Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
509
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c15a0a1c9518b693d4330e0/lima-belas-menit
PROLOG "Masa SMA adalah masa-masa yang paling ga bisa dilupakan." menurut sebagian orang. Atau paling engga gue anggepnya begitu. Di masa-masa itu gue belajar banyak tentang kehidupan mulai dari persahabatan, bandel-bandel ala remaja, cita-cita, masa depan, sampai menemukan pacar pertama dan terakhir. Drama? mungkin. pake banget? bisa jadi. Masa Sma bagi gue adalah tempat dimana gue memb
Lapor Hansip
16-12-2018 07:47

LIMA BELAS MENIT

Past Hot Thread
LIMA BELAS MENIT



LIMA BELAS MENIT



PROLOG

"Masa SMA adalah masa-masa yang paling ga bisa dilupakan." menurut sebagian orang. Atau paling engga gue anggepnya begitu. Di masa-masa itu gue belajar banyak tentang kehidupan mulai dari persahabatan, bandel-bandel ala remaja, cita-cita, masa depan, sampai menemukan pacar pertama dan terakhir. Drama? mungkin. pake banget? bisa jadi.


Masa Sma bagi gue adalah tempat dimana gue membentuk jati diri. Terkadang gue bantuin temen yang lagi kena masalah dengan petuah-petuah sok bijak anak umur tujuh belas tahun. Gak jarang juga gue ngerasa labil sama sikap gue sendiri. mau gimana lagi, namanya juga anak muda. Kadang gue suka ketawa-ketawa sendiri dan mengamini betapa bodohnya gue saat itu.


Gue SMA di jaman yang namnya hp B*ackberry lagi booming-boomingnya. Di jaman itu juga yang namanya joget sapel-sapelan lagi hits. Mungkin kalo lo inget pernah masuk atau bahkan bikin squd sendiri terus launching jaket sambil jalan-jalan di mall mungkin lo bakal malu sendiri saat ada temen lo yang ngungkit-ngungkit masa itu. Gue sendiri paling kesel kalo adan orang petantang-petenteng dengan bangganya bilang kalu dia anggota salah satu squad sapel terkenal di ibu kota dan sekitarnya. Secara saat itu gue lebih suka nonton acara metal di Rossi Fatmawati. Playlist lagi gue juga ga jauh-jauh dari aliran metal, punk, hardcore. Mungkin itu yang ngebuat gue ga terlalu suka lagu EDM atau rap yang mumble. Atau bahkan lagu RnB yang sering ada di top 100 Joox dan Spotify. Yaaa meskipun gue sekarang lebih kompromi dengan dengerin lagu apa aja yang gue suka, ga mandang genre.


Lo percaya dengan dunia pararel? Dunia dimana ada diri kita yang lain ngelakuin sesuatu yang beda sama apa yang kita lakuin sekarang. Misalnya lo ada di dua pilihan, dan lo milih pilihan pertama. Untuk beberapa lama setelah lo ngejalanan pilihan lo mungkin lo bakal mukir ""Gue lagi ngapain yaa sekarang kalo milih pilihan yang kedua. mungkin gue lebih bahagi. Atau mungkin lebih sedih." Hal itulah yang ngebuat gue bikin cerita ini.


Oiya, nama gue Atreya xxxxx. Biasa dipanggil Treya, dengan tinggi 182 cm dan berat 75 kg (naik turun tergantung musim). Ganteng dan menawan? relatif. Nama gue mungkin aneh ntuk orang Indonesia. Tapi gue suka dengan nama ini. karena pada dasarnya gue emang gasuka segala sesuatu yang banyak orang lain suka. Gue anak kedua dari dua bersaudara. Gue lahir dan besar di Jakarta, lebih tepatnya Jakarta selatan. Ga tau kenapa ada pride lebih aja Jakarta selatan dibanding bagian Jakarta lainnya, meskipun gue tinggal di Bintaro, hehe. Bokap gue kerja di suatu kantor yang ngurusin seluruh bank yang ada di Indonesia. Meski kerja kantoran tapi bokap gue suka banget yang namanya musik. mungkin darah itu menurun ke gue. Nyokap gue seorang ibu rumah tangga yang ngerangkap jadi pebisnis kecil-kecilah dimana orderan paling ramenya dateng pas bulan puasa. mulai dari makanan kering sampe baju-baju. Kakak gue cewek beda empat tahun. Waktu gue masuk SMA berarti doi baru masuk kuliah. Kakak gue ini orangnya cantik pake banget gan. kembang sekolah gitu dah. Gue bahkan sampe empet kalo ada temen cowoknya yang sok-sok baikin gue.


