ndikodikAvatar border
TS
ndikodik
Dampak Simbol Politik


Selamat pagi, siang, sore dan malam gan-sist para kaskuser handal di seluruh alam semesta. Moga kita tetap dalam keadaan bahagia dan sehat selalu.. Amen


Pada thread kali ini ane mau bahas Dampak Simbol Politik.



Siapa yg kagak tau kalo politik hari ini sangat besar dan menyeluruh dampatknya. Ada istilah ekonomi-politik hari ini yg sempat dijadikan pembahasan penting di setiap forum diskusi, bahkan sampai pada mata kuliah di bbrpa perguruan tinggi. Artinya bahwa politik hari ini menjadi tolok-ukur berkembangnya sebuah peradaban, mengapa ? Karena politik klo kita liat dari etimologis berbicara cara dalam mencapai sebuah kekuasaan, adapula yg memberikan makna bahwa politik itu seni bertahan hidup. Maka dari itu manusia berupaya dengan kehendak ikhtiarnya untuk mencapai apa yg ia jadikan tujuan utama. Tujuan utama ini tergantung dari pandangan dunia dan ideologi manusia tersebut, jika berpandangan materialis maka tujuan nya niscaya cenderung pada hal materi. Begitupun dengan kebijakan orang-orang berpolitik untuk negara atau wilayahnya.
Banyak orang mengalami kejenuhan dalam kebijakan yg ia rasakan. Pada ahirnya tidak sedikit orang menjadi acuh terhadap pokitik, dari keacuhan inilah dengan sendirinya mereka tergiring dan menjadi korban politik, kalo aja kita yg menjadi korban politik terus memperhatikan dan memahami kebijakan politik ini bisa saja bisa ada langkah antisipatif yg bisa kita lakukan. Simple nya gini, jika setiap kebijakan politik yg ada kita pelajari secara bersama, membuka ruanh diskusk bersama dari seluruh aspek masyarakat, yg pada hal tersebut akan ada sistem pencerdasan bersama terhadap politik.

Oke itu selayang pandang ane tentang politik yg barangkali masih perlu di sempurnakan, nah ane tunggu masukan dari gan-sist mengenai politik.
So, ane langsung aje ke point thread ini ye...

Berbicara simbol politik di indonesia hari ini, ane kira sangat mengganggu perkembangan dan stabilitas bermasyarakat kita di indonesia. Gimana engga ? Toh hari ini banyak simbol yg di pakai oleh politikus partai atau non-partai memiliki pengaruh sosial. Nih beberapa simbol politik yg fakta hari ini mengekang persepsi dan ekspresi masyarakat kita


1. Simbol Peace (Dua Jari)


Interaksi Simbolik dari "Peace (dua jari) ini sangat riskan, meski interaksi ini hanya berkutat diwilayah persepsi tapi hal ini sudah merambah ke realitas. Simbol dua jari ini sebelumnya juga bnyak berkembang pemaknaannya, pada tahun 2008 di jepang simbol ini sangat populer mengingat bahwa Victorysudah menjadi bagian hidup mereka. "V" ini melambangkan simbol kemenangan pada masa nya, makna kedamaian dari simbol ini juga sempat menjadi trend di indonesia. Makna simbol ini sekarang di rebut oleh para politikus. Hari ini orang-orang yg berfoto dengan pose dua jari melambangkan dukungan pada salah satu kandidat politik, meski pelaku foto tersebut tidak berniat melambangkan hal tersebut namun beberapa netizen mempersepsikannya berbeda. Ahirnya bagi beberapa bahkan sebagian besar orang yg berfoto dgn pose simbol tersebut merasa riskan karena takut dianggap melambangkan dukungan terhadap salah satu politikus.


2. Simbol Jempol


Simbol yg menandakan atau mewakili pernyataan kita terhadal sesuatu bahwa sesuatu itu "Oke" atau "Bagus" ini mengalami pergeseran makna. Lagi-lagi ini ulah politikus, dan lagi-lagi ini mengekang ekspresi kita dalam kseharian.

3. Es Teh Manis


Minuman yg hampir selalu ada di rumah makan dan di tempat tempat lain ini menjadi sasaran empuk bagi politikus yg jeli dalam mencari simbol. Ternyata hari ini sudah ada salah satu partai politik yg mengambil simbol ini untuk dijadikan interaksi simboliknya dalam menanam stigma tentang partai politiknya.


4. Kemeja Kotak-kotak Merah


Siapa yg ga kenal dengan simbol yg satu ini ? Interaksi simbolik yg di hasilkannya begitu berdampak pada perekonomian di beberapa wilayah, tidak bisa di pungkiri bahwa banyak orang khususnya pendukung si pemilik simbol ini berbondong-bondong mencari dan membeli kemeja tersebut. Yaa pada ahirnya ramailah lapak yg menjual kemeja tersebut. Hal ini pun kemudian menciptakan persepsi bagi orang yg tak sengaja memiliki kemeja atau bahkan yg membeli kemeja tersebut tanpa tujuan untuk mendukung si pemilik simbol tersebut. Ahirnya kita terkurung dengan simbol semacam ini.

Sementara itu yg bisa ane sampaikan gan-sist, selebihnya jika ada tambahan simbol lain silahkan hubungi ane lgsg hehehe...

Sebelum ane sudahi thread ini ada beberapa hal lagi yg ingin ane sampaikan, sapa tau ini cocok untuk di sharingkan dengan semua kaskuser yg bijaksana.

Quote:


Jangan lupa cendolnya gan-sist emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Sekian dan terima-gajih
Diubah oleh ndikodik 16-02-2019 06:52
1
1.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.