News
Batal
KATEGORI
link has been copied
176
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c25f25ade2cf2b53c8b4570/cerita-dan-inspirasi-bisnis-ini-perlu-di-baca-agar-agan-sista-makin-kaya
Jadi Bos itu Penting Belajar untuk jadi Bos itu Perlu Mulailah Dari Sini Membaca Bersama Saya :ngakak Tidak Repost dari Web manapun. Karena materi tenggelam di dalam Group platform Chatting Quote: INDEX Pengalaman bisnis Popok Kain Think Big Bisnis Melalui Instagram Bisnis Hewan Qurban Jas Hujan Muslimah Kue Mie Akhirat Dasar Digital Marketing Upgrade Bisnis dengan Coaching Brand Iden
Lapor Hansip
28-12-2018 16:52

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Past Hot Thread
icon-verified-thread


JIKA ADA PIHAK YANG TIDAK BERKENAN BISA PM SAYA YA
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya


Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Jadi Bos itu Penting
Belajar untuk jadi Bos itu Perlu
Mulailah Dari Sini
Membaca Bersama Saya
emoticon-Ngakak



Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya


Quote:
INDEX


Pengalaman bisnis Popok Kain
Think Big
Bisnis Melalui Instagram
Bisnis Hewan Qurban
Jas Hujan Muslimah
Kue
Mie Akhirat
Dasar Digital Marketing
Upgrade Bisnis dengan Coaching
Brand Identity
Branding Fast Changing Product
Pentingnya Tim
Strategi Bisnis Turun Temurun
Penyegaran Bisnis
Meningkatkan Daya Saing UKM
Sinergi Bisnis Online & Offline
Menentukan Bisnis dari DNA kita sendiri
Menjual Tanpa Bicara
Branding Wisata Indonesia
Zalfa Kosmetik
Menemukan Pelanggn, BUKAN pembeli
Billboard Jaman Sekarang
FOODTRUCK
Membangun Bisnis tanpa HUTANG
Marketing Plan
cairo food
5 syarat sukses bisnis online
Business Foundation
Pembukuan
Leads
Panen saat Lebaran
Perlakuan Terhadap Konsumen
Good to Read
Ghost Kitchen
Perjuangan NomiNomi dessert
Bisnis KESEHATAN
Warung Kopi
Baso Karawang
10 Modal Mental Entrepreneur
Rempah Indonesia
Bisnis Saat Corona
Flywheel BARU dalam Bisnis



Quote:

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Pada tahun 2015 mb novi (kalian g knal) datang berkunjung ke rumah saya dan melihat setumpuk popok kain yang merupakan sisa stok penjualan saya.


Saat itu saya adalah reseller kecil dari beberapa brand lokal dan brand china. Situasi pasar online di dunia popok sangat terasa dalam red ocean, dimana masing masing pemain saling membenturkan harga satu sama lain sekalipun itu brand lokal yang sebenarnya memiliki standart kualitas produk yang jauh lebih baik daripada brand china.

Nah momentum terjadi saat mb novi mengajak saya menjadi rekan bisnis dalam memasarkan popok dari hasil jahitan ibu mertuanya.

Saat melihat sample popok yang akan dipasarkan, seketika benak saya langsung menembak target menengah kebawah, dikarenakan kualitas bahan baku yang dipersepsikan pasar saat itu masih lebih rendah dibanding bahan baku dari beberapa brand pada umumnya.

Setelah beberapa waktu saya berproses menggali semua data, menentukan kompetitor dan lain lain. Kami mulai memasarkan produk ini (kami memberi nama Free) dengan sistem PO; sistem pemasaran pun ATM murni dari produsen lainnya.


Dan yang terjadi adalah dalam waktu 6 bulan sesudah launcing, produksi Free akhirnya harus off sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

Masalahnya hanya satu satu nya tenaga produksi (yang tak lain ibu mertuanya) terkena serangan stroke.

Kami sama sekali tidak mempunyai Plan B karena miskin jaringan penjahit khususnya model halusan

Setelah 8 bulan berjalan akhirnya Free bisa bangkit kembali dengan berbekal evaluasi dari pengalaman sebelumnya, kami merombak semua manajemen yang kami lakukan, baik dr segi pemasaran dan produksinya.

Langkah pertama adalah menjaring data penjahit di sekitar tempat tinggal kami (radius sampai desa tetangga); hasil ternyata WOW, pengalaman kami mendapatkan 10 calon penjahit namun yang bisa dijadikan tim hanya 1-2 orang saja (kami memberikan contoh jahitan dan bahan dalam rupa potongan untuk dikerjakan sendiri dulu).

Di sisi lain saya yang bertanggung jawab dalam mendatangkan buyer, membutuhkan pendekatan yang berbeda untuk merekrut tim marketing.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Singkatnya dalam kurun waktu 6 bulan (setelah momentum Free dibangkitkan), permintaan dari tim marketing cukup naik significant, namun disinilah akhirnya terkuak masalah masalah operation bisnis yang akhirnya membuat banjir bandang komplainan dari marketing.

Masalah masalah yang kami identifikasikan
:

Quote:1. Miskin jaringan di bidang penjahit hampir membuat kami frustasi.. Di wilayah trdekat kami memang banyak penjahit tp pengalaman menjahit popok kain sama sekali tidak ada.. Bisa dikatakan perjuangan kami dimulai dari nol..

2. Tidak ada standart bahan baku dan kompetensi tim produksi yang tidak seragam sehingga berpengaruh pada hasil jahitan yang bervariasi antar 1 penjahit dengan penjahit lainnya, terbukti dari komplain yang memberikan bukti foto ukuran popok yang tidak seragam.

3. Tidak ada kepercayaan dari supplyer. Kami mengawali biaya produksi mulai dari modal yang sangat minim, sehingga kami hanya mampu membeli bahan baku lewat distributor kain.
Disisi lain masing masing distributor memiliki suplay dari beberapa pabrik yang berbeda sehingga tidak ada standart bahan baku yang jelas.

4. Sistem produksi masih belum menemukan kesesuaian. Sehingga masih sering terjadi proses tumpang tindih akibat proses trial eror setiap saat bisa berganti.


Hasil dari kesalahan kesalahan diatas kami bayar mahal dengan cacian komplain tidak profesional dan ancaman pelaporan penipuan, karena kami mengirimkan popok ke buyer setelah h+3 minggu.

Antrian orderan marketing yang semakin mengular namun produksi tidak bisa mengejar dengan cepat.

Hal tersebut di atas sangat mungkin terjadi dalam dunia bisnis.

Belum bisa menghasilkan kolaborasi yang tepat antara tim marketing dengan tim produksi sehingga keduanya tidak sinkron.

Marketing yg sudah menguasai ilmu pemasaran bisa dengan mudah mendatangkan customer sehingga muncul "banjir order"
Sedangkan tim produksi yg belum matang dan belum siap menghadapi "banjir order" kesulitan dalam memenuhinya, terlebih lagi kendala teknis seperti pemadaman lampu yg kerap membuat tim produksi tidak bekerja, lanjut ketersediaan SDM dalam tim produksi pun belum menguasai teknik jahit "halusan" seperti popok (daerah wilayah kami memang bnyak penjahit tetapi umumnya berpengalaman di kemeja, kaos, jaket, celana jins adalah keunggulannya) sehingga kami harus menemani dalam proses membuka mindsetnya bahwa menjahit popok itu bisa mudah asalkan niat belajar dan praktek tekniknya.

Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Berbekal pengalaman yang sangat tidak mengenakan ini. Akhirnya kami melakukan evaluasi dan merombak untuk sekian kalinya.

Langkah langkah perbaikan :

Quote:1. Adanya norm (standart) untuk semua aktivitas pekerjaan yang dilakukan oleh semua anggota tim (baik produksi, staff operasional, maupun marketing), seperti meliputi norm bahan baku, norm hasil potong, norm hasil jahitan, norm adminitrasi (keuangan, gudang, ekspedisi, penjualan, dsb), dll.

2. Dibuatnya sistem yang lebih mudah dikerjakan maupun mudah dievaluasi. Berdasarkan dari alur kerja dari semua anggota tim yang berkesinambungan.

3. Pengembangan kualitas sumber daya manusia. Kegiatannya meliputi workshop untuk tim produksi, praktikum sesuai norm di masing masing aktivitas semua bagian, dll.
Dengan tujuan meningkatkan kompetensi semua anggota tim tanpa terkecuali.

Kami berdua selaku top manajemen, belajar untuk "merangkai" dari kompetensi masing masing tim.

Mengkolaborasikan dengan menanamkan nilai kerjasama tim dalam perumpamaan satu tubuh satu badan.
Bahwa bila ada satu bagian ada kendala/masalah maka bagian lagi juga akan tersendat sehingga berpengaruh pada keseluruhan aktivitas bagi brand Free

Hasilnya perlahan perlahan banyak perbaikan, diantaranya :

Quote:1. Kapasitas produksi bisa naik mencapai target (setiap bulan selalu ada target naik 10-20%)

2. Hasil produksi sesuai standart yang sudah dibuat, komplain sudah hampir jarang terjadi.

3. Marketing semakin semangat memasarkan produk karena adanya perubahan hasil produksi yang memiliki standart jauh lebih baik daripada sebelumnya.

4. Masing masing anggota tim bisa bekerja dengan memaknai konsep tim work, terbukti kesalahan teknis yang sifatnya keteledoran bisa diminimalisir (karena angota satu sama lain saling mengkoreksi/mengevaluasi hasil kerja rekan di tahapan sebelumnya).

5. Masing masing anggota tim juga muncul rasa untuk selalu siap belajar apapun, karena mereka sadar bahwa alur kinerja memang berkesinambungan, sehingga apabila ada satu bagian yang mengalami masalah dalam pekerjaannya maka bagian yg lain dengan segera ikut menghandle pekerjaan tersebut sehingga alur kerja dalam tim tetap terjaga dengan baik




Quote:
Inspirasi Kedua

“THINK BIG TO BECOME BIG”
But, HOW BIG IS YOUR “BIG”?
[visi gede anda seberapa GEDE?]


1. Ada orang yg membesarkan bisnis kuliner nya setelah bisnis pertama yg dia rintis dari awalnya kecil.., menjadi lebih besar, namun karena tempatnya yang sdh nggak mencukupi, maka mulailah buka cabang, karena sukses, maka buka cabang dan buka cabang lagi...

2. Ada orang yg buka usaha kuliner, cukup rame, namun nggak pernah membayangkan bisnis nya bisa buka cabang, dan dikembangkan menjadi berlipat-lipat. Malah orang lain yg bisa ngelihat alias punya “think big” yang menawarkan untuk membesarkan bisnis kuliner yg dimiliki itu. Dan benar aja, setelah ada “orang luar” yg “punya visi” & keberanian, bisnis kuliner nya membesar...

3. Ada orang yang awalnya blom punya bisnis kuliner, tapi sudah “punya think big”, dari awal. Dan sudah merancang untuk membuat bisnis kuliner yg sudah di design untuk bisa dikembangkan menjadi besar dengan jumlah cabang yg berlipat-lipat. Malah sekarang bisa berkembang secara “self running” / auto pilot.

Quote:Termasuk yang mana anda diantara ketiga skenario diatas..?

Apa bedanya owner/founders dari skenario 1 vs 2 vs 3?

Mana yang punya kemungkinan “TERBESAR” untuk jatuh atau bangkrut lebih cepat setelah bisnis kuliner nya membesar?

Berapa lama biasanya suatu bisnis kuliner itu mampu bertahan? Dan gimana cara nya supaya tetap bertahan & berkembang terus?

HOW BIG IS YOUR “BIG”?
[mau sebesar apa bisnis kuliner anda?]
[amankah posisi bisnis anda 5-10thn kedepan?]

Sumber:
koko hadiono - praktisi kuliner global & lokal > 22thn


anu


JIKA ADA PIHAK YANG TIDAK BERKENAN BISA PM SAYA YA
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya

Diubah oleh ibliss666
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muselimah dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 9
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
02-03-2019 18:57

foodtruck

Quote:
Malam ini sy mau sedikit sharing tentang pengalaman bikin foodtruck untuk meningkatkan brand awareness Bebek Dower sekaligus sebagai sarana naikin profit perusahaan

Salah satu strategi yg kami gunakan untuk meningkatkan brand awareness di tengah beragam merek kuliner adalah lewat foodtruck. 

Foodtruck sekitar 3-4 tahun lalu mulai hits di Ibukota. Terinspirasi oleh trend foodtruck yang melanda kota-kota besar dunia semacam di New York, London, dll. Film "The Chef" turut menginspirasi trend foodtruk ini.

Kami sendiri awalnya termasuk yang ikut2an. Kayaknya keren. Tapi setelah nyoba ternyata gak gampang operasionalnya. Awalnya operasional belepotan dan berdarah2 karena belum paham cara mengelolanya..

Saya share disini barangkali rekan2 ada yg berniat bikin foodtruck, supaya tidak mengulangi kesalahan2 kami. Supaya duit gak gampang ilang. Walaupun trend foodtruck di ibukota sudah menurun, barangkali ada di daerah yg malah belum mulai ..

Sharing kali ini akan dibagi menjadi 3 segmen : Perancangan, Operasional, Potensi pendapatan.. kalau aspek finansial bisa cari ilmu di lain waktu ..

Kita mulai dari perancangan..

Dulu waktu bikin foodtruk pertama perlu waktu sekitar 2.5 bulan..

Saya beli truk baru merek Jepang, yang cuma kepala dan chasisnya saja. Body foodtruck musti dirancang di karoseri.. ini yg mungkin skrg bisa dikurangi.. gak perlu baru

Saya pilih karoseri yang sudah berpengalaman bikin foodtruck. Dulu banyak karoseri, seperti karoseri bis, karoseri mobil armada bank, karoseri truk angkut, tapi kalau karoseri foodtruck masih jarang banget. Harusnya skrg sudah banyak.. walaupun utamanya masih di kota2 besar

Perancangan mobil foodtruck (utamanya makanan berat) mencakup seluruh fasilitas yang harus ada layaknya sebuah dapur permanen. Seperti saluran air bersih, air kotor, buangan asap (exhaust), udara bersih, sistem kelistrikan, gas, juga sistem pendingin (storage bahan baku), storage bahan baku kering, persediaan. Semua musti kompak (compact)

Dengan pilih yang berpengalaman membuat mobil khusus foodtruck, kita bisa memangkas banyak waktu produksi dan perancangan

Bisa pilih jenis makanan yg ingin dibuat dari pengalaman si perusahaan karoseri. Kalau beruntung bisa dapat tipikal foodtruck yang kita ingin buat

Dari pengalaman yang pernah dibuat kontraktor/karoseri, kita tinggal modifikasi sesuai dengan yang kita inginkan.

Tak kalah penting adalah pemilihan sistem pencatatan penjualan (POS). Untuk awal bisa pakai POS system Cloud yg banyak beredar di pasaran. Relatif murah untuk investasi awal..

Tapi kadang POS cloud ini suka lemot begitu ketemu dengan transaksi yang lebih padet. Suka hang kalau lagi rame banget banyak transaksi. Bisa dimengerti karena ada beberapa POS yang senantiasa kirim data online. Tapi belakangan bisa diganti dengan yg non cloud belakangan.. kalau emang konsep makanannya terbukti sukses

Investasi awal ini cukup besar. Dulu foodtruck pertama habis sekitar 550jt. Semua peralatan beli baru. Lumayan mahal, tapi puas sih ngerancang dari awal..

Foodtruck berikutnya sy pangkas banyak biaya. Foodtruck saya beli second bekas teman. Modifikasi minim. 150jt dah jadi jualan dengan ganti brand baru. Alhamdulillah tak sampai setahun bisa balik modal..

Saya sarankan temen2 beli second aja kalau dana ngepres. Gantiin punya temen2 yg kurang berhasil.

Oke itu dari sisi persiapan dan investasi

Sekarang kita masuk dari sisi operasional.. mudah2an masih semangat yaa

Pastikan tim cukup tangguh untuk mengikuti ritme kerja EO seperti jam loading/unloading diluar jam kerja pada umumnya (baca : tengah malem)

Tim harus memastikan infrastruktur seperti aliran listrik, saluran air bersih dan air kotor siap sebelum truk pindah lokasi. Ketersediaan listrik terutama untuk keamanan stok makanan

Juga harus ada tim support yang siap mendukung ketika loading in dan out. Tim support terutama membawa bahan baku. Siap top up logistik ketika kondisi dilapangan ramai/kehabisan logistik sehingga harus restock..

Untuk dapat sales yang maksimal, Preparation adalah kunci. Berefek pada kecepatan pelayanan. Kalau crowd sudah jelas rame, lokasi bagus, maka makanan jangan sampai made by order. 

Cukup sediakan masing2 10-20 porsi menu favorit yang sudah dibungkus. tinggal ngasih setelah pelanggan bayar. Jangan pelanggan order baru masak. Kelamaan. Sebaiknya mirip toko

Untuk mendapatkan penjualan yang bagus, tentunya kita pilih lokasi yang ramai. Lokasi yg ramai biasanya terbentur pada perizinan. Selain lokasi yang ramai, event yang ramai bisa menjadi salah satu alternatif. 

Event tahunan yang sudah jelas pengunjungnya tentunya diprediksi akan menghasilkan crowd yang sangat tinggi. seperti pameran mobil, pameran komputer/gadget nasioanal, tabligh akbar, PRJ, dll. Pengunjungnya bisa mencapai 500rb s.d. 1jutaan orang sekali event.

Jadi sebelum memutuskan ingin ikut event yang mana, pastikan kita punya data berapa pengunjung yang ikut pada event sebelumnya. Event yang bagus crowdnya biasanya mampu menyedot minimal sekitar 10.000an orang perharinya. Kalau kurang dari itu.. siap siap ngelus dada.. 😁

Dengan memilih event yg pengunjung banyak, selain peluang penjualan bagus, maka keterlihatan brand jg semakin baik. Rasio keterlihatan dibanding cost promosi tentunya semakin tinggi.

Jika event baru pertama kali digelar, penting mengetahui siapa EO ataupun reputasi penyelenggara dalam mendatangkan ribuan crowd. Publikasi di media cetak/online juga menentukan, memprediksi keramaian event

Kesalahan menentukan EO/penyelenggara event yang ingin diikuti, ini bisa berakibat fatal. Alih alih untung besar, malah rugi besar.

Dulu sempat ada pemikian diantara kawan2 EO, bahwa foodtruck dapat mendatangkan crowd. Ini benar pada awal2 kehadiran hits foodtruck. Barang baru. Tapi lama2 orang terbiasa. Bosan

Dulu sempat ada masa atraksi utamanya adalah foodtruck itu sendiri. Sekarang tidak bisa. Foodtruck adalah support event.

Harus ada event utama yg menyedot banyak orang. Kalau eventnya banyak menyedot crowd, besar kemungkinan penjualan unit foodtruck bagus..

Makanya  kalau di daerah belum ramai foodtruck, mungkin bisa dijadikan sebagai bagian yg atraktif. Boleh dicoba kalau ada EO yg ngajakin

Dulu sempat pula beberapa Mall menghadirkan foodtruck sebagai salah satu atraksi. Kalau foodtruck ditempatkan di dalam mall, penjualan masih bagus. tapi kalau foodtruck ditempatkan diluar mall, biasanya kurang bagus. Kalah nyaman dengan resto dalam mall. di dalam full AC, diluar cuaca panas/hujan, sementara harga juga beda2 tipis.

Untuk bisa sustain dan mendapatkan ritme kerja yang baik, foodtruck sebaiknya punya tempat mangkal jualan yang tetap /basecamp. Tidak melulu berpindah - pindah..

Karyawan juga sebaiknya karyawan tetap (tiap hari masuk kerja), bukan cabutan yg cuma masuk ikut event doang.

Terlalu sering berpindah2 lokasi foodtruck tanpa ada lokasi jualan tetap menyebabkan ritme kerja tim menjadi kacau

Singkatnya, weekdays mangkal jualan tetap.. weekend pindah ikutan event. Operasional akan lebih smooth krn ritme tim sudah terbentuk ..

Sekarang kita masuk ke potensi pendapatan foodtruck..

Diatas telah dibahas bagaimana kombinasi penempatan lokasi foodtruck

Di weekdays, usahakan kita mencari tempat mangkal yang ramai. Targetkan bisa mendapat paling tidak 100 porsi sehari

Dengan kru yang hanya 4 atau 5 orang, target foodcost 40%, seharusnya pendapatan foodtruck bisa menutup operasional selama 1 bulan

Di weekend usahakan bisa ikut event besar yang mampu mendapatkan penjualan sekitar 300-600 porsi per hari .. untung besarnya harusnya disini 😋

Dalam suatu event akbar, seorang rekan bahkan pernah mencapai ribuan porsi dalam sehari. Omset tembus lebih seratus juta. Beberapa hari balik modal tuh truk..😄

Kalau sudah mencapai ribuan porsi per hari, kekuatan logistik, pelayanan, kecepatan tentunya menjadi kunci

Tapi jangan lupa, foodtruck juga punya kelemahan. Salah satunya adalah sangat sensitif terhadap cuaca

Kalau hujan gerimis sales pasti drop. Hujan deras apalagi petir, bisa bisa Zonk. Tekor deh

Oleh karena itu Fasilitas tenda non permanen yg cukup besar perlu dibangun di tempat mangkal. Atapun di saat event. Supaya orang tetap nyaman gak kehujanan saat order..

Jadi kurang lebih demikian strateginya. Revenue sehari- hari diupayakan dapat mengcover biaya operasional foodtruck. Syukur- syukur sudah bisa untung dari operasional mangkal. Sedangkan saat event, kita tetap bisa branding dan lebih maksimalkan lagi profitnya


Quote:
Q:
pertanyaan ke 1 ya mas Doni
Di Indonesia, perizinan food truck masih belum terlalu jelas. Jadi sebelum “mangkal” atau berhenti untuk berjualan di sebuah tempat, bagaimana tips nya agar perijinan dapet sesuai prosedur dan tidak melanggar. jika itu di sebuah jalan raya atau event tertentu ?

A:
Kalau di Jalan Raya bisa kerjasama dengan pemilik property yg lokasinya bagus. Visibilitynya jg bagus. Atau bisa pakai model kerjabareng pemilik Indomaret atau Alfamaret yg trafficnya sudah bagus.

Kalau ikut event seharusnya lebih mudah. Cukup bayar ke EO/pemyelenggara event, bis langsung jualan. Secara EO/penyelenggara event pastinya sudah dapat izin acara/keramaian

Q:
Sudah pasti, untuk menjalankan bisnis Food Truck, kita membutuhkan sebuah mobil. Namun Anda tak perlu meyiapkan truk seperti namanya. Kita harus menyesuaikan mobil yang bakal kita setting menjadi Food Truck dengan makanan yang bakal dijual.
Tak perlu mobil baru kata mas Doni, membeli mobil bekas lebih irit. Pertanyaannya...Dibantu tips nya memilih jenis mobil sesuai dengan kriteria dari jenis bisnis makanan dan minumananya?

A:
Ya benar.. pilihan mobil tergantung kita mau jualan apa. Dulu saya pilih truk karena memang dirancang bisa memasak diatasnya. Untuk pilihan bisa memasak didalam mobil, sebaiknya memang pilih mobil truk supaya ergonomis. Kita bisa masak sambil berdiri. Bebek Dower mengharuskan masakan dihidangkan benar2 panas, oleh karena itu harus dimasak didalam mobil.

Beda kalau makanan kita tidak perlu memasak didalam mobil. Sudah matang sebelumnya. Misalnya warung padang yg sering pakai foodtruck pakai type grandm**.. atau es kopi susu yang cukup pakai model motor roda 3

Diubah oleh ibliss666
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
02-03-2019 21:25
monggo mampir gan biar cepet kaya
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
06-03-2019 18:01
Quote:Original Posted By rps21
monggo mampir gan biar cepet kaya


oprud emoticon-EEK! seru kayanya
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
06-03-2019 20:20
Quote:Original Posted By darrenkirana
Tandain dulu gan, abis ulangan baru baca emoticon-Jempol


udah ulangannya?
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
06-03-2019 20:54
jejak dulu tee emoticon-Paw


Sapa tau ada yg ngucurin modal emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh yunda.me
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
06-03-2019 21:07
Quote:Original Posted By ibliss666
oprud emoticon-EEK! seru kayanya


Ayukkk mampirr
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
06-03-2019 21:08
Quote:Original Posted By yunda.me
jejak dulu tee emoticon-Paw


Sapa tau ada yg ngucurin modal emoticon-Hammer (S)


yang penting niat dan nekatemoticon-Ngakak
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
06-03-2019 21:13
Quote:Original Posted By rps21
Ayukkk mampirr


mampir ketempat oprud apa yutubnyaemoticon-EEK!
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
06-03-2019 21:15
wah nice share ini.. thank you gan share ilmunya emoticon-thumbsup.. cek kulkas n lemari yak..
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
06-03-2019 21:25

membangun bisnis tanpa hutang

Quote:

Sebelum masuk ke tema, saya ingin mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait kondisi bisnis kepada rekan-rekan semua. Pada saat kita memutuskan utk berbisnis, salah satu yang menjadi tujuan adalah bisnis berkembang dan mencapai kebebasan financial, Tolong dijawab di benak masing-masing, apakah mau atau tidak kondisi2 ini terjadi terhadap kita? :

1. Di tengah jalan, bisnis Anda bangkrut dan banyak hutang?

pasti rekan2 semua menjawab "tidak mau"

2. Bisnis Anda bangkrut, tapi tidak ada hutang?

Pilihan ini lebih baik, tapi tentu tidak ada pengusaha yang ingin bisnisnya bangkrut.

3. Bisnis grow, tapi banyak hutang?

Pilihan ketiga ini tentu lebih baik, karena kita masih memiliki income dan cash flow. Namun, bayangkan jika kondisi keuangan begitu ketat, sehingga seringkali yang terjadi adalah para pengusaha menjadi terlalu fokus kepada jumlah hutang yang harus dibayar setiap bulannya. Maka secara tidak langsung terjadi penurunan target, sampai-sampai menjadi “ah yang penting hutang terbayar”, otomatis strategi dan goals serta target yang sudah dicanangkan akhirnya diabaikan.

4. Pertanyaan terakhir, bisnis Anda grow dan tidak ada hutang?

Semua pasti sepakat jawabannya, “mau!! ini gue banget!”.

Jadi, apasih yang disebut dengan membangun bisnis tanpa hutang? Yaitu pertumbuhan seluruh faktor-faktor produksi dan proses bisnis yang murni didukung oleh pertumbuhan bisnis dan omset anda.

Malam ini akan saya kupas mengenai “Rahasia Bisnis JUKAJO Bertumbuh 300% tanpa Pinjaman Bank atau Hutang”.

jadi yang akan saya share adalah apa yg saya lakukan selama 3 tahun ini, dengan modal awal tdk lebih dari 5 juta, mampu meningkatkan aset, peralatan serta omset hingga lebih dari 600 juta/bln dalam waktu 3 tahun

yang pertama adalah FOKUS

Tanyakan pada diri sendiri apa yang menjadi goals/target Anda membuka usaha, jangan takut untuk menset goals yang tinggi yang penting kita bisa ukur dan membaginya menjadi beberapa tahap sebagai berikut:

a. Tahapan-tahapan pencapaian target jangka pendek, menengah dan panjang. membagi target membantu kita utk fokus

setelah membagi menjadi tahapan pencapaian atau target yg berikutnya yaitu

b. Menetapkan cara-cara dan strategi yang harus dilakukan untuk memenuhi atau merelisasikan tahapan-tahapan pencapaian yang sudah kita buat. sekali lagi hal ini akan membantu kita focus kepada langkah2 kecil hingga langkah besar yg harus kita lakukan

c. Fokus kepada segala tindakan-tindakan yang sesuai dengan goals, melakukan up grade pengetahuan secara berkala untuk mematangkan cara dan strategi yang sudah ditetapkan atau dengan kata lain belajar terus dari para pakar.

yang terakhir yaitu

e. ini salah satu hal terpenting, yaitu fokus pada kelebihan kita, bukan pada kekurangan kita, karena jika kita fokus pada kekurangan, hal ini akan menghambat gerak dan kreativitas, salah satunya jika kekurangan atau kelemahan kita adalah modal, kita mengambil jalan pintas untuk meminjam ke bank yg penting bisnis jalan dulu, hal ini saya tdk setuju karena masih ada cara lain yg lebih baik

apa contohnya focus pada kelebihan kita?