Ditahun itu gue baru masuk salah satu SMA di Jakarta selatan. Disaat itu juga cerita gue dimulai






INDEX

Part 1 - MOS day
Part 2 - Perkenalan
Part 3 - Peraturan Sekolah
Part 4 - Balik Bareng
Part 5 - Masih MOS Day
part 6 - Terakhir MOS Day
Part 7 - Hujan
Part 8 - Pertemuan
Part 9 - Debat Penting Ga Penting
Part 10 - Atas Nama solidaritas
Part 11 - Rutinitas
Part 12 - Om Galih & Jombang
Part 13 - Gara Gara Cukur Rambut
Part 14 - Rossi Bukan Pembalap
Part 15 - Bertemu Masa Lalu
Part 16 - Menghibur Hati
Part 17 - Ga Makan Ga Minum
Part 18 - SOTR
Part 19 - Tubirmania
Part 20 - Bukber
Part 21 - Masih Bukber
Part 22 - Wakil Ketua Kelas & Wacana
Part 23 - Latihan
Part 24 - The Rock Show
Part 25 - After Show
Part 26 - Anak Kuliahan
Part 27 - Malam Minggu Hacep
Part 28 - Aneh
Part 29 - Kejutan
Part 30 - Dibawah Sinar Warna Warni
Part 31 - Perasaan
Part 32 - Sela & Ramon
Part 33 - HUT
Part 34 - Masuk Angin
part 35 - Kunjungan
Part 36 - Wacana Rico
Part 37 - Atletik
Part 38 - Pengganggu
Part 39 - Nasib jadi Adek
Part 40 - Boys Talk
Part 41 - Taurus
Part 42 - Klise
Part 43 - Eksistensi
Part 44 - Utas VS Aud
Part 45 - Naik Kelas
Part 46 - XI IPA 1
Part 47 - Yang Baru
Part 48 - Lo Pacaran Sama Putri?
Part 49 - Sok Dewasa
Part 50 - Masih Sok Dewasa
Part 51 - Salah Langkah
Part 52 - Penyesalan
Part 53 - Bubur
Part 54 - Bikin Drama
Part 55 - Latihan Drama

MULUSTRASI
Diubah oleh gitartua24
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rita08048 dan 38 lainnya memberi reputasi
39
Tampilkan isi Thread
Halaman 15 dari 26
LIMA BELAS MENIT
14-02-2019 22:18
ngilang kah ini
1 0
1
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 19:20
Part 36 - Wacana Rico

setelah kejadian gue sakit dan sampe meliburkan diri tiga hari ditambah sabtu minggu, gue udah kembali sekolah. banyak yang nanyain gue kenapa waktu gue masuk, dan gue cuman bisa jawab sekenanya.

keseharian gue juga bisa dibilang normal lagi, putri juga udah ga ada ngambek-ngambekan karena masalah gue jalan sama kak sela tempo hari. semuanya bener-bener balik ke normal. gue masih anter jemput putri, udah ga ada becandaan baper-baperan lagi, dan gue masih tetep jombloemoticon-Big Grin

hari itu waktu lagi jam istirahat kedua gue rico bobby dan beberapa anak lain lagi nongkrong-nongkrong di depan kelas sambil nungguin bel masuk. biasalah, ghibahin anak orangemoticon-Ngakak (S) didepan kelas-kelas lain juga rame sama penghuni kelas masing-masing.

gue lagi lesehan di lantai dan di pojokan, disebelah gue ada bobby yang berkali-kali gue mita suruh geser gara-gara makan tempat. rico lagu duduk di kursi didepan gue, selain itu ada sekitar empat orang lagi. sampe salah satu dari kita ada yang nyeletuk. "Si nadia gimana tuh kabarnya?"

"Emang kenaps doi?" tanya gue penasaran.

"Mangkanya masuk, jangan cabut terus." kata Rico.

"eh cumi, kalo gue ga sakit juga ngaapain gue dirumah, betelor gue lama-lama." sungut gue. "emang kenape sih?"

"biasalah tre, kena labrak dia sama agit." jelas bobby.

"di labarak kenapa bob?"

"katanya sih gara-gara pake baju ketat sama disangka sok kecantikan gitu didepan agit. lo tau sendiri kan agit cewek gengsinya gede."

"terus?"

"sempet di forum sama agit-agit cewek di m*ntok." kata salah satu temen gue.

"dia doang yang kena forum?"

"masalahnya itu tre, bukan dia doang yang kena forum, satu angkatan jadi kena." satu angkatan yang dimaksud ini cewek-ceweknya. lagian kalo cowok mah ngapain dilabrak gara-gara seragam atau pake sepatu putih, malah disuruh kalo berani. kecuali kalo ada yang petantang petenteng, pasti beda cerita. apalagi kalo ada cepu, yang musuhin bukan agit daong, sapi sama anak seangkatan.

"terus di bacotin apa aja?"

"yaaa gitu lah, ga ngerti juga gue. wantu itu yang ada di m*ntok rico sama ada tiga orang lagi dari kelasan."

"gimana co ceritanya?" tanya gue ke rico makin penasaran.

"yaaa biasa lah, cuman dibacotin jangan ini jangan itu doang. tapi yang paling parahnya sih sempet mau di gunting bajunya, untung ga jadi. di jadiin asbak doang paling."

"terus sabian banget lagi si rico pake acara ngebelain si nadia." sahuh temen gue yang lain.

"sabian gimana?"

"iyee kan tadi dia cerita kalo bajunya si nagia ga jadi di gunting, itu si rico yang ngebelain. untung ada agit cowok juga yang bilang jangan. udah gitu pake acara nganterin balik lagi."

"ngiri aja lo kupang...." ejek rico dengan komuk yang sok kegantengan.

"anjing, kesempatan dalam kesempitan lo, ga yakin gue langsung pulang." kata gue menyelidik.

"langsung balik gue tre, curigaan banget lo jadi orang. alus-alus dulu lah."

"ijib...." kata gue. "lagian dia juga sih, udah tau agitnya kaya gitu."

"maklum lah tre, dia kan smpnya ga dari daerah sini."

maksudnya itu di daerah jakarta selatan khususnya kebayoran baru, wijaya, blok m, antasari, kemang, tendean dan sekitarnya. dimana senioritasnya udah berasa sejak smp, sementara nadia setau gue smpnya didaerah jakarta barat yang pasti kulturnya beda meskipun mungkin ada senioritas. atau mungkin dari seluruh Indonesia.

apalagi waktu sma, mau gamau makin keras lagi. maklum lah, jaksel life, wkwkwk sotoy banget yeee gueemoticon-Ngakak (S)

sedikit tentang nadia seperti yang pernah gue sebut namanya sebelumnya. menurut anak-anak angkatan gue, nadia adalah cewek paling cantik di angkatan kalau lewat angket, karena kan cantik itu relatif. tapi yaaa bisa dibilang jadi primadona angkatan.

nadia ini adalah anak kelas X-9, kelas yang paling ujung. kulitnya putih dengan rambut lurus se pinggang, kadang-kadang bergelombang gitu kaya abis ke salon. ini juga yang kadang-kadang gue sering denger jadi bahan omongan agit cewek. kalo urusan body, bisa dibilang doi kaya mangga yang udah mateng, sekelemoticon-Genit

setau gue nadia ini banyak jadi inceran anak-anak sekolah gue, mulai dari utas aud agit, apalagi waktu mos dulu banyak yang colong-colongan. mulai dari yang becanda sampe yang serius.

