News
Batal
KATEGORI
link has been copied
178
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6f3eb2f4ae2f7aa7725980/dikira-sudah-punah-lebah-terbesar-di-dunia-ditemukan-di-indonesia
Berukuran sepanjang jempol tangan orang dewasa, dengan rahang yang mirip dengan milik kumbang rusa dan tubuh yang empat kali lebih besar dari lebah madu, wajar jika lebah raksasa Wallace ini menarik banyak perhatian. Namun setelah lama hilang dan ditakuti telah punah selama 38 tahun terakhir ini, lebah terbesar di dunia tersebut kembali ditemukan di Indonesia, tepatnya di pulau Maluku bagian Utar
Lapor Hansip
22-02-2019 07:13

Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Berukuran sepanjang jempol tangan orang dewasa, dengan rahang yang mirip dengan milik kumbang rusa dan tubuh yang empat kali lebih besar dari lebah madu, wajar jika lebah raksasa Wallace ini menarik banyak perhatian.

Namun setelah lama hilang dan ditakuti telah punah selama 38 tahun terakhir ini, lebah terbesar di dunia tersebut kembali ditemukan di Indonesia, tepatnya di pulau Maluku bagian Utara.

Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
Eli Wyman, seorang ahli serangga, bersama dengan seekor lebah raksasa Wallace di Maluku Utara. Photo: Clay Bolt

Tim yang terdiri dari ahli biologi asal Amerika Utara dan Australia berhasil menemukan seekor lebah raksasa Wallace betina (Megachile pluto) yang hidup didalam sarang rayap di sebuah pohon.

"Menakjubkan sekali rasanya melihat serangga ini, yang awalnya kami yakini sudah tidak ada lagi," ujar Clay Bolt, seorang fotografer yang pertama kali mengambil foto dari spesies ini. "Melihat betapa cantik dan besarnya spesies ini secara langsung, dan mendengar sayap raksasanya mendengung ketika terbang didekat kepala saya, rasanya luar biasa."

Lebah raksasa tersebut - betinanya bisa mencapai ukuran 4cm - pertama kali ditemukan pada tahun 1858 ketika penjelajah dan ahli hewan asal Inggris, Alfred Russel Wallace di pulau Bacan. Ia menggambarkan serangga tersebut sebagai "seekor serangga besar dan hitam yang menyerupai tawon, dengan rahang yang sangat besar seperti kumbang rusa".

Meskipun berukuran besar, lebah jenis ini sulit dipahami, dan hampir tidak ada yang bisa kita ketahui tentang daur hidupnya. Termasuk bagaimana caranya ia dapat membuat sarang di dalam pohon yang dipenuhi gundukan rayap.

Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
Lebah raksasa Wallace, ukurannya empat kali lebih besar daripada lebah pada umumnya. Photo: Clay Bolt

Spesies ini tidak terlihat lagi hingga tahun 1981, ketika seorang ahli ilmu serangga bernama Adam Messer kembali menemukannya di Indonesia. Ia mengamati cara lebah tersebut mengumpulkan getah dan kayu untuk sarangnya. Pencarian-pencarian berikutnya gagal, namun setelah ditemukannya satu lebah betina ini, muncul harapan bahwa di hutan Maluku Utara tersebut masih banyak spesies ini yang tinggal disana.

Habitat lebah ini terancam oleh penebangan besar-besaran yang sering terjadi di Indonesia, dan ukuran dan statusnya sebagai spesies yang langka juga ditakuti akan menjadikan lebah raksasa Wallace menjadi target para kolektor. Untuk sekarang, belum ada perlindungan hukum yang melarang jual beli spesies ini.

Diterjemahkan dari artikel di the Guardian, "World's largest bee, missing for 38 years, found in Indonesia".
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 9
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:14
Quote:Original Posted By sirikbanget
NatGeo - Indonesia Special

Ada video nya onlen ga gan?
Quote:Original Posted By TheNinetiesKid
Haha betul gan emoticon-Big Grin



Lebah sama tawon beda gan... lebah gak mau sembarangan nyengat soalnya sekalinya dia nyengat, dia sendiri bakal langsung mati

Mang kalau tawon gimana gan? Dia bebas sengat" yah?
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:15
Harus dilindungi gan,
Agar tidak benar2 punah
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:15
nah sekarang punah lagi krn ditangkap...emoticon-Big Grin
1 1
0
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:17
mbahnya hachi~~~
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:17
anjay emoticon-Leh Uga kalo di entup bisa benjol segede bakpo tuh emoticon-Ngakak
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:19
semoga hutannya gk dijadiin lahan kelapa sawit
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:22
sarangnya segede ape ye bray
Diubah oleh hatalomba
2 0
2
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:22
diumpetin nih ama org Indonesia wkwkwk
Diubah oleh Pazonda95
2 0
2
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:27
Quote:Original Posted By rindhangm
anjay emoticon-Leh Uga kalo di entup bisa benjol segede bakpo tuh emoticon-Ngakak


pala ndut ndutan bray
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:27
cuma manusia yg nantinya penyebab punahnya hewan2 langka
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:28
kalo di antup beres dah itu
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:28
Quote:Original Posted By melanmelianna
Lohh.. seriusan itu langka ya?? Sebulan yg lalu ane nemu d kebon rumah ane, awalnya ane takut kok mirip kutu tapi super gede, kata laki ane itu kumbang udah langka, trus taro toples, bakal diunjukin ke anak ane.. sementara ane takut2 kalo ngentup aja, lupa dah ane kemanain tu toples.. insya allah besok ane cari dah, ane fotoin.. kayanya sama persis..


Udah ketemu belom. Gan fotonya?
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:29
Kenapa malah peneliti luar negeri yg menemukan dan memperhatikan. peneliti2 bangsa ini pada kemana?emoticon-Cape deeehh
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:29
disengat benjol sebakpao
0 2
-2
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:31
tinggal siapin payung hukum untuk melindungi spesies tsb
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:32
Apa ini mbahnya hachi ya emoticon-Leh Uga
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:34
gede kali bah emoticon-Takut (S)
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:35
Mantap. Cari lagi. pasti didaerah kalimantan yang sekarang dijadikan kebun kelapa sawit ataupun tambang kayaknya mungkin ada ekosistem yang hilang bahkan mungkin kaya hewan purba macam lebah inim
1 0
1
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:35
Kalo di entut bisa benjol segede bakpao kali ya
0 2
-2
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
23-02-2019 07:39
monster lebah
Dikira sudah punah, lebah terbesar di dunia ditemukan di Indonesia
1 0
1
Halaman 2 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia