alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
8953
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013851293/oli-mesin-motor-matic-terbaik-menurut-kaskuser
Sebelum2ny belon ada polling untuk Oli motor Khusus Matic Ane pengen tau pilihan agan2 untuk oli motor matic kepercayaan agan Mohon bantuan kaskuser tuk meramaikan polling ini N kalau ada Oli Matic yg kurang tambahin ya ,, Ini dah ane revisi dari thread seblumnya Dan semoga bermanfaat bagi yg kebingungan nyari2 Oli matic terbaik Maaf Oli pabrikan Honda AHM MPX-2 , suzuki , dll , ga ane masukin ga
Lapor Hansip
06-04-2012 16:53

Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser [Revisi]

Sebelum2ny belon ada polling untuk Oli motor Khusus Matic
Ane pengen tau pilihan agan2 untuk oli motor matic kepercayaan agan
Mohon bantuan kaskuser tuk meramaikan polling ini
N kalau ada Oli Matic yg kurang tambahin ya ,,
Ini dah ane revisi dari thread seblumnya


Dan semoga bermanfaat bagi yg kebingungan nyari2 Oli matic terbaik

Maaf Oli pabrikan Honda AHM MPX-2 , suzuki , dll , ga ane masukin ga bisa di edit poll nya

Ane dah mulai urut berdasarkan pemantuan TS sendiri

=== PILIHAN TERBAIK Menurut TS ====
1.Motul Scooter Expert (Rp. 200.000)
2. Motul Scooter biasa (Rp. 150.000)
3. Shell AX7 Scooter (RP. 42.000)
4. Castrol POWER1 SCOOTER 4T
5. Repsol Moto Scooter 4T 5W40
6. BM1 PC 1100 (Rp. 50.000)
7.Pertamina Enduro matic

Cuma Ane rasa Petronas Syntium Moto Scooter (Rp 80rb-an) juga bagus , tar ane uji klo dah nemu barang nya

=== Sebaiknya Dihindari Jika punya Uang Lebih ===
1. Yamalube Matic (Ane dah nyoba gan biasa aja)

Sory klo ane murtad dari Yamaha , dia emg kurang mampu nyangi kualitas international terbaikemoticon-Blue Guy Peace


Bagi agan2 yg memiliki motor matic ini boleh berpatisipasi

Yamaha Mio J, Mio Soul , Mio ,Mio Sporty CW, XEON, Fino, Nouvo
Honda Beat,Vario, Spacy, Scoopy, Revo matic,PCX
Suzuki Nex, Hayate 125, Skydrive, Skywave,Spin
Kymco Agility, New Dink, DJS, Downtown , Grand Dink, Like, Movie S, MyRoad, New Sento, People, Sento, Super, Vitality, Xciting
Vespa piaggio Matic

Ane Sendiri pake motor Mio , Keresa banget begitu ane coba pake Shell Advance 4T AX7 Scooter , tarikan nya lebih dashyat di banding pake Yamalube Matic, begitu gas langsung ngacir, Harga beda dikit mening jajal sekalian cma beda 10rbemoticon-Ngacir
emoticon-2 Jempol

Cuma ane lagi ngidam ma Motul Scooter Expert , harga nya paling gila emg Rp 200.000 per liter nya ... pengen tau bner2 kerasa ga ya performa ny di banding shell
emoticon-Matabelo

Bagi Agan2 yg udah nyoba Motul Scooter Expert tolong riview di comment dong ,, jgn asal vote aja (make kaga)


Kaya ny mesti bertahap ,, dgr2 sih BM1 PC1100 jga bagus .. coba in ah ...emoticon-Blue Guy Peace ( Update: Udah ane coba lumayan juga untuk tarikan diatas 60 KM, cepet naik ke 80 ke atas)

AHM Oil MPX-2

BM1 PC 1100

CASTROL POWER1 SCOOTER 4T

Motul Scooter Expert 4T 10W40

Motul Scooter Power Injection 5W40

Motul Scooter 4T 10W40

Pertamina Enduro matic

PETRONAS Syntium Moto Scooter

Repsol Moto Scooter 4T 5W40

Shell Advance 4T AX7 Scooter

TOP 1 Action Matic

YAMALUBE MATIC

YAMALUBE POWER MATIC

Note: Oli-oli diatas hanya yg di design khusus Untuk Matic bukan oli mesin biasa
Polling
4,490 Suara
Pilihan Oli Mesin Motor Matic Agan2 
1
Tampilkan isi Thread
Halaman 443 dari 451
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
03-03-2019 12:28
Quote:Original Posted By superCancel
Rencana mau langsung ganti oli yg agak bagusan. Tertarik sama oli motul, soalnya sering denger dan harga masih masuk kantong.

motul


motul


Dari 2 varian oli motul scooter ini perbedaan signifikan nya dimana ya?
Soalnya harga ga terpaut jauh, kalau full sintetis kan lumayan bisa lebih lama masa pakainya? Atau sama aja?
Atau pakai yg scooter expert (hijau) sudah cukup? Takutnya mahal-mahal mubazir
Kalau ganti oli yg agak bagusan gini di kilometer 3000km atau mungkin malah 6000km baru ganti kuat ga ya?

Tergoda sih pake oli mobil, tapi kayaknya belum dulu dalam waktu dekat.
Kalau oli merk lain yg bagus apa selain motul di range harga 100-150an?
Kalau motul diatas dibandingkan sama Shell ultra scooter?

Terimakasih


Beda tipis om..
Ane milih motul aje
1 0
1
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
03-03-2019 21:51
Quote:Original Posted By me2tgueteres
Beda tipis om..
Ane milih motul aje


Kalau motul power scooter full sintetik 125rb sama shell ultra scooter full sintetik 85rb. Kayaknya jelas mending motul ya ada harga ada rupa sama-sama sintetis

Kalau motul scooter expert techno syntese 100rb sama shell ultra scooter full sintetik 85rb mending mana ya? Karena yg satu sintetis yg satu belum sepenuhnya. Tetap motul atau justru shell?
Diubah oleh superCancel
0 0
0
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
04-03-2019 09:20
Quote:Original Posted By superCancel
Kalau motul power scooter full sintetik 125rb sama shell ultra scooter full sintetik 85rb. Kayaknya jelas mending motul ya ada harga ada rupa sama-sama sintetis

Kalau motul scooter expert techno syntese 100rb sama shell ultra scooter full sintetik 85rb mending mana ya? Karena yg satu sintetis yg satu belum sepenuhnya. Tetap motul atau justru shell?


