sandiuntot
TS
sandiuntot
Warga dan Mahasiswa Demo Tuntut Prabowo Lepaskan Lahan di Aceh


VIVA – Puluhan mahasiswa dan warga mengatasnamakan Aliansi Gayo Merdeka menyebut lahan Prabowo Subianto di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah diduga telah menyerobot tanah adat.

Dugaan penyerobotan itu dilakukan oleh PT Tusam Hutani Lestari yang memiliki luas lahan 97.300 hektare, sehingga masyarakat di sana tidak mendapat tanah.

Koordinator lapangan Gayo Merdeka Muhammaddiansyah meminta agar Prabowo melepaskan seluruh tanah itu kepada masyarakat Gayo yang meliputi Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Para pendemo yang mengusung sejumlah poster bertuliskan "Prabowo Kembalikan Tanah Kami" dan beraksi di Bundaran Simpang Lima Banda Aceh, mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian setempat.

Menurut dia, penguasaan tanah oleh Prabowo di Gayo dengan izin Hutan Tanaman Industri yang dikuasai oleh PT THL merupakan salah satu penyebab terhambatnya kemajuan ekonomi rakyat.

"Penguasaan tanah ini berbuntut penderitaan dan kemiskinan rakyat. Dan atas dasar kemanusiaan, Kami Gayo Merdeka mengecam keras tindakan tersebut," kata Muhammadiansyah usai menggelar aksi di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, Sabtu 23 Februari 2019.

Prabowo, kata dia, harus mengembalikan tanah tersebut kepada rakyat. Kemudian PT THL diminta untuk tidak beroperasi lagi di Aceh Tengah. Menurutnya, perusahaan itu juga telah mengkapling tanah untuk dijual kepada warga.

"Lahan itu sudah dijual ke masyarakat tapi kepemilikannya tidak jelas. Apalagi pinus ini sudah dimiliki orang asing," sebutnya.

"Kami minta Prabowo Subianto karena izin hutan tanaman industri (HTI) bukan izin hak guna usaha (HGU) yang dikuasai oleh PT Tusam Hutan Lestari dapat segera dikembalikan ke masyarakat," kata Muhammaddinsyah.

Ia menjelaskan, penguasaan hak atas tanah di Gayo adalah hak mutlak masyarakat Gayo yang tidak boleh dihilangkan, dikurangi, dialihkan dan dikuasai oleh oknum yang memiliki modal.

Ia menyebutkan, penguasaan tanah 93.300 hektare di Aceh Tengah dan Bener Meriah harus segera dikembalikan ke masyarakat Gayo.

"Aksi yang kami gelar ini juga bagian menyuarakan kepentingan rakyat di mana kehadiran perusahaan tersebut belum memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," ucap Muhammaddinsyah seperti dikutip liputan6.

Pengembalian Semua Keuntungan

Pihak Aliansi Gayo Merdeka menilai Pabrik kertas PT THL milik Prabowo tersebut telah bangkut. Namun Prabowo tetap mempertahankan penguasaan kawasan hutannya, dan kini telantar dengan kerusakan hutan yang parah karena perusahaan ini tidak memenuhi kewajibannya, yakni 'menanam kembali' kayu-kayu yang ditebang.

Pihaknya meminta Prabowo untuk segera mengembalikan tanah tersebut kepada rakyat Gayo, dan meminta PT THL angkat kaki dari daerah tersebut serta meminta maaf kepada rakyat setempat.

"Kami juga meminta mengembalikan semua keuntungan yang selama ini diterima diberikan kepada masyarakat," ujar Muhammaddinsyah.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan kembali menggelar aksi serupa jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi.

============

Mampus praboker!
Mana nih jawaban capres ketimpangan gini ratio aka 1% terkaya..
katanya rela balikin tanah 5x luas jakarta?
lepas 1x luas djakarta emang rela si boker..?
Diubah oleh sandiuntot 24-02-2019 10:29
tien212700
tien212700 memberi reputasi
5
4.2K
47
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.