alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c6ba1c4f4ae2f7d2b2fbc97/mau-nikah-hati-hati--ditipu-penghulu
Lapor Hansip
19-02-2019 13:27
Mau nikah? Hati-hati Ditipu Penghulu
Past Hot Thread
Quote:Hai gan
Hari ini ane mau sharing sebuah hal yang tidak mengenakan yang dialami sama temen ane Gan. Mudah-mudahan agan sista semua tidak ada yang mengalaminya yah.

Mau nikah? Hati-hati Ditipu Penghulu


Jadi gini, bulan desember 2018 kemarin, temen ane (cowok) melaksanakan pernikahan. Sebelumnya dia minta pada penghulu yang ada di daerah ceweknya di Kecamatan Cimahi Selatan, Kel. Melong. Jawa Barat untuk mengurus segala berkasnya ke KUA. Jadi doi pengennya nerima jadi. Dan dia diminta biaya sebesar Rp.1000.000 untuk ke kas negara dan biaya oprasional.

Ketika hari H, Penghulu datang telat, hingga bikin acara jadi belibet antara tamu undangan yang datang dan tamu pengantar pempelai pria. Setelah ijab Kabul selesai, pengantin diminta untuk tanda tangan beberapa berkas namun pengantin tidak disuruh untuk tanda tangan buku nikah. Buku nikah hanya diperlihatkan, kemudian penghulu bilang bahwa buku nikahnya bisa diambil seminggu lagi dirumahnya. Alhamdulilah acara berjalan dengan lancar.

Seminggu kemudian temen ane nelefon penghulu, tapi dia bilang buku nikahnya belom ada. Dan sampai sekarang belum ada kabar lagi soal buku nikahnya Gan.

Kemarin temen ane pergi ke KUA untuk menanyakan buku nikahnya. Kepala KUA langsung nanya penghulunya siapa? Temen ane jawab “Bapak Ahmed” katanya.

“wah dia lagi-dia lagi yang bikin masalah. Gini aja, Adek pergi ke rumah penghulunya. Terus adek kesini ajak dia sekalian. Bilang aja saya kepala KUA yang nyuruh”.
Disitu temen ane mulai curiga. Pasti ada apa-apa.

Dengan alamat yang dikasih dari KUA, temen ane pun pergi mencari alamatnya. Sebelum sampe ke rumah penghulu tersebut temen ane sempet nanya ke tetangga setempat.
“Bu rumahnya Lebe Ahmed dimana ya?”
“Kenapa dek, mau minta buku nikah ya”.
“wah kok tahu bu?”
“iya orang lain juga udah banyak yang kesini, katanya mau minta buku nikah. Emang bermasalah orang nya. Tuh rumahnya disana. Tapi jangan bilang saya yang ngasih tau ya”.

Ketika menemui penghulu tersebut, doi tampak panik. Kemudian dia nyuruh temen ane pulang dan menjanjikan bahwa buku nikah nya bisa diambil minggu depan. Temen ane kehilangan kesabaran dan mengancam akan lapor polisi jika si bapak ahmed nggak mau ikut dia ke KUA.

Akhirnya mereka berduapun pergi ke KUA. Sesampainya di KUA si Bapak ahmed abis di omel-omelin sama kepala KUA nya. Kemudian ketika di introgasi soal buku nikah, bapak ahmed bilang kalo berkas mempelainya hilang. Dan dirumahnya masih ada 18 berkas pasangan lagi yang buku nikahnya masih menggantung serta belum dilaporkan ke negara. Bayangin, 18 pasangan. 1 pasangan di tarif satu juta rupiah. Dia sudah dapat uang Rp.18.000.000 dan kewajibanya belom disetorkan ke negara. ish ish ish
:dor

Saat ini temen ane jadi harus mengulang semuanya. Bikin berkas baru dan daftar ulang ke KUA. Untunglah istri temen ane belum hamil. Kalo udah hamil bisa rugi dan ribet ke depannya saat bikin akte kelahiran untuk sang anak. Bisa-bisa dianggap hamil diluar nikah kan.

Banyak banget kerugian yang dialami temen ane gan. Mulai dari tanggal pernikahan yang otomatis akan berubah, uang yang terbuang percuma, waktu yang tersita untuk ngurus ini itu dan beberapa hal lainnya. Dan ane yakin 18 pasangan yang lain pun merasakan hal yang sama.

Ane saranin ke teman-teman semua yang mau nikah, mending urus sendiri semua ke KUA jangan lewat orang lain. Emang nggak semua penghulu seperti itu, tapi jika kita ke KUA dan bertanya langsung setidaknya itu lebih aman. Kalo dari KUA-nya malah nyuruh untuk ngurus ke penghulu aja jangan mau. Bukanya soudzon ya. Kata bapak ane yang ketua RT. kadang ada juga oknum yang kongkalikong sama penghulu. Karena kalo kita daftar langsung ke KUA, mereka nggak akan dapet lebih. PNS sekarang ketat nggak bisa asal comot.

ok jadi segitu aja gan. barang kali agan sista juga mau share soal pengalamn nikah nya silahkan komen dibawah. emoticon-Smilie
semoga informasi ini bermanfaat buat kaskuser semua. Khususnya buat gansis yang mau segera menikah, pelajari dulu langkah-langkahnya supaya tidak masuk ranjau ok.


Salam dari temen ane gan.
Sumber: Temen ane yang terkena musibah.


Diubah oleh nitadanie
24
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 8
21-02-2019 14:41
Padahal ngurus sendiri di KUA gratis
0
21-02-2019 14:45
udah jaman online. ntar kluar "e-ijab" emoticon-Ngakak regist -> transfer via bank yang telah ditentukan
0
21-02-2019 14:47
wkwkwk... musibah g mau susah ni, pke calo.
0
21-02-2019 14:49
wa, itu daerah ane gan emoticon-Wow
0
21-02-2019 14:49
penghulu tuh langsung bayar sendiri ke bank..
kalo udah di setor ke penghulu, ente harusnya udah mulai curiga..
pinter dikit lah jadi orang...
0
21-02-2019 14:52
hati2 gan
0
21-02-2019 15:29
Thanks info'nya gan..
Tapi klo buat nikah siri bisa ga tuh?.. emoticon-Ngakak
0
21-02-2019 15:30
Wah nice info gan, nanti kalo ane mau nikah mending urus sendiri.

Semoga ngga ada lagi yang ngalamin masalah kayak gini ya gan
0
21-02-2019 15:30
Gue besok nikah gan...

Itu juga kalao gak kesiangan bangunnya
1
21-02-2019 15:30
jangan sampe kena tipu
0
21-02-2019 15:30
wah makasih infonya gan
nyari pasangannya duluemoticon-Malu (S)
0
21-02-2019 15:34
yang sabar ya gan..usut tuntas deh tuh biar gk ada kejadian gini lagi..emang kadang mau cepet kita apalagi kalau orang kerja kaya ane gini mau gk mau minta bantuan orang tua, soalnya kan kalau cuti atau ijin terus gk enak..

semangaaaat yg mau nikah..dan kalau bisa pake jalur yg resmi aja..
1
21-02-2019 15:35
ketika si jomblo tak tahu harus komen apa emoticon-Ngakak
0
21-02-2019 15:36
wah dket rumah ane gan.
wkkwkwkkwkwkw.
tp ane masuknya masih kota bandung.
0
21-02-2019 15:46
Iya urus sendiri aja lebih aman.
Apalagi kalo nikahnya di kantor KUA
Murah, cuma bayar administrasi aja
cmmiw*
0
21-02-2019 15:54
ane kemarin urus berkas2 nya sndri langsung k KUA gak lewat perantara itu aja numpang nikah, lagian jg dipermudah kok repot nya emang kudu kirim2an berkas dari daerah masing2 calon. Smua nya d permudah kok, pas kelar ijab langsung dpt buku nikah nya
Diubah oleh Ay4mK4lkun
0
21-02-2019 16:00
Kudu di rukiyah nih si penghulu miris banget, yg sabar dan tabah ya untuk temen ente gan emoticon-Baby Boy
0
21-02-2019 16:04
Klo ane hbs ttd buku nikah pas ijab, bukunya dibawa lagi sm penghulu, krn billingnya blm dikasihkan ke KUA sm org desa/kelurahan gtu, pdhl kitanya uda bayar, ternyata doi emang lupa, bsknya atau 2 hari setelah ijab uda dianterin ke rumah buku nikahnya..pas ijab ttp foto pake buku nikah kok haha
0
21-02-2019 16:08
Waduw ngeri banget tu gan.. gak bisa honeymoon sembarangan tu.. salah2 kena grebek dikirain kumpul kebo karena gk punya buku nikah.. emoticon-Takut
0
21-02-2019 16:20
Kasian banget sih.. wong mau nikah ada aja ujiannya.. yang nipu bangkeee
0
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.