Lngsng motul oke..
Apa mw pke shell dl juga oke
Biar tau bedanya om
Diubah oleh me2tgueteres
1 0
1
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
04-03-2019 14:14
Quote:Original Posted By tgdelonge
numpang tanya gan...

motor ane vario 125 gen 1
dulunya make ahm mpx 2, terus make pertamina enduro matic kira" udh setahun lah, trus pas akhir januari coba spx 2.

oli manakah yg cocok buat perjalanan kurang lebih 100 km/ hari?
soalnya kerjaan ane ngantar jemput adik ane ke sekolah/rumah/les, belum lagi ane ke pasar dll.
ane sih nyaman pake enduro sebenarnya, cuma pas coba ke spx 2 gila men berat banget tarikan nya.


Woooi, SPX2 oli rekomendasi AHM untuk Forza 250 tuh, cocok dah buat asal ganti oli di bengkel, lalu bayar. emoticon-Big Grin

Kalau yg diganti cuma olinya, dan berasa berat, ya memang olinya begitu kualitasnya. Yang penting laku banyak kan dibengkel2, gitu pikiran AHM.

Cari oli dengan Viscosity Index tinggi, jadi di suhu panas pun viskositas (cair - kentalnya) tetap relatif sama dibandingkan ketika oli masih dingin.
Oli mobil lah, PCMO, atau sekalian oli diesel, tahan lama semua tuh. Ambil yg belakangnya 30 atau 40 (karena motor udah berumur).
Bisa dikonsultasikan ulang ke sini.
Sesuaikan dompet.

Quote:
bensin emang premium/pertalite soalnya ane belum ada pekerjaan resmi lah
soalnya motor matic emg ane perhatiin banget soalnya cuma ane yg servis tuh motor.
isi pertalite 25 ribu aja paling cuma 2 hari.
kalau premiun 26 ribu bisa 3 hari lah.


Sama seperti suhu lainnya diatas, coba sesekali pakai pertamax, tangan gak usah iseng.
Jangan putar gas cepat2 = boros. Kecuali kalau memang butuh sih, mending selamat daripada boros.
Kalau lampu merah kelihatan dari jauh, atau sudah hafal bakalan kena lampu merah. Ngapain ngebut sampai dekat lampu merah, lepasin aja gasnya berlahan, tetap bakalan berhenti tuh motor, karena rolling resistance ban (gaya gesek ban ke jalan), drag aerodinamika motor matic yg buruk, dan gear belakang yg relatif berat. Hemat bensin tuh + hemat kampas rem.

Kalau Rupiah dibagi km, tetap lebih ekonomis pakai pertalite atau premium. Cari oli yang TBN (Total Base Number)nya tinggi.
Oli2 level dewa macam Amsoil Signature, Mobil1, dst dst biasanya TBN gedhe.
TBN gedhe tapi murah? Oli diesel. Fastron Diesel bisa tuh, tapi minim aditif kayaknya tuh oli. Jadi jangan dipakai ngebut.

Rekomendasi ane, oli diesel lalu oli mobil. Atau oli diesel terus juga gak masalah sih. Ganti oli pertama nanti bakalan hitam banget, karena endapan2 kerak di mesin bakalan terlarut sedikit2 di oli.

Quote:
bingung ane soalnya dari rumah ke kota jauh banget 15 km pp, belum lagi macet/padat di jalan.
aneh nya kalau siang tarikan nya lemot beda kalau malam malah enteng tarikan nya, kira' kenapa ya?


Kalau siang, udara lebih panas = densitas udara anggaplah normal. Ada sih angka tepatnya di suhu 25 C, silahkan cari di google.
Begitu malam, udara lebih dingin = densitas udara lebih padat dibandingkan siang hari.
ECU bakalan menambah pasokan bahan bakar, agar rasio bahan bakar udara (Air Fuel Ratio) tetap terjaga. Lebih banyak udara (oksigen), lebih banyak bahan bakar, lebih dingin sehingga panas mesin lebih mudah keluar. Totalnya lebih bertenaga.

Oh ya, kalau buat macet, air radiator diganti yg 20% atau 30%, separah2nya 1 tahun sekali. Gak usah yg terlalu tinggi % campurannya, karena zat terbaik termurah untuk air radiator = air murni, heat capacitynya tinggi. Walaupun matic bisa dikasih makan hingga 50% sih, karena pompa dan kipas angin radiator hidup terus.
Eh, Vario gen 1 udah pakai radiator belum sih? lupa ane. emoticon-Big Grin

Air murni = air destilasi, akuades. Bukan AQUA minuman yah, itu air minum bermineral, baik untuk tubuh manusia, buruk untuk radiator.
Gak bisa 100% air, karena didalam radiator kan ketemu seal, pencegah busa, suhu didih harus lebih tinggi. Gitu.

Quote:Original Posted By curry30ua


Kalau mau nekat coba pakai Pertamina Fastron Platinum Racing yang 10w-60, PCMO sih, tapi sudah PAO gan.
Semoga membantu gan...


Berat gan, matic dikasih x60. Itu buat lamborghini atau supercar lainnya yg torsinya guedhe banget, jadi kalau dikasih oli biasa cepat tewas olinya. Kalau buat matic x40 paling kental.

Quote:Original Posted By superCancel


Kalau motul power scooter full sintetik 125rb sama shell ultra scooter full sintetik 85rb. Kayaknya jelas mending motul ya ada harga ada rupa sama-sama sintetis

Kalau motul scooter expert techno syntese 100rb sama shell ultra scooter full sintetik 85rb mending mana ya? Karena yg satu sintetis yg satu belum sepenuhnya. Tetap motul atau justru shell?


techno syntese = Synthetic blend. Sintetik yg mahal dicampur sintetik yg ekonomis.
Kalau Motul, sekalian cari yg ada tulisannya Ester, biasanya MA atau MA2.
Shell biasanya cenderung overprice, dalam artian untuk rupiah yg sama, merk lain biasanya memberi lebih. Terbukti kan, situ masukkan shell dalam pertimbangan.

MA = kopling basah. Ada matic pakai kopling basah. Yamaha TMax, dan sejenis (kalau pakai belt ban belakang, kemungkinan besar kopling basah).
MB = lebih licin. Buat matic umum.\
Tapi matic umum juga boleh pakai MA atau MA2.

Paling lama juga 6000an km kalau mesinnya Nmax/Aerox. Kebanyakan blow by. Olinya kualitas masih bagus, tapi si oli udah kebanyakan sisa pembakaran yg melewati ring piston, dan mengendap di Oli. Bagus sih untuk mesin, karena gak ada yg mengendap di mesin. Gak menyenangkan di kantong.

Ngebut = lebih panas = lebih banyak penguapan = lebih cepat ganti oli.
Jalan santai = gampang lah nyampai 6000 km.
Itu hasil eksperimen ane ganti2 oli di Nmax ane. Oli mobil lah, ngapain oli motor, Amsoil Signature Series, Mobil1, Motul, Kendall, LM, dst udah pernah.

JASO MB tuh spesifikasi ambigu. Cari aja oli mobil yg SN GF5. SN karena ada katalitik converter di knalpot, kecuali udah ganti knalpot racing, pakai yg SL aja dah cukup. GF5 untuk fuel economy, kalau mau nyetir ekonomis, kalau ngebut, ya gak ngefek lah. emoticon-Big Grin
Oli SN lebih canggih dibandingkan oli SL. Tapi bukan berarti oli SN otomatis lebih bagus dibandingkan oli SL. Nah loh, bingung gak? emoticon-Big Grin
Alasannya, Beda harga beda aditif. Basenya ester dan PAO bagus banget.

Amsoil Signature Series 0W-40 yg paling dewa, Viscosity Index 181, TBN melebihi oli diesel 12.6, HTHS 3,9, dan Volatilitas (penguapan) cuma 8,3% doang. Bisa sampai 15rb - 25rb km tuh oli, sayang motornya gak bakalan nyampe segitu km. GAK ADA FILTER OLI, kayak di Xmax, Forza, Tmax.

Fastron Gold 0W-20 VI 254. Iya, 254. Datasheet lama 252, datasheet baru 254. Jadi enggak typo. Amsoil 181, dia 254. Gilaaaa........
Tapi TBN 9,54, tinggi sebetulnya. Volatilitas juga lumayan lebih tinggi, gak direkomendasikan buat ngebut, mudah menguap. Harga lebih murah dibandingkan yg 5W-30 dan feelingnya (enggak ilmiah sih), lebih kering dibandingkan 5W-30. Lebih sedikit aditifnya dibanding 5W-30 kayaknya. Bisa 6000an+ km, asal nggak ngebut.
Cocoknya kalau dicombo dengan aditif mahal buatan LM. 0W-20 cuma buat motor2 baru, kalau ring piston - silinder udah longgar, ya jangan harap pakai oli 0W-20, bakalan menguap semua. emoticon-Big Grin

===

Oli murah, beli bareng2 teman sekalian galon, atau curah. Di Jakarta ada yg jualan oli asli tapi curah. Google aja.
Tunggu promo.
Pertamina tiap ulang tahun ada diskon oli.
Kalau selain pertamina, ya tunggu promo toko2 online, pasti ada dah.

===

Gak menerima quote, gak menerima pertanyaan lanjutan, karena ane cuma lewat doang.
dah... cabut lagi....
emoticon-Ngacir2
Diubah oleh r3van80
3 0
3
Lihat 1 balasan
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
04-03-2019 15:44
Ane akan pake shell ultra scooter dl 2x, baru nyoba motul power scooter 2x. Biar tau bedanya, toh Oli motor, bakal tetep ane ganti di 3000km setelah ane baca penjelasan diatas

Brarti tetap paling aman di 3000km, dihitung cara naiknya juga, main gas, suhu lingkungan, dsb. Oli motor ataupun mobil sama-sama maks 6000km di motor ane. Bedanya kalau oli motor udah ga kuat dan oli mobil kuat tapi endapannya udah banyak karena ga ada saringannya

Penjelasan yg lengkap dan menarik, pakai data juga. Tapi karena ane gamau ribet, tiap servis ksg ane bawa oli ya buat motor. Mungkin kalau udah bosen ke bengkel yamahmud, baru ane ke langganan ane bawa oli mobil
1 0
1
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
Lapor Hansip
04-03-2019 19:51
Balasan post r3van80
Quote:Original Posted By r3van80


Woooi, SPX2 oli rekomendasi AHM untuk Forza 250 tuh, cocok dah buat asal ganti oli di bengkel, lalu bayar. emoticon-Big Grin

Kalau yg diganti cuma olinya, dan berasa berat, ya memang olinya begitu kualitasnya. Yang penting laku banyak kan dibengkel2, gitu pikiran AHM.

Cari oli dengan Viscosity Index tinggi, jadi di suhu panas pun viskositas (cair - kentalnya) tetap relatif sama dibandingkan ketika oli masih dingin.
Oli mobil lah, PCMO, atau sekalian oli diesel, tahan lama semua tuh. Ambil yg belakangnya 30 atau 40 (karena motor udah berumur).
Bisa dikonsultasikan ulang ke sini.
Sesuaikan dompet.



Sama seperti suhu lainnya diatas, coba sesekali pakai pertamax, tangan gak usah iseng.
Jangan putar gas cepat2 = boros. Kecuali kalau memang butuh sih, mending selamat daripada boros.
Kalau lampu merah kelihatan dari jauh, atau sudah hafal bakalan kena lampu merah. Ngapain ngebut sampai dekat lampu merah, lepasin aja gasnya berlahan, tetap bakalan berhenti tuh motor, karena rolling resistance ban (gaya gesek ban ke jalan), drag aerodinamika motor matic yg buruk, dan gear belakang yg relatif berat. Hemat bensin tuh + hemat kampas rem.

Kalau Rupiah dibagi km, tetap lebih ekonomis pakai pertalite atau premium. Cari oli yang TBN (Total Base Number)nya tinggi.
Oli2 level dewa macam Amsoil Signature, Mobil1, dst dst biasanya TBN gedhe.
TBN gedhe tapi murah? Oli diesel. Fastron Diesel bisa tuh, tapi minim aditif kayaknya tuh oli. Jadi jangan dipakai ngebut.

Rekomendasi ane, oli diesel lalu oli mobil. Atau oli diesel terus juga gak masalah sih. Ganti oli pertama nanti bakalan hitam banget, karena endapan2 kerak di mesin bakalan terlarut sedikit2 di oli.



Kalau siang, udara lebih panas = densitas udara anggaplah normal. Ada sih angka tepatnya di suhu 25 C, silahkan cari di google.
Begitu malam, udara lebih dingin = densitas udara lebih padat dibandingkan siang hari.
ECU bakalan menambah pasokan bahan bakar, agar rasio bahan bakar udara (Air Fuel Ratio) tetap terjaga. Lebih banyak udara (oksigen), lebih banyak bahan bakar, lebih dingin sehingga panas mesin lebih mudah keluar. Totalnya lebih bertenaga.

Oh ya, kalau buat macet, air radiator diganti yg 20% atau 30%, separah2nya 1 tahun sekali. Gak usah yg terlalu tinggi % campurannya, karena zat terbaik termurah untuk air radiator = air murni, heat capacitynya tinggi. Walaupun matic bisa dikasih makan hingga 50% sih, karena pompa dan kipas angin radiator hidup terus.
Eh, Vario gen 1 udah pakai radiator belum sih? lupa ane. emoticon-Big Grin

Air murni = air destilasi, akuades. Bukan AQUA minuman yah, itu air minum bermineral, baik untuk tubuh manusia, buruk untuk radiator.
Gak bisa 100% air, karena didalam radiator kan ketemu seal, pencegah busa, suhu didih harus lebih tinggi. Gitu.



Berat gan, matic dikasih x60. Itu buat lamborghini atau supercar lainnya yg torsinya guedhe banget, jadi kalau dikasih oli biasa cepat tewas olinya. Kalau buat matic x40 paling kental.



techno syntese = Synthetic blend. Sintetik yg mahal dicampur sintetik yg ekonomis.
Kalau Motul, sekalian cari yg ada tulisannya Ester, biasanya MA atau MA2.
Shell biasanya cenderung overprice, dalam artian untuk rupiah yg sama, merk lain biasanya memberi lebih. Terbukti kan, situ masukkan shell dalam pertimbangan.

MA = kopling basah. Ada matic pakai kopling basah. Yamaha TMax, dan sejenis (kalau pakai belt ban belakang, kemungkinan besar kopling basah).
MB = lebih licin. Buat matic umum.\
Tapi matic umum juga boleh pakai MA atau MA2.

Paling lama juga 6000an km kalau mesinnya Nmax/Aerox. Kebanyakan blow by. Olinya kualitas masih bagus, tapi si oli udah kebanyakan sisa pembakaran yg melewati ring piston, dan mengendap di Oli. Bagus sih untuk mesin, karena gak ada yg mengendap di mesin. Gak menyenangkan di kantong.

Ngebut = lebih panas = lebih banyak penguapan = lebih cepat ganti oli.
Jalan santai = gampang lah nyampai 6000 km.
Itu hasil eksperimen ane ganti2 oli di Nmax ane. Oli mobil lah, ngapain oli motor, Amsoil Signature Series, Mobil1, Motul, Kendall, LM, dst udah pernah.

JASO MB tuh spesifikasi ambigu. Cari aja oli mobil yg SN GF5. SN karena ada katalitik converter di knalpot, kecuali udah ganti knalpot racing, pakai yg SL aja dah cukup. GF5 untuk fuel economy, kalau mau nyetir ekonomis, kalau ngebut, ya gak ngefek lah. emoticon-Big Grin
Oli SN lebih canggih dibandingkan oli SL. Tapi bukan berarti oli SN otomatis lebih bagus dibandingkan oli SL. Nah loh, bingung gak? emoticon-Big Grin
Alasannya, Beda harga beda aditif. Basenya ester dan PAO bagus banget.

Amsoil Signature Series 0W-40 yg paling dewa, Viscosity Index 181, TBN melebihi oli diesel 12.6, HTHS 3,9, dan Volatilitas (penguapan) cuma 8,3% doang. Bisa sampai 15rb - 25rb km tuh oli, sayang motornya gak bakalan nyampe segitu km. GAK ADA FILTER OLI, kayak di Xmax, Forza, Tmax.

Fastron Gold 0W-20 VI 254. Iya, 254. Datasheet lama 252, datasheet baru 254. Jadi enggak typo. Amsoil 181, dia 254. Gilaaaa........
Tapi TBN 9,54, tinggi sebetulnya. Volatilitas juga lumayan lebih tinggi, gak direkomendasikan buat ngebut, mudah menguap. Harga lebih murah dibandingkan yg 5W-30 dan feelingnya (enggak ilmiah sih), lebih kering dibandingkan 5W-30. Lebih sedikit aditifnya dibanding 5W-30 kayaknya. Bisa 6000an+ km, asal nggak ngebut.
Cocoknya kalau dicombo dengan aditif mahal buatan LM. 0W-20 cuma buat motor2 baru, kalau ring piston - silinder udah longgar, ya jangan harap pakai oli 0W-20, bakalan menguap semua. emoticon-Big Grin

===

Oli murah, beli bareng2 teman sekalian galon, atau curah. Di Jakarta ada yg jualan oli asli tapi curah. Google aja.
Tunggu promo.
Pertamina tiap ulang tahun ada diskon oli.
Kalau selain pertamina, ya tunggu promo toko2 online, pasti ada dah.

