alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
154
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c7a4f118d94d04ab6767d1f/mana-lebih-baik-pemimpin-seperti-soekarno-atau-soeharto
Baik atau buruknya kondisi suatu negara bergantung besar pada sosok pemimpin yang memerintah di negara bersangkutan. Sebab, masing-masing pemimpin memiliki caranya tersendiri dalam menjalankam pemerintahan. Termasuk para pemimpin yang pernah memerintah di Indonesia. Indonesia sendiri tercatat telah tujuh kali mengalami pergantian presiden. Dari semua presiden yang pernah memerintah di Indonesi
Lapor Hansip
02-03-2019 16:38

Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?

Past Hot Thread
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?


Baik atau buruknya kondisi suatu negara bergantung besar pada sosok pemimpin yang memerintah di negara bersangkutan. Sebab, masing-masing pemimpin memiliki caranya tersendiri dalam menjalankam pemerintahan. Termasuk para pemimpin yang pernah memerintah di Indonesia.

Indonesia sendiri tercatat telah tujuh kali mengalami pergantian presiden. Dari semua presiden yang pernah memerintah di Indonesia, tercatat ada nama Soekarno dan Soeharto sebagai pemimpin dengan masa pemerintahan terlama. Soekarno merupakan pemimpin dengan masa jabatan terlama kedua di Indonesia, yaitu sekitar 22 tahun. Sementara Soeharto merupakan pemimpin dengan masa jabatan terlama di Indonesia. Dia menjabat sebagai presiden Indonesia selama 32 tahun.

Boleh dibilang Soekarno dan Soeharto merupakan dua presiden paling berpengaruh di Indonesia. Mereka sama-sama presiden paling awal dan dengan masa jabatan paling lama di Indonesia. Namun seperti yang kita singgung sebelumnya, masing-masing pemimpin punya caranya tersendiri dalam memerintah. Diantara Soekarno dan Soekarno, cara kepemimpinan siapakah yang memberikan dampak lebih baik untuk Indonesia?

Kita mulai dengan Soekarno. Sebagai pemimpin pertama di Indonesia, nama Soekarno sangat dielukan oleh rakyat. Apalagi dia merupakan salah satu orang penting dalam membebaskan Indonesia dari penjajahan. Jadi namanya benar-benar diagungkan oleh rakyat. Berbagai keputusannya jarang mendapatkan penentangan oleh rakyat. Makanya saat memerintah Soekarno cenderung bebas mengganti bentuk pemerintahan, bentuk negara, konsep politik dan sebagainya.

Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?

Soekarno (sumber : merahputih.com)


Hal yang paling mendasar dari kepemimpinan Soekarno adalah sikapnya yang begitu keras terhadap pihak asing, khususnya negara-negara barat. Bukan cuma negara barat, bahkan Soekarno juga menunjukan sikap antinya terhadap organisasi internasional seperti PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Soekarno bahkan terang-terangan menuduh organisasi tersebut sebagai sarang imperialisme dan merugikan negara-negara berkembang. Di masa Soekarno, Indonesia pernah keluar sebagai anggota PBB karena tidak menerima keanggotaan Malaysia. 

Bagi Soekarno, Malaysia dianggap sebagai antek barat yang dapat mengancam eksistensi Indonesia. Soekarno bahkan melakukan konfrontasi untuk mencegah lahirnya Negara Malaysia dengan melakukan aksi militer. Keputusan Soekarno tersebut dianggap ceroboh karena memberatkan keuangan negara. Apalagi Indonesia merupakan negara yang belum lama berdiri yang tentunya masih banyak urusan dalam negeri yang dibenahi. Saat melakukan konfrontasi terhadap Malaysia, Indonesia mengalami kekalahan telak. Pasalnya Malaysia dibekingi oleh Inggris dan Australia.

Sikap politik yang berseberangan dengan Soekarno ditunjukin oleh Soeharto yang merupakan presiden Indonesia selanjutnya setelah Soekarno. Setelah menjabat, Soeharto menghentikan sikap bermusuhan terhadap Malaysia dengan melakukan normalisasi hubungan politik. Bukan cuma dengan Malaysia, Indonesia juga menjalin hubungan baik dengan negara-negara barat. Akibatnya investasi asing mengalir deras ke Indonesia dan memicu perkembangan perekonomian Indonesia yang lebih signifikan.

Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?

Soeharto (sumber : tirto.id)


Sayangnya Soeharto terlalu terbuka terhadap campur tangan asing di Indonesia. Aset strategis negara seperti sumber daya alam (SDA) diserahkan begitu saja demi menarik minat investasi pihak asing. Efeknya kita rasakan sampai sekarang dimana banyak SDA Indonesia dikuasai oleh asing.