harus gue akuin, nadia eamng lebih cantik dibanding putri. tapi yaudah. cuman sekedar cantik. ga kaya putri yang punya aura lebih kaya waktu di atas panggung. lagian gue juga cuma kenal sekedar nama dan ga pernah ngorol juga, dan ga punya urgensi buat kenalan. jadilah gue cuman sekedar mengagumi, kalo buat nyaman tetep ke putriemoticon-Big Grin

lagi enak-enak ngobrol tiba-tiba kita dikagetkan dengan kedatangan agit-agit cewek yang naik ke wilayah kelasan utas. ga usah dijelasin lah yaaa seragamnya kaya gimana, ketat banget kaya lepetemoticon-Hammer (S)

waktu agit-agit lewat, cewek-cewek angkatan gue yang otomatis utasnya langsung pada nunduk begtu agitnya lewat didepan dia. yang cowok-cowok sih cuman ngeliatin aja, itung-itung liat pemandanganemoticon-Genit

mendekati kelasan gue agit-agitnya langsung belok ke ujung bangunan, kelas X-9, kelasnya nadia. sempet kedengan berisik-berisik beberapa saat sebelum akhirnya agit-agitnya turun lagi. gue sama yang lain cuma bisa tatap tatapan sambil ngangkat bahu tanda ga tau apa-apa.

ga lama suasana udah balik kondusif lagi, apalagi pas bel bunyi. mau ga mau anak-anak pada bubar dan masuk kelas waktu gurunya dateng.

gue sama anak-anak yang lain juga ikutan masuk kelas, dan udah pasti pada nanya-nanyain ada apaan. gue jawab aja ga tau biar gampang.

skip sampe pulang sekolah, seperti biasa, gue rico dan bobby lagi nongkrong di balkon rumah bobby sambil ngopi-ngopi. udah sekitar mau jam 7 malem, gue tinggal nunggu kabar putri buat jemput dia yang lagi nugas dirumah anak kelasan gue yang lain.

waktu lagi ngobrol-ngobrol bertiga biasa, ada yang aneh gue rasain dari rico, kaya mau ngomong sesuatu tapi di tahan. akhirnya tuh orang nyeletuk, "kayanya gue mau nyoba deketin nadia deh..."

gue sama bobby cuman bisa langsung saling liat-liatan. "basi lo, modusan udah dimana-mana juga." kata gue.

"yaaa itu kan cuman iseng-iseng aja tre, kaga ada yang secantik nadia."

"buset dah bang, parah bener lo mainin anak orang." sahut bobby.

"yang gue madusin juga tau sama tau kali kalo gue cuman main-main, tapi kalo nadia udah next level cuy."

"terus alesan lo deketin nadia apaan? penasaran doang? apa suka beneran." tanya gue.

"kalo suka kayanya semua orang yang ngeliat dia juga pasti suka sih yee, secara calon-calon anak eksis masa depan. kalo penasaran ga juga sih, lagian kalo pengen tau doang mah nanya-nanya temennya juga bisa."

"sumpah ni yee otak kadal, terus mau lo apaan?" kata bobby sambil nyemilin cilok.

"merasa tertantang aja gue cuy kalo bisa dapetin nadia, lo bayangin nanti kelas tiga pacaran sama cewek eksis, terus dateng ke prom night, sabi ga tuh? lagian kalo perasaan juga lama-lama muncul"

"eh pacul, baru juga semester dua jadi utas udah mikirin prom night, pikirin dulu naik kelas apa kaga, veter gue jadi orang yang pertama kali ngetawain lo."

"yeee gendat, ngunyah doang lo kerjaannya. lo cemburu kalo gue deketin nadia? apa lo yang suka ternyata."

"gue mah demennya yang alim-alim co ga kaya lo. yang jarang keekspos sama orang-orang."

"gaya lo tiap malem minggu ot ngarep yang alim, gendat."

"lo mau pacaran sama yang alim terus jarang ke ekspos bob, pacaran sama guru agama." kata gue sambil berdiri disusul dengan tawa rico yang ga kalah keras dengan tawa gue. "udah ah, bakil dulu gue. udah di sms putri."

"yeee kancut, di sms putri aja balik lo!" sahut rico.

"yaiyalah, males gue nongkrong lama-lama sama batangan, mending beduaan sama putri. gue doain dah lo sukses."

"hati-hati tre dijalan, kabarin kalo kenapa-kenapa, perasaan gue ga enak." gue bales perkataan rico dengan jari tengah, kemudian langsung meluncur jemput putri.

di perjalanan pulang juga ga terjadi apa-apa sampe akhirnya kita nyampe kerumah putri dengan selamat.

"duluan yaa put..."

putri ngebales dengan lambaian tangan dan senyuman, sesuatu yang dia selalu lakukan setiap gue mau balik.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tobinkberug dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 19:28
Quote:Original Posted By tumengkc
Ninggalin jejak dulu. Ntar lagi ane baca Tre
Kalo gak ada dialog ayang Vio ane batain emoticon-Mad


ampun ganemoticon-Frown

Quote:Original Posted By .citrus.


batain aja gan, dialog nanya kabar doang emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga


tolong di bantu yaa ganemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By rullyrullzzz


Ya resiko nulis emang begitu.. hehehe...

Tiap pembaca pasti punya idola.

Yang oenting antum konsisten update-nya ya akhi. Gak apa-apa seminggu sekali.


harus tahan iman yaaa om rul kalo ada tokoh cewek baru, kali aja doyan kimcilemoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By 17062018


Bukannya ente emang udah tua tre? emoticon-Betty


yang penting jiwa mudaemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By sicadelllll
hmmmm


Kirain ada ena enaa


Anda kurang beruntungemoticon-Wakaka

Quote:Original Posted By Alea2212
kayaknya g ada acara tembak menembak antara trea dan putri...emoticon-Keep Posting Gan


hhhmmm, ane ga bisa mastiin, takut spoileremoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By yam22tungau
update gan


ditunggu aja ganemoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By yam22tungau
lanjut cuy


diusahakan ganemoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By alvien70
ngilang kah ini
engga kok gan, emang lagi dibatasi karena lagi banyak kegiatan. seminggu sekali diusahain ada update kokemoticon-Big Grin

2 0
2
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 19:37
Quote:Original Posted By gitartua24
ampun ganemoticon-Frown



tolong di bantu yaa ganemoticon-Big Grin



harus tahan iman yaaa om rul kalo ada tokoh cewek baru, kali aja doyan kimcilemoticon-Ngakak (S)



yang penting jiwa mudaemoticon-Big Grin



Anda kurang beruntungemoticon-Wakaka



hhhmmm, ane ga bisa mastiin, takut spoileremoticon-Big Grin



ditunggu aja ganemoticon-Angkat Beer



diusahakan ganemoticon-Angkat Beer

engga kok gan, emang lagi dibatasi karena lagi banyak kegiatan. seminggu sekali diusahain ada update kokemoticon-Big Grin

emoticon-Blue Guy Bata (L)
Kentang oi
1 0
1
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 20:16
Quote:Original Posted By gitartua24
yang penting jiwa mudaemoticon-Big Grin


Anak jaksel kalo udah tua ngomongnya muter muter juga gak tre? emoticon-Ngakak
1 0
1
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 20:21
Quote:Original Posted By sicadelllll
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Kentang oi


kayanya ngga kentang deh gan, ditutup dengan datar kok emoticon-Leh Uga
0 0
0
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 20:23
Quote:Original Posted By .citrus.
kayanya ngga kentang deh gan, ditutup dengan datar kok emoticon-Leh Uga


Datar kaya triplek
1 0
1
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 20:23
Quote:Original Posted By 17062018
Anak jaksel kalo udah tua ngomongnya muter muter juga gak tre? emoticon-Ngakak


jaksel itu nyampe depok sama bogor ga sih? emoticon-Ngakak
1 0
1
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 20:25
duh dopostemoticon-Cape deeehh
Diubah oleh .citrus.
0 0
0
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 20:26
Quote:Original Posted By sicadelllll
Datar kaya triplek


kalo triplek identik dengan tipis
0 0
0
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 20:28
Quote:Original Posted By .citrus.
kalo triplek identik dengan tipis