===

Gak menerima quote, gak menerima pertanyaan lanjutan, karena ane cuma lewat doang.
dah... cabut lagi....
emoticon-Ngacir2


Hi Bro,

SAE 40 sebenarnya itu standard pabrikan. Bukan berarti paling kental. By performace based on daily ride harus menjadi pertimbangan. Kalau digeber terus pakai SAE 40, ya gak haruslah.
Kan by the time at drain interval kan kita bisa lihat penurunan kerja oli mesin. Makanya setiap kali di drain oli akan lebih cair dari saat kita baru menuangnya toh?.
Decreasing in motor oil pakcages termasuk viscosity adalah hasil dari pemakaian sehari-hari termasuk bagaimana cara kita berkendara. Makanya beberapa produsen motor oil memberikan beberapa SAE berbeda agar konsumen bisa memilih.
Boleh pakai SAE 40 tapi kalau digeber-geber tiap hari seperti agan diatas bagamana coba, hal paling sederhana adalah suara mesin pasti lebih cepat menggerung.
Mau pakai SAE 30, 40, 50, 60 disesuaikan dengan kebutuhan agan masing-masing lah, yang cocok yang mana dan gaya riding masing-masing lahh. Makanya saya bilang kalau mau nekat monggo pakai SAE 60.
Semoga membantu...
Just thoughts might be helpful. emoticon-shakehand emoticon-shakehand emoticon-shakehand
0 0
0
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
05-03-2019 06:37
Quote:Original Posted By curry30ua


Hi Bro,

SAE 40 sebenarnya itu standard pabrikan. Bukan berarti paling kental. By performace based on daily ride harus menjadi pertimbangan. Kalau digeber terus pakai SAE 40, ya gak haruslah.
Kan by the time at drain interval kan kita bisa lihat penurunan kerja oli mesin. Makanya setiap kali di drain oli akan lebih cair dari saat kita baru menuangnya toh?.
Decreasing in motor oil pakcages termasuk viscosity adalah hasil dari pemakaian sehari-hari termasuk bagaimana cara kita berkendara. Makanya beberapa produsen motor oil memberikan beberapa SAE berbeda agar konsumen bisa memilih.
Boleh pakai SAE 40 tapi kalau digeber-geber tiap hari seperti agan diatas bagamana coba, hal paling sederhana adalah suara mesin pasti lebih cepat menggerung.
Mau pakai SAE 30, 40, 50, 60 disesuaikan dengan kebutuhan agan masing-masing lah, yang cocok yang mana dan gaya riding masing-masing lahh. Makanya saya bilang kalau mau nekat monggo pakai SAE 60.
Semoga membantu...
Just thoughts might be helpful. emoticon-shakehand emoticon-shakehand emoticon-shakehand


Bukannya ane menyerang posting ente gan. Cuma koreksi dikit. Intinya pendapat agan benar kok. Jangan marah ya. emoticon-Big Grin

Pertamina Fastron Pertamina Racing 10W-60, base oil PAO, Viskositas 40C 157 cP, Viskositas 100C 22,94 cP. VI 175. TBN 11.1. Harga Rp 270rb / liter online.
Amsoil Signature 5W-30, yg banyak dijual online, base oil juga PAO, Viskositas 40C 59.9 cP, 100C 10.4. VI 163. TBN 12.6. Harga Rp 180rb / quart (946mL).

Di suhu 40C, ketika mesin awal start, Amsoil 5W-30 (atau oli 5W-30 umumnya) bakalan 3X lebih mudah di start dibandingkan oli 10W-60. Enggak kasihan dinamo starter / ACG / SMG -nya?
Ketika suhu 100C, mesin sudah jalan, oli 5W-30 juga lebih ringan 2X dibandingkan oli 10W-60.
Oli 10W-60 tuh berat gan. Monggo di coba dah kalau gak percaya.

Viscosity Index = Kemampuan oli mempertahankan viskositasnya dari awal mesin start hingga suhu 200C. VI diatas 110 dianggap sudah tinggi sekali. Oli Sintetik bisa punya VI hingga 400. Oli buat mesin jet pesawat kayaknya, harganya mahal, makanya tiket pesawat mahal. emoticon-Big Grin

Gampangnya, oli VI rendah, akan semakin encer ketika panas, alias bakalan terasa lebih lemot, terasa logam saling beradu, menggerung. Itu karena VI rendah, oli menjadi terlalu encer jadi dia enggak bisa lagi melindungi.
Motor ane sering banget diatas 80 km/j, diatas 100 km/j, karena situasi jalan yang memang mendukung. Tukang parkir di warung saja, kemarin sampai bilang, laah ente pembalap gan, lewat ngebut terus. wkwkwkwkwk.... emoticon-Big Grin
Enggak ada gejala menggerung tuh. Karena ane selalu milih oli dengan VI tinggi.

Jadi oli 0W-20. dengan VI tinggi, di suhu tinggi pun dia akan tetap seperti oli 0W-20, relatif enggak tambah cair lagi.
Kalau olinya yg ekonomis, bakalan memble ketika suhu tinggi.
Begitu.
Itulah gunannya datasheet.
Dan itu kenapa ane menghindari oli2 yang tanpa datasheet. Niat bikin oli, tapi enggak boleh dilihat isinya apa. Aneh yg bikin.

Amsoil 0W-20, HTHS 2,7 cP. Alias diatas minimum standar 2,6 cP untuk oli 0W-20 SN/GF-5. HTHS, berarti tuh oli separah2nya ketika kondisi suhu tinggi 150C, dan gayanya shear (gesekan piston), dia bakalan tetap ngasih viskositas minimum 2,7 cP. Alias dia tetap ada lapisan seencer 2,7 cP diantara ring piston dan silinder. Semakin tinggi HTHS semakin baik. HTHS 3,5 cP tuh ideal banget, Amsoil Signature Series 0W-40 (jarang banget), Amsoil MCF.
Oli2 yang tidak percaya diri, gak bakalan ngasih tulisan HTHS di datasheetnya.
Gampangnya, HTHS = separah2nya tebal tipisnya tuh lapisan film oli.

Motul ester gak pernah ngasih HTHS, ya karena itu Ester, yang memang bakalan nempel ke permukaan mesin. Jadi agak percuma ngasih HTHS untuk ester. Walaupun bisa sih kalau Motul mau.