Nah ini ilmunya numplek semua di pak Bi. Saya bisa tahu kelebihan, apa saja yang penting dan apa yang harus saya tingkatkan, bekalnya adalah Branding Canvas. Jadi, kita gak perlu capek-capek trial and error atau coba ini itu yang berakibat buang-buang waktu dan tentunya uang, Branding Canvas dapat memberi gambaran luas dan jelas utk mengenal lebih baik produk (jasa) dan cara serta strategi apa yg hrs kita ambil utk bertumbuh. Salah satu manfaat besar dari Branding Canvas ini yg saya rasakan adalah dalam hal penetapan harga, jangan terpaku dengan harga murah, bagaimana kita bisa punya uang lebih untuk membangun bisnis? Jika profit yang kita tentukan terlalu kecil hanya karena supaya harga jual rendah. Harga jual yang tepat dengan net profit yang bagus untuk mendukung perkembangan bisnis dapat dilakukan jika Anda membangun Branding Canvas yang tepat.

ok tadi kata kunci yg pertama adalah focus, maka saya akan share kata kunci kedua utk membangun bisnis tanpa hutang yaitu:

KREATIFITAS

Pada saat bisnis Anda berkembang, tentu perlu diimbangi dengan kemampuan bisnis Anda untuk memenuhi permintaan pasar. Jika bisnis kita berhubungan dengan produksi, maka yang kita butuhkan adalah penambahan peralatan untuk meningkatkan kapasitas, hal2 yg perlu disikapi adalah

a. Kreatif dalam menentukan kebutuhan yang paling utama dan mendesak (skala prioritas) sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial bisnis kita

b. Kreatif dalam MENSIASATI pemenuhan kebutuhan yang disesuaikan dengan kemampuan kita tad

agar lebih jelas akan saya beri contoh yg saya lakukan dlm JUKAJO

Dalam proses produksi JUKAJO ada yang disebut dengan proses pasteurisasi. Proses pasteurisasi yaitu proses shock therapy bakteri (menhambat pertumbuhan bakteri penyebab basi) untuk memperpanjang masa simpan. Caranya produk yang telah diisi ke dalam botol pada suhu ± 70 derajat C dicelupkan ke dalam wadah air dingin yang bersuhu < 4 derajat C. Awalnya untuk wadah air dingin saya menggunakan teknik super manual, yaitu dengan cara menyiapkan ember besar yang berkapasitas 100 L air lalu dimasukan beberapa batu es berukuran besar agar suhu air tsb mendekati 4 derajat C.

Ketika kapasitas meningkat tentunya saya harus berinovasi agar metode perendaman lebih cepat, kapasitas lbh besar, hemat energi dan biaya. Caranya menggunakan mesin chiller yang berbahan stainless steel, namun niilai investasi alat perendaman ini cukup tinggi yaitu Rp 60.000.000/unit, alat ini mampu menurunkan suhu hingga 4 derajat C dalam waktu kurang dr 1 jam dengan daya tampung tangki perendaman sebanyak 500 botol. Saya sangat butuh alat perendaman ini, tapi kalau saya keluarkan biaya investasi sebesar itu maka pemenuhan kebutuhan peralatan atau mesin lain akan terkendala, akan terjadi kekurangan dana investasi. yg menjadi masalah tentunya, RENCANA SY YG LAIN BISA TERHAMBAT

Oleh sebab itu, saya alihkan fokus saya dengan cara tidak memikirkan kekurangan saya yaitu dana, tapi fokus pada hasil yang ingin dicapai yaitu alat perendaman dengan bentuk bak atau tangki yang berbahan stainless steel yang mampu membuat air didalamnya menjadi dingin hingga 2-4 derajat C dan mampu menampung 500 botol

jadinya kaya insinyur ya.. hehehe

Idenya sederhana, kalau ada water heater harusnya ada water chiller. Maka saya bayangkan mesin water heater dan coba cari konsep yang berlawanan, yang muncul di benak saya saat itu adalah system kerja AC. maaf para insinyur

maaf para insinyur kalau ide saya ga nyambung, tanpa mengurangi rasa hormat

saya putuskan panggil dan diskusi dgn teknisi AC, lalu membuat percobaan, dengan bahan kompressor AC (saya pinjam dari kompresor AC rumah) dan tembaga yang akan dibentuk ulir seharga Rp 700.000 ( pada saat itu saya berpikir jika tidak dipakai, maka bisa saya jual lagi, hehehehe)

dan hasilnya......

Alhamdulillah.. It Works!! tolong perhatikan tembaga tersebut yg sudah dikelilingi es, tembaga itu yg menghantarkan dingin ke tabung perendaman

Nah, sekarang permasalahannya tinggal bak perendaman stainless steel, ini bagian yg paling mudah

saya pesan ke toko besi stainless dan minta dibuatkan bak yg ukurannya disesuaikan dengan kemampuan pendingin

Ternyata JUKAJO bisa memiliki alat perendaman senilai Rp 15.000.000 dengan kapasitas 900 botol. Biaya investasi yang saya keluarkan lebih rendah 75% dengan kapasitas hampir 2x lipat.

Note: tolong jangan di share ke pengusaha rekayasa industry permesinan, nanti saya di protes.. hehehe

Di poin ini saya ingin menekankan bahwa ketika kita ingin bangun bisnis tanpa hutang maka kita awalnya akan terpaksa tapi nantinya akan terbiasa dan terdorong utk terus dan selalu berpikir keras, yang akhirnya mendorong daya kreativitas yang mampu menembus batas logika dan menghasilkan sesuatu yang dahsyat dan tidak terpikir sebelumnya.

Hal ini saya terapkan di hampir seluruh proses produksi dan seluruh proses bisnis JUKAJO.

saya terbiasa utk memendam, mereview setiap keputusan bisnis yg akan saya ambil paling tidak 2 minggu, jika keyakinannya menguat maka akan saya eksekusi, jika menurun maka utk sementara akan saya peti es kan

Kata kunci dari Point ke dua yaitu KREATIFITAS ini adl adl "Simplify the complexity", ketika di perlukan maka sederhanakan hal2 yg kompleks atau rumit sepanjang hasil akhir yg kita inginkan bias tetap kita dapatkan

point Ke 3 yaitu KOMITMEN

Yang terakhir adalah komitmen. Ketika bisnis dan omset kita bertumbuh, kondisi keuangan sehat, maka Anda mungkin akan merasakan isi rekening Anda mulai membuncit... bahsanya rekeening gendut.. hehehe.. isi rekening in biasanya akan mulai menggoda hawa nafsu😁

sehingga Anda mulai terpikir dan tergoda untuk melakukan pemuasan kesenangan pribadi

sampai2 jika nafsunya sudah kelewatan, hal2 strategis dan rencana investasi yg sudah disusun bisa2 dilanggar

Di sini dibutuhkan KOMITMEN yg kuat untuk menunda kesenangan pribadi yang sifatnya sementara untuk kesenangan yang sifatnya lebih kekal, yaitu pertumbuhan maksimal bisnis Anda sesuai dengan goals yang berujung kebebasan financial.

hal terakhir ini yaitu KOMITMEN khususnya pada pengelolaan dana perusahaan merupakan salah satu hal yg terpenting yg harus dijaga, karena berhubungan dengan cash flow yg merupakan darah bagi perusahaan kita, jika darah kita tertanggu, tentu banyak hal yang tdk kita inginkan yg dapat terjadi, salah satunya kebangkrutan

Jadi, ada 3 hal penting yang harus dimiliki oleh pengusaha yang ingin membangun bisnis tanpa hutang :
1. FOKUS
2. KREATIVITAS dan yg terakhir yaitu
3. KOMITMEN

Because “Money is 80% behavior, 20% head (knowledge). It’s what you do, not what you know.” – Dave Ramsey
Diubah oleh ibliss666
profile-picture
E.viL memberi reputasi
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
06-03-2019 21:27
Quote:Original Posted By LionelRoffy
wah nice share ini.. thank you gan share ilmunya emoticon-thumbsup.. cek kulkas n lemari yak..


makasih gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
09-03-2019 08:51

marketing plan

Quote:

Marketing Plan ada 4 bagian.

Pertama : Marketing Objective (atau goal)

Kedua : Target Market + Marketing Mix

Ketiga : Marketing program (Strategy + Time)

Keempat : Marketing Budget (strategi + Money)

Jadi yang paling penting adalah Marketing Objective dan Marketing Strategy

Marketing Objective dari masa kemasa sama yakni % (percentage) of Market Share

Ingin menguasai sekian % share dari Market Size

Bayangkan saja market anda seperti sebuah kueh ulang tahun. Berapa besar potongan kueh yang anda inginkan

Untuk mendapatkan potongan kueh itu caranya gimana? Nah ini per lu strategi. Karena strategi adalah cara

Dalam menyusun strategy marketing yang paling utama mulailah dengan Market Segmentation (Segmentasi Pasar)

Segmentasi pasar ada 4 jenis

Pertama Geographis - sederhananya calon pembeli anda 'terletak' dimana? Negaranya, Propinsinya, kotanya, daerahnya dst. Pers seperti personanya Facebook

Kedua Demography - Siapakah calon konsumen anda? Pria atau wanita atau keduanya, umur berapa, dulu sekolahnya dimana, single atau menikah, punya anak berapa, kerja dimana dst dst

Ketiga : Psychograph - Leadership - kepemimpinan, Gregoriousness - gaulnya sama siapa, Ambisiousness - berambisi untuk, Personality - kepribadian, Lifestyle - gaya hidup, Interest, Personal Values - tata nilai yang dianut : modern atau tradisional serta Attitude - sikap dan perilaku

Keempat : Behavioris alias kebiasaan. Status pengguna - sudah pakai atau belum, Tingkat penggunaan - kalau sudah pakai light user, medium user atau heavy user,
Kesiapan membeli
- siap membeli atau nanti kalau punya uang, Manfaat yg dicari - manfaat fisik atau manfaat emosional, Membujuk yg lain - apakah punya habit mempengaruhi orang lain utk ikutan pakai, Brand Loyalty - seberapa loyalitasnya kepada brand pesaing? Dibanding dengan loyalitas kepada brand anda, Occations – Pada peristiwa atau event apa biasanya mereka membeli produk anda. Misalnya event lebaran, ulang tahun, gajian, atau bahkan event harisn seperti sarapan, makan siang atau makan malam

Setelah mendalami segmentasi, lalu mulailah kita membuat profile Target Market yang kita mau. disesuaikan dengan produk anda

Ini namanya produk market fit

Nah barulah kita merencanakan Marketing MIXnya

Barulah kita masuk ke Marketing (MIX) Evolution





Quote:

MARKETING MIX

Tatanan marketing strategic ada di dua level pertama yaitu Marketing Objective lalu target market + marketing mix. Level ketiga dan keempat masuknya sebagai tatanan marketing implementation

Mayoritas praktisi biasanya kesulitan ketika menentukan target market dan marketing mix. Kebanyakan kesulitan membedakan antara market segmentation dengan market targeting. Geographic, Demographic, Psychograph, dan Behaviorist adalah 4 determinan untuk melakukan segmentasi pasar. Namun segmentasi pasar tidak langsung serta merta menjadi market targeting (topik ini akan saya coba bahas di sesi lain).

Ketika bicara mengenai marketing mix, para praktisi biasanya langsung refleks bilang "4P"

Seolah-olah 4P adalah teori yang bersifat abadi

Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan praktisi kesulitan menghubungkan antara business, marketing, dengan brand

Perlu diketahui bahwa teori 4P ini bersifat konseptual framework yang dibuat oleh sang penulis bukan dari hasil penelitian empirical study sehingga sangat besar kemungkinannya untuk memerlukan revisi teori di kemudian hari

Awalnya teori berbasis P berasal dari literatur micoeconomic yaitu 'Price' (harga sebagai faktor tunggal penentu transaksi ekonomi)

lalu pada tahun 1964, Edmund Jerome McCarthy menambahkan teori berbasis P ini menjadi 4P yang kita kenal sekarang dengan istilah marketing mix (Product, Price, Place, Promotion)

Perlu dipahami bahwa pada tahun 1960-an merupakan era industrial berbasis manufacture. Proses perumusan 4P didasarkan pada latar belakang tersebut.

Bayangkan sekarang kita sudah berada di era digital disruption dengan industry 4.0. Tapi kita masih menggunakan teori marketing mix berbasis tahun 1960-an? Jangan heran apabila banyak sekali kebingungan dalam merumuskan strategi marketing

Karena berbasis industri manufaktur di tahun 1960 an, teori 4P hanya menyempit pada perspektif manufaktur saja. Product adalah sesuatu yang diciptakan oleh manufacturer berdasarkan sumberdaya yang mereka kuasai. Price adalah nilai yang mewakili biaya produksi plus margin yang ditargetkan oleh manufacturer. Place adalah jumlah channel distribusi yang dikuasai oleh manufacturer baik secara mandiri maupun aliansi. Dan promosi adalah informasi yang disampaikan mengenai manfaat dan kelebihan produk yang diciptakan oleh manufacturer.

Salah satu kritik awal terhadap teori 4P ini disampaikan oleh Bernard H Boom dan Mary Jo Bitner pada tahun 1981 yang mengatakan bahwa 4P tidak bisa diterapkan pada industri berbasis jasa. Tahun 1980-an merupakan era di mana services mulai berdiri sendiri sebagai suatu business. Bukan lagi sebagai supporting bagi business manufacture.

Sehingga mereka merumuskan revisi marketing mix menjadi 7P

3P tambahan yang diusung oleh mereka adalah People, Process, dan Physical Evidence

Mereka berpendapat bahwa business berbasis services faktor kuncinya terletak pada People (orang) yang menghadirkan sevice tersebut.

Di mana manufacture faktor kuncinya terletak pada mesin-mesin pabrik

Ketika bicara tentang People, faktor penting kedua adalah Process (mulai dari proses perekrutan, proses pembelajaran, proses operasional, dan lain-lain).

Dan karena business services berbasis jasa, maka P penting ketiga adalah Physical Evidence (bukti nyata yang menunjukkan bahwa service yang diberikan memiliki value besar. Bukan value yang bersifat supporting saja seperti pada business manufacture)

Lalu salah satu kritik berikutnya terhadap marketing mix berikutnya dilakukan pada tahun 1990 (yang merupakan kritik terfavorit saya) yang dilontarkan oleh B. Lauterborn yang mengatakan bahwa 4P hanya mewakili 'Industry' tapi tidak mewakili 'Market'. Ia bilang bahwa 'Industry' adalah sekumpulan para perusahaan-perusahaan pembuat produk. Sedangkan 'Market' adalah sekumpulan populasi manusia yang memiliki aspirasi yang serupa.

Tahun 1990-an merupakan tahun di mana teori Brand lahir.

Lauterborn kemudian mengusung teori marketing mix 4C

Ia mengubah Product menjadi Customer yang lebih mewakili needs & wants. lalu mengubah Price menjadi Cost yang lebih mewakili usaha dan pengorbanan yang dikeluarkan oleh customer dalam mendapatkan suatu produk. Lalu mengubah Place menjadi Convenience yang mengutamakan kenyamanan pada channel distribusi bukan cuma soal ketersediaan. Dan yang terakhir mengubah Promotion menjadi Communication yang lebih mewakili proses interaksi antara produk dengan customer.

Di sinilah akhirnya tercipta teori tentang Brand Building bahwa business adalah "it takes two to tango". Keterikatan antara produk dengan customer.
Diubah oleh ibliss666
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
12-03-2019 13:43
Quote:Original Posted By ibliss666
yang penting niat dan nekatemoticon-Ngakak


Udah te.. Lagi kekurangan modal.emoticon-Frown
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
12-03-2019 14:10
Quote:Original Posted By yunda.me
Udah te.. Lagi kekurangan modal.emoticon-Frown


ada BRIemoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
12-03-2019 14:12
Quote:Original Posted By ibliss666


ada BRIemoticon-Stick Out Tongue


emang bener mangstep bener emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
13-03-2019 18:30
Quote:Original Posted By ibliss666
ada BRIemoticon-Stick Out Tongue


Mahasiswa mana bisa te. emoticon-Hammer


Cari anu cs bank dulu deh.
emoticon-Ngacir


Btw, beneran sih .itu lapak baru pondasinya aja. emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh yunda.me
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
30-03-2019 14:03
ukm..
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
01-04-2019 09:42

cairofood.id

Quote:Baik sebelum mulai, saya akan bagi topiknya agar terarah:

- Background Saya
- Sejarah Perjalanan Hidup Saya
- Branding Usaha saya
- Apa yang saya percayai dalam hidup

Saat ini saya berumur 28 tahun, tinggal di jakarta, pernah menikah sebelumnya tapi berpisah, namun alhamdulillah sudah dikarunia istri kembali dan anak.

Tujuan saya cerita ini adalah untuk motivasi saja bahwa semua kondisi bisa menjadi lebih baik. jangan minder kalau punya pengalaman tidak menyenangkan

Saya anak satu-satunya dari Ibu berdarah asli mesir dengan Ayah asli Indonesia.

Saat ini saya fokus mengembangkan Cairo Food, yaitu vendor makanan dan bumbu timur tengah.

Saya lulus S1 IT(S.Kom) dari Universitas Budi Luhur pada umur 20 Tahun.

Pada saat kuliah saya aktif dalam dunia IT dan dipercaya oleh Adobe untuk menjadi User Group Manager di Indonesia, dari sana saya punya banyak relasi dan bisa menjadi pembicara seminar sejak umur 17 tahun dan di undang oleh banyak kampus di Indonesia.

Lulus kuliah saya mulai bekerja dan sayangnya saya tidak cocok bekerja untuk orang lain dan gagal dalam karir kantoran maupun freelance dan project IT.

Dari sana saya memutuskan untuk berjualan, tapi karena saya ini orangnya malu dan gengsi pada saat itu. Akhirnya saya putuskan untuk jualan pakaian dalam wanita(import dari cina dan juga merek lokal).

Setelah sukses berjualan pakai dalam wanita, saya mulai coba jualan racun serangga, lem, dan hal hal aneh lainnya.

saya ingat waktu itu saya bisa beli tiket pesawat ke mesir hanya dari berjualan lampu serangga saja dalam waktu yang cepat.

Singkat cerita saya memutuskan untuk melakukan riset konten filtering selama 1 tahun dan lahirlah startup Tandif.

Pada saat itu saya berhasil membuat mesin penyaring konten yang cukup powerful seperti bisa mendeteksi gambar hingga desahan. Saat itu Tandif bisa terpilih sebagai 20 startup terbaik se asia pacific versi open web asia. Tandif juga pernah pameran di Singapore.

Bahkan saya pernah ditawarkan kewarganegaraan oleh kerajaan saudi asalkan saya mau menyerahkan hasil riset saya dan melanjutkan pengembangan disana.

Namun sayangkan deal ini gagal karena keterbatasaan saya akan permintaan yang berat saat itu.

Karena keterbatasan dana untuk biaya server yang cukup mahal, saya putuskan untuk menghentikan tandif.

Ibu saya seorang guru di Akademi Saudi Arabia di Jakarta. Setaraf guru SMA lah kira kira. Tabungan ibu waktu itu mungkin ada sekitar 200jt, yang dimana kita bingung mau usaha apa.

Antara usaha makanan arab karena itu keahlian ibu yang selama ini tidak pernah dimanfaatkan, atau saya yang pakai untuk usaha lain, yaitu usaha kurir.

Akhirnya uang itu saya pakai untuk usaha kurir, mungkin ada yang pernah dengar handymantis ? 2013 akhirnya saya mulai dengan membeli beberapa motor baru.

Dunia Kurir sangatlah berat karena laba bersihnya hanya berkisar 6-8%. Tidak sepadan dengan Pusing dan tingkat stress nya.
Sebelum gojek dapat suntikan dana dan promo gila gilaan, handymantis sudah ada di Jalan.

Waktu itu strategi nya sebenarnya sudah bagus, yaitu sebagai mitra ukm dan pengantaran batch. tapi semua strategi dan kelebihan itu tidak ada daya dibandingkan dengan promo harga yang diberikan oleh gojek.

Misalnya saya bisa antar 30 botol susu sekaligus untuk 10 alamat dengan total harga 120rb, tapi gojek waktu itu cuma 10rb per alamat, cepat sampai pula karena tiap alamat satu kurir.

Akhirnya 2015 saya angkat tangan dan memutuskan untuk menutup handymantis.

Perjuangan selama 3 tahun akhirnya selesai dengan banyak kerugian. yang paling berat adalah harus bagaimana saya mengganti uang simpanan ibu saya ?

Setelah berdamai dengan kegagalan tersebut saya meminta izin ibu saya untuk pulang sejenak ke mesir,

disana saya belajar banyak dan setelah pulang saya melakukan dua hal. Yaitu memutuskan untuk mengembangkan usaha ibu saya, serta memutuskan untuk menikah.

Kakak ibu saya yang di mesir kebetulan adalah Kepala Chef untuk badan intelegen di Mesir dan juga pernah menjabat sebagai staff masak di Istana kepresidenan. Dan Ternyata kakek pun juga seorang Chef.

Dari sana saya mulai fokus membangun Cairo Food. waktu itu namanya masih Piramida Food

Sekarang mulai cerita brandingnya yah

Saat itu saya Mulai dengan membuat Website sederhana tapi fokus kepada SEO.

Hasilnya alhamdulillah ada beberapa hotel yang kontak minta kerja sama sebagai vendor. Waktu itu customer pertama kami adalah Hotel Indonesia Kempinski, diikuti oleh Keraton at The Plaza dan Double Tree.

Semuanya bisa tahu Piramida Food dari Google, yaitu SEO.

Saya sudah coba banyak cara seperti Endorse, FB Ads, Google Ads, Sebar Brosur,dsb

Yang paling efektif menurut saya adalah SEO karena relatif permanen asal dijaga dan dikelola terus.

Dari sana saya belajar banyak teknik SEO. Saya menemukan bahwa pembuatan konten(artikel) sangatlah berpengaruh sehingga sekarang saya punya konten writer sendiri.

Konten writer ini bukan sembarangan nulis artikel tapi harus diajari bagaimana cara membuat konten yang SEO friendly.

Saat ini saya membagi fokus Cairo Food menjadi 3, yaitu
1. Riset & Pengembangan Produk
2. Produksi dan Operasional
3. Pengembangan dan Optimisasi aset Digital.

Tantangan pada bisnis ini adalah bahwa kita harus menyenangkan semua lidah

Contohnya saja misalnya untuk menu A akan berbeda jika yang pesan orang saudi, atau orang mesir atau orang Indonesia

karena kita sudah melakukan riset dan mengetahui selera nya tiap daerah berbeda.

Sedangkan dari Riset sendiri alhamdulillah sudah menghasilkan ratusan menu dan produk baru

Cairo Food sendiri sebenarnya fokusnya di makanan jadi dan bumbu.
Hampir semua kerjasama tidak pernah dihasilkan dari direct marketing, melainkan customer yang menghubungi kami, lagi lagi berkat SEO.

ada tapi mungkin cuma 2%

tentu hal ini bisa tercapai karena dibackup oleh kualitas produk yang dihasilkan.

Salah satu keuntungan kami adalah hampir bisa dibilang kami tidak punya kompetitor sejenis, kalau restoran arab banyak tapi vendor makanan arab itu sangat sedikit, apalagi yang produksi bumbu sendiri, bisa dibilang jarang. Atau yang bisa supply frozen food dan makanan tertentu.

Chef di Hotel hotel itu terlalu sibuk dan malas kalau harus masak makanan yang bukan keahliannya, mereka takut kalau hasilnya jelek dan merusak reputasi mereka, sehingga disini juga menjadi kesempatan untuk Cairo Food.

Customer kami meliputi, Restoran, Cafe, Hotel, Catering, Kedutaan, Expat maupun juga individu lokal

Kami juga faham dan mengerti bahan baku semisal bumbu dan lain lain, sehingga kami bisa memberikan solusi pengganti bahan yang tidak ada.

Saat ini Cairo Food juga melayani training makanan timur tengah,

Pernah ada yang mau buka restoran arab di daerah bekasi, akhirnya saya setup dari 0 sampai jadi. Eh pas 2 minggu launching saya ditendang dengan alasan mengada ada yaitu saya tidak bisa masak. Kala itu saya tidak berani melawan karena orang itu oknum yang punya jabatan tinggi. Disini saya belajar lebih baik pelan pelan daripada tamak.

Saat ini kami ada dua tempat, yang satu di bekasi sebagai tempat produksi khusus bumbu. dan satu lagi di matraman khusus makanan jadi(catering) dan frozen food.

Jadi kalau ditanya strategy branding Cairo Food apa, saya juga bingung jawabannya. Intinya saya mau orang kalau inget makanan dan bumbu timur tengah, ingetnya ya Cairo Food.

Hal itu saya usahakan dengan :

- keseriusan menyediakan menu, orang akan kaget kalau pesan menu yang aneh aneh dan tidak ada ditempat lain, tapi ada di Cairo Food.

- customisasi, customer akan faham kalau Cairo Food ini memang pakar nya makanan arab karena kita bisa custom sesuai kebutuhan.

misalnya kalau ada yang tau H*l*lGu*s

hampir setengah menu nya itu dari kita yang supply. Menu ya, bukan bahan

sekarang sih mereka sudah mulai mandiri, kita cuma pegang porsi kecil aja

jadi walaupun banyak restoran arab atau hotel yang ada menu arab, tetap aja makanannya sebenarnya dari Cairo Food.

Dua itu menurut saya yang bikin brand Cairo Food disegani dan melekat bagi yang pernah kerjasama.

Misalnya sering vendor tanya ke kita, pak kalau ini ada gak? Jawaban kami bukan ada, tapi mau yang versi dan ukuran berapa pak.

Perlu diingat ya, marketing dengan branding itu beda. Seo yang tadi saya jelaskan adalah marketing. Kalau cara agar customer loyal, itu branding. *mohon koreksi jika salah

Jadi semua nya harus sesuai irama biar cakep, marketing lalu ke brandingnya.

mungkin kalau ada yang pernah dengar sales cure everything, nah itu benar menurut saya

Ada hal penting yang ingin saya tekankan bahwa semua pencapaian bukanlah karena saya pintar atau karena marketing atau branding yang hebat dan lain sebaginya, tapi murni karena pertolongan dan karunia Allah, saya bukanlah siapa siapa

Saya juga percaya bahwa dunia tidak layak dikejar mati matian, karena semakin dikejar akan semakin lari.

dari 2015 sampai 2019 ini, baru di tahun 2018 Cairo Food bisa omset milyaran.

Padahal 2018 itu adalah tahun dimana saya paling sibuk ngurusin hal lain semisal mancing, jalan kaki, koleksi bibit tanaman, dsb. intinya ngikutin hoby lah. dan agak malas dengan usaha sendiri

saya sisihkan waktu untuk usaha mungkin hanya sedikit sekitar 2 jam perhari

untuk usaha

sisanya saya sibuk mendekatkan diri kepada Allah, dan uang hasil keuntungan sebagian saya alihkan untuk sedekah. justru dengan inilah omset bisa naik berkali kali lipat.

Jadi perbaikilah hubunganmu dengan Allah, serahkan urusan dunia, nanti hasilnya akan sangat tidak masuk akal

Saya juga sempat egois dan meremehkan Ibu saya ketika diawal dia mau usaha makanan. Padahal ternyata disinilah pintu rezeki saya. Jadi buat teman teman jangan malu membantu dan meneruskan usaha keluarga

Oh iya ada hal penting yang saya lupa jelaskan, pada awalnya nama kami Piramida Food, karena ada masalah di HAKI, akhirnya berubah jadi Cairo Food, alhamdulillah kami tidak menemukan masalah sama sekali, karena kami memegang semua database customer baik handphone maupun email.

Sedangkan untuk website bisa diredirect ke alamat yang baru. Inilah petingnya database.

Personal branding juga disini main, orang memang dulu kenal saya sebagai orang Adobe atau orang IT, tapi akhirnya lama lama berubah jadi ke makanan.
Diubah oleh ibliss666
0 0
0
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
01-04-2019 10:15
Quote:Original Posted By ibliss666
ukm..


semoga ane bisa seperti cairo food tadi emoticon-Frown menginspirasi sekali mak
1 0
1
Cerita dan Inspirasi Bisnis ini Perlu di Baca agar Agan Sista Makin Kaya
01-04-2019 11:08
Quote:Original Posted By ebipo
semoga ane bisa seperti cairo food tadi emoticon-Frown menginspirasi sekali mak


lah dia kepanjangan bisnisnya. gede semua pulaemoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 6 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia