officialgarasiAvatar border
TS
officialgarasi
Mobil Terasa Boros BBM, Simak Faktor Penyebabnya
Mobil terasa lebih boros bahan bakar minyak (BBM) dibanding biasanya, faktornya bukan hanya dari cara berkendara si pengemudinya, tapi masih ada beberapa penyebab lainnya untuk diperhatikan. Apalagi harga BBM terus naik saat ini, faktor irit semakin jadi perhatian pemilik kendaraan bermotor. 

Tentu apabila didiamkan, Sahabat bisa merogoh kocek lebih dalam karena mobil lebih sering tenggak BBM. Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat perlu deteksi sejak awal. Berikut beberapa faktor yang bisa buat mobil boros. 




Pertama, bahan bakar yang kotor dan membuat mesin bertumpuk kerak, sehingga kerjanya semakin berat. 

"Jadi bahan bakar itu tidak semuanya bersih, jadi lama kelamaan pasti akan ada penumpukkan misalnya seperti kerak di dalam mesin, kemudian juga di saluran injektornya pasti dia akan lebih boros," kata Om Heron dari bengkel R Speed yang dilansir dari laman KOMPAS.com, Kamis (4/10/2018). 

Baca Juga: Mau Mobilmu Irit Bahan Bakar? Simak 7 Cara Ampuh Ini

Kedua, kondisi filter udara yang mengalami penumpukan debu, di mana ini membuat saluran udara mampet. Jadi memang jangan abaikan servis berkala. 

Ketiga, pemakaian bahan bakar yang tidak tepat, terutama yang tak sesuai dengan kompresi mesin mobil. "Saat ini tak mungkin kita pakai Premium bisa lebih bagus kondisinya, tidak. Jadi pilih bahan bakar yang bagus," ujar Heron. 

Keempat, terkait dengan setelan klep. "Ketika mobil boros, bisa jadi juga permasalahan ada di setelan klep, jadi perlu dicek ulang setelannya dan disesuaikan kembali kerenggangannya," ucap Heron. 

Kelima, bisa juga dari sisi ban, di mana kembangannya sudah botak. Ini membuat daya cengkeram kurang dan mudah spin, sehingga putaran mesin naik. Bisa juga karena tekanan angin ban tak sesuai, dan modifikasi ban yang lebih besar dari ukurannya.

Sumber : Garasi.id

Diubah oleh officialgarasi 04-02-2019 07:01
1
2.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.