Sekian, semoga menambah wawasan agan2 semua. emoticon-shakehand
Diubah oleh r3van80
1 0
1
Lihat 1 balasan
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
05-03-2019 08:21


Quote:Original Posted By r3van80
Bukannya ane menyerang posting ente gan. Cuma koreksi dikit. Intinya pendapat agan benar kok. Jangan marah ya. emoticon-Big Grin

Pertamina Fastron Pertamina Racing 10W-60, base oil PAO, Viskositas 40C 157 cP, Viskositas 100C 22,94 cP. VI 175. TBN 11.1. Harga Rp 270rb / liter online.
Amsoil Signature 5W-30, yg banyak dijual online, base oil juga PAO, Viskositas 40C 59.9 cP, 100C 10.4. VI 163. TBN 12.6. Harga Rp 180rb / quart (946mL).

Di suhu 40C, ketika mesin awal start, Amsoil 5W-30 (atau oli 5W-30 umumnya) bakalan 3X lebih mudah di start dibandingkan oli 10W-60. Enggak kasihan dinamo starter / ACG / SMG -nya?
Ketika suhu 100C, mesin sudah jalan, oli 5W-30 juga lebih ringan 2X dibandingkan oli 10W-60.
Oli 10W-60 tuh berat gan. Monggo di coba dah kalau gak percaya.

Viscosity Index = Kemampuan oli mempertahankan viskositasnya dari awal mesin start hingga suhu 200C. VI diatas 110 dianggap sudah tinggi sekali. Oli Sintetik bisa punya VI hingga 400. Oli buat mesin jet pesawat kayaknya, harganya mahal, makanya tiket pesawat mahal. emoticon-Big Grin

Gampangnya, oli VI rendah, akan semakin encer ketika panas, alias bakalan terasa lebih lemot, terasa logam saling beradu, menggerung. Itu karena VI rendah, oli menjadi terlalu encer jadi dia enggak bisa lagi melindungi.
Motor ane sering banget diatas 80 km/j, diatas 100 km/j, karena situasi jalan yang memang mendukung. Tukang parkir di warung saja, kemarin sampai bilang, laah ente pembalap gan, lewat ngebut terus. wkwkwkwkwk.... emoticon-Big Grin
Enggak ada gejala menggerung tuh. Karena ane selalu milih oli dengan VI tinggi.

Jadi oli 0W-20. dengan VI tinggi, di suhu tinggi pun dia akan tetap seperti oli 0W-20, relatif enggak tambah cair lagi.
Kalau olinya yg ekonomis, bakalan memble ketika suhu tinggi.
Begitu.
Itulah gunannya datasheet.
Dan itu kenapa ane menghindari oli2 yang tanpa datasheet. Niat bikin oli, tapi enggak boleh dilihat isinya apa. Aneh yg bikin.

Amsoil 0W-20, HTHS 2,7 cP. Alias diatas minimum standar 2,6 cP untuk oli 0W-20 SN/GF-5. HTHS, berarti tuh oli separah2nya ketika kondisi suhu tinggi 150C, dan gayanya shear (gesekan piston), dia bakalan tetap ngasih viskositas minimum 2,7 cP. Alias dia tetap ada lapisan seencer 2,7 cP diantara ring piston dan silinder. Semakin tinggi HTHS semakin baik. HTHS 3,5 cP tuh ideal banget, Amsoil Signature Series 0W-40 (jarang banget), Amsoil MCF.
Oli2 yang tidak percaya diri, gak bakalan ngasih tulisan HTHS di datasheetnya.
Gampangnya, HTHS = separah2nya tebal tipisnya tuh lapisan film oli.

Motul ester gak pernah ngasih HTHS, ya karena itu Ester, yang memang bakalan nempel ke permukaan mesin. Jadi agak percuma ngasih HTHS untuk ester. Walaupun bisa sih kalau Motul mau.

Sekian, semoga menambah wawasan agan2 semua. emoticon-shakehand


Emang skrg rutin pakai oli apa gan?
0 0
0
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
Lapor Hansip
05-03-2019 09:35
Balasan post r3van80
Quote:Original Posted By r3van80


Bukannya ane menyerang posting ente gan. Cuma koreksi dikit. Intinya pendapat agan benar kok. Jangan marah ya. emoticon-Big Grin

Pertamina Fastron Pertamina Racing 10W-60, base oil PAO, Viskositas 40C 157 cP, Viskositas 100C 22,94 cP. VI 175. TBN 11.1. Harga Rp 270rb / liter online.
Amsoil Signature 5W-30, yg banyak dijual online, base oil juga PAO, Viskositas 40C 59.9 cP, 100C 10.4. VI 163. TBN 12.6. Harga Rp 180rb / quart (946mL).

Di suhu 40C, ketika mesin awal start, Amsoil 5W-30 (atau oli 5W-30 umumnya) bakalan 3X lebih mudah di start dibandingkan oli 10W-60. Enggak kasihan dinamo starter / ACG / SMG -nya?
Ketika suhu 100C, mesin sudah jalan, oli 5W-30 juga lebih ringan 2X dibandingkan oli 10W-60.
Oli 10W-60 tuh berat gan. Monggo di coba dah kalau gak percaya.

Viscosity Index = Kemampuan oli mempertahankan viskositasnya dari awal mesin start hingga suhu 200C. VI diatas 110 dianggap sudah tinggi sekali. Oli Sintetik bisa punya VI hingga 400. Oli buat mesin jet pesawat kayaknya, harganya mahal, makanya tiket pesawat mahal. emoticon-Big Grin

Gampangnya, oli VI rendah, akan semakin encer ketika panas, alias bakalan terasa lebih lemot, terasa logam saling beradu, menggerung. Itu karena VI rendah, oli menjadi terlalu encer jadi dia enggak bisa lagi melindungi.
Motor ane sering banget diatas 80 km/j, diatas 100 km/j, karena situasi jalan yang memang mendukung. Tukang parkir di warung saja, kemarin sampai bilang, laah ente pembalap gan, lewat ngebut terus. wkwkwkwkwk.... emoticon-Big Grin
Enggak ada gejala menggerung tuh. Karena ane selalu milih oli dengan VI tinggi.

Jadi oli 0W-20. dengan VI tinggi, di suhu tinggi pun dia akan tetap seperti oli 0W-20, relatif enggak tambah cair lagi.
Kalau olinya yg ekonomis, bakalan memble ketika suhu tinggi.
Begitu.
Itulah gunannya datasheet.
Dan itu kenapa ane menghindari oli2 yang tanpa datasheet. Niat bikin oli, tapi enggak boleh dilihat isinya apa. Aneh yg bikin.

Amsoil 0W-20, HTHS 2,7 cP. Alias diatas minimum standar 2,6 cP untuk oli 0W-20 SN/GF-5. HTHS, berarti tuh oli separah2nya ketika kondisi suhu tinggi 150C, dan gayanya shear (gesekan piston), dia bakalan tetap ngasih viskositas minimum 2,7 cP. Alias dia tetap ada lapisan seencer 2,7 cP diantara ring piston dan silinder. Semakin tinggi HTHS semakin baik. HTHS 3,5 cP tuh ideal banget, Amsoil Signature Series 0W-40 (jarang banget), Amsoil MCF.
Oli2 yang tidak percaya diri, gak bakalan ngasih tulisan HTHS di datasheetnya.
Gampangnya, HTHS = separah2nya tebal tipisnya tuh lapisan film oli.

Motul ester gak pernah ngasih HTHS, ya karena itu Ester, yang memang bakalan nempel ke permukaan mesin. Jadi agak percuma ngasih HTHS untuk ester. Walaupun bisa sih kalau Motul mau.

Sekian, semoga menambah wawasan agan2 semua. emoticon-shakehand


Hi Bro,

Yaelah, Pengetahuan umum banget itu gan.....
Hehehe Don't feel offended.......
Kebanyakan baca datasheet kayaknya ente. wkwkwkw.
Sama dipikir-pikir mulu ya gan mana yang oli paling bagus wkwkwk emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin.
Tapi makasih lah penjelasan nya yang muter-muter dan panjang mengenai datasheet nya, sebenarnya kesitu-situ juga, mungkin kebanyakan baca datasheet atau doyan oli gan wkwkwkw? kidding.
Secara sederhana sih mau pakai 5w-30 atau 10w-60 based on cold start sih aman2 aja untuk iklim Indonesia gak ada perubahan yang signifikan. By the way saya sudah coba yg platinum 10w-60 di Vario 125 malah halus banget tuh, cold start juga gampang-gampang aja naik nya, dibilang berat juga enggak tuh biasa aja hehehehe....
Untuk based PAO, ada satu hal kecil yang agan kurang teliti dalam penjelasan yang panjang lebar tadi adalah persentase PAO nya, di mixed berapa persen. Ada beberapa pabrikan yang hanya mencampur saja loh dan kadang ditulis di datasheet nya : "based stock nya PAO" padahal hanya berupa campuran. Ada tuh salah satunya brand yang disebutkan agan hehehehe. Mungkin itu harus teliti lihat datasheet nya gan wkwkwkwkw.
Relasi oli mahal dengan tiket pesawat mahal apa ya?, boleh dijelaskan sekalian? wkwkwkwkwk.
Mungkin agan kurang baca tentang dunia perolian 2010 ke atas which is yang sudah based oil nya PAO atau sudah Ester based itu belum tentu lebih baik dari "Full-synthetic" dari group III. Masih ingat kasus Castrol (BP) vs Mobil (Exxon)?

"Ingat ya, yg sudah base stock nya PAO atau Ester belum tentu lebih baik dari Fully-Synthetic group III" ini berdasarkan research terbaru pabrikan-pabrikan oli lohh....

Kalau bisa dibaca gan research yang baru-baru kebelakang agar ter-up-to-date. Jangan cuma baca datasheet doang.... wkwkwkwkwk
Peace gan. emoticon-shakehand emoticon-shakehand emoticon-shakehand
0 0
0
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
11-03-2019 14:38
Quote:Original Posted By me2tgueteres


Yg gampang di cari bisa pake PFT ijo..Isiny seliter.. ga mau mubazir ini mesin 850mili Sisany buat oli gear..aman


wah ilmu baru nih FPT ijo bisa buat oli gear juga, tapi emang sih pernah nyoba servis di tempat lain ane dapet oli gardannya kaya curah gitu (soalnya mekanik ngambil di drum transparan) yaa sampe seakrang aman2 aja (ane pake vesmod primavera)
0 0
0
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
13-03-2019 10:05
intinya sih menurut gw adalah ganti oli secara berkala, yg pasti oli asli dan yg penting sesuai budget dompet...jangan maksa beli oli mahal...karena oli itu selera masing2... semua oli itu baik dan pastinya ada plus minus antara merek yang satu dengan yang lainnya. itu aja sih menurut gw.
Diubah oleh gwmax
0 0
0
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
13-03-2019 23:14
halo gan, saya baru ambil vario 150 2019.
kemarin sempat diajarin kalau motor baru turun dr pabrik sebaiknya langsung ganti oli dan isi air radiator.
bbm saya rencana selalu isi shell super..
1. menurut teman" enakan pertamax biasa, atau shell super?
2. oli yang baik menurut rekomendasi teman" di budget 100rb untuk vario 150 digunakan mobile ke beberapa tempat dalam 1 hari agar motor tarikan ringan, minim getaran, dan membuat mesin awet?

terima kasih
0 0
0
Lihat 2 balasan
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
17-03-2019 20:57
Shell vs Motul?
Pada akhirnya ane malah beli Liqui Moly Scooter. Beli online di official liqui moly nya.
Kalau dipikir padahal LM ini masi mineral ya, tapi kok mahal (kena harga di 138rb)
1. Penasaran
2. Takut kena oli palsu di online

Walau kabarnya oli mineral bikin kerak kayaknya mau nyoba 3-4x pakai LM dan ganti setiap 3000km ntar lewat setahun coba ane flush. Efek instannya tarikan bawah enteng bgt. Mesin halus, irit dsb ane ga terlalu pikirin

