sandiuntotAvatar border
TS
sandiuntot
Charta Politika: Debat Pilpres Kedua Jokowi vs Prabowo 6-1
DetikcomJakarta - Charta Politika menilai Jokowi menang telak di debat kedua Pilpres 2019. Seperti apa penilaiannya?

"Jokowi mendominasi semua segmen. Namun di segmen keenam imbang lah. Penutupnya Prabowo sempat menarik emosi pas membantah mengenai tanah itu HGU, tapi ketika dia bicara lebih baik buat saya daripada asing itu antiklimaks. Tapi imbang lah, jadi skornya 6-1. Jokowi dapat poin di semua sesi, Prabowo dapat satu sesi," kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, kepada wartawan, Minggu (17/2/2019).

Di sesi pertama, Yunarto memandang secara teknis jelas Jokowi lebih unggul dari data pencapaian, sisi emosi juga. "Cuma ada slip of tongue dan ada jeda 3 detik waktu bicara soal lingkungan hidup," katanya.
Baca juga: Adu Greget Jokowi dan Prabowo Soal Startup Unicorn

Sementara dari segi kualitas data debat, Jokowi dinilai unggul di sesi kedua. Tentang infrastruktur Jokowi langsung bicara angka. "Sebenarnya Prabowo bisa mengimbangi kalau tidak menggunakan contoh ketika menyerang, misal soal LRT Palembang dan Bandara Kertajati. Terlihat Jokowi sudah menyiapkan jawaban sehinga lubang yang ada tidak bisa diserang Prabowo," kata Yunarto.

Sepanjang debat Prabowo dinilai Yunarto seperti sedang orasi. Suasana debat memanas memasuki sesi ketiga setelah Jokowi menohok Prabowo.

"Sesi ketiga sesi yang paling panas dari semua sesi karena sudah masuk saling membuka borok. Yang paling terlihat skak mat Jokowi terkait kritik Prabowo terkait redistribusi lahan yang dijawab dengan inkonsistensi Prabowo yang ternyata selama ini menguasai lahan dalam jumlah besar," kata Yunarto.
Baca juga: Prabowo Akui Kuasai Ratusan Ribu Hektare Lahan di Kaltim dan Aceh

Jokowi lagi-lagi dinilai unggul atas Prabowo Subianto di segmen keempat debat kedua Pilpres 2019. Kali ini keunggulan Jokowi disumbang dari pengakuan dan pujian Prabowo. Dan di sesi kelima, blunder Prabowo soal unicorn bikin untung Jokowi.

"Blunder terbesar Prabowo dari semua segmen. Karena di sesi unicorn, Prabowo bukan hanya tidak tahu unicorn tapi soal duit yang bisa lari ke luar itu punya efek negatif ke elektoral ke segmen terbesar, milenial," pungkas Yunarto.

=========

Prabokers terguncyang bgt serangan2 tak terduga & mematikan dari Jokowi emoticon-Ngakak
Makanya jgn ngaku sok pahlawan kesiangan rakyat anti aseng asong ker.. dibalikkan jokowi ke muka loe lgsg pusink 7 kelilink loe .. terpercik muka sendiri loe praboker nguik2.. sok jago debat, taunya cengeng,, getu aja ngadu bawaslu lu hehe
:ngekeh
tien212700
tien212700 memberi reputasi
22
7.6K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.