alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6f9cfff4d6951fe56eafb7/pengalaman-alergi-lipstick-dan-penanganannya-ala-ane-sista-wajib-baca
Lapor Hansip
22-02-2019 13:55
Pengalaman Alergi Lipstick dan Penanganannya ala Ane (Sista Wajib Baca!)
Past Hot Thread
ALOHA GANSIS 

WELCOME TO MY THREAD

emoticon-Selamatemoticon-Ultah


Pada kesempatan kali ini, ane mau sharing pengalaman soal salah satu Alergiyang ane derita. Salah satu? Emang ada banyak? Yups, ane sebenarnya punya banyak alergi, tapi semuanya bisa dikategorikan jadi alergi kulit yang sama yaitu “Dermatitis Kontak Alergi”.


Perlukah ane jelaskan apa itu? Kayanya gak perlu ya, kalian bisa searchingsendiri, mudahnya sih itu adalah alergi yang timbul saat kulit terpapar si bahan alergen. Nah alergennya bisa macam-macam, tergantung kulit kita sensitif terhadap bahan apa. Kalau ane cukup banyak nih, yang ane ingat tuh ane alergi lateks (sandal jepit, karet) sama beberapa bahan kimia, termasuk juga bahan kimia dalam produk kosmetik tertentu.


Pengalaman Alergi Lipstick dan Penanganannya ala Ane (Sista Wajib Baca!)


Bayangin gan, ane seorang sista, terus alergi kosmetik. Padahalkan sista dan kosmetik itu gak bisa lepas. Beruntungnya, ane cuma alergi beberapa merek aja, jadi kudu hati-hati banget sebelum memutuskan pakai suatu produk. Tapi, awal bulan Februari ini, ane agak ceroboh dan lupa kalau kulit ane sensitifnya lebih-lebih dari bayi, dan akhirnya terjadilah tragedi (mengerikan) itu.


(penampakkan si lipstik jahat)

Pengalaman Alergi Lipstick dan Penanganannya ala Ane (Sista Wajib Baca!)



Quote:
Hari itu tanggal 3 Februari 2019 (baru banget kan?), kebetulan mamah ane baru beli lipstick. Penasaran, ane langsung cobain oles di bibir. Entah kenapa saat itu kelupaan buat nyobain di tangan dulu seperti biasanya. Awalnya sih gak ada masalah, warna lipstiknyanya bagus, bibir juga masih normal. Karena gak ada reaksi, akhirnya ane gak hapus tuh hampir seharian. Baru ane hapus sebelum tidur malam.



saat terpapar si lipstik jahat



Pagi keesokan harinya, tanggal 4 Februari, tiba-tiba ane ngerasa bibir kaya disemutin. Berasa geremet-geremetdan mulai gatal di bagian pinggirnya. Deg! Mulai sadar deh kalau ini reaksi awal alergi. Ane langsung bongkar kotak P3K nyari anti-histamin buat jaga-jaga kalau nantinya makin parah.


Jeng-jeng-jeng! Sesuai perkiraan, pas siangnya tiba-tiba bibir bengkak karena si bintik-bintik kecil berair mulai muncul. Untungnya ane punya pengalaman nanganin alergi sebelumnya. Cepat-cepat langsung ambil handuk kecil buat bungkus es batu. Fungsinya adalah untuk kompres si bibir bengkak yang udah mirip bibir Jenner bersaudara.



saat bibir jadi jeding haha



Makin malam ternyata makin parah, tiba-tiba ukuran bibir jadi semakin besar. Ane sih santai, tapi orang tua ane yang panik dan pengen buru-buru bawa ane ke dokter. Berhubung udah malam, ane yakinkan orang tua untuk tenang dan tunggu besok pagi karena sebenarnya saat itu ane sudah mengonsumsi anti-histaminuntuk mengurangi gatal dan rasa terbakar di bibir.  

Besoknya, 5 Februari 2019, bibir ane masih bengkak parah dan ane seharian sibuk bolak balik ganti kompresan. Hari itu rasa gatalnya makin menjadi, bibir terasa kebas dan kaku. Ane mulai kesulitan buka mulut atau sekedar senyum. Waktu itu bertepatan Imlek, alhasil klinik gak ada yang buka. Terpaksa ane harus tahan hanya dengan bantuan anti-histamin yang masih tersisa di kotak obat dan sebaskom es batu untuk kompres.


Ternyata malamnya, si bengkak mulai kempes karena bintik-bintik berairnya mulai pecah (proses ini paling menyiksa karena rasa gatal makin menjadi). Di sini ane sibuk menyerap cairan dari pecahan itu menggunakan kapas bersih supaya tidak menyebar ke area lain sekitar bibir. Detik-detik ini ane mulai kesulitan tidur nyenyak. 


Tanggal 6 Februari 2019, bibir sudah tidak gatal tapi masih kaku karena kondisi bibir jadi super kering dan pecah-pecah parah. Mulailah huntingke apotik cari minyak zaitun tapi gak nemu yang alami, kebanyakan sudah dicampur bahan kimia atau parfum. Akhirnya ane cari deh Petroleum Jelly murni untuk sekedar oles di bibir yang kering dan memperbaiki kulit bibir yang rusak. Untungnya ada pemirsah!



petroleum jelly penyelamat



Ternyata ini Petroleum Jelly-nya tokcerabis. Dua jam oles sambil pijit-pijit ringan, eh langsung rontok tuh kulit mati kering bekas alergi di bibir. Akhirnya ane bisa senyum lagi meskipun akhirnya kulit bibir agak menghitam. Ya wajarlah namanya juga pasca alergi. Untuk mengembalikan warna merah bibir secara alami, sista bisa coba pakai minyak zaitun (murni) sebelum tidur setiap malam.




Nah itu tadi pengalaman ane soal alergi lipstick dan cara penanganannya (ala ane), intinya sih jangan panik apalagi sampai stress karena stress bisa menghambat penyembuhan. Pertolongan pertama, kompres bibir pakai es batu yang dibalut kain atau handuk. Fungsinya untuk meringankan bengkak dan gatal (jangan coba garuk-garuk loh). Setelahnya, kita bisa konsumsi anti-histamindengan dosis 10 mg/hari (hmm baiknya sih konsultasi dulu ke dokter untuk dosis masing-masing ya, ane sih udah tau dosis diri sendiri karena sering alergi hehe).


Untuk menghindari alergi yang satu ini sebenarnya cukup mudah, caranya “Jangan menggunakan lipstick jahat itu lagi” (hehe). Bukan bukan,jadi kalau sista punya kulit sensitif sebaiknya coba dulu lipsticknya di pergelangan tangan selama 24 jam. Kalau tidak ada reaksi, baru deh sista aplikasikan di bibir. Oh iya, trik ini berlaku untuk semua jenis make-up juga loh, gak cuma lipstick.

 
Gimana? Berfaedah gak thread curhat ini? Lumayanlah ya. Semoga sista-sista lain bisa lebih hati-hati dan terhindar dari pengalaman buruk ini. Sampai jumpa di thread berikutnya ~


emoticon-Big Kissemoticon-Rate 5 Staremoticon-Cendol Ganemoticon-Peluk

 

Quote:
Thread created by Kaskus ID kaniarf

Sumber gambar: Dok. Pribadi (ane sensor dikit soalnya malu + takut terkenal haha)



 
6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
24-02-2019 00:43
Untung ane g pernah lipstikan. Kan ane cowo emoticon-Hammer

Salah masuk nih........ emoticon-Ngacir
2
24-02-2019 05:11
Sprti bibir mantan gue
0
24-02-2019 05:11
Tipis tp emutannya ajib
0
24-02-2019 05:12
Walo suka jutek
0
24-02-2019 07:43
bibir akikah ga pake lipstik sis tapi pakenya cutex biar ga ilang2 dan memorebel emoticon-Betty
1
24-02-2019 11:29
Quote:Original Posted By progenies
Untungnya selama pakai lipstick belom pernah kerasa yg aneh-aneh palingan kering doang emoticon-Ngakak (S)

Nice share, sist. emoticon-Jempol
Keknya ane mesti beli Petroleum Jelly nih buat melembabkan bibir emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By james.gordon
mungkin kim kardashian itu alergi lipstick yang nggk sembuh2 emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By MiLLaBima
Berpaedah banget ganemoticon-Cendol Gan


Quote:Original Posted By edsixteen
ane cuma bisa nyimak aja sis emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By fadw.crtv
Ane juga alergi lipstik, jadi enggak bisa emoticon-kisssing


Quote:Original Posted By ebipo
duh duh kani bibirnya jeding emoticon-Wowcantik eh jeding apaan sih? emoticon-Hammer


Quote:Original Posted By menuk88
ngeri juga ya sis... mesti hati hati juga nih.
nice info....


