News
Batal
KATEGORI
link has been copied
178
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6f3eb2f4ae2f7aa7725980/dikira-sudah-punah-lebah-terbesar-di-dunia-ditemukan-di-indonesia
Berukuran sepanjang jempol tangan orang dewasa, dengan rahang yang mirip dengan milik kumbang rusa dan tubuh yang empat kali lebih besar dari lebah madu, wajar jika lebah raksasa Wallace ini menarik banyak perhatian. Namun setelah lama hilang dan ditakuti telah punah selama 38 tahun terakhir ini, lebah terbesar di dunia tersebut kembali ditemukan di Indonesia, tepatnya di pulau Maluku bagian Utar
Lapor Hansip
22-02-2019 07:13

Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Berukuran sepanjang jempol tangan orang dewasa, dengan rahang yang mirip dengan milik kumbang rusa dan tubuh yang empat kali lebih besar dari lebah madu, wajar jika lebah raksasa Wallace ini menarik banyak perhatian.

Namun setelah lama hilang dan ditakuti telah punah selama 38 tahun terakhir ini, lebah terbesar di dunia tersebut kembali ditemukan di Indonesia, tepatnya di pulau Maluku bagian Utara.

Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
Eli Wyman, seorang ahli serangga, bersama dengan seekor lebah raksasa Wallace di Maluku Utara. Photo: Clay Bolt

Tim yang terdiri dari ahli biologi asal Amerika Utara dan Australia berhasil menemukan seekor lebah raksasa Wallace betina (Megachile pluto) yang hidup didalam sarang rayap di sebuah pohon.

"Menakjubkan sekali rasanya melihat serangga ini, yang awalnya kami yakini sudah tidak ada lagi," ujar Clay Bolt, seorang fotografer yang pertama kali mengambil foto dari spesies ini. "Melihat betapa cantik dan besarnya spesies ini secara langsung, dan mendengar sayap raksasanya mendengung ketika terbang didekat kepala saya, rasanya luar biasa."

Lebah raksasa tersebut - betinanya bisa mencapai ukuran 4cm - pertama kali ditemukan pada tahun 1858 ketika penjelajah dan ahli hewan asal Inggris, Alfred Russel Wallace di pulau Bacan. Ia menggambarkan serangga tersebut sebagai "seekor serangga besar dan hitam yang menyerupai tawon, dengan rahang yang sangat besar seperti kumbang rusa".

Meskipun berukuran besar, lebah jenis ini sulit dipahami, dan hampir tidak ada yang bisa kita ketahui tentang daur hidupnya. Termasuk bagaimana caranya ia dapat membuat sarang di dalam pohon yang dipenuhi gundukan rayap.

Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
Lebah raksasa Wallace, ukurannya empat kali lebih besar daripada lebah pada umumnya. Photo: Clay Bolt

Spesies ini tidak terlihat lagi hingga tahun 1981, ketika seorang ahli ilmu serangga bernama Adam Messer kembali menemukannya di Indonesia. Ia mengamati cara lebah tersebut mengumpulkan getah dan kayu untuk sarangnya. Pencarian-pencarian berikutnya gagal, namun setelah ditemukannya satu lebah betina ini, muncul harapan bahwa di hutan Maluku Utara tersebut masih banyak spesies ini yang tinggal disana.

Habitat lebah ini terancam oleh penebangan besar-besaran yang sering terjadi di Indonesia, dan ukuran dan statusnya sebagai spesies yang langka juga ditakuti akan menjadikan lebah raksasa Wallace menjadi target para kolektor. Untuk sekarang, belum ada perlindungan hukum yang melarang jual beli spesies ini.

Diterjemahkan dari artikel di the Guardian, "World's largest bee, missing for 38 years, found in Indonesia".
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 9
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 08:57
ke antup bisa jadi supersaiyan kayanya emoticon-Ngakak
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 08:57
madu n sarangnya gimana tuch.....yummy emoticon-thumbsup
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:01
ngentup bokong emoticon-linux
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:02
Quote:Original Posted By keenan09
kalo ngentup kepala gimana itu rasanya ya?


ente jadiin uji coba bre buat pengalaman emoticon-Leh Uga
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:04
kena sengat lgs auto gede semua... emoticon-Big Grin
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:04
sekali patuk benjolnya kek apa itu gan emoticon-Malu
2 0
2
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:09
kudu segera d ternakan nih, takutnya bntar lagi udah pundah.
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:12
kalo di antuk langsung mate kali ya wkwk
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:16
semoga tidak punah agar generasi penerus kita bisa merasakan sengatanya
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:18
Buset....bagi lebah biasa itu raksasa cuy
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:21
Ada mahkluk ini di dekat ane, ane auto kabur.... emoticon-Malu
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:29
lebih besar dri yg hornet yg dijepang yak?
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:33
Wow keren nih dan gede banget emoticon-Matabelo
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:39
Gede segitu gimana sengatannya tuh emoticon-Bingung
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:40
kena sengat auto RIP emoticon-Wakaka
Diubah oleh nekodhani
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:44
ga kebayang klo disengat sama itu lebah. pasti automati
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:44
sering lihat dulu di subscene, aktif ngesub movie2 baru emoticon-Cool
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 09:49
Semoga ada peneliti lipi yang tertarik neliti ni jenis lebah
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 10:01
dan tetnyata alam indonesia banyak yang belum ter explore ya gan
0 0
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 10:02
itu tawon kalo "ngentup" bisa bikin meriang seminggu. . .. gede amat
0 0
0
Halaman 4 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia