partaioliang
TS
partaioliang
Terobosan Baru, Konsep Aribag Untuk Para Biker
Lazimnya, airbag sebagai fitur keselamatan biasanya terdapat di kendaraan roda empat. Kehadiran fitur ini bertujuan untuk menghindari pengendara dari benturan – benturan membahayakan apabila mobil mengalamai kecelakaan. Dan penerapan fitur ini ternyata berhasil memperbesar persentase keselamatan pengendara ketika terjadi kecelakaan.


Ternyata kehadiran airbag juga didambakan oleh pengendara motor Gan. Alasannya sih udah pasti untuk kebutuhan keselamatan berkendara. Beberapa kali perusahaan aksesoris sepeda motor telah mencoba merancang airbag untuk sepeda motor. Diantaranya perusahaan Dainese dan Alpinestar yang telah melakukan percobaan terhadap rancangannya.

Terobosan tersebut baru – baru ini juga dilakukan oleh sebuah perusahaan di bidang keselamatan berkendara. Mereka merancang airbag untuk pengendara sepeda motor yang diberi nama Airbag for Bike. Rancangan ini terinspirasi dari kursi pelontar pesawat tempur yang digunakan militer.


Berbeda dengan airbag di mobil yang hanya melindungi tubuh bagian atas, airbag ini di desain untuk melindungi seluruh bagian tubuh termasuk bagian punggung dan kaki. Sekilas desainnya terlihat seperti kepompong. Airbag ini dipasang pada jok motor dan akan bereaksi jika sensor menyatakan telah terjadi kecelakaan.

Sistem ini menggunakan sensor gyroscope yang mampu mengkalkulasikan daya benturan. Jika diperlukan, sistem ini akan melepaskan jok dari sepeda motor dan dalam waktu sepersekian detik airbag akan mengembang dan melindungi pengendara dari benturan. Sebenarnya ide ini sudah diutarakan sejak 2013 lalu dan baru – baru ini kembali menjadi pembahasan.

 


7
6.9K
65
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.