• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • MotoGP Bakal Hadir di Indonesia, Begini Persiapan Setiap Seri – nya Gan

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
MotoGP Bakal Hadir di Indonesia, Begini Persiapan Setiap Seri – nya Gan
Beredar kabar kalau Indonesia bakal menghelat seri MotoGP pada tahun 2021. Rencananya gelaran balap motor dunia tersebut bakal digelar di sirkuit yang dibangun di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini rencananya akan tuntas pada tahun 2020. Uniknya, sirkuit yang dibangun ini merupakan sirkuit jalanan (street circuit).


Ketika sirkuit sudah jadi, apakah itu tandanya Indonesia telah siap menggelar MotoGP? Sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, kita tengok dulu persiapan yang biasa dilakukan jelang dimulainya seri balapan

FYI, penyelenggara atau EO yang menyiapkan MotoGP adalah Dorna Sports. Dorna Sports juga memegang hak atas event balap lainnya, seperti Motul WorldSBK, FIM CEV Repsol, Idemitsu Asia Talent Cup, dan Red Bull MotoGP Rookies Cup.


Setidaknya ada sekitar 3.000 orang yang terlibat dalam gelaran MotoGP disetiap musimnya. Orang – orang ini terdiri dari orang – orang yang ada di organisasi resmi balap dan sepeda motor. Selain itu juga ada sekitar 500 media terakreditasi (TV, online, dan cetak) yang mengabadikan setiap moment di gelaran ini.

Sarat utama dimulainya balapan adalah motor balap. Motor para rider ini memiliki bobot seberat 157 kg dan harus dibawa berkeliling ke setiap sirkuit yang menyelenggarakan balapan. Itu baru motornya doank Gan, belum yang lainnya.


Ada perbedaan jika balapan digelar di Eropa dan luar Eropa. Jika dihelat di Eropa, maka mayoritas tim akan berangkat sendiri – sendiri ke tempat balapan. Nah, jika diadakan di luar Eropa, tim dan Dorna selaku penyelengkara akan berangkat bersama. Total perlengkapan tim – tim yang siap diberangkatkan berjumlah sekitar 800 box dengan bobot 380 ton. Box – box tersebut dimuat kedalam 40 truk dan siap dibawa menggunakan jet jumbo Boeing 747.

Pengiriman perlengkapan balapan ini dikawal oleh tim Dorna yang terdiri dari lebih 500 orang. Ketika nyampe di sirkuit, butuh waktu lima hari untuk menyusun paddock sebelum GP dibuka dengan sesi latihan bebas satu pada kamis setiap pekannya.


Proses pengiriman logistik seperti ini telah berjalan selama 20 tahun. Ribet, udah pasti Gan, tapi Dorna selalu evaluasi setiap tahun supaya pengiriman tersebut makin efisien. Satu hal yang cukup berat dari proses pengiriman ini adalah menjaga barang – barang yang nilainya miliaran hingga triliunan aman sampai tujuan.

Dorna membawa sekitar 140 kamera untuk setiap GP – nya. Untuk urusan audio visual, Dorna mengerahkan tim media yang terdiri dari 200 orang untuk merekam dan mengedit tayangan balapan.

Ini bisa jadi gambaran buat Indonesia saat penyelenggaraan MotoGP nanti. O iyah sama satu lagi Gan, penginapan untuk 3000 orang lebih yang harus disiapkan penyelenggara.

 

20
11.2K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.