Namun harus diakui perekonomian Indonesia lebih berkembang di masa Soeharto. Ini karena Soeharto lebih membuka diri terhadap pergaulan internasional dibandingkan dengan Soekarno. Bahkan Seoharto sampai dijuluki sebagai Bapak Pembangunan. Hanya saja dia membina pemerintahan diatas pondasi yang lemah. Di masa Soeharto praktek korupsi, kolusi dan nepotisme benar-benar merajalela. Terjadi penyelewengan anggaran negara dimana-mana. Akibat dari semua kebobrokan tersebut dirasakan Indonesia pada tahun 1998 silam dimana terjadi krisis moneter yang memporak-porandakan perekonomian Indonesia. Memang ini tidak sepenuhnya ulah Soeharto karena krisis tersebut juga melanda negara-negara Asia lainnya. Namun karena pondasi pemerintahan yang lemah yang dia bangun, Indonesia menjadi negara yang rentan terhadap krisis. 

Kembali ke pembahasan inti dari thread ini. Sebenarnya lebih baik pemimpin seperti Soeharto atau Soekarno? Kalau menurut saya pribadi masih lebih baik pemimpin seperti Soeharto daripada Soekarno. Soeharto tahu persis bahwa Indonesia harus membuka diri dan terlibat aktif terhadap pergaulan internasional agar kondisi negara lebih berkembang. Jadi tidak hanya sebatas bergaul dengan negara-negara yang berafiliasi dengan Indonesia. Kalau kita membiarkan Indonesia menutup diri dan hanya bergaul dengan negara-negara yang berafiliasi dengan Indonesia, bisa-bisa kondisi Indonesia tidak jauh berbeda dengan Korea Utara. 

Hanya saja Soeharto terlalu bobrok dalam membina keuangan negara. Andai tidak ada semua kebobrokan ini, mungkin Indonesia jauh lebih berkembang dibandingkan sekarang. Bagaimana menurut agan? 

Referensi :
https://tirto.id/gara-gara-malaysia-...-dari-pbb-cCpg
https://kumparan.com/potongan-nostal...nesia-malaysia
https://www.merdeka.com/peristiwa/ki...mbangunan.html
https://www.ajarekonomi.com/2016/04/...nomi-asia.html

Pendapat agan-agan
Quote:Original Posted By prabowosandii
masing2 dibutuhkan pada jaman nya masing2
jadi gak ada istilah bagusan siapa
trgantung jaman nya

jaman nya soeharto, soekarno gak cocok karena soekarno anti asing, sedangkan kemajuan butuh pemimpin yg mau membuka diri pada dunia, soekarno kolot kalo soal membuka diri pada dunia

sebaliknya, jaman nya soekarno, orang kayak soeharto gak cocok juga, karena pada jaman nya soekarno yg dibutuhkan adalah pemimpin yg bisa bakar emosi massa dan memberi semangat walau kondisi nya babak belur usai diperbudak 350 tahun sama VOC


Diubah oleh arifdoank
9
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 8
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:36


Quote:Original Posted By SawalHisoka
tergantung. misal nya dalam hal ekonomi. mau siapapun pemimpin nya kalo kita malas tetap aja kita tetap miskin emoticon-Ngakak (S)




Setubuh dengan agan emoticon-Shakehand2
0 0
0
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:38
Quote:Original Posted By Herdwi78
ane setuju sama agan emoticon-Salaman


Quote:Original Posted By kyukyunana
Setubuh dengan agan emoticon-Shakehand2


Ucapan yg samaemoticon-Goyang
0 0
0
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:39
Quote:Original Posted By prabowosandii
masing2 dibutuhkan pada jaman nya masing2
jadi gak ada istilah bagusan siapa
trgantung jaman nya

jaman nya soeharto, soekarno gak cocok karena soekarno anti asing, sedangkan kemajuan butuh pemimpin yg mau membuka diri pada dunia, soekarno kolot kalo soal membuka diri pada dunia

sebaliknya, jaman nya soekarno, orang kayak soeharto gak cocok juga, karena pada jaman nya soekarno yg dibutuhkan adalah pemimpin yg bisa bakar emosi massa dan memberi semangat walau kondisi nya babak belur usai diperbudak 350 tahun sama VOC


Ini jawaban yang mewakili,
1 0
1
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:40
Kalau disuruh pilih antara kedua itu,, gw pilih Soekarno.. emoticon-Cool
Karena dibawah kepemimpinan Soekarno, negara kita jadi bermartabat, di hormati dan di segani negara lain..
1 0
1
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:41
yang diri sendiri & keluarga serta anak cucu ga diajak kolusi, nepotisme apalagi korupsi
itu aja yang paling penting
0 0
0
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:41
Soekarno dan Gusdur!!
Benar2 pemimpin sejati.
1 0
1
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:43
Semuanya sama2 bagus menurut gua, susah soalnya bangun sebuah negara yang baru merdeka.

Cara nya sama2 bagus untuk bangun negara, mereka sama2 punya tujuan pengen Indonesia jadi bagus

Menurut gua mau Soeharto atau Soekarno sama2 punya plus minusnya masing.
1 0
1
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:43
fusion aja kaya songoku sama bezita
0 0
0
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:44
Quote:Original Posted By me2tgueteres
Ucapan yg samaemoticon-Goyang



Ane setuju sama ini juga emoticon-2 Jempolemoticon-Wow
0 0
0
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:46
setelah order baru digantikan orde reformasin, praktek korupsi tetap marak gan hehehe...

emoticon-Traveller
0 0
0
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:50
dua2nya di turunkan oleh celah dr sistem yg mereka buat sendiri... democrazy. Overall mereka bagus sbg negarawan.
1 0
1
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:54
hmmm menarik nih
0 0
0
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:56
Seandainya dari dulu sda gadi kelola asing mungkin sekarang orang indonesia sendiri yg bakal mengelolanya
0 0
0
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:56

Soekarno Anti-Asing

TSnya ngawur nih, kata siapa soekarno tidak membuka pergaulan dunia?
Justru kawan politiknya blok uni-soviet yg notabene musuh bebuyutan sekutu, beliau tau mana negara asing yang benar2 bisa diajak kerjasama tanpa merugikan negaranya

Udah pernah dijajah sekutu, masih mau ajak kerjasama? ya cuma orang indonesia yang goblok dan gila kekuasaan aja yang mau

SDA dikuras dibanding pembangunan terbengkalai modal utang juga, pilih yang mana?
Andai soekarno gak dikudeta, SDA gak bakal jatuh ketangan asing, dan generasi muda yang dijadikan SDM berkualitas hingga disekolahkan keluar negeri bisa mengelola SDAnya sendiri tanpa intervensi asing
Gara2 kerusuhan, pemberontakan kudeta & kambinghitam PKI yang didalangi sekutu, banyak ilmuwan diluar negeri yg gkbisa balik

"Tidak ada negara sekutu yang memberikan bantuan/dukungan tanpa punya maksud lain untuk memperoleh hasil/keuntungan besar" - yang perlu diingat lagi ucapan dari bung karno
5 0
5
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:57
Bung Karno merupakan pemersatu bangsa karena usahanya memerdekakan indonesia tapi kurang berhasil memimpin suatu negara

Pak Harto merupakan ahli negara yang bagus , apalagi dari kebijakan ekonominya tapi beliau juga memiki kecenderungan otoriter yang kuat

jadi ada kelebihan dan kekurangan masing-masing
emoticon-I Love Indonesia
2 0
2
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 09:58
ente saudaraan kayanya sama Soeharto emoticon-Betty
0 0
0
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 10:02
kalo ngomongin zaman Soekarno ya Gak tau..Gak pernah ngerasain....Zaman Soeharto ya mayanlah..Mayan murah apa²,Mayan serem juga emoticon-Big Grin..partai cuma 3 di pemilu..yg menang itu² aja..si kuning.. pokoknya zaman Soeharto semua serba standar kehidupan masyarakat nya...yg punya tv warna aja masih jarang apalagi motor ...
Kalo ngebandingin enak ya jelas enak zaman sekaranglah..Gak perduli siapa presiden nya.. apa² serba canggih,internet,,mobil motor,gampang kalo mo punya tinggal dp..zaman serba canggih n modern apa² instant .. NIKMATI emoticon-Big Grin
Diubah oleh seringboering
1 0
1
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 10:03
gus dur emoticon-shakehand:
0 0
0
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 10:05
Nyimak dulu gan...
0 0
0
Mana Lebih Baik, Pemimpin seperti Soekarno atau Soeharto?
04-03-2019 10:07
Quote:Original Posted By xatria
TSnya ngawur nih, kata siapa soekarno tidak membuka pergaulan dunia?
Justru kawan politiknya blok uni-soviet yg notabene musuh bebuyutan sekutu, beliau tau mana negara asing yang benar2 bisa diajak kerjasama tanpa merugikan negaranya

Udah pernah dijajah sekutu, masih mau ajak kerjasama? ya cuma orang indonesia yang goblok dan gila kekuasaan aja yang mau

SDA dikuras dibanding pembangunan terbengkalai modal utang juga, pilih yang mana?
Andai soekarno gak dikudeta, SDA gak bakal jatuh ketangan asing, dan generasi muda yang dijadikan SDM berkualitas hingga disekolahkan keluar negeri bisa mengelola SDAnya sendiri tanpa intervensi asing
Gara2 kerusuhan, pemberontakan kudeta & kambinghitam PKI yang didalangi sekutu, banyak ilmuwan diluar negeri yg gkbisa balik

"Tidak ada negara sekutu yang memberikan bantuan/dukungan tanpa punya maksud lain untuk memperoleh hasil/keuntungan besar" - yang perlu diingat lagi ucapan dari bung karno


"Tidak ada negara sekutu yang memberikan bantuan/dukungan tanpa punya maksud lain untuk memperoleh hasil/keuntungan besar"

Berarti ini juga termasuk soviet pasti punya maksud tertentu dukung bung karno. Kalo gak ada peristiwa PKI-pun negara ini pasti auto komunis karena saat itu PKI kuat banget dan memang di arsip sejarah ada wacana penggulingan bung karno oleh PKI itu sendiri
0 0
0
Lihat 1 balasan
Halaman 2 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia