Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
224
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6e89ca018e0d5b3c4f904b/didominasi-matik-ke-mana-menghilangnya-motor-bebek
Pada masanya, Motor Bebek adalah Primadona. Namun seiring perubahan zaman dan kemajuan teknologi, posisi Motor Bebek mulai tergeser dan tergusur dengan kehadiran Motor Matik. Berdasarkan pantauan Ane pada halaman parkir sebuah kampus, dari ratusan motor yang dipakai mahasiswa, menurut taksiran Ane sekitar 90% didominasi oleh motor jenis Matik. Selebihnya adalah Motor Laki dan Bebek. Sedangkan p
Lapor Hansip
21-02-2019 18:21

Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Pada masanya, Motor Bebek adalah Primadona. Namun seiring perubahan zaman dan kemajuan teknologi, posisi Motor Bebek mulai tergeser dan tergusur dengan kehadiran Motor Matik.

Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?

Berdasarkan pantauan Ane pada halaman parkir sebuah kampus, dari ratusan motor yang dipakai mahasiswa, menurut taksiran Ane sekitar 90% didominasi oleh motor jenis Matik. Selebihnya adalah Motor Laki dan Bebek. Sedangkan pada areal parkir masjid pada hari Jum’at, terlihat sekitar 70% adalah Motor Matik. Di Dealer Motor Yamaha dan Honda juga Ane lihat, mereka tidak lagi memasok dan memajang motor bebek, kecuali stok lama. Mengapa motor matik sekarang lebih mendominasi, Ane kira karena motor matik itu lebih praktis dan mudah perawatannya dibanding bebek.

Dari fakta tersebut, mungkin kita bertanya-tanya: Ke mana menghilangnya motor-motor bebek yang dulu merajai hampir semua lini jalanan?

Dari penelusuran Ane, khususnya di wilayah Kalsel, ternyata motor-motor bebek itu sekarang pada umumnya digunakan pada hal-hal berikut:


1. Sarana Angkutan

Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?

Motor bebek banyak digunakan sebagai sarana angkutan barang oleh para pegadang keliling, untuk membawa barang dagangan, membawa barang belanjaan dari pasar, menarik gerobak, dan sebagainya. Mereka membuat semacam wadah/tempat khusus pada bagian belakang motor bebek untuk membawa barang-barang yang diangkut.


2. Sarana Transportasi ke Gunung dan Hutan

Para pekerja yang turun naik gunung, keluar masuk hutan, terlihat lebih sering menggunakan kotor bebek, karena kalau matik katanya tidak kuat untuk menanjak, melewati jalan yang berbatu atau medan sulit lainnya. Karena itu, motor bebek dipilih untuk naik gunung atau masuk hutan. Sedangkan matik khusus untuk merambah jalan raya yang mulus.


3. Dimodif Jadi Bentor

Saat ini di pasar Martapura Kabupaten Banjar, hampir tidak ada lagi becak yang digenjot dengan tenaga manusia. Umumnya sudah digerakkan oleh mesin, dengan memodifikasi becak dengan motor bebek sebagai mesinnya, sehingga disebut Bentor, alias Becak Motor. Motor-motor bebek dipilih sebagai mesin penggerak, karena dianggap paling kuat dan tahan membawa beban yang berat.

Ane belum tahu, apakah Bentor ini legal menurut Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Yang jelas, keberadaannya setiap hari semakin menjamur saja, dengan memanfaatkan motor-motor bebek bekas, sebagai sumber tenaganya.


Karena motor bebek sudah dialihfungsikan, maka kehadirannya di tempat umum jelas sudah berkurang. Kecuali motor-motor bebek baru yang masih eksis di jalan raya dan tempat-tempat parkir.

Lalu, apa manfaatnya informasi ini? Ya, bagi penjual sparepart dan bengkel motor, sebaiknya lebih banyak menyediakan onderdil motor khusus matik, karena konsumennya lebih banyak. (*)
***
Diolah sendiri, foto2 milik sendiri.
16
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 12
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:16
Bebek perawatan lebih gampang dan murah. Matic perawatannya banyak, oli gardan + oli mesin dkk. Ts mungkin baru punya matic baru2 ini aja jadi masih merasa perawatan mudah, coba udah 5thn ke atas.
5 0
5
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:16
karena motor matik banyak inovasinya.... dan lebih menarik. pakai motor matik bagasinya gede bisa naruh helm di bagasi. buat bawa GALON AIR & GAS ELPIJI LEBIH MUDAH TINGGAL TARUH DI DEPAN DIAPIT KAKI KELAR SUDAH..... coba bayangin bawa GALON AIR & GAS ELPIJI SENDIRIAN pakai MOTOR BEBEK repot dah bawahnya.... Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
BUAT BONCENGAN SAMA CEWEK LEBIH KECE DIBANDING MOTOR BEBEK malah di kira kyk tukang ojek...... VESPA AJA SEKARANG DI UPGRADE KE MODEL MATIK JUGA LEBIH KECE.....Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
0 1
-1
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:16
gw masih pake supra
2 0
2
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:17
Ane masi prefer motor bebek sih, handling nya lebih nyaman daripada matik. Sama keamanannya juga lebih bagus dengan ada rem kaki. Lebih aman pake motor bebek hehehe...
5 0
5
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:17
d pedesaan masih bnyak motor bebek krena kontur jalanny kurang dukung buat matic ..
1 1
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:19
Menurut ane, selain lebih praktis motor matic juga lebih variatif gan. Mau cari yg bongsor ada, yg unyu ada, yg futuristik ada, yg retro juga ada emoticon-Big Grin
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:22
Ane kemana mana make Bebek dan lebih enak Bebe, apalagi Supra X 125. Coba bandingkan dengan Motor Motor Matic, Beberapa Bulan Kemudian dengerin Suara Mesinnya emoticon-Wink
7 0
7
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:22
bebek berevolusi jadi mentok dan angsa 🤣🤣🤣
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:23
motor buat angkut galon kuat bener dah emoticon-Matabelo
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:24
Ane masih setia pakai bebek gan, ane takut kalau naek matik emoticon-Takutemoticon-Takut
2 0
2
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:25
matic skrg klo gk salah ada eco friendly , yg artinya irit bbm....artinya hemat pengeluaran emoticon-Ngakak
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:31
masih pake bebek vega r 2009, mesin masih bagus kaya baru, cuman aki aja belom diganti ganti sejak pertama kali pemakaian meskipun udah seok. seperti kata para bebek rider disini, perawatan gampang..suku cadang gampang, itu yang terpenting.
7 0
7
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:32
ngga juga ah, ane kemana mana pake supra x termasuk ke kampus juga. di kampus ane masih banyak juga yg menggunakan motor bebek.
6 0
6
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:33
Yang paling penting
Motor matic kalo pas hujan, sepatu ga kecipratan dari roda depan
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:34
ane msh pakek force1 2tak non kopling praktis" aja emoticon-Malu
3 0
3
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:35
dulu padahal matic dihina hina emoticon-Wakaka

motor buat cewek
1 0
1
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:36
Ane msh pake be2x..matic blm bs ngeremnya suka ngesot2...apa msti yg ABS ya?
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:36
masih setia sama supraman ane emoticon-Kiss
3 0
3
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:37
Pd sok anti mainstream tai ledik... Masih pk bebek lah, prefer bebek lah, padahal dirumahnya pake beat, mio atau vario..
0 0
0
Didominasi Matik, Ke Mana Menghilangnya Motor Bebek?
25-02-2019 22:37
Ane masih setia ama blade 2012 emoticon-Cool
3 0
3
Halaman 2 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia