moniicacindy
TS
moniicacindy
Petani Di Negara yang katanya Agraris

Leluhurku kakek, nenek ku, ayah ibu ku petani

Sawah terbentang air melimpah kehidupan sangatlah indah

Saat akhirnya mereka bertandang bahwa janji mimpi juga uang

Menyalahkan aku menjadi petani yang tak kaya dan miskin rezeki

Salahkah ku menjadi petani

Bertahan tuk jadi petani

Meski selebar dahi sepanjang bahuku tanah ini untuk anak cucuku

Hingga pabrik datang

Sawah perlahan menghilang

Hingga pabrik tiba

Petani di penjara

Petani di benci pemimpinnya

Ada juga yang di derai

Ada pula yang hilang nyawanya, hilang hidupnya

Sawah perlahan menghilang

Hingga pabrik tiba

Petani memburuh ke kota

Petani di benci pemimpinya

Ada pula yang hilang nyawanya, hilang hidupnya

Spoiler for Sumber:



Mungkin itu adalah kutipan, dari Lirik Lagu Petani, karangan Iksan Skuter yang cukup menyentuh dan mungkin mewakili segelintir petani saat ini, tapi apakah lirik lagu tersebut merupakan kenyataan? mengenai Kesejahteraan petani di Negera Indonesia? 

Petani Di Negara yang katanya Agraris
Menelisik dari kehidupan petani di Indonesia, Negeri yang katanya sektor pertanian atau penduduk yang mayoritasnya memiliki mata pencaharian pada sektor pertanian atau agraris. Apakah sudah sejahtera? atau malah sebaliknya? Negeri yang katanya agraris malah tidak sejahtera para petani nya.

Dikutip dari katadata.co.id

Indeks Nilai Tukar Petani pada Agustus 2018 turun 0,49% ke level 102,56 dari posisi akhir tahun lalu, ini mengindikasikan daya beli petani sepanjang tahun ini mengalami penurunan.

Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar masyarakatnya hidup dari sektor pertanian. Namun, nasib para petani di tanah air seperti tidak banyak mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Ini tercermin dari indikator kesejahteraan petani, yakni indeks Nilai Tukar Petani (NTP) yang cenderung bergerak datar seperti terlihat pada grafik di bawah ini.

Data Badan Pusat Statistik mencatat NTP pada Agustus 2018 berada di level 102,56, yang berarti turun 0,49% dari posisi akhir 2017. Ini mengindikasikan bahwa daya beli (kesejahteraan) petani sepanjang tahun ini turun 0,49%. Sementara upah rata-rata riil buruh pertanian pada Agustus 2018 sebesar Rp 37.863/hari, naik 0,95% dari posisi akhir 2017. Rendahnya upah buruh tani, minimnya lahan yang dimiliki, serta harga jual produk pertanian tidak menguntungkan para petani membuat indikator kesejahteraan petani belum mampu bergerak lebih jauh. 

Meskipun harga-harga bahan pangan (pertanian) sering mengalami kenaikan seperti saat menjelang puasa dan lebaran, tapi tidak banyak berdampak terhadap para petani. Sebab yang mendapat untung besar adalah para spekulan dan bukan petani.

Sumber

pada Kenyataan nya, Setiap tahun Indonesia Impor beras dari Thailand, dan itu akan terus berlangsung setiap tahun nya. Tercatat, Impor beras Indonesia dari Thailand terbesar terjadi saat Indonesia dilanda Krisis Financial pada tahun 1998-1999.

Indonesia, setiap tahun mendatangkan beras dari negara tetangga yaitu Thailand untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri, Berdasarkan data dari Perserikatan Bangsa Bangsa impor beras dari thailand terbesar terjadi saat krisis moneter, yaitu tahun 1998-1999 seperti dilihat pada data dibawah.

Berdarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) impor beras Indonesia dari Negeri Gajah Putih periode Januari-Oktober 2018 mencapai 780 ribu ton dengan nilai US$ 377,75 juta. Impor beras tersebut setara dengan 36,45% dari total impor beras yang mencapai 2,14 juta ton dengan nilai US$ 933 juta. Volume impor dari Thailand tersebut merupakan yang terbesar ketiga sejak 1999. Produksi beras nasional 2018 diprediksi mencapai 32,42 juta ton dari 56,54 juta ton produksi padi (gabah kering giling/gkg). Sementara konsumsi beras 29,57 juta ton sehingga diperkirakan surplus 2,85 juta ton.


Fakta Mengenai Daya Beli Petani 2018 Hanya Naik 0,1%
Naiknya harga gabah serta terkendalinya laju inflasi membuat NTP mengalami kenaikan pada Desember tahun lalu. 

Indikator kesejahteraan petani sepanjang 2018 sedikit membaik. Ini tercermin dari nilai tukar petani (NTP) bulanan yang hanya naik 0,04% ke level 103,17 pada Desember dibanding  bulan sebelumnya. Alhasil, NTP tahunan hanya naik 0,1% dari posisi akhir tahun 2017 di posisi 103,07. Sebagai informasi NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan/daya beli petani di perdesaan.

