junleonAvatar border
TS
junleon
Kenapa Vending Machine di Jepang Bisa Banyak dan Unik-unik?
Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace



Jepang emang nggak adahabisnya buat di bahas gan. Negara yang terkenal dengan anime, teknologi, dan budaya-budaya yang unik ini, sering kali membuat inovasi-inovasi yang bisa bikin kita tercengang. Seperti contoh saja mesin canggih yakni vending machine, disana memang vending machine sangat mudah agan jumpai dimana saja.

Seperti yang kita ketahui kalau jepang emang pinter banget buat inovasi yang canggih dan keren, vending machine disana pastinya nggak kalah keren-keren juga gan. Selain keren, pastinya unik-unik juga dong. Emang kayak apa sih penampakan vending machine yang unik dari Jepang? Berikut ini ane kasih beberapa aja ya gan.



Dole, Shibuya

Di negara Jepang, pisang memang menjadi buah kesukaan masyarakat jepang. Hal itulah yang mungkin menjadi ide, kenapa vending machine penjual pisang ini dibuat. Dengan temperatur suhu sekitar 13 derajat, pisang terebut tidak akan cepat basi. Harganya sekitar 130 - 370 yen, memang agak mahal untuk sepotong pisang. Vending machine penjual pisang ini terdapat di stasiun Shibuya, Tokyo.



Canned Oden, Akihabara

Vending machine unik ini menjual semua jenis makanan kaleng, termasuk ramen, tantan-men, pasta in soup, curry risotto, serta lain sebagainya. Untuk setiap produk yang dijual di sini, harganya 300 yen gan. Vending machine ini berada di seberang jalan dari gedung AKIBA Cultures ZONE, di sudut jalan yang sejajar dengan jalan utama Chuo-doori.



Nacktie-Battery-MemoryCard, Kinkakujin

Kalau agan pergi ke Kuil Kinkakujin di Jepang, di samping halte bus di depan Pintu Masuk Kuil Kinkakujin, agan akan melihat sebuah vending machine unik dan tidak biasa. Ya, itu adalah vending machine dasi. Selain dasi, vending machine ini juga menjual baterai dan memory card loh.



Condoms, Kabukichō

Salah satu tempat di jepang ada yang diberi nama “love hotels” atau hotel cinta, tepatnya di kawasan Kabukichō, Tokyo. Mengapa bisa begitu? Jadi, jika agan berjalan-jalan di sekitar area tersebut, jangan kaget kalau menemukan beberapa vending machine yang berisi alat pengaman ini gan.



Nah, terlepas dari beberapa vending machine unik yang ada di Jepang tersebut, tentu masih banyak lagi yang lainnya. Dan yang menjadi pertanyaan orang-orang kebanyakan, mengapa di sana banyak sekali vending machine? Kenapa hanya jepang yang bisa punya banyak vending machine? Daripada bingung, ini jawabannya gan!

Suka Jalan Kaki

Seperti yang kita ketahui, orang jepang memang dikenal sebagai masyarakat yang gemar bepergian dengan berjalan kaki. Kesadaran mereka akan pentingnya berjalan kaki pastinya patut diberi jempol. Ditambah lagi, orang disana memang tak perlu punya kendaraan pribadi, sebab kendaraan umum di Jepang sudah sangat memadai. Nah, disinilah peran vending machine cukup berarti dan diandalkan.

Sewa Tanah Mahal

Faktor lainnya adalah biaya sewa tanah atau bangunan yang sangat mahal. Oleh karena itu, ketimbang menyewa lahan luas dan mahal buat sekedar jualan minuman atau snack, mereka lebih memilih berjualan dengan vending machine. Tak hanya bisa menghemat biaya, mereka tentu bisa mendapatkan uang tanpa capek-capek berjualan.

Dapat Menghemat Waktu

Karena orang jepang nggak suka buang-buang waktu, banyak vending machine memang solusi tepat supaya tidak ada keterlambatan dalam melakukan perjalan ke sebuah tempat. Daripada harus pergi ke supermarket atau restoran yang lumayan memakan waktu, mereka pasti lebih banyak memakai vending machine untuk membeli sesuatu.

Tidak Ada Kejahatan

Terakhir dan yang paling penting adalah, karena disana tidak ada kejahatan. Meski masih ada 2/3 preman disana, tetapi sangat jarang terjadi kejahatan kriminal di sepanjang jalanan Jepang. Kesadaran warga jepang akan hal tersebutlah yang membuat banyak vending machine tetap berdiri kokoh, meski mesinnya tidak dijaga siang dan malam.


Diubah oleh junleon 21-02-2022 04:50
19
12.5K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.