• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Mengenal Wanda Metropolitano, Markas Baru Atletico Madrid

janc*ksss12Avatar border
TS
janc*ksss12
Mengenal Wanda Metropolitano, Markas Baru Atletico Madrid


Quote:



Stadion yang pembangunannya menelan biaya mencapai €240 juta (sekitar Rp 3,8 triliun),  dengan  kapasitas 68 ribu tempat duduk. Fasilitas di dalam stadion sangat modern,  stadion yang futuristis dan layak disandingkan dengan stadion-stadion megah milik klub elite Eropa lain.

Berikut merupakan serba serbi unik dari Wanda Metropolitano ini :

Quote:


Wanda Metropolitano didirikan pada 1990 oleh Pemerintah Kota Madrid demi pencalonan Piala Dunia Atletik 1997. Menurut laporan El Pais, pembangunan stadion tersebut memakan biaya hingga 45 juta euro (sekitar Rp 717,5 miliar).

Konstruksi Wanda Metropolitano selesai pada 1993. Namun, hak tuan rumah Piala Dunia Atletik 1997 ternyata jatuh ke Athena. Akibat itu, Wanda Metropolitano akhirnya hanya digunakan acara olahraga, musik, dan budaya minor.

Quote:


Pada 2013, Atletico mengajukan pembelian stadion ini ke Pemerintah Kota Madrid. Atletico beralasan, pengajuan ini dikarenakan Vicente Calderon sudah tidak lagi mampu diperbesar dan menampung pendukung yang ingin datang menonton.

Pemerintah Spanyol mengabulkan permintaan Atletico. 11 September 2013, Atletico resmi mendapatkan sertifikat sebagai pemilik Wanda Metropolitano yang sah.

Quote:


Tak lama setelah pengumuman pembelian Stadion, Atletico mengumumkan pembangunan ulang Wanda Metropolitano yang menelan biaya sebesar 270 juta euro (sekitar Rp 4,3 triliun).

Pembangunan Wanda Metropolitano tak berjalan mulus-mulus amat. Pembengkakan biaya beberapa kali terjadi. Salah satunya adalah soal pembongkaran bagian bangunan yang dirasa tidak perlu dan mempertahankan bagian bangunan yang dirasa menjadi identitas.

Quote:


Desember 2016, Atletico mengumumkan bahwa Wanda Metropolitano resmi digunakan. Nama resmi Wanda Metropolitano sendiri diberikan setelah Wanda Group, salah satu perusahaan media China, memberikan suntikan dana senilai 45 juta euro.

Quote:


Dalam situs UEFA, disebutkan bahwa stadion ini masuk ke dalam kategori bintang lima. Predikat tersebut diberikan oleh UEFA, mengingat stadion ini memiliki fasilitas-fasilitas premium yang jarang ada di stadion Eropa lainnya.

Salah satu fasilitas papan atas yang berada di stadion ini adalah ruang parkir khusus yang didesain untuk penonton VIP. Setelah memarkir kendaraannya, penonton kelas VIP bisa langsung menuju tribun lewat sebuah terowongan yang dikelilingi oleh booth perusahaan papan atas.

Quote:


Di luar stadion, terdapat lempengan-lempengan perunggu di tanah beriskan nama para pemain Atletico yang telah mencatatkan 100 penampilan bagi klub. Menariknya, Atletico tetap memberikan satu tempat bagi Hugo Sanchez, striker legendaris Meksiko yang berpaling ke Real Madrid pada 1985.

Quote:


Antoine Griezmann menjadi pemain pertama yang mencetak gol di  stadion  wanda metropolitano. Gol itu di ciptakan pada menit ke-61 saat melawan malaga pada pekan ke-4 La Liga. Pada pertadiangan itu berakhir dengan sekor 1-0 untuk Atletico Madrid.

Quote:


Cuma berselang hari usai menggelar laga pertamanya, Stadion Wanda Metropolitano mendapatkan kado istimewa. UEFA telah mengumumkan bahwa Wanda Metropolitano akan menjadi tuan rumah final Liga Champions musim 2018/2019 mendatang.

Spoiler for BONUS SEGAR:



9
8.5K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.