Quote:Original Posted By kenditz
Untung gue gak punya lipstick emoticon-Malu


Quote:Original Posted By rendyprezetan
Modus nih emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By anti.perusuh
Gak modus kok kaka..emoticon-Malu

Kbetulan aja aku kuliah ngambil ilmu astronomi..jadi sdikit banyak ngerti ttg alergi bibiremoticon-Blue Guy Smile (S)


Quote:Original Posted By yueda
Bibir nya jeding biar kaya Angelia Jolie emoticon-Betty


Quote:Original Posted By littlevan
Bibir Jontor bukannya malah sexy kayak Angelina Jolie emoticon-Traveller


Quote:Original Posted By menuk88
Suka banget ma komen agan satu ini...


Quote:Original Posted By codename.isal
untung ane gak pernah pake lipstik
emoticon-Cool


Quote:Original Posted By Anyaa351
Alhamdullilah gk pernah alergi dan gk pernah pake lipstik gaje alias gak jelas.

Kalau mau pake lipstik itu pake lipbalm dulu atau bisa juga vaseline emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By m08o.fahlevi
untung ane g pake lipstik... emoticon-Big Grin

tapi klo ktempelan lipstik sering sih :goyang


Quote:Original Posted By rendyprezetan
Wah pantes aja cuma 50, follback pake yg ig prime dong emoticon-Malu


Quote:Original Posted By hilmiazizi19
giliran cewe aja pada rame


Quote:Original Posted By marywiguna13
Petroleum Jelly atau Lip Balm biar bisa disakuin. Kan ga mungkin juga Petroleum yang segede gaban disakuin emoticon-Hammer


Quote:Original Posted By rendyprezetan
Asikkkk emoticon-Betty


Quote:Original Posted By MQaddict
untung bokin gw ga pernah ngalamin spt ini, tp lumayan nambah wawasan tuk antisipasi


Quote:Original Posted By popcorn69
Makasih sis tipsnya bsa jd pertolongan pertama
untung ane g demen pake lipstik emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By gataunama
wah thread bagus ni bole ane share ke temen2 cewe ane


Quote:Original Posted By adhiet6
Bisa ya lipstik bikin alergi


Quote:Original Posted By ebipo
ahh masa sih emoticon-Malu itu ane liet perhatiin lebih jelas bukan jeding tapi bibir di monyongin eh


Quote:Original Posted By Cydwax
kayanya semua jenis alergi di bibit tuh disebabkan oleh kekurangan vitamin Ci deh.


Quote:Original Posted By kaniarf
Alay amat dimonyong"in wkwk


Quote:Original Posted By islamadina87
aku pernah ngalamin gatel bibir. ntah alergi ikan, atau karena lip ice gel yang dipake kadaluarsa. jarang pake lipstik lipcream sih. dibeli doank, pakenya kalo lagi pengen aja. yang gatel tuh dibiarin aja malah makin membesar, macem balon yang ditiup. haduh nggak banget deh. dioles minyak goreng anget ga mempan. kompres air anget, tempel esbatu, juga ga mempan. Ya udah bawa tidur aja. Besok pagi kempes sendiri. Ntah efek kompres air anget, ato esbatu ato minyak anget


Quote:Original Posted By adindaputrisyah
Kalau alergi nya kambuh, minum obat Falergi & sanexon sist, meredakan alergi dgn cepet 1-2 hari lah ya udh sembuh tapi efek sampingnya mudah ngantuk, dosis obat tidurnya terlalu tinggi emoticon-Nyepi


Quote:Original Posted By orangecarramel
ini antihistamin nya macam incidal atau ctm gitu ya. Ngantuk nya paraah cin...


Quote:Original Posted By m0buh41
Pengalaman Alergi Lipstick dan Penanganannya ala Ane (Sista Wajib Baca!)

Wanita lbh cantik tanpa make-up..lagian ribet nyiumnya kalo pake lipstick..emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By just_mean
wahh..pasti ribet ni seorang sista punya alergi lipstick...


Quote:Original Posted By prayformysky
Aku juga punya alergi skincare. Gara2 pernah gonta ganti skincare (walau makenya juga lumayan lama terus), kulit jd sensi. Sampe pernah iritasi parah.
Akhirnya selamat berkat ganti sabun muka dgn sabun bayi, oleskan madu asli tiap hari plus ganti skincare ke yg alkohol rendah dan non pewangi serta non pewarna. Skrg udah mulus bersih, kapok udah gonta ganti 😂

Nice share sist emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By andsyjie
Alhamdulillah blm pernah


Quote:Original Posted By OetakReptile
bibir akikah ga pake lipstik sis tapi pakenya cutex biar ga ilang2 dan memorebel emoticon-Betty


Lempar batanya donk gan emoticon-Lempar Bata
-8
24-02-2019 11:36
Quote:Original Posted By kringet.susu
Lempar batanya donk gan emoticon-Lempar Bata


done..emoticon-Cendol Gan
1
24-02-2019 11:39
Quote:Original Posted By kringet.susu
Lempar batanya donk gan emoticon-Lempar Bata


Cwndolnya gan emoticon-Big Grin
1
24-02-2019 11:44
Quote:Original Posted By m0buh41
done..emoticon-Cendol Gan


Ok gan cek kulkas
0
24-02-2019 13:17
Quote:Original Posted By kringet.susu
Lempar batanya donk gan emoticon-Lempar Bata


bahahaha niat banget om sampe multi quote sebanyak itu.



cendol gan
1
24-02-2019 13:22
Quote:Original Posted By hilmiazizi19
bahahaha niat banget om sampe multi quote sebanyak itu.



cendol gan


Iya gan lagi pengen bikin akun fulbar bata nih
0
24-02-2019 14:19
Quote:Original Posted By yunda.me
Eh, ada tante..
Kemaren mau quot keduluan rubuh.emoticon-Ngakak (S)


Masa sih yunemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0
24-02-2019 14:20
Quote:Original Posted By korbanfirdosoil
ojo kleru firdosoil, malah brewoken ngko


Haha iku om soil lak.an brewokanemoticon-Ngakak
0
24-02-2019 16:32
Quote:Original Posted By anggra.evi
Masa sih yunemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


Bener..
ilang Quotannya. emoticon-Ngakak (S)
0
24-02-2019 22:54
wahhh next time jgn sampe lupa cek alergiannya ya TS
bisa berabe tuuu emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

ane pernah juga sik gk cocok pakek lipbalm
tp untungnya gk separah itu
cuma ngerasa kering ketarik dan gatel
gak sampe bengkak dan muncul bintik2 berairnya
1
25-02-2019 09:32
Quote:Original Posted By yunda.me
Bener..
ilang Quotannya. emoticon-Ngakak (S)


Yak kan Uda gemboked yunemoticon-Big Grin
0
25-02-2019 09:41
ane co, dan baru tau ada alergi lipstick emoticon-Hammer (S)
0
25-02-2019 10:06
Quote:Original Posted By anggra.evi
Yak kan Uda gemboked yunemoticon-Big Grin


Iya itu tee, lagek kesirep wes rubuh.emoticon-Insomnia
0
25-02-2019 14:33
untuk para aganwati harus diperhatikan nih, kalo gak bisa jadi bahaya
1
25-02-2019 21:05
Malah bagus itu sis, bibir jadi terlihat lebih seksi mirip dengan kepunyaan si angelina jolly emoticon-Big Grin Lebih hati-hati ketika memilih lipstik karena sekarang semakin banyak produk lipstik di pasaran, dengan harga yang bervariasi dan tentunya juga dengan keaslian yang patut dipertanyakan lagi
1
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.