wariar17Avatar border
TS
wariar17
Media Pesanan Menyambut Pemilu Serentak

gambar: phys.org


Tanggal 17 April 2019 mendatang, Indonesia akan melaksanakan Pemilu serentak. Partai pengusung, tim sukses, dan relawan melakukan berbagai upaya agar sang calon usungannya memenangkan pesta demokrasi nanti. Salah satunya strategi untuk memenangkan Pemilu adalah dengan memanfaatkan media partisan.

Upaya ini diyakini dapat menunjang elektabilitas calon dari partai masing-masing. Melalui media masyarakat akan mampu mengenal sosok calon yang akan dipilih nantinya. Namun, terkadang media diekploitasi, hanya boleh memberitakan satu calon kepala daerah saja.

Bahkan, ada media yang dengan jelas dan tegas membela kepentingan salah satu partai politik. Demikian itu karena partai pengusung calon adalah pemilik media sekaligus pimpinan partai tersebut. Oleh karena itu media tersebut, memberitakan calon bak malaikat yang tak punya salah. Sedangkan saingannya diharamkan untuk tampil di media yang sudah dipesan.

Media televisi merupakan salah satu media komunikasi yang banyak digunakan masyarakat. Rata-rata setiap rumah di kota atau pun di desa mempunya layar persegi ini. Maka, tak ayal jasanya banyak digunakan calon kepala daerah dan partai politik pengusung sebagai alat kampanye. Berbagai program disuguhkan kepada pemirsa baik itu pemberitaan, reality show, iklan, dan kuis tujuannya untuk mengangkat perolehan suara partai politik pengusung di bulan April nanti.

Realita seperti ini bukanlah suatu yang asing bagi rakyat Indonesia. Media partisan yang selalu memberitakan hal-hal positif terkait partai dan sosok tertentu sudah diketahui oleh rakyat Indonesia. Saluran informasi yang beragam saat ini membuat masyarakat bisa mendapat berita berbagai sumber sehingga rakyat sudah cerdas membedakan antara media pesanan dan netral.

Quote:






Diubah oleh wariar17 12-03-2019 04:59
0
1.7K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.