ikardusAvatar border
TS
ikardus
Barisan Gus dan Santri Jember Kecam Prabowo Marah-Marah di Depan Kiai

Barisan gus atau lora dan santri di Jember, Jawa Timur saat berunjuk rasa mengecams ikap cares Prabowo Subianto yang dinilai tak beretika karena marah-marah di depan ulama dan kiai. (Foto: iNews.id/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id - Barisan gus atau lora dan santri di Jember, Jawa Timur, melakukan aksi di Bundaran DPRD, Kamis (28/2/2019).

Mereka mengecam sikap capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang marah-marah di depan kiai dan ulama saat berpidato di Pondok Pesantren Assadad Ambunten, Sumenep, Madura, Selasa (26/2/2019).

Sambil berjalan kaki, barisan gus atau lora dan santri ini berorasi dan membawa poster kecaman atas tindak tanduk Prabowo yang dianggap kurang sopan dan tak beretika di hadapan kiai dan ulama.



Koordinator aksi, Kobid Wajdi, ulama dan kiai adalah soko guru bangsa yang juga memperjuangakan kemerdekaan Indonesia. Mereka harus dihormati seluruh masyarakat dari golongan mana pun dan tidak boleh memprovokatif atau memfitnah demi kepentingan tertentu.

“Kami meminta seluruh masyarakat bertindak tanduk yang baik dan menjunjung tinggi ulama dan kiai. Hentikan hal-hal yang berbau provokatif, hoaks, dan fitnah yang akan memecah belah anak bangsa,” kata Kobid Wajdi, Kamis (28/2/2019).

Karena itu, dia menuntut tokoh bangsa untuk menjunjung tingggi etika beragama dan mendorong tokoh bangsa, negarawan, tokoh publik, calon presiden, dan calon legistlatif untuk mengedepankan ahlakul karimah dalam setiap sikap dan tutur katanya.

Meski berjalan tertib, aksi barisan gus dan santri itu sempat membuat kemacetan di beberapa ruas jalan seperti Jalan Bengawan Solo, Jalan Jawa, dan Kalimantan Jember.

Sebelumnya, video capres Prabowo Subianto diduga marah-marah di hadapan ulama dan tokoh masyarakat di Sumenep beredar di media sosial. Berdasarkan potongan video yang beredar, Prabowo menghentikan pidatonya. Sembari menunjuk seseorang, Prabowo meninggikan suaranya bertanya apakah pihak tersebut ingin menggantikannya bicara di atas mimbar.

"Kenapa kok? Ada apa you bicara sendiri di situ? Apa you aja yang mau bicara di sini?" lanjut Prabowo.

BPN Prabowo-Sandiaga memberi penjelasan. BPN menegaskan sang capres tidaklah marah kepada ulama tersebut. "Dalam video itu, sikap Prabowo menegur, hanya menegur sayang, tidak menegur dengan kemarahan," ujar jubir BPN Prabowo-Sandiaga, Viva Yoga Mauladi.

sumber https://www.inews.id/daerah/jatim/ba...an-kiai/473545
Diubah oleh ikardus 02-03-2019 10:17
3
3.9K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.