• Beranda
  • ...
  • Health
  • Memilih sikat gigi tidak boleh asal, salah-salah bisa merugikan

kripikirAvatar border
TS
kripikir
Memilih sikat gigi tidak boleh asal, salah-salah bisa merugikan
اَلسلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
Selamat datang di thread ane


Kebersihan tubuh manusia setiap hari harus selalu dijaga, karena tubuh yang kotor, bisa menjadi sarang kuman serta sumber penyakit, salah satu cara manusia membersihkan diri dengan mandi dua kali sehari, namun mandi itu hanya untuk bagian tubuh luar saja, sedangkan ada satu bagian tubuh yang sering digunakan manusia untuk beraktifitas serta menunjang kehidupan sehari-hari, yaitu mulut. Mulut digunakan manusia untuk berbicara, juga manusia menggunakan mulut untuk makan, menjaga kesehatan mulut juga sangat penting, karena jika mulut dalam keadaan kotor, maka bisa menimbulkan bau mulut, kemudian ketika makan dan tidak dibersihkan, bisa menimbulkan masalah pada gigi. Gigi yang menjadi bagian dari mulut, sangat berperan dalam mempengaruhi mulut, jadi sebagai manusia di wajibkan untuk menjaga kesehatan gigi, dengan merawatnya secara dasar melalui membersihkan gigi atau menyikat gigi. Dalam menyikat gigi juga tak boleh sembarangan, apalagi dalam memilih media utama untuk menyikat gigi, terutama sikat gigi, karena sikat gigi ini berperan seperti layaknya sapu untuk gigi, jadi memiliki hal-hal yang harus di penuhi, antara lain sebagai berikut:



Agar dalam melakukan kegiatan menyikat gigi dengan sikat gigi selalu nyaman dan memudahkan pergerakan, maka kriteria pertama dalam memilih sikat gigi adalah melihat bentuknya, terutama bentuk ganggang bagian yang di genggam. Di pasaran banyak ditemukan berbagai bentuk ganggang sikat gigi, ada yang hanya lurus saja, namun ada juga yang memiliki kontur, memilih ganggang sikat gigi yanga baik lebih bersifat ke personal, kira-kira lebih nyaman menggenggam ganggang yang bentuk seperti apa, intinya jika memilih ganggang sikat gigi dengan tepat, sesuai seperti apa yang dirasa nyaman, lebih bisa meberikan kenyamanan saat menggerakan sikat gigi, manuver di dalam mulut terasa leluasa.



Selanjutnya, dalam memilih sikat gigi, yang harus di perhatikan ada pada bagian bulu sikatnya, bukan seberapa kecil bulu-bulu sikatnya, melainkan melihat tekstur bulu sikat giginya, biasanya ada beberapa pilihan, dari hard sampai soft, di anjurkan memakai bulu sikat yang soft. Bulu sikat gigi yang soft, bisa secara lembut menyikat bagian gigi, dan lama kelamaan tidak akan melukai permukaan gigi berikut gusi, beda jika dengan bulu sikat gigi yang keras/hard, saat untuk menyikat memang rasanya terasa lebih bersih karena terasa kuat bulu-bulunya, tapi bulu sikat gigi yang keras bisa melukai permukaan gigi berikut gusi.



Terakhir yang harus di perhatikan dalam memilih sikat gigi, adalah melihat bagaimana bentuk dari ujung kepala sikat gigi atau bentuk susunan bulu-bulu sikat gigi. Kepala sikat gigi yang baik adalah kepala sikat yang ujungnya meruncing, bukan kotak atau membulat, dengan bentuk ujung kepala meruncing, bisa membuat ujung kepala sikat gigi, bisa meraih sampai bagian gigi paling belakang, selain bentuk kepala sikat giginya, bisa dilihat pula bagaimana susunan bulu-bulu sikat giginya, kepala sikat gigi boleh saja kotak atau membulat, tapi jika bulu-bulu sikat gigi jika di lihat dari samping di susun agak miring dan melebihi bagian kepala sikat gigi, bisa dikatakan bulu-bulu sikat gigi itu bisa dengan mudah mencapai gigi bagian belakang sendiri.

Sikat gigi yang kelihatannya sepele, namun fungsi utamanya sangat penting, selayaknya sebagai sapu untuk gigi, memilih sikat gigi yang tidak tepat, bisa membuat kebersihan gigi menjadi tidak maksimal, walaupun sudah rajin menyikat gigi, tapi kalau sikat gigi yang di pilih salah, bisa dimungkinkan mnyikat giginya tidak bisa sepenuhnya bersih, dan ini lama-kelamaan bisa merusak gigi serta mengganggu kesehatan mulut, seperti bau mulut, lubang pada gigi, infeksi gusi, dsb.

Sama satu lagi, waktu menyikat gigi yang benar dan di anjurkan itu, dua kali sehari, bukan waktu mandi, melainkan setelah sarapan dan sebelum tidur.

Spoiler for Sumber:


Terima kasih sudah berkunjung di thread ane
Jika berkenan bisa bantu untuk UpVote (Panah ke atas), Share, dan Rate
22
9.3K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.