buka. Ya karna ane ga ada stok mainan baru, jadi sepanjang malem yang sunyi itu dia menangis tersedu-sedu.

Belajar dari situ, akhirnya list belanjaan nyepi tahun ini bertambah satu, “mainan”. Buat jaga-jaga aja.


Pawai Ogoh ogoh
Quote:
Moment Asik Ini Bisa Dinikmati Saat Nyepi di Bali

ini foto diambil tahun lalu di depan komplek rumah ane gan

Moment Asik Ini Bisa Dinikmati Saat Nyepi di Bali

Next, ini yang selalu ditunggu masayarakat Bali gan, pawai ogoh ogoh. Emang mungkin ngga di Bali aja ya gan, umat Hindu di kota lain pun ada yang mengarak ogoh-ogoh. Tapi berbeda di kota lain yang mungkin cuma di satu lokasi aja ada pawai ogoh-ogohnya. Kalau di Bali kemanapun kita jalan saat malam pengrupukan (malam sebelum nyepi), yang ditemuin pasti pawai ogoh-ogoh, dan ini seru gan, dimana kita ngerasain keramaian di hampir semua tempat di Bali.

Kesepian Kita
Quote:
Moment Asik Ini Bisa Dinikmati Saat Nyepi di Bali

suasana pantai kuta saat nyepi, sumur


"Sepi-sepi dan sendiri

Aku Benci"

Itu kata Dian Sastro ya gan, kalo kata ane sih sepi-sepi dan sendiri aku senang. Kapan lagi ane bisa nikmatin waktu santai dirumah tanpa bisingnya suara kendaraan, menikmati waktu bersama keluarga tanpa ada yang ngajak keluar, ngajak ketemuan, panggilan karena ada trouble, apalagi bini ngajak belanja. Yaa paling banter bini minta bantuin beberes rumah.

Intinya kita ngedekem aja dalem rumah, kalaupun keluar rumah boleh asal ngga bikin gaduh. Dan buat anak-anak ini momen paling menyenangkan, mereka bisa maen di jalanan depan rumah tanpa ada teriakan “awas ada motor!!!”, “maennya dipinggir, jangan ke tengah jalan!!!”. Lah sebijipun motor ngga ada lewat, jangankan lewat, suara motor atau mobil dipanesin aja ngga ada, bahkan yang naek sepeda pun ngga ada. Mobil ada sih, tapi remote control ya gan.


Dan salah satu efek positif dari nyepi adalah udara Bali jadi bener-bener sejuk gan, asli mantep bener, ngga ada polusi, bersih, pokoknya lain dari biasanya. Bukan sejuknya udara gunung ya gan, karna ini di kota, tapi sejuknya serasa flashback saat Bali masih belum banyak kendaraan kayak sekarang.

Ngga Ada Siaran TV dan Internet
Quote:
Moment Asik Ini Bisa Dinikmati Saat Nyepi di Bali


Nyepi tanpa siaran TV sudah diberlakukan sejak Nyepi 2010 gan, bagi yang berlanggan TV berbayar masih bisa menikmati siaran TV, tapi itu juga beberapa gan, ngga semua bisa, dan akhirnya kita mengandalkan TV streaming menggunakan koneksi internet. Namun tahun lalu mulai diberlakukan Nyepi tanpa Internet. Saat wacana itu dimuat, pro dan kontra bermunculan, dari alasan alay yang takut ngga bisa update status pas nyepi, sampai alasan para pengusaha online yang takut transaksinya terganggu karna tidak ada koneksi internet.


Bagi ane pribadi ini positif gan, terlepas dari ane sadar kalau saat ini kita ngga bisa hidup tanpa internet, jangankan sehari, bahkan dalam hitungan jam sekalipun tanpa internet rasanya hampa, dan ane juga pedagang kecil yang mencoba peruntungan jual beli online yang tentu saja amat sangat membutuhkan internet.
 
Tapi ane ambil positifnya gan, tanpa adanya internet berarti ane punya banyak waktu untuk menikmati quality time sama keluarga gan, yang biasanya dirumah kumpul tapi pada sibuk sendiri dengan HP nya, sekarang bisa nemenin anak-anak maen, ngobrol sama istri kayak waktu pacaran..eaaa.. Dan banyak hal lain yang bisa dikerjakan bersama.
 
Kalau dipikirin terus kenapa ini internet ngga hidup, ane yakin bakal kesel sendiri gan, lebih baik taruh tu HP, nikmati waktu yang ada, toh cuma sehari ini.

Dan untuk para pengusaha online, ini cuma sehari lho gan, dan ngga cuma kalian aja yang merasakan, semua orang Bali, kalau kalian mikir rugi, ya berarti semua juga rugi, bukan yang online aja, yang offline juga tutup kok. Bahkan franchise besar yang biasanya buka 24 jam nonstop juga tutup pas nyepi.


Gelap-Gelapan
Quote:
Moment Asik Ini Bisa Dinikmati Saat Nyepi di Bali

suasana nyepi menjelang malam, sumur



Moment lain yang cuma ada pas nyepi itu kita bakal bergelap ria gan. Yap, nyepi memang ngga diperbolehkan menyalakan lampu, kebayangkan malam hari tanpa ada penerangan dan itu berlaku untuk seluruh Bali gan. Jadi dengan kondisi seperti itu, cahaya sekecil apapun akan terlihat sangat jelas gan.


Yang ane pernah alamin pas nyepi malem hari ane maen hp gan, waktu itu hp ane masih nokiyem, yg pasti ngga ada pengaturan cahaya layar nya. Dengan kondisi jendela kamar tertutup korden, ternyata cahaya masih tembus gan. Walhasil ane kena tegur pecalang yg kebetulan patroli keliling.

Tapi tentu aturan tidak sesaklek itu ya gan, karna tidak menyalakan lampu adalah kewajiban bagi umat hindu yang sedang menjalankan ibadah nyepi, bagi kami umat lain yang tidak menjalankan nyepi, kami wajib menghormati dengan cara tidak menyalakan lampu, namun jika ada pengecualian, misal ada anak bayi atau ada yang sakit, maka diperbolehkan menyalakan lampu, tentunya dengan melapor ke pecalang yang bertugas, dan menutup jendela dengan kardus atau sejenisnya. Intinya cahaya tidak mencolok keluar aja gan.


Langit Bali Bertabur Bintang
Quote:
Moment Asik Ini Bisa Dinikmati Saat Nyepi di Bali

langit Bali saat malam hari di waktu nyepi, ane nyomot disinikarna kamera dan skill ane belum mampu untuk foto bintang gan



Hal terkahir yang bisa kita nikmatin saat nyepi adalah langit Bali bertabur bintang gan. Asli keren banget.


Kalo menurut ane, ini bisa terjadi karna kondisi dibawah yang gelap gulita tanpa cahaya, jadi cahaya kecil di langit tampil sangat mencolok, menyajikan taburan bintang yang sangat indah. Dimana dulu waktu kendaraan belum sebanyak sekarang, hal ini sudah biasa gan, tapi sekarang? ane belum pernah bisa liat di daerah perkotaan gan, mungkin kalau di pedesaan masih bisa terlihat.


Dan Nyepi tahun lalu hal ini sangat meyenangkan buat ane karna ane ngeliatnya ngga sendiri gan, ane ajak bocah ane untuk ngeliat juga. Yang bikin gemes waktu dia nanya banyak hal tentang bintang. Tapi suasana seketika jadi rusak karna tiba tiba dia minta beli mainan. Whuuuusaaaahh


Ane sangat seneng jika agan bersedia coment di trit receh ane ini gan, baik berupa kritik saran, atau share cerita bagi yang pernah Nyepi di Bali.


Akhir kata ane ucapkan terima kasih sudah bersedia mampir di trit ane ya gan emoticon-Embarrassment

emoticon-Nyepi
Diubah oleh m08o.fahlevi
18
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 8
06-03-2019 15:22
kalo nyepi enaknya selimutan sama bini emoticon-Hammer2
1
06-03-2019 15:33
buat ogoh" gitu biaya nya brp gan?? keren banget
1
06-03-2019 15:41
siap gaan... 86 hehe...
1
06-03-2019 15:59
musyrik gan, ini calon negara gurun dan sorban!
0
06-03-2019 16:08
saling menghargai sesama warga...
1
06-03-2019 16:32
Keren jg gelap2 an emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
1
06-03-2019 16:40
Yang butuh ucapan selamat hari nyepi jangan lupa kunjungi blog https://tibalagi.blogspot.com/2019/0...aya-nyepi.html
0
06-03-2019 16:49
sedia indomie sebelum nyepi
1
Lapor Hansip
06-03-2019 16:49
Balasan post panjul1993
Quote:Original Posted By panjul1993


Wah Bromo boleh tuh sis. . . Lumayan buat foto-foto hahaha, tapi kadang sebelnya Bromo udah terlalu ramai sama pengunjung sis. Jadi untuk dapet spot foto yang bagus agak susah emoticon-Ngakak

Ane kan paling demen ambil time-lapse gitu. Kalau banyak orang jadinya jelek ntar hasilnya emoticon-Frown


Sama gan ane juga terlalu suka dengan keramaian, kalau musim libur lebaran bromo udah kaya pasar aja, sama kaya di gunung Prau dan Andong di Jateng kaya pasar jadi kita kurang menikmati suasananya.
Hahaha iya gan enakan naik gunung saat weekday sepi.
1
06-03-2019 16:56
orang selain hindu juga gk boleh maen hp kah?
1
06-03-2019 17:14
Quote:Original Posted By m08o.fahlevi
Moment Asik Ini Bisa Dinikmati Saat Nyepi di Bali


Sebagai orang yang lahir, tumbuh besar dan berkembang di Bali, Nyepi adalah hal yang sudah biasa buat ane, tapi mungkin tidak bagi sebagian orang luar Bali yang belum pernah merasakan bagaimana saat nyepi di Bali. Dimana hanya di Bali ada moment saat satu provinsi mengalami pemberhentian aktivitas luar rumah secara total selama satu hari penuh.

Di trit ane yang pertama ini, ane pengen berbagi cerita, apa yang ane rasain dan bisa ane nikmatin saat Nyepi. Mungkin bisa jadi referensi buat agan-agan yang belum pernah dan pengen nyobain Nyepi di Bali.

 

Pembuatan Ogoh Ogoh

Ikut Ngeramein Supermarket

Pawai Ogoh ogoh

Kesepian Kita

Ngga Ada Siaran TV dan Internet


Gelap-Gelapan

Langit Bali Bertabur Bintang


Ane sangat seneng jika agan bersedia coment di trit receh ane ini gan, baik berupa kritik saran, atau share cerita bagi yang pernah Nyepi di Bali.


Akhir kata ane ucapkan terima kasih sudah bersedia mampir di trit ane ya gan emoticon-Embarrassment

emoticon-Nyepi


Aku sih. Gak pernah tau acara Nyepi itu kaya gimana....kirain cuma boboan aja
1
06-03-2019 17:18
yg terakhir mantap tuh, itung" penghematan juga klo saluran tv dan listrik dimatiin sehari
1
06-03-2019 17:29
Ah cukk tenan TS emoticon-Frown.. jadi kangen lagi ke bali kan.. terakhir taun lalu ke Bali tapi ga pas nyepi, cuma 2 hari tapi rasanya bahh kayak di surga, ga kaya timurnya katanya surga tapi bernama neraka emoticon-Big Grin..
Mudahan besok juli bisa main lagi emoticon-Embarrassment
1
06-03-2019 17:30
waah ane sih blom pernah ke bali..

Ane punya cerita sepupu ane yang pas bulan madu mereka di pulau bali pas sedang saat hari raya nyepi.. dan alhasil isinya seharian mereka yaa Kimpoy ajaa di kamar hotel nyaa.. sehari sebelumnya udah nyetok segala keperluan makanan, minuman dll..
1
06-03-2019 17:42
Quote:Original Posted By reo_anggoro
orang selain hindu juga gk boleh maen hp kah?


Klo agan kebetulan lg d bali...nope krena internet dimatikan
Kecuali agan lg d rumah sakit
1
06-03-2019 17:44
mejeng d trit nyepi

mudah2 an taon depan udah ga kesepian lagi
1
06-03-2019 18:06
kalo nyepi seperti ini w jadi rindu bali emoticon-Hansip
1
06-03-2019 18:07
mantep2 gan pict nya, ane izin nyomot ya gan emoticon-Shakehand2
not for bussiness
1
06-03-2019 19:27
Dan sepertinya sebentar lagi TS nya gak bisa internetan nih. Wkwkwkkwk

Padahal lagi Hateh tretnya. Sabar ya subes.. emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace
1
06-03-2019 19:54
Quote:Original Posted By aloneholic
Kerja di bali enak kayanya ya banyak libur di hari adatnya heu. Btw boleh gak sih gan pas nyepi polisi adatnya bikin vlog gitu? Jadi orang luar dan wisatawan asing bisa tau the other hand of nyepi.

tergantung tempat kerjanya juga sih gan emoticon-Big Grin
setau ane g boleh gan, krna pada dsarnya pas nyepi umat hindu ngga boleh beraktifitas, pengecualian utk pecalang boleh kluar krna mreka bertugas emoticon-Peace

Quote:Original Posted By gunskie
Gile gan...ane ke hypermart galeria semalem rame banget kyk ad konser..sampe trolly keranjang belanja pada habis smua..yg tadiny ane mau beli daging doang jd urung deh..ni orang2(non hindu) mau nyepi apa apocalyspe sih..persiapannya gile benerr..

yaaaa...seperti itulah gan emoticon-Ngakak (S) seakan akan itu stok bahan makanan terkahir emoticon-Hammer (S) padahal pas udh nyepi, makan mi instan 3 bgks aja udh bosen makan emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By zelfrizk
mOmEn aSIk

mantap pokoknya gan emoticon-Betty (S)

Quote:Original Posted By lacricius
kalo nyepi enaknya selimutan sama bini emoticon-Hammer2

nah klo ini g usah dsuruh gan emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By boypraz
buat ogoh" gitu biaya nya brp gan?? keren banget

tergantung ukuran sm bahan2 pendukung kyk cat, kain dll gan, tp biasanya paling sdkit itungan juta, klo yg banjar gede2 bisa belasan juta gan emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By LaSeixas
saling menghargai sesama warga...

setuju gan..ini salah satu wujud toleransi antar umat beragama di Bali emoticon-Cool
1
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.