Terimakasih agan-agan yg sudah berbagi tips disini
0 0
0
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
Lapor Hansip
17-03-2019 21:48
Balasan post InnocentLife
pft gold - cintai ploduk lokal
0 0
0
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
Lapor Hansip
17-03-2019 22:28
Balasan post InnocentLife
1 shell super lbh bersih dari kerak sisa dari pembakaran di banding BBM dari pertamina
2 untuk oli mesin
bisa coba Total Quartz 7000 atau Pertamina Fastron Gold ,
gearbox
pakai Deltalube 790 isi 300ml
Diubah oleh b3rryzx
0 0
0
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
19-03-2019 06:46
permisi gan, ane mau share pengalaman oli motor matic apa aja yg udah ane pake. emoticon-Malu
di rumah ada vario karbu 2009 sampe skrg belom pernah turun mesin..yg penting motor dirawat aja emoticon-Embarrassment

oli honda mpx1 standar, gak ada yg wah buat motor baru, emang rasa motor baru aja, enak emoticon-Big Grin
castrol power1 scooter 10w40, suara mesin lebih halus, tapi tarikan terasa lebih berat.
motul scooter LE 10w30 tarikan jos mantap, ganti bisa 3 bulan sekali, tapi mesin panas sampe selang bensin lepas dari dudukan jadi tau2 bensin ngocor di jalan. emoticon-Frown
federal matic botol warna biru emas, gak ada yg wah, biasa aja.
sekarang lagi pake yg standar2 aja, honda spx1 fully synthetic, rasa mesin biasa aja, tapi bisa ganti 2 bulan sekali.

nah sekarang lagi mau nyoba2 oli lain lagi nih,
bingung antara motul scooter power LE 5w40 atau pertamina fastron gold.
lagi viral juga di dunia per-matic-an fastron gold banyak yg bilang bagus, katanya motor lebih irit, bisa ganti oli setahun emoticon-Big Grin , tarikan enteng.
jadi pilih mana ya gan? para suhu mungkin bisa kasih ane masukan emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Lihat 1 balasan
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
19-03-2019 06:53


Quote:Original Posted By Radhan
permisi gan, ane mau share pengalaman oli motor matic apa aja yg udah ane pake. emoticon-Malu
di rumah ada vario karbu 2009 sampe skrg belom pernah turun mesin..yg penting motor dirawat aja emoticon-Embarrassment

oli honda mpx1 standar, gak ada yg wah buat motor baru, emang rasa motor baru aja, enak emoticon-Big Grin
castrol power1 scooter 10w40, suara mesin lebih halus, tapi tarikan terasa lebih berat.
motul scooter LE 10w30 tarikan jos mantap, ganti bisa 3 bulan sekali, tapi mesin panas sampe selang bensin lepas dari dudukan jadi tau2 bensin ngocor di jalan. emoticon-Frown
federal matic botol warna biru emas, gak ada yg wah, biasa aja.
sekarang lagi pake yg standar2 aja, honda spx1 fully synthetic, rasa mesin biasa aja, tapi bisa ganti 2 bulan sekali.

nah sekarang lagi mau nyoba2 oli lain lagi nih,
bingung antara motul scooter power LE 5w40 atau pertamina fastron gold.
lagi viral juga di dunia per-matic-an fastron gold banyak yg bilang bagus, katanya motor lebih irit, bisa ganti oli setahun emoticon-Big Grin , tarikan enteng.
jadi pilih mana ya gan? para suhu mungkin bisa kasih ane masukan emoticon-Angkat Beer


PFG (Fastron Gold). Tapi ya ga setahun juga ganti oli nya emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Lihat 2 balasan
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
Lapor Hansip
19-03-2019 07:45
Balasan post Fertille
iya, gak setaun kok.. emang mau nyoba jg pake oli mobil.
oli lamborghini buat vario karbu emoticon-Big Grin
0 0
0
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
19-03-2019 08:09


Quote:Original Posted By Radhan
iya, gak setaun kok.. emang mau nyoba jg pake oli mobil.
oli lamborghini buat vario karbu emoticon-Big Grin


Oke, langsung tuang emoticon-2 Jempol
0 0
0
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
Lapor Hansip
19-03-2019 09:34
Balasan post Radhan
Quote:Original Posted By Radhan
permisi gan, ane mau share pengalaman oli motor matic apa aja yg udah ane pake. emoticon-Malu
di rumah ada vario karbu 2009 sampe skrg belom pernah turun mesin..yg penting motor dirawat aja emoticon-Embarrassment

oli honda mpx1 standar, gak ada yg wah buat motor baru, emang rasa motor baru aja, enak emoticon-Big Grin
castrol power1 scooter 10w40, suara mesin lebih halus, tapi tarikan terasa lebih berat.
motul scooter LE 10w30 tarikan jos mantap, ganti bisa 3 bulan sekali, tapi mesin panas sampe selang bensin lepas dari dudukan jadi tau2 bensin ngocor di jalan. emoticon-Frown
federal matic botol warna biru emas, gak ada yg wah, biasa aja.
sekarang lagi pake yg standar2 aja, honda spx1 fully synthetic, rasa mesin biasa aja, tapi bisa ganti 2 bulan sekali.

nah sekarang lagi mau nyoba2 oli lain lagi nih,
bingung antara motul scooter power LE 5w40 atau pertamina fastron gold.
lagi viral juga di dunia per-matic-an fastron gold banyak yg bilang bagus, katanya motor lebih irit, bisa ganti oli setahun emoticon-Big Grin , tarikan enteng.
jadi pilih mana ya gan? para suhu mungkin bisa kasih ane masukan emoticon-Angkat Beer


Hi Bro,

Mungkin bisa coba Shell Advance Ultra Scooter 5w-40. Dia udah 100% synthetic gan.
Sedikit Informasi, Fastron Gold itu masih Fully Synthetic loh bukan 100% Synthetic.
Atau juga bisa pakai Motul Scooter Power LE 5w-40 yang buat big matic.... dia juga sudah 100% synthetic.

Semoga membantu gan....
0 0
0
Halaman 443 dari 451
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.