• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tempat Wisata Yang Telah Rusak Dan Hilang Karena Perbuatan Kita Sendiri

bintanghuAvatar border
TS
bintanghu
Tempat Wisata Yang Telah Rusak Dan Hilang Karena Perbuatan Kita Sendiri

Hy,gan.
Alam adalah anugerah besar yang patut kita lestarikan.Ada berbagai tempat indah di bumi ini yang sampai sekarang kita masih bisa menikmatinya,sebaliknya,ada beberapa tempat indah di bumi ini yang sekarang sudah rusak akibat perbuatan kita.
Tempat yang indah selalu identik dengan turis,dan kehadiran turis ini bagaikan dua sisi yang saling bertolak belakang,di satu sisi kehadiran para turis dapat meningkatkan perekonomian dan disisi lain kehadiran turis juga dapat menghancurkan alam disana semisal para pelancong yang membuang sampah sembarangan,mencorat-coret tempat tersebut dan berbagai aksi vanndalisme lainnya.
Ya walaupun tak bisa kita generalisasikan bahwa turis itu merusak alam,karena masih ada sebagian besar turis yang cinta lingkungan,namun beberapa fakta dibawah ini setidaknya menunjukkan sisi negatif turis.
Berikut adalah beberapa tempat wisata yang hancur akibat ulah kita sendiri:

1. Maya Bay di Kepulauan Phi Phi,Thailand
Spoiler for Maya Bay:

Maya Bay adalah salah satu wisata populer Thailand.Tempat ini menjadi sangat popoler karena menjadi lokasi syuting film The Beach yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio.Sejak itu tempat ini jadi banyak dikunjungi oleh para turis bahkan mencapai 5000 orang dalam sehari.Karena banyaknya pengunjung,tempat ini telah berubah cukup drastis dari semulanya indah,dan akhirnya pada tahun 2018 pantai ini ditutup sampai waktu yang belum ditentukan untuk tujuan pemulihan.

2. Karang di Pulau Christmas,Australia
Spoiler for Karang:

Hanya dalam waktu 10 bulan,90% karang di pulau Christmas hancur.Sebagian diantaranya mengalami pemutihan dan sebagian lagi mati.Hal itu disebabkan oleh panas yang diakibatkan oleh perubahan iklim dan membuat karang-karang tersebut stres.

3. Air Terjun Guaira  di Perbatasan Brazil-Paraguay
Spoiler for Air Terjun Guaira:

Mungkin sebagian dari kita tak tau bahwa tempat yang indah ini pernah ada di bumi.Air terjun Guaira dulunya terletak di perbatasan Brazil dan Paraguay.
Namun di tahun 1982,tempat ini "dibanjiri" oleh waduk akibat pembuatan bendungan hydroelectric Itaipu.Dan bebatuan yang indah disana dihancurkan dengan dinamit.

4. Gua Altamira di Spanyol
Spoiler for Gua Altamira:

Gua bersejarah ini ditutup untuk umum sejak tahun 2002.Para gerombolan turis dapat merusak lukisan purbakala hanya dengan bernafas,menghasilkan uap air serta mengeluarkan karbodioksida yang mengakibatkan lukisan tersebut berjamur.
Pada tahun 2001,replika gua Altamira dibangun agar bisa dinikmati turis serta mereka bisa merasakan pengalaman layaknya berada di gua yang asli.

5. Gletser Chacaltaya di Bolivia
Spoiler for Gletser:

Gletser atau salju abadi atau es abadi ini biasanya ada di gunung-gunung di wilayah beriklim sub tropis,namun jangan salah,di negara tropis juga ada,salah satunya gletser yang ada di Puncak Jaya,Papua.
Gletser Chacaltiya yang terletak di Bolivia terbentuk sejak 18.000 tahun yang lalu dan merupakan salah satu yang tertinggi di Amerika Selatan.Sejak tahun 1980,gletser itu mencair secara drastis dan pada tahun 2009 gletser tersebut benar-benar hilang untuk selamanya.

6. Danau Poopo di Bolivia
Spoiler for Danau Poopo:


Danau Poopo kering sepenuhnya pada tahun 2016,kekeringan itu disebabkan oleh perubahan iklim dan ada pengembangan pertanian di dekat danau itu serta adanya aktivitas pertambangan di dekatnya.
Dan tahukah agan kalau kekeringan ini adalah kekeringan kedua yang menimpa danau poopo,kekeringan pertama terjadi pada tahun 1994 dan kemudian kembali terisi air karena hujan.Dan kekeringan kedua terjadi pada tahun 2016.

7. Batu Kue Pengantin di Australia
Spoiler for Batu Kue Pengantin:

Batu ini sangat populer sejak tahun 2015 karena bentuknya yang menyerupai kue pengantin dan lokasi batu ini ditutup untuk alasan kestabilitasannya.Walau dilarang,para turis tetap saja melompati pagar agar bisa mengambil foto disana,mereka bahkan tak memperdulikan denda serta hukuman yang akan timbul nantinya.

8. Terumbu Karang di Raja Ampat,Indonesia
Spoiler for Raja Ampat:


Terumbu karang indah ini terletak di wilayah kaya raya Papua Barat,Indonesia.Raja Ampat terkenal karena gugusan pulaunya yang begitu menawan serta airnya yang jernih dipenuhi terumbu karang yang indah.
Terumbu karang 1.600 meter persegi harus hancur karena karamnya kapal pesiar pada tahun 2017 lalu dan mungkin butuh waktu puluhan tahun untuk pemulihan.Kerugian akibat hancurnya terumbu karang ini diperkirakan ratusan mliar.

9. Duckbill,Oregon
Spoiler for Duckbill:

Formasi batu yang unik nan indah ini sangat populer di Amerika Serikat,hingga pada 29 Agustus 2016,objek wisata ini dihancurkan oleh sekumpulan orang.
Sekumpulan orang nekad meloncati pagar dan menghancurkan monumen alami tersebut karena mereka kesal kawannya mengalami patah kaki di monumen tersebut.

10. Tempat-Tempat Wisata Popoler di Dunia Dibawah Ancaman
Spoiler for Tempat Populer:

Ada berbagai objek wisata populer di dunia yang dibawah ancaman kehancuran,salah satunya adalah tembok besar China yang dibawah ancaman karena banyaknya jumlah turis yang bekunjung di objek ini membuat kerusakan yang serius.
Tak hanya tembok besar China,ada beberapa objek wisata terkenal lainnya yang diambang kehancuran seperti Colesseum,laut mati dan Antartika pun berada diambang kemusnahan.
Ancaman ini bukan tanpa alasan,orang-orang meninggalkan sampah di sekitaran lokasi wisata,mencorat-coret obyek wisata,dan melakukan aksi vandalisme lainnya tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi pada objek tersebut.Dan ini juga bukan berarti kita tak boleh bepergian ke tempat-tempat yang indah,beberapa kejadian di atas menekankan kita agar hormat kepada alam dan tak membuat kerusakan di atas muka bumi.Dan kalau kita hormat kepada alam,bisa saja dimasa depan tak ada lagi tempat-tempat indah yang hancur.
Salam


Sumber Gambar : Gambar
Sumber Referensi : Sini
19
13.4K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.