Naiknya harga gabah serta terkendalinya laju inflasi membuat NTP mengalami kenaikan pada Desember tahun lalu. Kenaikan NTP tersebut ditopang oleh naiknya indeks harga yang diterima oleh petani (lb) pada Desember tahun lalu sebesar 0,54% menjadi 138,16 dari bulan sebelumnya. Sementara indeks harga yang di bayar oleh petani (lb) hanya naik 0,50% menjadi 133,93 dari bulan sebelumnya. NTP subsektor tanaman pangan pada Desember 2018  mengalami kenaikan terbesar, yakni 0,75% dari bulan sebelumnya, kemudian diikuti subsektor NTP peternakan yang juga naik 0,17. Sementara subsektor lainnya seperti NTP perkebunan rakyat justru mengalami penurunan sebesar 1,16% dari bulan sebelumnya, NTP perikanan (0,04%) dan NTP Hortikultura (0,02%).


Apakah saat ini sudah bisa dikatakan bahwa petani kita sejahtera? pada beberapa waktu yang lalu ada salah satu Mentri di Indonesia mengatakan. 



Padahal Nyatanya apakah sesuai antara yang disampaikan dengan kenyataan dan data yang ada? terlebih lagi Lahan Panen padi terkonsentrasi hanya di Pulau Jawa saja.


Lahan panen padi Indonesia masih terkonsentrasi di Pulau Jawa dengan total luas mencapai 7 juta ha atau hampir separuh dari lahan panen padi nasional.

Menurut data Kementerian Pertanian, luas lahan panen padi pada 2017 meningkat 4,17% menjadi 15,79 juta hektare (ha). Jumlah tersebut terdiri dari luas lahan padi sawah seluas 14,63 juta ha dan padi ladang 1,16 juta ha. Jawa Timur merupakan provinsi dengan luas lahan panen padi terbesar, yaitu 2,29 juta ha atau sekitar 15% dari total luas lahan. Menurut angka ramalan II, Jawa Timur dapat memproduksi hingga 13,13 juta ton.

Provinsi dengan luas lahan panen terbesar kedua adalah Jawa Barat yaitu seluas 2,12 juta ha (13,44%), diikuti oleh Jawa Tengah dengan luas 2,01 juta ha (12,74%). Berdasarkan data tersebut, lahan panen padi Indonesia masih terkonsentrasi di Pulau Jawa dengan total luas mencapai 7 juta ha atau hampir separuh dari lahan panen padi Nasional. Sementara itu, wilayah dengan luas lahan panen terkecil adalah Maluku dan Papua, hanya sebesar 114 ribu ha. Kedua wilayah tersebut merupakan daerah dengan produksi padi terendah. Minimnya pasokan membuat harga beras di Papua dan Maluku lebih mahal dibanding daerah lainnya.

CITA CITA
apakah ada yang di ajarkan saat masih sekolah dahulu, bahwa petani adalah sebuah cita cita yang mulia? atau pemberian opini dan pembentukan paradigma mengenai pekerjaan sebagai petani? yang mana pekerjaan petani adalah salah satu pekerjaan yang membanggakan, pekerjaan yang bisa hidup sejahtera? nyatanya?

Quote:


Harapan
Melakukan aksi secara bersama dalam kegiatan on-farm maupun off-farm, artinya bahwa petani sudah tidak bisa lagi sendiri-sendiri atau tercerai berai. Dengan bersama-sama, mereka bisa membangun komunitas, membangun kelembagaan, menyatukan persepsi, belajar bersama, saling memberikan motivasi, dan fungsi kontrol sosial.


Dengan bekal komunitas ini petani lebih mudah merancang sistem produksi, peningkatan produksi pertanian dan produktivitas sumberdaya serta mudah membangun kemitraan. Jika sudah sampai pada tahap ini, maka pihak lain terutama pemerintah sudah tidak bisa tinggal diam. Pemerintah harus mampu menginisiasi komunitas-komunitas seperti ini menjadi aset pembangunan pertanian. Dukungan sarana dan prasarana wajib diberikan kepada komunitas dan masyarakat.

Regulasi dan pengaturan berbagai hal dengan pembanguna pertanian harus menjadi salah satu prioritas dalam peningkatan kesejahteraan petani. Anggaran yang diperuntukkan dalam sektor pertanian disiapkan dengan mekanisme yang sederhana tanpa harus melupakan kaidah amanah dan transparansi. Yang penting bisa langsung menyentuh dan tidak bocor kemana-mana.

Btw : Almarum ayaku adalah seorang Petani

Sumber : katadata.co.id
Sumber : Google.co.id

Sumber : youtube.com
sumber : Hati nurani
Diubah oleh moniicacindy 15-02-2019 07:01
11
17.5K
139
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.