Tipis mah sutra
1 0
1
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 20:29
Quote:Original Posted By sicadelllll
Tipis mah sutra


itu beda lagi. seakan tanpa pembatas, katanya
0 0
0
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 20:37
Quote:Original Posted By .citrus.
jaksel itu nyampe depok sama bogor ga sih? emoticon-Ngakak


Kagak tau, tempat ane isinya banyak hutan, makannya kalo baca cerita treya kadang suka gagal paham emoticon-Cape deeehhcd
1 0
1
LIMA BELAS MENIT
15-02-2019 20:50
Quote:Original Posted By 17062018
Kagak tau, tempat ane isinya banyak hutan, makannya kalo baca cerita treya kadang suka gagal paham emoticon-Cape deeehhcd


wkwkwkwkwkwwk.. hutan coy, gue jd mikir, dimana yak? emoticon-Ngakak
0 0
0
LIMA BELAS MENIT
16-02-2019 00:16
Quote:Original Posted By 17062018
Kagak tau, tempat ane isinya banyak hutan, makannya kalo baca cerita treya kadang suka gagal paham emoticon-Cape deeehhcd


Sama gan, makanya kadang tak baca ulang. Banyak kata2 yg di balik keknya. emoticon-Hammer2
1 0
1
LIMA BELAS MENIT
16-02-2019 05:38
Quote:Original Posted By Alea2212
Sama gan, makanya kadang tak baca ulang. Banyak kata2 yg di balik keknya. emoticon-Hammer2


gw dulu punya temen dr depok, rada mirip bahasanya, makanya gw nanya jaksel sampe ke depok terus bogor juga kali ya emoticon-Ngakak
0 0
0
LIMA BELAS MENIT
19-02-2019 02:54
Lama gak nengok ini thread emoticon-Ngakak pas ditengok masih gak pacaranemoticon-Turut Berduka
1 0
1
LIMA BELAS MENIT
20-02-2019 20:03
update dong gann
0 0
0
LIMA BELAS MENIT
20-02-2019 21:44
Quote:Original Posted By sicadelllll

emoticon-Blue Guy Bata (L)
Kentang oi


Maap ganemoticon-Frown besok ane usahain update

Quote:Original Posted By 17062018


Anak jaksel kalo udah tua ngomongnya muter muter juga gak tre? emoticon-Ngakak


muter muter gimana tuh gan?emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By .citrus.


jaksel itu nyampe depok sama bogor ga sih? emoticon-Ngakak


kalo depok yang dari pondok labu masih kok gan, temen ane juga banyak yang tinggal disitu. malah basisnya paling banyakemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Alea2212


Sama gan, makanya kadang tak baca ulang. Banyak kata2 yg di balik keknya. emoticon-Hammer2


contohnya apa tuh gan, jadi penasaranemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By thebotakkilat
Lama gak nengok ini thread emoticon-Ngakak pas ditengok masih gak pacaranemoticon-Turut Berduka


emoticon-norose emoticon-Frown

Quote:Original Posted By yam22tungau
update dong gann


besok yaa gan diusahainemoticon-Big Grin
1 0
1
LIMA BELAS MENIT
20-02-2019 21:49
Quote:Original Posted By gitartua24
Maap ganemoticon-Frown besok ane usahain update



muter muter gimana tuh gan?emoticon-Bingung (S)



kalo depok yang dari pondok labu masih kok gan, temen ane juga banyak yang tinggal disitu. malah basisnya paling banyakemoticon-Big Grin



contohnya apa tuh gan, jadi penasaranemoticon-Big Grin



emoticon-norose emoticon-Frown



besok yaa gan diusahainemoticon-Big Grin


Yang ada sawangan Tre, temen gw emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 15 dari 26
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
surat-terbuka-untuk-mama
Stories from the Heart
kasih-tak-semampai
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia