jewelidAvatar border
TS
jewelid
Berbagai Aksi Boikot Suatu Produk Akibat Perbedaan Pilihan Politik
Boikot dalam kamus besar KBBI merupakan aksi penolakan baik dalam kerjasama maupun penggunaan suatu barang,jasa atau layanan.

Sedangkan menurut mas wiki(pedia) Boikot adalah  adalah tindakan untuk tidak menggunakan, membeli, atau berurusan dengan seseorang atau suatu organisasi sebagai wujud protes terhadap produsen tersebut.

Baru-baru ini jagat raya media sosial kembali di gemparkan dengan sebuah hastag boikot berjudul #UninstallBukalapak , Hastag Tersebut muncul setelah Twitt Ceo dari Bukalapak Mas Achmad Zaky yang memprotes pemerintah akibat rendahnya dana R&D (Research and Daveploment) yang diikuti dengan kalimat "Mudah2an prisiden baru bisa naikin" diakhir tweet. 

banyak netizen kemudian ramai memprotes tweet tersebut, bahkan banyak pula netizen mencela Mas Achmad Zaky yang dianggap melupakan peranan jokowi dalam mendukung bukalapak, hingga munculah tagar #UninstallBukalapak dimedia twitter.

Aksi Boikot dengan tagar sejenis sebenarnya sudah sering terjadi diindonesia, jauh sebelum tagar #UninstallBukalapak viral, terdapat tagar-tagar sejenis yang pernah viral dimedia sosial indonesia, dan berikut beberapa hastag gerakan boikot suatu produk yang terjadi akibat permasalah politik sepele di indonesia.


1.      Tagar UninstallTraveloka/BoycottTraveloka (November 2018)

Tagar UninstallTraveloka/BoycottTraveloka, sempat viral pada novemebr 2018, aksi tagar tersebut merupakan respon dari aksi WO bos traveloka " Derianto Kususma" terhadap pidato Gubernur Jakarta, Bapak anies baswedan pada acara HUT 90 Kanisius. banyak netizen kemudian mengencam tindakan tersebut karena dianggap perlakuan tidak sopan terhadap bapak gubernur. akibat dari berita tersebut kemudian muncul tagar UninstakkTraveloka sampai BoycottTraveloka, hingga pesan WA bernatai yang mengajak untuk melaporkan aplikasi Traveloka pada Google Play Store sebagai aplikasi tidak pantas. Namun belakangan diketahui bahwa Mas Derianto Kususma tidak hadir dalam acara HUT ke 90 Kanisius tersebut. Hmmm


                

   

  
2. Tagar Boikot SariRoti  (Desember 2016)

     Produk makanan Sari Roti, juga pernah mengalami aksi pemboikotan di media sosial oleh para netizen indonesia,aksi boikot sari roti bermula saat aksi damai 212 di monas waktu itu, Mulanya viral foto para pedagan sari roti yang muncul di aksi damai tersebut dengan tulisan " Gratis Untuk Mujahid" pada sepeda roti mereka. Namun kemudian pihak perusahaan mengklarifikasi bahwa roti tersebut tidak dibagikan gratis, namun sebelumnya sudah dibeli olehseseorang dan atas permintaan pembeli roti tersebut diantarkan ke pintu masuk tugu monas, perihal tulisan tersebut perusahaan mengklarifikasi bahwa tulisan dipasang tanpa sepengetahuan perusahaan. Akibat dari Klarifikasi tersebut, Sari Roti yang awalnya mendapatkan pujian berakhir dengan cacian dan dianggap sudah menyakiti umat muslim 212,hingga muncul hastag #BoikotSoriRoti di media sosial Twitter.



