Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
224
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6e89ca018e0d5b3c4f904b/didominasi-matik-ke-mana-menghilangnya-motor-bebek
Pada masanya, Motor Bebek adalah Primadona. Namun seiring perubahan zaman dan kemajuan teknologi, posisi Motor Bebek mulai tergeser dan tergusur dengan kehadiran Motor Matik. Berdasarkan pantauan Ane pada halaman parkir sebuah kampus, dari ratusan motor yang dipakai mahasiswa, menurut taksiran Ane sekitar 90% didominasi oleh motor jenis Matik. Selebihnya adalah Motor Laki dan Bebek. Sedangkan p
Lapor Hansip
21-02-2019 18:21

Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Pada masanya, Motor Bebek adalah Primadona. Namun seiring perubahan zaman dan kemajuan teknologi, posisi Motor Bebek mulai tergeser dan tergusur dengan kehadiran Motor Matik.

Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?

Berdasarkan pantauan Ane pada halaman parkir sebuah kampus, dari ratusan motor yang dipakai mahasiswa, menurut taksiran Ane sekitar 90% didominasi oleh motor jenis Matik. Selebihnya adalah Motor Laki dan Bebek. Sedangkan pada areal parkir masjid pada hari Jum’at, terlihat sekitar 70% adalah Motor Matik. Di Dealer Motor Yamaha dan Honda juga Ane lihat, mereka tidak lagi memasok dan memajang motor bebek, kecuali stok lama. Mengapa motor matik sekarang lebih mendominasi, Ane kira karena motor matik itu lebih praktis dan mudah perawatannya dibanding bebek.

Dari fakta tersebut, mungkin kita bertanya-tanya: Ke mana menghilangnya motor-motor bebek yang dulu merajai hampir semua lini jalanan?

Dari penelusuran Ane, khususnya di wilayah Kalsel, ternyata motor-motor bebek itu sekarang pada umumnya digunakan pada hal-hal berikut:


1. Sarana Angkutan

Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?

Motor bebek banyak digunakan sebagai sarana angkutan barang oleh para pegadang keliling, untuk membawa barang dagangan, membawa barang belanjaan dari pasar, menarik gerobak, dan sebagainya. Mereka membuat semacam wadah/tempat khusus pada bagian belakang motor bebek untuk membawa barang-barang yang diangkut.


2. Sarana Transportasi ke Gunung dan Hutan

Para pekerja yang turun naik gunung, keluar masuk hutan, terlihat lebih sering menggunakan kotor bebek, karena kalau matik katanya tidak kuat untuk menanjak, melewati jalan yang berbatu atau medan sulit lainnya. Karena itu, motor bebek dipilih untuk naik gunung atau masuk hutan. Sedangkan matik khusus untuk merambah jalan raya yang mulus.


3. Dimodif Jadi Bentor

Saat ini di pasar Martapura Kabupaten Banjar, hampir tidak ada lagi becak yang digenjot dengan tenaga manusia. Umumnya sudah digerakkan oleh mesin, dengan memodifikasi becak dengan motor bebek sebagai mesinnya, sehingga disebut Bentor, alias Becak Motor. Motor-motor bebek dipilih sebagai mesin penggerak, karena dianggap paling kuat dan tahan membawa beban yang berat.

Ane belum tahu, apakah Bentor ini legal menurut Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Yang jelas, keberadaannya setiap hari semakin menjamur saja, dengan memanfaatkan motor-motor bebek bekas, sebagai sumber tenaganya.


Karena motor bebek sudah dialihfungsikan, maka kehadirannya di tempat umum jelas sudah berkurang. Kecuali motor-motor bebek baru yang masih eksis di jalan raya dan tempat-tempat parkir.

Lalu, apa manfaatnya informasi ini? Ya, bagi penjual sparepart dan bengkel motor, sebaiknya lebih banyak menyediakan onderdil motor khusus matik, karena konsumennya lebih banyak. (*)
***
Diolah sendiri, foto2 milik sendiri.
16
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 10 dari 12
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 11:28
enak motor bebek gan, bisa ngerem dengan engine brake emoticon-Leh Uga emoticon-Ngacir
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 11:30
Bebek
+ Handling
Perawatan mudah
Lebih aman drpd metik
Kalau hujan jarang selip
Di segala kountur jalan bisa (naik-turun, gronjal, dll)
Kebanyakan tipe hemat bbm
Perawatan mudah
Tahan lama
Gampang di modif
- Kaga muat banyak
Kuno

Metik
+ Trendi di segala tipe
Bisa muat banyak
Kekinian
- Handling
Kurang aman drpd bebek
Perawatan agak rewel
Kalau hujan rawan selip
Gaka bisa di modif











Fix milih bebek emoticon-Selamat
0 1
-1
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 11:34
mungkin sudah saatnya pabrikan mulai membuat motor bebek dgn desain ke arah fungsionalitas. Misal buat angkut2, kurir, ojek, dll
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 12:06
kaenya masalah tren, dimana orang indo sukanya sama yg praktis & mainstream.

kalo pribadi ane lebih suka sama motor bebek, pake matic kalo buat macet stop n go rasanya gredek2 berat, kalo ngegas jg harus dalem banget. emang sih praktis begasi gede & sepatu tetep bersih.

kalo bebek buat stop n go gapake gredek2, maintence sama konsumsi bbm jg lebih irit
sayang di Indo pabrikan motor gaada yg update motor bebek yg non kopling lagi
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 12:09
Quote:Original Posted By dexvils
kalo motor ane lebih suka bebek... masih bs pake brake engine jd merasa lebih aman

kalo mobil... lebih suka matik karena tinggal di jakarta

kalo suv / buat luar kota... baru enak pake yg manual transmisinya

emoticon-Shakehand2


setuju gan, tanpa brake engine bawa motor tanjakan agak takut
1 0
1
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 12:29
Wadu bener juga yah, tapi sekarang kalo motor bebek menurut ane kaya udah di tingkat yang nanggung, antara metic sama motor laki, kalau mau pake motor gigi lebih suka sekalian motor laki, kalo mau buat biasa aja harian gitu enak motor metic tinggal gas rem ja. Yang penting motor tuh dirawat biar awet dan aman ya to
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 12:57
gw masih pake bebek bre soalnya hidup di dataran tinggi emoticon-Malu
tapi bebek super 150cc emoticon-Metal
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 13:34
ttep bagi ane naik motor matic gk ada seninya gan,,
selera sih emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 14:12
ilang di penyetan gan
1 0
1
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 14:38
Dari tahun 2012 sampai sekarang, ane masih setia dengan Jupiter MX ane emoticon-Ngacir
Sebelumnya dari tahun 2006 sampai 2012, ane pakai Mio Sporty.
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 14:55
Quote:Original Posted By fourthhokage
Ane kemana2 masih tetap setia sama macan tua kesayangan gan... emoticon-Cool emoticon-Cool
Motor laki jaman old tapi ngiritnya boleh diadu sama matic jaman now... emoticon-Cool emoticon-Cool


Iritan mana sama sepeda onthel ane gan? emoticon-Cool
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 15:03
ane masih setia bebek gan emoticon-Malu
bukan karena apa tapi ga biasa n ga punya motor matic emoticon-Malu
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 15:14
gabisa berkendara pake motor bebek dulu belajar naik motor langsung pake motor matic emoticon-Malu (S)
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 15:18
cowok pake metik?

ga sekalian pake lipstik...!!!
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 15:48
motornya cowok itu ada giginya
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 16:35
bisa fatal kalau b diganti jadi p
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 17:43
ane masih nunggu motor matic 2500cc gan, biar lebih ngacir, cuma 150cc mah ga puas
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 18:26
ane sih lebih enak metic.. asal perawatannya sesuai kebutuhan mah pasti enak meticnya.. pengalaman ane bawa metic dei depok-pekalongan-dieng via pasar bawang ga ada masalah enak2 aja
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 20:50
Matic lebih praktis dan menjadi pilihan banyak orang, terutama di daerah yang padat kendaraan dan sering mengalami kemacetan. Pernah denger anak cewek yang masih SMP ngobrol, katanya mereka nggak bisa naik motor bebek, padahal dulu motor bebek itu paling mudah dan kebanyakan orang bisa menaikinya. Mungkin saking seringnya mereka naik metic, hingga malas mencoba yang lainnya.
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
26-02-2019 21:47
kalo pake bebek kaki ane jadi ada mainannya. jadi nggak bosen dan nggak ngantuk
0 0
0
Halaman 10 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia