• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kebiasaan Lazim Orang Zaman Kuno Yang Akan Sangat Aneh Jika Dipraktekkan Sekarang

bintanghuAvatar border
TS
bintanghu
Kebiasaan Lazim Orang Zaman Kuno Yang Akan Sangat Aneh Jika Dipraktekkan Sekarang
[/center]

Kehidupan zaman kuno memang penuh dengan misteri,bagaimana tidak,penemuan beberapa benda bersejarah mengungkapkan beberapa fakta yang cukup mengejutkan.

Hampir segala rutinitas kehidupan kuno yang mereka lakukan itu sama dengan apa yang kita lakukan sekarang,ya ada juga yang berbeda sih.Dulu,untuk meneliti kehidupan masa lampau itu cukup sulit dilakukan karena berbagai keterbatasan,seperti ketidak-tersediaan alat dan lainnya,namun sekarang dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat para peneliti telah menemukan beberapa fakta baru tentang kehidupan nenek moyang kita yang kadang membuat kita terkejut,bahkan ada beberapa hal yang lazim dilakukan oleh orang-orang zaman dulu namun akan terasa sangat nyeleneh jika dipraktekkan di zaman modern ini.Berikut adalah beberapa fakta menariknya:


1. Wanita Zaman Dulu Menggunakan Timbal dan Sulfur Untuk Mewarnai Rambut
Spoiler for Wanita Zaman Kuno:

Quote:

Orang-orang zaman peradaban kuno telah melakukan praktik pewarnaan rambut mereka.Namun kurangnya pengetahuan mereka di bidang zat kimia,kadang bahan yang mereka gunakan itu sangat berbahaya bagi kesehatan,ya walaupun ada juga yang menggunakan bahan dasar pewarna rambut dari tanaman yang mana artinya itu cukup sehat bagi mereka,tetapi bahan pewarna rambut dari tumbuhan tak bertahan lama oleh karena itu mereka membuat pewarna rambut permanen yang berbahan dasar sulfur,dan itu sangat berbahaya bagi kesehatan mereka.Praktek itu dilakukan oleh wanita-wanita Yunani Kuno dan Romawi kuno.Di zaman modern,masih adakah yang memakai metode demikian?.
Spoiler for Bonus:

Wanita Italia pada tahun 1700-an juga menggunakan bahan kimia berupa alkali untuk mendapatkan rambut keemasan yang mengkilau.

2. Bola Kaca dan Karet Digunakan Sebagai Implan Payudara
Spoiler for Implan Payudara:

Sejak zaman kuno,para wanita melakukan berbagai hal untuk mempercantik diri,seperti menggunakan make-up hingga memperbesar payudara.Beberapa wanita zaman kuno menggunakan perawatan alami dengan krim yang mereka buat sendiri agar payudara mereka besar.Ada juga beberapa wanita yang menggunakan minyak kelapa sebagai treatment memperbesar payudara.
Tak hanya itu,operasi "implan payudara" juga telah ada pada zaman itu,operasi pertama tercatat pada tahun 1895 oleh Vincenz Czerny.Saat mengangkat tumor payudara si pasien,sang dokter akan membuat implan payudara dari berbagai bahan seperti bola kaca dan karet agar payudaranya tetap kelihatan normal atau bahkan terlihat lebih besar lagi.

3. Kotoran Hewan Digunakan Dalam Perawatan Medis
Spoiler for Kotoran Hewan:

Quote:

Kedengarannya memang aneh dan menjijikkan,namun itulah faktanya.
Orang-orang zaman kuno menggunakan kotoran hewan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.Sebagai contoh,para wanita Yunani kuno percaya bahwa kotoran buaya dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi yang cukup ampuh dan memasukkannya ke dalam alat reproduksi-nya.Di Mesir kuno,para pejuang mengoleskan kotoran hewan ke badan mereka yang terluka.Di Skotlandia,kotoran domba digunakan sebagai obat cacar dan kotoran babi digunakan untuk menghentikan mimisan.
Menjijkkan memang,tapi itulah yang dilakukan orang-orang zaman kuno,jangan coba-coba di rumah ya mas dan mbak gan.haha.

4. Dokter Mengebor Kepala Pasien Untuk Mengusir Roh Jahat
Spoiler for Pemboran Kepala:

Quote:

Terlihat mengerikan memang,tapi praktek tersebut benar adanya.Pada zaman itu,para dokter sangat ingin tahu bagaimana cara menyembuhkan seseorang dari berbagai penyakit,akibatnya berbagai pengobatan pun dicoba pada masa itu untuk mengobati penyakit.Dan metode Trepanasi (pengeboran) adalah salah satu metodenya.
Dengan metode tersebut,dokter percaya bahwa mereka dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti kejang-kejang,sakit kepala dan infeksi.Mereka percaya bahwa penyakit itu disebabkan oleh roh jahat yang ada dalam kepala manusia sehingga mereka melakukan pengeboran kepala agar roh tersebut keluar.
Untungnya,praktek ini tak dilakukan lagi sejak abad pertengahan.
Penelitian membuktikan bahwa dari hasil penemuan tengkorak pasien,beberapa di antara mereka  bahkan mampu bertahan hidup setelah praktik pengobatan ekstrem ini dilakukan.Mengerikan!

5. Wanita Tak Diizinkan Menangis di Pemakaman
Spoiler for Wanita dan Pemakaman:

Quote:

Sang ayah adalah pemimpin keluarga dan ia mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam keluarga terutama terhadap putri mereka yang belum menikah.Padahal mereka punya hak untuk memilih lelaki terbaik untuk dijadikan pasangannya kelak.
Pada zaman itu,peraturan perihal "pacaran" cukup ketat,sang anak perempuan dilarang memiliki hubungan intim sebelum mereka menikah.
Sang Ayah mempunyai hak secara hukum untuk menghabisi kekasih putrinya jika mereka mempunyai hubungan terlarang.
Dan jika mereka kepergok sedang melakukan hubungan layaknya suami istri,sang ayah bahkan berhak membunuh putrinya sendiri,jika sang ayah hanya membunuh satu pihak (kekasih putrinya) dia bisa dituntut secara hukum karena tak membunuh putrinya.

7. Di Romawi Kuno,Sang Ayah Boleh Menjual Anaknya Untuk Dijadikan Budak,Namun Hanya Boleh Selama 3 Kali
Spoiler for Perbudakan:

Quote:

Di zaman Romawi kuno,ayah adalah kepala keluarga yang punya kakuasaan yang mutlak atas anak-anak,istri,dan rumah tangganya.Sang ayah juga punya hak untuk memutuskan apakah bayi yang baru lahir itu boleh di rawat hingga besar atau tidak boleh.
Tak hanya itu,sang ayah juga berhak menjual putra mereka dalam pasar budak.Jika sang anak tadi dibeli sebagai budak dan majikannya tak mau lagi memilikinya,maka sang anak boleh pulang ke rumah ayahnya.Namun dia hanya boleh menjual anaknya selama 3 kali,jika lebih dia akan dianggap sebagai ayah yang buruk dan kejam.Bahkan seorang ayah bisa meminta keluarganya untuk dihukum mati.Untungnya tak banyak ayah yang seperti itu.
Kira-kira kalau hal demikian masih ada di zaman sekarang kayak mana gan?absurd parah!,tak boleh ada praktek itu atas dasar apapun.

8. Bawang Putih Sebagai alat Penguji Kehamilan
Spoiler for Test Pack dari BawangPutih:

Quote:

Karena pengetahuan yang masih minim pada saat itu,dokter tak bisa mengatakan dengan pasti kenapa wanita ini bisa hamil sementera wanita yang lain tidak.Bahkan mereka menggunakan metode aneh untuk mengetahui kehamilan.
Pada tahun 1350 SM,seorang wanita disarankan untuk membasahi biji gandum dengan air kencing mereka,jika nantinyabenih tersebut tumbuh,maka wanita itu divonis hamil.Adapun cara lain untuk mengetes kehamilan pada saat itu adalah seorang wanita mesti meletakkan bawang putih di alat reproduksinya dan keesokan hari dokter akan mengecek.Jika nafas wanita itu bau bawang,maka ia akan divonis hamil.
Sekarang ilmu medis sudah berkembang pesat dan tak ada lagi metode tak lazim seperti itu.

9. Wanita Mesir Kuno Akan Mencukur Alis Mereka Saat Kucing Peliharaan Mati
Spoiler for Cukur Alis:

Orang-orang Mesir kuno "menyembah" kucing mereka dan menganggap bahwa kucing membawa keberuntungan bagi keluarga mereka.Kucing pada zaman itu sangat suci,bahkan hukuman mati bagi siapa saja yang menyakitinya.
Kelaurga di zaman mesir kuno akan mencukur alis mereka sebagai ratapan atas kematian kucing mereka.Tubuh kucing yang mati akan di balsem dengan topeng pahatan kayu dan akan di mumikan yang kemudian akan diletakkan di makam keluarga.
Begitu cintanya orang mesir kuno dengan kucing,namun di belahan dunia lain,beberapa pemimpin dunia bahkan takut sama kucing,diantaranya adalah Alexander Agung,Julius Caesar,Jenghis Khan,Napoleon dan Hitler.

10. Ada Toilet Umum di Romawi Kuno
Spoiler for Toilet Umum:

Quote:

Faktanya adalah,orang yunani kuno itu sangat bersih,mereka akan melakukan berbagai cara agar mereka tetap bersih.Mereka rajin ke tempat pemandian dan toilet umum,bahkan mereka sangat menjaga kebersihan toilet dan menggunakan pengelupas  serta spons untuk membersihkan toilet.
Rajinnya mereka ke toilet dan pemandian umum diakibatkan karena keterbatasan MCK pribadi di rumah,hal itu hanya dimiliki oleh orang kaya.
Dan bentuk toiletnya persis seperti gambar di atas.

Demikian beberapa fakta menarik kehidupan orang zaman kuno,cukup nyeleneh ya gan,namun di zaman itu hal tersebut biasa saja,bahkan calon mertua bisa membunuh agan-agan zaman kuno,hmmm ngeri ya.
Dari hal di atas,kira-kira yang mana yang masih bisa diterapkan sekarang?gak ada sepertinya!
Salam.



Sumber Referensi : Gambar
Diubah oleh bintanghu 01-03-2019 02:01
11
17.8K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.