physicsonthesky
TS
physicsonthesky
Mengalami Masalah, Apollo 14 Tetap Berhasil Mendarat di Bulan

Patch Apollo 14

nasa.gov


Apollo 14 adalah misi pendaratan manusia di Bulan ketiga Amerika Serikat. Misi ini membawa 3 kru, yaitu Komandan Alan Shepard, komandan Module Pilot Stuart Roosa, dan Lunar Module Pilot Edgar Mitchell. Mereka diluncurkan pada 31 Januari 1971.


Kru Apollo 14. Dari kiri ke kanan: Komandan Module Pilot Stuart Roosa, komandan Alan Shepard, dan Lunar Module Pilot Edgar Mitchell

nasa.gov


Sebelumnya mereka dijadwalkan oleh NASA untuk ke Bulan pada misi Apollo 13, tapi karena Shepard baru sembuh dari penyakit Meniere (penyakit dengung pada telinga), akhirnya mereka diundur dan dipindahkan ke misi Apollo 14.

Mereka diluncurkan ke Bulan dengan menggunakan roket Apollo. Peluncuran dilaksanakan di Kennedy Space Center, Florida. Peluncuran mengalami delay selama 40 menit karena faktor cuaca.


Apollo 14 saat diluncurkan

nasa.gov


Selain pada cuaca, masalah juga terjadi pada Lunar Module. Saat di orbit Bulan, software di Lunar Module mengalami error. NASA, bekerja sama dengan Massachusetts Institute of Technology segera mencari solusi. Mereka melakukan pemrograman ulang pada software. Software yang sudah di modifikasi dikirim ke Lunar Module dengan frekuensi suara.

Selain itu, masalah juga terjadi pada radar Lunar Module. Radar tidak dapat "mengunci" ke Bulan. Hal ini menyebabkan radar tidak dapat menunjukan ketinggian Lunar Module dari permukaan Bulan. Setelah para astronot melakukan perbaikan, akhirnya radar dapat bekerja dengan normal tepat pada waktunya. Shepard dan Mitchell pun berhasil mendarat di kawah Fra Mauro pada 5 Februari, sedangkan Roosa berada di orbit Bulan.


Astronot Alan Sheppard di Bulan

nasa.gov



nasa.gov


Saat menginjakkan kaki di Bulan, Shepard mengucapkan "And it's been a long way, but we're here." Di permukaam Bulan, Shepard dan Mitchell melakukan penelitian geologi, dan mengambil 49 kg sampel batu Bulan, sedangkan Roosa memotret Bulan dari orbit, dan mencari lokasi pendaratan untuk misi selanjutnya.

Setelah menghabiskan waktu 33 setengah jam di Bulan, mereka pun kembali ke Bumi. Mereka mendarat di Laut Pasifik pada 9 Februari, dan dijemput dengan menggunakan kapal USS New Orleans.



Modul Kru Apollo 14

nasa.gov


Sumber:
National Aeronautics and Space Administration - https://www.nasa.gov/mission_pages/a.../apollo14.html
Wikipedia - https://en.m.wikipedia.org/wiki/Apollo_14

Physics On The Sky

Line: @ROT9595H
Instagram: physicsonthesky
Facebook: Physics On The Sky

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo emoticon-Matabeloemoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
8
9.6K
139
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.