• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Belajar Dari Finlandia Dimana Para Pelajar Ke Sekolah Dengn Sepeda Walau Musim Dingin

ayokitakemanaaAvatar border
TS
ayokitakemanaa
Belajar Dari Finlandia Dimana Para Pelajar Ke Sekolah Dengn Sepeda Walau Musim Dingin
Bagaimanakah cara gan sis dulu pergi ke sekolah? Jalan kaki bareng temen? Naik sepeda? Naik angkutan umum? Naik jemputan sekolah atau dianter oleh orang tua? Saat ane masih SD hingga SMP, kebanyakan temen-temen ane naik jemputan dan naik angkutan umum. Ane sendiri lebih sering dianter orang tua, karena kebetulan sekolah ane dan abang ane searah dengan tempat kerja bokap. Beberapa teman ane yang tinggal di deket sekolah memilih untuk pergi dengan jalan kaki atau naik sepeda. 


Masuk ke zaman orang tua ane, mereka mengatakan bahwa anak zaman dulu mayoritas jalan kaki dan naik sepeda. Hanya yang "kaya" saja yang berangkat dengan kendaraan. Itupun jumlahnya sedikit.


Masuk ke zaman sekarang, dimana angkot sudah sepi dari anak sekolahan. Kebanyakan anak-anak pergi seokolah dianter oleh orang tuanya. Sedangkan sebagian lagi memilih ke sekolah dengan naik motor bahkan mobil. Ane sering lihat anak-anak SMP bahkan SD mengisi jalan raya dipagi hari. Mereka mengendarai motor dengan penampilan mencolok, tanpa helm, seragam sekolah dan ngebut seenaknya. Seperti orang yang punya nyawa sembilan. 



Ane sering denger alasan orang tua mengizinkan anaknya pergi ke sekolah dengan membawa kendaraan, selain jaraknya jauh, ga ada kendaraan dan sebagainya. Kenapa orang tuanya mengizinkan bawa motor dan tidak nyuruh anaknya naik sepeda ke sekolah? hmm, mungkin gengsi.



Berbeda dengan Finlandia, negara yang terkenal dan disebut sebagai salah satu negara yang memiliki pendidikan terbaik di dunia. Murid-muridnya ke sekolah tidak ada yang membawa kendaraan pribadi. Semuanya ke sekolah menggunakan sepeda. Bahkan saat di musim dinginpun mereka masih naik sepeda ke sekolah. Coba gan sis bayangin, musim dingin, dengan suhu -17 derajat celcius, salju dimana-mana, jalanan licin dan naik sepeda. 





Hal ini dilakukan, karena mereka beranggapan dengan bersepeda ke sekolah adalah aktivitas yang menyehatkan. Bersepeda ke sekolah saat musim dingin ini juga menjadi sorotan dunia. Beberapa netizen berpendapat bahwa bersepeda pada musim dingin ternyata hal yang menyenangkan. Netizen lainnya berpendapat saat itu dirinya pernah menjadi murid pertukaran di Finlandia, dan semua pelajar hingga mahasiswa pergi dengan menggunakan sepeda. Bahkan ada netizen yang berkomentar bahwa Asia seharusnya belajar dari Finlandia dan berhenti bangga dengan memiliki dua hingga tiga kendaraan di rumah. 


Walau begitu, bersepeda pada musim dingin bukanlah hal yang mudah. Namun, pemerintah Finlandia sudah mendesain agar jalanan disana agar masih tetap nyaman saat musim digin sekalipun. 


Jadi, kapan Indonesia bisa kayak Finlandia?

Ya tunggu aja, tunggu semua orang terus-terusan nyalahin pemerintah.

Emang pemerintah yang salah sih.



ElviHusna
ElviHusna memberi reputasi
7
8.7K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.