fancew
TS
fancew
Ini Cara Ane Tetap Salat 5 Waktu Saat Jalan-jalan ke Luar Negeri
emoticon-Travelleremoticon-Traveller emoticon-Traveller

Jalan-jalan ke luar negeri, tepatnya ke negara yang bukan mayoritas muslim, salah satunya yang paling kepikiran adalah... Gimana solatnya ntar?

Jujur ini juga yang ane pikirin waktu ke Korea waktu itu gan (baca: Berapa Sih Budget Jalan-jalan ke Korea Selatan?). Ane bingung gimana ntar salat zuhurnya, apalagi ane kan berangkat ke luar itu jam 8 pagi dan baru pulang jelang tengah malam. Jadi bingung deh gimana salat zuhur dan asarnya.

Belajar dari pengalaman, sekarang ane mau sharing ke agan gimana caranya ane tetap menjalankan solat 5 waktu di sana meski ane tinggal di kamar yang dorm.

Download aplikasi waktu salat - Prayer Times


Foto: Dok. Pribadi

Sebenernya ini aplikasi emang selalu ada di smartphone sih meski nggak ke luar negeri hehe. Soalnya kan kalo di dalam ruangan suka nggak kedengaran adzan ya, jadi bisa tau waktu salat juga. Di luar negeri juga aplikasi ini berguna banget, mulai dari tau waktu salat karena kan beda ya waktunya dari Indonesia. Pastikan aja GPS aktif karena apps ini akan nyesuain dengan lokasi setempat.

Pakai penunjuk arah qiblat - QiblaFinder


Foto: Dok. Pribadi

Kalau ini apps-nya buat nyari kiblat yang menurut ane paling oks. Setau ane, ini adalah produk Google yang bisa diakses di https://qiblafinder.withgoogle.com/ gansist. Menurut ane yang bikin beda adalah kita pakai fitur kamera di hape sambil ngarahin ke berbagai arah. Nantinya, kalau udah pas akan muncul Ka'bah-nya dan jaraknya berapa kilometer dari lokasi kita. Dari webnya ane baca, Qibla ini akan menghadap Ka'bah di Grand Mosque, Mekah. Dengan menggunakan lokasi kita via GPS dan lokasi latitude plus longitude Ka'bah, jadi hasilnya emang akurat banget. Makanya pastiin dulu agan kalibrasi kompas di smartphone agan supaya arahnya bisa semakin akurat.

Menjamak waktu salat


Foto: Dok. Pribadi

Ini adalah salah satu yang sering ane lakuin kalau lagi jalan-jalan. Setau ane, kita boleh menjamak waktu salat dengan syarat perjalanan kurang lebih 83 km dari tempat domisili kita. Selama perjalanan dan selama kita tinggal (dari pendapat jumhur ulama, boleh menjamak asalkan kita bepergian kurang dari 4 hari, kalau lebih berarti kita harus tetap melaksanakan salat 5 waktu sesuai waktunya). CMIIW ya gan!

Ane biasanya salat zuhur dan asar di waktu asar alias jamak ta'khir, dengan cara balik dulu ke hotel kalau udah masuk waktunya salat asar gitu. Soalnya kalau zuhur biasanya masih tengah hari ya, kecuali kita mau berangkat siang, baru deh ane nunggu waktu zuhur dulu biar bisa jamak sekalian asar. Buat magrib dan isya, ane solatnya biasanya di isya karena waktu salat isya cenderung panjang.

Cari tempat salat di dalam kamar

Tinggal di dorm emang punya kelebihan: murah. Namun buat kita yang muslim dan butuh tempat solat, kadang suka nggak enak ya karena bingung mau salatnya gimana. Pengalaman ane sih, ane cari qiblatnya di sebelah mana, terus ane cari posisi pojokan (kalo ada) di mana penghuni lainnya nggak mondar-mandir jadi nggak mengganggu gitu.

Biasanya juga, para penghuni lainnya itu cuek-cuek aja asalkan kita gak mengganggu mereka. Ane pernah di Thailand waktu itu lagi salat zuhur di dorm, terus ada bule yang ngeliatin, pas ane selesai salat dia senyum terus nanya habis ngapain? Ya udah ane jelasin aja habis berdoa. Mereka sih ngerti aja karena emang berdoa kan urusan pribadi, palingan mereka cuma kepo karena mereka nggak familiar ya. Beberapa hostel juga ada yang menyediakan praying room atau kalau kita punya uang lebih, mending nginap aja di private room emoticon-Big Grin

Jangan lupa bawa sajadah kecil/sajadah kepala

Pastinya selain mukena/sarung, bawa aja sajadah kepala yang ringkas. Bahkan ada kan ya paketan mukena yang tempatnya udah bisa jadi sajadah kecil. Tujuannya sih buat melindungi kepala nggak kotor saat sujud, juga jadi penunjuk arah qiblat juga. Kalo ane sih udah punya pouch yang isinya sajadah kecil dan mukena travel yang super ringkas.

Kira-kira itu sih gansist yang menurut ane essential, secara ya mau di manapun juga kita yang umat muslim emang punya kewajiban buat salat 5 waktu. Jangan sampai gara-gara kita jalan-jalan malah lupa waktu salat, justru karena kita lagi jalan-jalan, kita jadi lebih bersyukur karena masih dikasih rezeki lebih, waktu, dan kesehatan buat jalan-jalan.

Kalau gansist mau nambahin lagi atau kasih saran, boleh banget loh. Makasih udah baca thread ane ya gansist emoticon-Rate 5 Star

46
11.5K
110
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.