• Beranda
  • ...
  • Movies
  • 'O.G.', Film Terbaru HBO yang Libatkan Narapidana dan Staf Penjara Asli

ronzstagramAvatar border
TS
ronzstagram
'O.G.', Film Terbaru HBO yang Libatkan Narapidana dan Staf Penjara Asli


Pernah membayangkan sebuah film tentang kriminal dan kehidupan di penjara diperankan oleh para narapidana asli yang mendekam di penjara tersebut? Bahkan staf penjaranya pun asli! Itulah yang coba ditawarkan HBO dalam produksi originalnya, sebuah film yang dibintangi aktor peraih piala Golden Globe yaitu Jeffrey Wright, berjudul 'O.G.'. Film ini akan tayang pada 24 Februari pukul 10:00 WIB eksklusif di HBO GO dan HBO. Tayang ulang di hari yang sama pukul 22:30 di HBO.

Berkisah tentang Louis (diperankan oleh Jeffrey Wright), yang pernah jadi ketua geng terkenal di dalam penjara. Cerita berangkat di minggu-minggu terakhirnya setelah menghabiskan hukuman selama 24 tahun. Jelang pembebasannya, Louis mengalami konflik ketika ia menerima kehadiran seorang pendatang baru bernama Beecher (diperankan oleh Theothus Carter), yang sedang didekati oleh pengurus geng, di bawah kekuasaannya. Konflik lain dihadapi Louis karena dia harus berusaha melupakan kejahatan yang dilakukannya. Juga tantangan kembali ke masyarakat pun membuatnya sedikit merasa ketakutan. Namun kehadiran Beecher membuat Louis sadar bahwa kebebasannya bergantung pada bagaimana perjuangannya dalam menyelamatkan sang pendatang baru.

Selain Jeffrey Wright dan Theothus Carter, 'O.G.' juga diperankan oleh William Fichtner. Film ini ditayangkan perdana dalam ajang Tribeca Film Festival di tahun 2018 lalu. Di sana, Wright memenangkan penghargaan sebagai Best Actor in a U.S. Narrative Feature Film.



Yang membuat film ini jadi unik, untuk mendukung cerita dan karakter-karakternya, proses syuting pun dilakukan di Penjara Indiana dengan pengamanan yang supermaksimal. Dalam proses syuting, para narapidana ikut ambil bagian sebagai narapidana asli. Staf penjara pun tidak ketinggalan. Hal ini merupakan terobosan karena untuk pertama kalinya HBO menggunakan staf penjara dan narapidana asli sebagai aktor dalam produksi film mereka. 'O.G.' melihat sisi kedekatan dan persistensi dalam perjalanan sosok Louis yang akan meraih kebebasannya.

Sutradara 'O.G.', Madeleine Sackler, menjelaskan alasan kenapa dia harus merekrut narapidana asli dan staf penjara asli sebagai aktor dalam film ini. Menurutnya, proses kreatif film ini berawal dari pendekatan realitas yang unik.

"Ada banyak film tentang penjara yang jadi genre tersendiri. Buatku, ketika sebuah jenis cerita jadi sebuah genre, film itu akan kehilangan keunikann atau spesifikasinya dalam bercerita. Aku ingin mengabaikan genre penjara dan memulai dari awal. Mengawalinya dengan satu karakter, pria yang siap-siap pergi setelah bertahun-tahun ada di balik jeruji. Aku berusaha melakukannya seotentik mungkin, untuk benar-benar memahami dan menggambarkan pengalaman tersebut," katanya dalam press release yang dikirimkan HBO ke KASKUS.




Sackler melanjutkan bahwa dia ingin membuat film ini sebagai sebuah karya "kolaborasi yang erat dengan mereka yang mengalaminya sendiri," dan untuk itu dia pun mencari sebuah penjara yang mau dan memiliki visi yang sama dengannya. Dia merasa beruntung ketika pemerintah Indiana yang merespons tawarannya tersebut. "Film ini tak akan berhasil tanpa kolaborasi dengan pihak penjara dan ratusan narapidana yang menghuni di sana. Dan menghasilkan dua film dari pengalaman di sana, sebuah karya fiksi dan sebuah karya nonfiksi, adalah sesuatu yang luar biasa. Kami dapat menggali berbagai tema," lanjutnya.

Lalu bagaimana dengan aktor Jeffery Wright? Ini tentu jadi pengalaman pertamanya syuting di dalam penjara asli dengan narapidana betulan. Buat Wright, proses ini justru sangat membantunya dalam pembentukan karakter dan lebih mendalami sosok Louis.

"Aku perlu masuk ke tubuh dan sosok karakter yang kuperankan, serta seperti apa jalan cerita yang ingin disampaikan. Tempat ini sangat membantu. Benar-benar tempat yang menyentuh. Ada energi yang berbeda di tempat ini. Sangat berat dan sarat dengan trauma. Tempat ini menambah pemahaman kami pada cerita, permasalahan, dan karakter yang kuperankan," katanya.

'O.G.' merupakan produksi HBO Films dan Maven Pictures Presentation bersama dengan Brookstreet Pictures, produsen Great Curve Films dari Madeleine Sackler. Tim di balik layar antara lain pengarah fotografi Wolfgang Held; editor Frédéric Thoraval; perancang produksi Michael Bricker; dan perancang kostum Heidi Bivens. Musik oleh Nathaniel Méchaly; casting oleh Richard Hicks. Executive producer film ini Sharon Chang, Kareem “Biggs” Burke, Mark Steele, Nic Marshall; dengan producer Madeleine Sackler, Boyd Holbrook, Celine Rattray, Trudie Styler, Nick Gordon, Trevor Matthews, Stephen Belber dan Ged Dickersin.
5
10.5K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.