red1302
TS
red1302
Menyisihkan Uang Buat Hobi? Gimana Sih Caranya

Semua orang pasti memiliki hobinya masing-masing baik itu memancing, mengendarai motor, membaca buku dan masih banyak sekali hobi-hobi lainnya. Tetapi sayangnya kebanyakan hobi yang dimiliki oleh orang-orang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan cukup menghabiskan uang kita.

Maka dari itu untuk mengimbangi hal tersebut kita harus menabung uang yang kita miliki dan juga kita harus menyisihkan uang untuk hobi yang kita miliki. Lantas bagaimana sih caranya biar kita bisa menyisihkan uang kita untuk hobi kita? Berikut ini adalah beberapa caranya.

1. Bagi-Bagi Pengeluaran Kalian

Saat kalian mendapatkan pendapatan baik dari gaji ataupun dari pemberian orang tua kalian langsung bagi uang kalian menjadi beberapa bagian seperti untuk kebutuhan pokok seperti kendaraan dan makanan dan juga untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Setelah itu bagi juga uang kalian untuk memenuhi hobi kalian.

Contohnya jika kalian diberi gaji 4 juta perbulannya maka sisihkan 50% gaji kalian untuk biaya hidup, 30% untuk investasi, 10% untuk hobi, dan 10% lagi untuk uang jaga-jaga kalian. Maka dengan demikian kalian akan memiliki cukup uang untuk kehidupan kalian dan juga tentunya kalian dapat memiliki uang untuk hobi kalian.

2. Pantau Keuangan Kalian

Jika kalian sudah membagi-bagi pengeluaran kalian menjadi beberapa bagian maka langkah selanjutnya adalah kalian harus memantau keuangan kalian setiap harinya agar pengeluaran kalian tidak kalian gunakan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu kalian keluarkan.

Salah satu cara untuk memantau keuangan kalian adalah dengan mencatat seluruh pengeluaran kalian baik itu besar maupun kecil sekalipun. Ada beberapa aplikasi smartphone yang dapat kalian gunakan untuk mencatat pengeluaran kalian dan aplikasi ini dapat kalian pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan yang kalian miliki.

Dengan beberapa tips diatas kalian dapat menyisihkan uang kalian untuk melakukan hobi yang kalian miliki dan tidak menggangu keuangan kalian yang lainnya. Maka dari itu mulailah bijak dalam mengatur keuangan kalian agar kalian tetap bisa melakukan hal-hal yang kalian inginkan tanpa harus khawatir tentang uang.

Kalau kalian suka dengan thread ini jangan lupa kasi ane cendol emoticon-Toastdan rate5nya emoticon-Rate 5 Star ya.

Quote:

0
712
2
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.