c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kupas Tuntas Tentang "Unicorn"


Unicorn !! Apa sih itu unicorn ? Bahkan di debat capres pun terdengar nama Unicorn hingga bapak Prabowo pun seperti bingung maksud dari unicorn hingga menegaskan bahwa apakah maksudnya bisnis online. Memang unicorn lebih dikenal sebagai mahluk mitologi dibandingkan bisnis online, yuk lah cuyy kita bahas.



Unicorn secara mitologi Menurut Dorothy Ann Bray, seorang ahli dari McGill univrrsity Canada. Mahluk yang muncul dari kisah unicorn di awali dari cerita warga dan interpretasi yang salah dari badak bercula.

Legenda unicorn sebenarnya diawali dari adanya buku fabel anonim berjudul Physiologus. Buku yang berasal dari abad ke 2 dan bertempat di Alexandria Mesir. Kemudian di abad pertengahan buku fabel tersebut dijadikan mitos ketika para pengarang kisah hewan monster atau bestiary meluaskan dari makna unicorn menjadi simbol kristus dan juga kemurnian.

Hingga berhembuslah kisah mitos dimana hanya seorang perawan yang dapat menjinakkan unicorn, hewan kuda putih yang bercula sedangkan culanya dapat dipakai untuk berbagai macam penyakit.



Hingga akhirnya ditemukanlah fisik unicorn oleh peneltian para ahli Rusia di siberia, berupa fosil hewan purba namun fisiknya bukan kuda namun mirip dengan badak yang ada di ujung kulon. Tapi karena berada di Siberia yang diliputi salju mahluk tersebut mempunyai kulit dengan bulu yang tebal, berbeda dengan badak di masa sekarang.



Menurut penelitian juga badak unicorn ini, ketika di uji dengan radio karbon, mampu bertahan minimal 39 ribu tahun lalu hingga 35 ribu, berarti hewan ini hidup di masa manusia modern dan juga Neandherthals. Badak ini punah karena iklim Siberian di masa itu, setidaknya inilah mahluk nyata unicorn yang ada sedangkan yang berbentuk kuda hanyalah sebuah mitos.



Di dalam perjalanan waktu hingga merambah dunia digital unicorn mulai bergeser maknanya. Unicorn pun masuk menjadi bahasa yang digunakan oleh bisnis startup dimana mereka yang mempunyai valuasi tidak lebih dari US$1 miliar itu yang disebut unicorn.

Istilah ini telah hadir sejak 2013, yang diawali dari Aileen Lee salah seorang pemgusaha di bisnis online. Cara menentukan valuasi sendiri ini dilihat dari berbagai aspek seperti jumlah dan nominal transaksi, lalu jumlah pengguna, teknologi produk, serta kualitas tim, dan juga kompetitor.



Namun perlu di ingat valuasi hingga mendapatkan titel unicorn, tidak selalu si perusahaan startup itu harus memperoleh keuntungan. Namun dinilai dengan proses yang melibatkan berbagai pertimbangan banyak faktor. Termasuk diantaranya perkiraan akan pertumbuhan bisnis perusahaan tersrbut dalam jangka panjang.

Perlu kita ketahui saat ini dari hasil riset CB Insight, sampai Januari 2019 ternyata ada 300 unicorn di seluruh dunia. Bahkan ada unicorn yang sudah 'naik kelas' dengan mendapatkan status sebagai decacorn (valuasi US$10 miliar) dan hectocorn (valuasi US$100 miliar).



Di Indonesia sendiri hadir 4 perusahaan startup yang mendapatkan titel Unicorn yaitu Bukalapak, Gojek, Traveloka, dan Tokopedia.

Bagaimana gan kamu masih bingung dengan istilah unicorn, semoga thread ini membawa manfaat untuk agan. Dan jangan lupa berdoa setelah membaca agar hidup kita semakin ceria dengan adanya kedamaian di hati.

emoticon-nyantaiemoticon-nyantaiemoticon-nyantai



Serupuutt dolo..



created by c4punk@2019

Referensi tulisan Disini, Disini







Diubah oleh c4punk1950... 20-02-2019 07:19
17
7.5K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.