                             

3. Aksi Boikot Indosat (Juni 2017)

Awal Juni 2017, publik sempat dikagetkan dengan sebuah postingan seorang pegawai di facebook mengenai rezim pemerintahan di indonesia. postingan tersebut berisi mengenai rezim palng busuk diindonesia dan sering mengkriminalisasi ulama. pegawai yang kemudian identitasnya diketahui bahwa dia merupakan salah satu pegawai di indosat tersebut kemudian menjadai ramai diperbincangkan di indonesia. rentetan peristawa berlanjut ketika CEO indosat pak alexandre rusli  resmi memecat RMF dan memberikan pernyataan lewa akun twitternya, bahwa "perusahaan tidak mentolerir pegawai yang tidak sejalan dengan negara dan pemerintah apalagi pegawai yang anti NKRI".

akibat pernyataan tersebut banyak netizen mengganggap bahwa CEO indosat merupakan bagian dari rezim pemerintahan yang kotor sehingga munculah tagar #BoikotIndosat yang kemudian bergema di jagat twitter. tagar tersebut merupakan bentuk protes terhadap CEO indosat yang pro terhadap  rezim pemerintahan yang kotor dan antikritik.


                                             





4. Aksi Boikot TopSkor Desember 2017

ini mungkin merupakan aksi boikot paling aneh yang pernah terjadi di indonesia. kenapa demikian, aksi boikot TopSkor justru dilakukan oleh kubu Pro dan Kontra secara bergantian. Tagar Boikot TopSkor berawal dari sebuah cuitan salah seorang jurnalis TopSkor leewat akun @ZoelFick yang mengkritik Ustad Abdul Somad, Jurnalis TopSkor mengkomentari kejadian UAS yang ditolak masuk ke negara Hongkong yang pada saat itu UAS bakal mengisi kajian disana. Banyak netizen kemudian mengganggap tweet tersebut provokatif bahkan sudah menghina UAS, Tweet tersebut akhirnya juga berimbas kepada TopSkor sendiri, Tagar #BoikotTopSkor mengudara dijagat twitter, aksi tersebut juga merpakan bentuk protes terhadap jurnalis yang bersangkutan dan meminta pimpinan redaksi TopSkor untuk segera memecat yang bersangkutan.

Selang beberapa waktu kemudian redaksi TopSkor mengumumkan secara resmi bahwa jurnalis @ZoelFick sudah tidak bekerja dan berkaitan dengan TopSkor lagi. pemecatan tersebut justru kembali menjadi perbincagan panas di media sosial, banyak dari kalangan jurnalis dan netizen memprotes tindakan tersebut pemecatan yang dilakukan TopSkor,banyak pihak yang menganggap TopSkor tidak menghargai kebebasan pendapat dan melakukan persekusi. akibat hal tersebut tagar #BoikotTopSkor Ramai kembali namun kali ini justru datang dari orang orang yang bersimpati terhadap @ZoelFIck. 







5.  Aksi Boikot Uninstall Bukalapak (February 2019)

Baru -Baru ini jagat media sosial kembali dihebohkan dengan hastag #UninstallBukalapak, tagar tersebut mengudara setelah tweet dari CEO bukalapak mas Achmad Zaky, Tweet tersebut berisi protes achmad Zaky terhadap dana R&D indonesia yang sangat kecil dan kalah dari malaysia dan singapura, diakhir tweet terdapat kalimat "semoga Presiden baru bisa menaikkannya". kalimat tersebutlah yang kemudian ramai diperbincangkan. Tagar #uninstallBukalapak kemudian muncul dan menjad trending topik di twitter indonesia. setelah  trendingnya tagar tersebut Achmad Zaky segera meminta maaf dan mengklarifikasi bahwa tweet tersebut bukan merupakan affiliasi terhadap dukungan calon presiden ke pihak tertentu. 





mungkin itu saja dari TS, sebenarnya banyak aksi boikot diindonesia terhadap suatu produk, seperti boikot gojek karena gojek dianggap mendukung LGBT sama, boikot produk pendukung israel, produk china,  kalau menurut agan agan sekalian gerakan boikot mana paling berhasil, paling lucu atau paling ga guna ?? 

4
9.2K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.